Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LEMBAR KERJA SUGIYONO, S.Pd.. TUJUAN : 1.Memahami adanya persepsi yang salah tentang LK 2.Tujuan menggunakan LK 3.Jenis,bentuk dan cara membuat LK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LEMBAR KERJA SUGIYONO, S.Pd.. TUJUAN : 1.Memahami adanya persepsi yang salah tentang LK 2.Tujuan menggunakan LK 3.Jenis,bentuk dan cara membuat LK."— Transcript presentasi:

1 LEMBAR KERJA SUGIYONO, S.Pd.

2 TUJUAN : 1.Memahami adanya persepsi yang salah tentang LK 2.Tujuan menggunakan LK 3.Jenis,bentuk dan cara membuat LK

3 Persepsi salah tentang LK Salah satu persepsi salah kaprah adalah pandangan bahwa pakem identik dengan belajar kelompok dan selalu menggunakan LK.Belajar kelompok hanyalah salah satu dari cara belajar yang bervariasi (bisa perorangan,berpasangan,kelompok besar,kelompok kecil,klasikal ) dan untuk melaksanakan pakem dengan baik tidak selalu menggunakan LK. Salah satu persepsi salah kaprah adalah pandangan bahwa pakem identik dengan belajar kelompok dan selalu menggunakan LK.Belajar kelompok hanyalah salah satu dari cara belajar yang bervariasi (bisa perorangan,berpasangan,kelompok besar,kelompok kecil,klasikal ) dan untuk melaksanakan pakem dengan baik tidak selalu menggunakan LK.

4 Mengapa menggunakan LK 1.Memperjelas tugas atau kegiatan yang dilakukan siswa/kelompok siswa. 2.Memudahkan guru mengelola kelas dan mengaktifkan siswa 3.Memungkinkan siswa atau kelompok siswa melakukan tugas yang berbeda sesuai kebutuhan 4.Meningkatkan kemandirian belajar siswa.

5 Apa lembar kerja : Lembar kerja adalah alat pembelajaran tertulis untuk membantu guru memberikan tugas yang ringkas dan jelas kepada siswa untuk melakukan kegiatan sesuai tujuan pembelajaran. Lembar kerja adalah alat pembelajaran tertulis untuk membantu guru memberikan tugas yang ringkas dan jelas kepada siswa untuk melakukan kegiatan sesuai tujuan pembelajaran.

6 TUJUAN LK 1.Untuk menanamkan konsep / atau meningkatkan keterampilan siswa,bukan unuk mengetahui atau mengetes sejauh mana pemahaman/pengetaahuan siswa oleh karena itu LK yang hanya mengisi satu dua kata bukan LK yang baik.

7 KARAKTER LK YANG BAIK 1.Sesuai dengan tujuan pembelajaran 2.Sesuai tingkat kemampuan masing-masing siswa 3.Mengaktifkan semua siswa 4.Meningkatkan interasi antar siswa 5.Tugas /pertanyaan jelas dan menantang 6.Membuat siswa produktif,aktif,berpikir kritis 7.Meningkatkan kemandirian dalam belajar 8.Melatih siswa bekerjasama 9.Melatih siswa memecahkan masalah 10.Penyajian menarik

8 JENIS-JENIS LK 1. LK terbimbing adalah LK yang dalam mengerjakannya dituntun dengan langkah- langkah. 2. LK terbuka adalah LK bebas melakukan sesuai dengan kreasi.

9 BAGAIMANA BENTUK LK ? BENTUK LK BERVARIASI 1.Sederhana ( tulis saja ) 2.Tulis + gambar/diagram/peta/tabel dll 3.Struktur lebih bebas 4.Ada informasi singkat/langsung berisi tugas siswa 5.Tergantung dari tujuan,tingkat kemampuan,tingkat kesukaran,KD yang dikembangkan.

10 BAGAIMANA MEMBUAT LK ? 1.Kembangkan dulu skenario pembelajaran/ kegiatan secara utuh,sesuai tujuan pembelajaran. 2.Kembangkan LK untuk membantu siswa melakukan kegiatan lebih rinci sesuai skenario 3.Kalau perlu gunakan gambar,tabel,diagram,informasi singkat.

11 MEMBUAT LK 1.Amatilah lingkungan sekitar anda dan tentukan satu obyek 2.Buatlah daftar pertanyaan terhadap obyek tersebut. 3.Desailah LK berdasarkan daftar pertanyaan tersebut.

12 CONTOH LK : BI TUGAS PERORANGAN 40 MENIT 1.Amatilah gambar disamping ajukan paling sedikit 10 pertanyaan 2. Berdasarkan jawaban pertanyaan di atas /pertanyaan tersebut buatlah puisi yang menarik,susun kalimatnya menjadi indah !

13 CONTOH LK IPA TUGAS BERPASANGAN 40 MENIT 1.Carilah cacing tanah di tempat yang lembab dan teduh 2.Amatilah baiak-baik dengan kaca pembesar 3.Diskripsikan hasil pengamatanmu mengenahi tubuh cacing 4.Gambarlah hasil pengamatanya ! 5.Rabalah tubuh cacing dari kepala sampai ke ekor apakah perbedaanya ! 6.Diskripsikan bagaimana cara cacing kerja !


Download ppt "LEMBAR KERJA SUGIYONO, S.Pd.. TUJUAN : 1.Memahami adanya persepsi yang salah tentang LK 2.Tujuan menggunakan LK 3.Jenis,bentuk dan cara membuat LK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google