Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan V Dioda & Aplikasi (Lanjutan) PERCOBAAN III : Aplikasi dioda sebagai saklar saat forward bias - Buat rangkaian dioda seperti gambar berikut ini.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan V Dioda & Aplikasi (Lanjutan) PERCOBAAN III : Aplikasi dioda sebagai saklar saat forward bias - Buat rangkaian dioda seperti gambar berikut ini."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan V Dioda & Aplikasi (Lanjutan) PERCOBAAN III : Aplikasi dioda sebagai saklar saat forward bias - Buat rangkaian dioda seperti gambar berikut ini : - Atur sinyal AC masukan dari generator sinyal pada tegangan 4 Vpp dengan frekuensi 1 KHz, 2 KHz, 5 KHz. - Kemudian amati perbandingan sinyal input dan output-nya dengan osiloskop - Setelah itu ukur tegangannya dan gambar pada kertas milimiter blok.

2 PERCOBAAN IV : Aplikasi dioda sebagai saklar saat reverse bias Buat rangkaian dioda seperti gambar berikut ini : Atur sinyal AC masukan dari generator sinyal pada tegangan 4 Vpp dengan frekuensi 1 KHz, 2 KHz, 5 KHz. Kemudian amati perbandingan sinyal input dan output-nya dengan osiloskop Setelah itu ukur tegangannya dan gambar pada kertas milimiter blok. Jelaskan perbedaan hasil pengukuran antara percobaan III dan IV diatas berdasarkan gambar sinyal output yang diamati.

3 PERCOBAAN V : Aplikasi dioda sebagai clipper. Buat rangkaian dioda seperti gambar berikut ini : Atur sinyal AC masukan dari generator sinyal pada tegangan 4 Vpp dengan frekuensi 1 KHz, 2 KHz, 5 KHz. Kemudian amati perbandingan sinyal input dan output- nya dengan osiloskop Setelah

4 PERCOBAAN VI : Aplikasi dioda sebagai penyearah (rectifier) Buat rangkaian dioda penyearah gelombang penuh dengan menggunakan trafo CT dan jembatan dioda seperti gambar 1.11.a dan 1.11.b. berikut ini : Beri tegangan AC masukan jala – jala listrik dari keluaran trafo bagian sekunder ke rangkaian penyearah. Amati sinyal keluaran rangkaian dioda penyearah, kemudian tentukan : tegangan maksimum (Vm), tegangan effektif (Vrms) dan tegangan DC.


Download ppt "Pertemuan V Dioda & Aplikasi (Lanjutan) PERCOBAAN III : Aplikasi dioda sebagai saklar saat forward bias - Buat rangkaian dioda seperti gambar berikut ini."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google