Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembelajaran dengan model Word Square  Oleh  AGUS SUGIARTO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembelajaran dengan model Word Square  Oleh  AGUS SUGIARTO."— Transcript presentasi:

1 Pembelajaran dengan model Word Square  Oleh  AGUS SUGIARTO

2 Definisi  Word Square dalam arti bahasa terdiri atas dua suku kata diantaranya Word yang berarti Kata dan Square yang berarti Pencari. Jadi menurut bahasa arti dari Word Squre adalah pencari kata.  Model pembelajaran Word Square merupakan pengembangan dari metode ceramah yang diperkaya. Hal ini dapat diidentifikasi melalui pengelompokkan metode ceramah yang diperkaya yang berorientasi kepada keaktifan siswa dalam pembelajaran sebagaimana disebutkan oleh Mujiman (2007)  Model Pembelajaran Word Square adalah model pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada kotak-kotak jawaban.

3 MEDIA : * Buat kotak sesuai keperluan * Buat soal sesuai TPK  Langkah-langkah : 1. Sampaikan materi sesuai TPK 2. Bagikan lembaran kegiatan sesuai contoh 3. Siswa disuruh menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban 4. Berikan poin setiap jawaban dalam kotak Materi 10 - Model-model Pembelajaran3

4

5 Lembar Kerja Siswa  1. Terbentukoleh mineral danbatuan….litosfer  2. Salah satucontohbatuanbekudalam….granit  3. terbentukkarenapendinginan di celah-celah/pipa….korok  4. Tenagapengangkutbatuansedimen aquatic.... air  5. Batupasirdantanahliatmeripakancontohbatuan......aquatis  6. Batuansedimen fluvial....liat  7. Batuanygterbentukdari proses pengendapan…. sedimen  8. Perubahanbatuan yang disebabkankarenasuhu yang tinggi…. kontak  9. Salah satucontohbatuansedimenglasial….lim  10. Batuanbekuluar/effusi yang mengalamipendinginansecaracepat…. apung

6 KekurangandanKelebihan Model Pemebelajaran Word Square  Kegiatantersebutmendorongpemahamansiswaterhadapmat eripelajaran.  Melatihuntukberdisiplin.  Dapatmelatihsikaptelitidankritis.  Merangsangsiswauntukberpikirefektif.

7 Kekurangan  Mematikan kreatifitas siswa.  Siswa tinggal menerima bahan mentah  Siswa tidak dapat mengembangkan materi yang ada dengan kemampuan atau potensi yang dimilikinya.

8 Langkah-langkah Model Pembelajaran Word Square adalah sebagaiberikut :  Guru menyampaikan materi sesuai kompetensi.  Guru membagikan lembar kegiatan  Siswa disuruh menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban.  Berikan poin setiap jawaban dalam kotak.

9 Sekenario Pembelajaran Menggunakan Model Word Square  Pembukaan 1. Guru menyampaikan apresepsi dan motivasi tentang materi pelajaran terdahulu melalui tanya jawab. 2. Kemudian guru memotivasi pentingnya materi yang akan dipelajari serta memberi contoh dalam kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan batuan.

10 Kegiatan Pokok  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.  Selanjutnya guru menunjukkan lembar peraga yang berisikotak word square dengan alternatif jawaban vertikal, diagonal.  Siswa yang dapat menjawab pertanyaan ditugaskan mencari dan memberi tanda arsir pada kotak word square yang disediakan pada lembar peraga.  Guru membagikan LKS yang berisi wacana tentang peristiwa alam dan soal- soal tentang isi wacana dalam bentuk word square sebanyak 12 soal.  Siswa mengerjakan secara kelompok dalam waktu 20 menit.

11 Penutup  Pada akhir kegiatan siswa yang mewakili kelompok menunjukkan jawaban word square di papan tulis.  Kelompok lain memberi tanggapan hasil kerja kelompok tersebut.  Guru memberi penguatan dengan menjelasklan istilah yang ditanyakan dalam word square tersebut sesuai isi wacana.


Download ppt "Pembelajaran dengan model Word Square  Oleh  AGUS SUGIARTO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google