Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Drama, kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas. Percakapan, gerak dan laku didasarkan pada naskhah yang ditulis dibantu dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Drama, kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas. Percakapan, gerak dan laku didasarkan pada naskhah yang ditulis dibantu dengan."— Transcript presentasi:

1 Drama, kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas. Percakapan, gerak dan laku didasarkan pada naskhah yang ditulis dibantu dengan set, muzik, nyanyian, tarian dsb

2 Dialog yang baik…  Projeksi suara yang baik  Artikulasi yang baik  Maksud yang difahami  Menepati dan sesuai dengan tuntutan/jiwa peranan yang ditentukan dalam naskah

3  Volume suara yang baik ialah suara yang dapat didengar sampai jauh  Artikulasi yang baik ialah pengucapan yang jelas. Setiap suku kata terucap dengan jelas dan terang meskipun diucapkan dengan cepat sekali. Jangan terjadi kata ‑ kata yang diucapkan menjadi bertindih.  Lafal yang benar pengucapan kata yang sesuai dengan hukum pengucapan bahasa yang dipakai. Misalnya berani yang berarti "tidak takut" harus diucapkan berani bukan ber ‑ ani.  Menghayati atau menjiwai berarti tekanan atau lagu ucapan harus dapat menimbulkan kesan yang sesuai dengan tuntutan peranan dalam naskah

4 Gerak yang baik…  terlihat (blocking baik)  jelas (tidak ragu ‑ ragu, meyakinkan)  dimengerti (sesuai dengan hukum gerak dalam kehidupan)  menghayati (sesuai dengan tuntutan/jiwa peranan yang ditentukan dalam naskah)

5  Blocking ialah penempatan pelakon di pentas, diusahakan antara pemain yang satu dengan yang lainnya tidak saling menutupi sehingga penonton tidak dapat melihat pemain yang ditutupi.  Pemain lebih baik terlihat sebagian besar bagian depan tubuh daripada terlihat sebagian besar belakang tubuh. Hal ini dapat diatur dengan kedudukan sebagai berikut :  Kalau berdiri menghadap ke kanan, maka kaki kanan sebaiknya berada didepan.  Kalau berdiri menghadap ke kiri, maka kaki kiri sebaiknya berada didepan.  Harus diatur pula balance para pemain di pentas. Jangan sampai seluruh pemain mengelompok di satu tempat. Dalam hal mengatur balance, komposisinya:  Bagian kanan lebih berat daripada kiri

6  Bagian depan lebih berat daripada belakang  Yang tinggi lebih berat daripada yang rendah  Yang lebar lebih berat daripada yang sempit  Yang terang lebih berat daripada yang gelap  Menghadap lebih berat daripada yang membelakangi

7

8

9

10

11

12

13  Ada empat macam pernapasan yang biasa dipergunakan : * Pernafasan dada * Pernafasan perut * Pernafasan lengkap

14  Latihan ‑ latihan pernafasan :  Pertama kita menyerap udara sebanyak mungkin. Kemudian masukkan ke dalam dada, kemudian turunkan ke perut, sampai di situ nafas kita tahan. Dalam keadaan demikian tubuh kita gerakkan turun sampai batas maksimun bawah. Setelah sampai di bawah, lalu naik lagi ke posisi semula, barulah nafas kita keluarkan kembali.  Cara kedua adalah menarik nafas dan mengeluarkannya kembali dengan cepat.  Cara berikutnya adalah menarik nafas dalam ‑ dalam, kemudian keluarkan melalui mulut dengan mendesis, menggumam, ataupun cara ‑ cara lain.

15 Latihan vokal..  Tariklah nafas, keluarkan melalui mulut sambil menghentakan suara "wah…” dengan energi suara. Lakukan ini berulang kali.  Tariklah nafas, keluarkan melalui mulut sambil menggumam "mmm…mmm…”  Sama dengan latihan kedua, hanya keluarkan dengan suara mendesis,"ssss……."  kemudian keluarkan vokal "aaaaa…….” sampai batas nafas yang terakhir. Nada suara jangan berubah.

