Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Januari Februari Maret 2014 Pedoman Pendalaman Alkitab Januari Februari Maret 2014 Rumah Produksi: ® WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Pedoman Pendalaman Alkitab Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Format.pptx Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh 2014

5 Allah mengundang setiap orang percaya di mana saja untuk mengumandangkan rahmat yang tak tertandingi ini, sebagai duta besar yang mengkomunikasikan karya penebusan Ilahi kepada mereka yang diperbudak oleh Iblis dengan jalan memanggil mereka untuk mengikuti, beribadah, dan memuji Sang Pencipta mereka. Pendahuluan Umum

6 Pada akhirnya, mengikut Yesus jauh melebihi sebuah pandangan yang sempit yang menyatakan bahwa pemuridan itu sama dengan sebuah metode yang memperbaiki perilaku dan kebiasaan yang menyimpang, betapapun pentingnya perubahan itu. Sebuah pemahaman yang konprehensif tentang pemuridan tidaklah lengkap kecuali hal itu mencakup kerinduan untuk mengikut Yesus dan oleh kuasa supra alami, timbullah kerinduan untuk menuntun orang lain kepada Kristus. Pendahuluan Umum

7 ma “Segera setelah seseorang datang kepada Kristus maka lahirlah sebuah kerinduan dalam hatinya untuk memperkenalkan Yesus kepada orang lain sebagai sahabat yang paling berharga; kebenaran yang menyelamatkan dan menguduskan tidak dapat tersembunyi dalam hatinya. Bilamana kita mengenakan pakaian kebenaran Kristus dan kita dipenuhi dengan hadirat Roh Kudus, kita tidak akan mampu menahan damai dalam hati kita. Jika kita sudah pernah merasakan dan melihat bahwa Tuhan itu baik maka kita memiliki sesuatu yang perlu dibagikan.... Akan ada suatu kerinduan untuk mengikuti jalan yang Yesus sudah lewati ” Ellen G. White, Kebahagiaan Sejati, hlm. 78,79 Pendahuluan Umum

8 Agar masing-masing kita mengikuti teladan Kristus dalam melakukan pemuridan. Pada pelajaran Sekolah Sabat Triwulan I 2014 ini kita akan melihat pemuridan sebagai sebuah proses yang membuat kita menjadi pengikut Yesus, dengan demikian, dapat menjadi pemenang jiwa yang lebih baik lagi. TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI

9 1. Murid dan Alkitab 2. Pemuridan Melalui Metafora 3. Pemuridan dan Doa 4. Memuridkan Anak-anak 5. Memuridkan Orang Sakit 6. Memuridkan Orang Biasa 7. Yesus dan Orang yang Dibuang 8. Dengan yang Kaya dan Terkenal 9. Memuridkan Orang Berkuasa 10. Memuridkan Bangsa-bangsa 11. Memuridkan Pemimpin Rohani 12. Tuaian dan Penuai 13. Biaya Pemuridan Daftar Isi:

10 Pelajaran 13 Pemuridan Triwulan 1, 2014 BIAYA PEMURIDAN

11 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Kata-kata Pembuka Pemuridan memiliki upah tersendiri, baik pada masa sekarang, maupun pada masa yang akan datang

12 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Tujuan Pelajaran Untuk mengingatkan setiap anggota Sekolah Sabat bahwa sebagai seorang murid kita harus siap menerima disiplin apa saja yang diminta untuk menghormati Yesus, sebagai guru kita. Hal ini sama seperti pada seorang atlet pada saat latihan atau seorang murid yang menekuni karirnya dalam bidang hukum, musik, kedokteran atau bidang ilmu yang dia tekkuni lainnya

13 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Ayat Hafalan “Dan pengharapan kami akan kamu adalah teguh, karena kami tahu, bahwa sama seperti kamu turut mengambil bagian dalam kesengsaraan kami, kamu juga turut mengambil bagian dalam penghiburan kami.” 2 Korintus 1:7

14 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pengantar Sepanjang sejarah, jutaan orang yang tidak disebutkan namanya rela mengorbankan hidupnya bagi Kristus. Mereka dipenjarakan, disiksa, bahkan dieksekusi. Jutaan orang kehilangan pekerjaan, dicemooh, diasingkan oleh keluarga, dan sabar melewati penganiayaan agama dari pada harus menyangkal Kristus.

15 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pengantar Amaran Paulus: “Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya” (2 Tim. 3:12). Amaran Petrus: “Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya” (1 Ptr. 2:21).

