Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Contoh Kasus Etika dan Sosial Dalam Sistem Informasi. Oleh: Yudita Dwiyana H.R120810201025 Ike Sukma Dewi120810201178 Yessica.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Contoh Kasus Etika dan Sosial Dalam Sistem Informasi. Oleh: Yudita Dwiyana H.R120810201025 Ike Sukma Dewi120810201178 Yessica."— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Contoh Kasus Etika dan Sosial Dalam Sistem Informasi. Oleh: Yudita Dwiyana H.R Ike Sukma Dewi Yessica Indah Y Heti Puspitasari

2 Pembajakan Pembajakan perangkat lunak dapat didefinisikan sebagai "menyalin dan menggunakan perangkat lunak komersial yang dibeli oleh orang lain". Pembajakan piranti lunak ilegal. Setiap bagian dari perangkat lunak bajakan mengurangkan sesuatu dari keuntungan perusahaan, mengurangi dana untuk inisiatif pengembangan perangkat lunak lebih lanjut. Akar dari pembajakan perangkat lunak mungkin terletak pada awal 1960-an, ketika program komputer yang didistribusikan secara bebas dengan hardware mainframe oleh produsen perangkat keras (misalnya AT & T, Chase Manhattan Bank, General Electric dan General Motors). Pada akhir 1960-an, produsen mulai menjual perangkat lunak mereka secara terpisah dari perangkat keras yang diperlukan.

3 Sejarah pembajakan Pada tahun 1989 akhir, Kantor Paten Amerika Serikat mulai menetapkan paten untuk pengembang perangkat lunak, melahirkan gagasan bahwa semua media digital merupakan kekayaan intelektual dari penulis, sehingga penulis memiliki hak untuk program dikompilasi dan sumber yang mendasari kode. Asal pembajakan Software sangat tidak tepat di alam. Sebelum materi bajakan menjadi milik panas, sebelum digunakan secara luas Internet, dan bahkan sebelum laptop dan CD, ada Geeks komputer. Sampai saat ini perkembangan pembajakan terus meningkat dibeberapa Negara yang memiliki kelemahan pada peraturan Hak Cipta yang semena mena dibajak dan tanpa ada hukuman, sehingga membuat perkembangan pembajakan santai saja dalam melaksanakan pembajakan.

4 kasus Satu kasus seperti itu Microsoft mengajukan gugatan terhadap Chris Fazendin yang diposting sekaligus celah untuk Microsoft Office 97 pada situs web. Microsoft menang dan memaksanya untuk membayar biaya standar $ 345 (program) untuk setiap kali crack itu download dari situs nya. Ketika Fazendin tidak berarti untuk membayar kembali biaya besar pembajakan, dan setelah Microsoft telah mendapatkan publisitas yang memadai sesuai dengan menjatuhkan mereka dengan imbalan Fazendin PC menyerah dengan janji untuk tidak melakukannya lagi

5 Kasus lain menetapkan patokan adalah US v. LaMacchia di mana seorang mahasiswa MIT digugat karena ia telah menggunakan server situs sekolah sebagai 'drop' untuk pembajakan internet tapi karena tidak ada uang yang telah menukarkan tangan dan tidak ada motif keuntungan terlibat kasus itu dijatuhkan. Sejak perubahan terbaru pelanggaran hukum hak cipta kecuali LaMacchia "? tidak berdiri lagi dan sekarang semua bentuk menyalin sekarang dianggap kejahatan.

6 Etika dalam menggunakan komputer Etika dalam penggunaan komputer sedang mendapat perhatian yang lebih besar daripada sebelumnya. Masyarakat secara umum memberikan perhatian terutama karena kesadaran bahwa komputer dapat menganggu hak privasi individual. Dalam dunia bisnis salah satu alasan utama perhatian tsb adalah pembajakan perangkat alat lunak yang menggerogoti pendapatan penjual perangkat lunak hingga milyaran dolar setahun. Namun subyek etika komputer lebih dalam daripada masalah privasi dan pembajakan. Komputer adalah peralatan sosial yang penuh daya, yang dapat membantu atau mengganggu masyarakat dalam banyak cara. Semua tergantung pada cara penggunaannya.

7 HAK SOSIAL DAN KOMPUTER Masyarakat memiliki hak-hak tertentu berkaitan dengan penggunaan komputer, yaitu : I. Hak atas komputer : 1. Hak atas akses komputer 2. hak atas keahlian komputer 3. hak atas spesialis komputer 4. hak atas pengambilan keputusan komputer II. Hak atas informasi : 1. Hak atas privasi 2. Hak atas akurasi 3. Hak atas kepemilikan 4. Hak atas akses

8 Solusi Pemberantasan Pembajakan Tanpa Menimbulkan Pelanggaran Prinsip Persaingan Usaha Yang Sehat Misalnya saja Pemerintah dapat mewajibkan seluruh instansi Pemerintah dalam jangka waktu tertentu untuk mengubah software dalam komputernya, dengan software yang berlisensi. Hal tersebut diikuti dengan ancaman sanksi bagi aparat Pemerintah yang tidak melaksanakannya. Dalam hal inilah maka ketegasan penegakan aturan akan menjadi kunci keberhasilan.

9 TEKNIK MENGHINDARI PEMBAJAKAN 1.Kriptografi Aplikasi kriptografi terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan terjaminnya kerahasiaan pesan dan dokumen penting. Penggunaan kriptografi dalam teknologi informasi harus didukung oleh kebijakan yang ditetapkan di setiap negara. Komunikasi Online Kriptografi Kriptografi dalam Komunikasi Online Peraturan Mengenai Kriptografi

10 2. Pendidikan Cara termudah untuk mengurangi pembajakan adalah untuk menetapkan contoh yang baik. Jangan gunakan perangkat lunak bajakan atau mendistribusikan perangkat lunak komersial untuk siswa atau kolega. Adalah penting bahwa kebijakan melampaui ruang kelas individu, dan bahwa sekolah / kabupaten mengembangkan manajemen perangkat lunak, akuisisi dan kebijakan pelaksanaan. Kebijakan-kebijakan harus dibuat jelas untuk setiap guru di sekolah. Koordinator harus menentukan teknologi yang umum digunakan paket perangkat lunak yang kompatibel dengan hardware diantisipasi dan upgrade jaringan, dan membuat fakultas menyadari perubahan-perubahan sebelum upgrade. Cara lain untuk mengurangi kemungkinan pembajakan perangkat lunak secara eksplisit dinyatakan dalam Melindungi Anda.

11 Kesimpulan Pembajakan perangkat lunak dapat didefinisikan sebagai "menyalin dan menggunakan perangkat lunak komersial yang dibeli oleh orang lain". Setiap bagian dari perangkat lunak bajakan mengurangkan sesuatu dari keuntungan perusahaan, mengurangi dana untuk inisiatif pengembangan perangkat lunak lebih lanjut. sekarang semua bentuk menyalin sekarang dianggap kejahatan.


Download ppt "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN Contoh Kasus Etika dan Sosial Dalam Sistem Informasi. Oleh: Yudita Dwiyana H.R120810201025 Ike Sukma Dewi120810201178 Yessica."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google