16  Sama dengan latihan di atas, hanya nada (tinggi rendah suara) diubah-ubah naik turun (dalam satu tarikan nafas)  Keluarkan vokal “a…..a……” secara terputus-putus.  Keluarkan suara vokal “a ‑ i ‑ u ‑ e ‑ o", “ai ‑ ao ‑ au ‑ ae ‑ ", "oa ‑ oi ‑ oe ‑ ou", “iao ‑ iau ‑ iae ‑ aie ‑ aio ‑ aiu ‑ oui ‑ oua ‑ uei ‑ uia ‑......” dan sebagainya.  Berteriaklah sekuat ‑ kuatnya sampai ke tingkat histeria.  Bersuara, berbicara, berteriak sambil berjalan, jongkok, bergulung ‑ gulung, berlari, berputar ‑ putar dan berbagai variasi lainnya.

17 Artikulasi Latihan….. JALIL JALAL JALAN-JALAN. JUMPA JENAB JANDA JUSUH. JENAB JUAL JAGUNG. JAGUNG..JAGUNG. JAGUNG JALIL. JALIL JELING JENAB. JENAB JELING JALIL. JALIL JELIR JENAB. JALIL JAMAH JENAB. JENAB JERIT JALIL. JAGE JALIL JAGE. JALIL JAMAH JUGA. JENAB JERIT JAGE-JAGE. JARI JALIL JEM.

18 Intonasi 1. Tekanan Dinamik (keras ‑ lemah)  SAYA membeli pensil ini.  Saya MEMBELI pensil ini.  Saya membeli PENSIL ini. 2. Tekanan Tempo Tekanan tempo adalah memperlambat atau mempercepat pengucapan. Tekanan ini sering dipergunakan untuk lebih mempertegas apa yang kita maksudkan

19 WARNA SUARA  Hampir setiap orang memiliki warna suara yang berbeza. Demikian pula usia sangat mempengaruhi warna suara. Misalnya saja seorang tua, akan berbeza warna suaranya dengan seorang anak muda. Seorang ibu akan berbeza warna suaranya dengan anak gadisnya.  Sebagai latihan dapat cuba mengubah warna suara dengan menirukan warna suara seorang tua, pengemis, anak kecil, orang gila dsb.

20 Olah tubuh  1. Gerak teaterikal  Gerak teaterikal adalah gerak yang dipakai dalam teater, yaitu gerak yang lahir dari keinginan bergerak yang sesuai dengan apa yang dituntut dalam naskah. Jadi gerak teaterikal hanya tercipta pada waktu memainkan naskah drama.  2. Gerak non teaterikal  Gerak non teaterikal adalah gerak kita dalam kehidupan sehari ‑ hari.

21  Gerak Halus  Gerak halus adalah gerak pada raut muka kita atau perubahan mimik, atau yanq lebih dikenal lagi dengan ekspresi. Gerak ini timbul karena pengaruh dari dalam/emosi, misalnya marah, sedih, gembira, dsb.  Gerak Kasar  Gerak kasar adalah gerak dari seluruh/sebagian anggota tubuh kita. Gerak ini timbul karena adanya pengaruh baik dari luar maupun dari dalam. Gerak kasar masih dapat dibagi menjadi empat bagian. iaitu :

22  Business, adalah gerak ‑ gerak kecil yang kita lakukan tanpa penuh kesadaran Gerak ini kita lakukan secara spontan, tanpa terpikirkan (refleks). Misalnya :  - sewaktu kita sedang belajar/membaca, kaki kita digigit nyamuk. Secara refleks tangan kita akan memukul kaki yang tergigit nyamuk tanpa kehilangan konsentrasi kita pada belajar.

23  Gestures, adalah gerak ‑ gerak besar yang kita lakukan. Gerak ini adalah gerak yang kita lakukan secara sadar. Gerak yang terjadi setelah mendapat perintah dari diri/otak kita Untuk melakukan sesuatu, misalnya saja menulis, mengambil gelas, jongkok, dsb.  Movement, adalah gerak perpindahan tubuh dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Gerak ini tidak hanya terbatas pada berjalan saja, tetapi dapat juga berupa berlari, bergulung ‑ gulung, melompat, dsb.  Guide, adalah cara berjalan. Cara berjalan disini bisa bermacam-macam. Cara berjalan orang tua akan berbeda dengan cara berjalan seorang anak kecil, berbeda pula dengan cara berjalan orang yang sedang mabuk,

24 Teknikal

25 KOMPOSISI PENTAS 9 FR 8 FC 7 FL 6 CL 5C5C 4 CL 3 BL 2 BC 1 BL


Download ppt "Drama, kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas. Percakapan, gerak dan laku didasarkan pada naskhah yang ditulis dibantu dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google