16 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pengantar Kita dapat memastikan bahwa apa pun biaya pemuridan itu, dengan mengingat upah yang terbesar, maka biaya itu cukup murah.

17 b b Understand the purposes of marriageA Biaya Pemuridan Selayang Pandang Biaya Pemuridan Selayang Pandang 1. Menghitung Biaya (Lukas 14:26) 2. Respons Terhadap Biaya (Luke 14:27) 3. Membandingkan Biaya (Luke 18:28-30)

18 b b Understand the purposes of marriageA Biaya Pemuridan 1. Menghitung Biaya (Lukas 14:26)

19 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Biaya Pemuridan 1. Menghitung Biaya Lukas 14:26 “Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak- anaknya, saudara- saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.“

20 Pemuridan Triwulan 1, Menghitung Biaya Prioritas Pertama Kebencian dalam konteks ini bisa berarti “kurang mencintai.” Setiap kali keluarga diutamakan dan Kristus menjadi yang kedua, maka Ketuhanan Yesus diabaikan. Melayani lebih dari satu tuan adalah mustahil.

21 Pemuridan Triwulan 1, Menghitung Biaya Prioritas Pertama Yesus pasti mendukung hubungan keluarga yang kuat. Sebuah hubungan, yang menerima kekuatan dari dasar yang tidak dapat goyah. Fondasi itu berarti mengasihi Allah tanpa syarat, menjadi yang pertama dan terutama. Allah tidak mengizinkan ada penghalang, gangguan dan yang menjauhkan. Pemuridan menuntut harga yang tertinggi: Kesetiaan yang tidak terbagi bagi Kristus.

22 DISKUSIKAN Pemuridan Triwulan 1, 2014 Menurut Anda, bagaimanakah caranya agar kita dapat membuat Kristus di atas semuanya termasuk di atas keluarga? Apakah alasan mengapa sulit bagi kita untuk menjadikan Kristus yang pertama di dalam hidup kita?

23 b b Understand the purposes of marriageA Biaya Pemuridan 2. Respons Terhadap Biaya (Luke 14:27)

24 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Biaya Pemuridan 2. Respons Terhadap Biaya Lukas 14:27 “Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.“

25 Pemuridan Triwulan 1, Respons Terhadap Biaya Memikul Salib Pemuridan berarti menerima Kristus sebagai Juruselamat dan Tuhan. Mengikuti Yesus berarti bahwa Anda sudah siap untuk menjalani penderitaan yang sama yang Kristus lakukan. Sebelum baptisan, semua calon harus mengerti bahwa Kristus telah memberikan salib kepada dia, di mana tanpa itu mereka tidak dapat menjadi murid-Nya.

26 Pemuridan Triwulan 1, Respons Terhadap Biaya Memikul Salib Pertobatan membebaskan orang percaya dari beban dosa, bukan dari tanggung pemuridan. Dengan menerima nama Kristus dan menyatakannya di hadapan umum pilihan itu melalui baptisan, maka semua orang percaya harus sadar bahwa pemuridan akan memerlukan biaya.

27 Pemuridan Triwulan 1, Respons Terhadap Biaya Respon yang Dimuridkan Biaya pemuridan adalah termasuk juga disiplin. Setiap dorongan hati, setiap imajinasi, setiap ambisi, dan setiap keinginan harus diserahkan kepada Kristus.. Setiap harta benda, secara fisik atau yang tidak terlihat, setiap talenta dan kemampuan, dan segala sesuatu yang bernilai harus berada di bawah perintah Kristus. Apa yang kita tidak serahkan kepada-Nya, bisa dan pasti akan menjadi berhala, berpotensi untuk menuntun kita kepada kesesatan.

28 Pemuridan Triwulan 1, Respons Terhadap Biaya Respon yang Dimuridkan Setiap nafsu, emosi, dan kecenderungan intektual kita dapat berada di bawah bimbingan Roh-Nya.. Tidak ada orang percaya yang harus melihat ke belakang, khususnya saat bertarung dalam perlombaan untuk sesuatu yang kekal, bertentangan dengan hadiah apa saja yang atlet dunia dapat menangkan sebagai hasil usaha dan latihan yang rajin.

29 Pemuridan Triwulan 1, Respons Terhadap Biaya Respon yang Dimuridkan “... Betapa lebih penting lagi orang Kristen, yang minatnya yang kekal dipertaruhkan, membawa selera dan hawa nafsu kepada penaklukan pertimbangan dan kehendak Allah. Tidak pernah ia mengizinkan perhatiannya dipisahkan oleh kepelesiran, kemewahan atau kesenangan. Segala tabiat dan hawa nafsunya harus dibawa ke dalam disiplin yang paling keras. Pertimbangan, diterangi oleh kebenaran sabda Allah, dan dipimpin oleh Roh Kudus, harus memegang pengendalian hawa nafsu.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 7, hlm. 262.

30 DISKUSIKAN Pemuridan Triwulan 1, 2014 Kristus meminta masing- masing kita untuk memikul salib. Kapankah terakhir kali Anda memikul salib mu? Menurut pengalaman Anda, salib apakah yang paling sulit untuk Anda pikul?

31 b b Understand the purposes of marriageA Biaya Pemuridan 3. Membandingkan Biaya (Luke 18:28-30)

32 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Biaya Pemuridan 3. Membandingkan Biaya Lukas 18:28-30 “...Kami ini telah meninggalkan segala kepunyaan kami dan mengikut Engkau.“ Kata Yesus : “...setiap orang yang karena Kerajaan Allah meninggalkan rumahnya, isterinya atau saudaranya, orang tuanya atau anak-anaknya, akan menerima kembali lipat ganda pada masa ini juga, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal.“

33 Pemuridan Triwulan 1, Membandingkan Biaya Upah Pemuridan Hasil dari pemuridan bisa dibandingkan dengan perbandingan biaya. Biaya-biaya itu bisa termasuk tekanan emosi, penolakan sosial, penyiksaan fisik, kerugian keuangan, terpenjara, dan bahkan kematian. Semua orang yang melakukan pemuridan, pertama sekali harus memikirkan dengan hati-hati keterlibatannya.

34 Pemuridan Triwulan 1, Membandingkan Biaya Upah Pemuridan Biaya mengikut Kristus bisa tinggi, mungkin hal yang paling mahal yang seseorang dapat lakukan. Tetapi satu hal yang pasti: Apa pun yang kita peroleh dalam hidup ini, apa pun yang kita capai, apa pun yang kita buat untuk diri kita sendiri, itu hanya sementara. Ini adalah sesuatu yang tidak akan kekal. Hai itu akan hilang dan lenyap selamanya.

35 Pemuridan Triwulan 1, Membandingkan Biaya Upah Pemuridan Kita mengikut Kristus karena kita memiliki janji, pengharapan, penebusan bagi kehidupan yang baru di dunia baru, dunia tanpa dosa, penderitaan dan kematian. Pada saat yang sama,...-kita berusaha supaya orang lain memiliki pengharapan yang sama, janji yang sama.

36 DISKUSIKAN Pemuridan Triwulan 1, 2014 Menurut Anda, di tempat Anda tinggal saat ini, apakah yang paling sukar yang merintangi Anda untuk menjadi murid Kristus? Dari sekian banyak permintaan Kristus kepada Anda sebagai murid-Nya, permintaan manakah yang paling sukar untuk Anda terima?

37 KUTIPAN ROH NUBUAT Pemuridan Triwulan 1, 2014 “Orang fasik menerima ganjarannya di dunia ini (Amsal 11:21). Mereka ‘menjadi seperti jerami dan akan terbakar oleh hari yang akan datang itu Firman Tuhan semesta Alam.’ (Maleakhi 4:1). Sebagian dibinasakan dalam waktu seketika, sementara yang lain menderita beberapa hari. Semuanya dihukum ‘menurut perbuatan mereka” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 8, hlm. 710, 711.

38 RANGKUMAN Pemuridan Triwulan 1, 2014 Kita semua menantikan langit yang baru dan bumi yang baru yang Tuhan telah siapkan untuk kita. Namun sebagai murid-murid Kristus kita dapat menghidupkan prinsip- prinsip kerajaan-Nya-kasih, sukacita, damai sejahtera, kemurahan, keadilan, dan kesucian—saat ini. Bagaimanakah kita melakukan hal-hal ini?

39 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Sesuai dengan definisinya, seorang murid adalah merupakan seorang yang menyesuaikan pola hidupnya kepada pola hidup gurunya. Kita harus menghidupkan suatu kehidupan yang penuh pelayanan bahkan dengan menyerahkan nyawa kita buat Yesus, seperti Yesus yang telah menyerahkan nyawa-Nya dalam pelayanan-Nya untuk kita Saya tidak menydari hal ini. Minggu depan ini melalui pertolongan Roh Kudus dan belajar Alkitab saya akan berusaha mennghidupkan suatu kehidupan pemuridan, yang akan mendatangkan upah bagi kehidupan saat ini maupun kehidupan masa mendatang

40 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA”


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google