Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Oktober November Desember 2013 Pedoman Pendalaman Alkitab Oktober November Desember 2013 Rumah Produksi: ® WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh 2013 Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx

5 Agar menolong kita untuk lebih mengerti makna pengorbanan Yesus yang besar, Allah merancangkan Bait Suci duniawi, sebagai suatu alat peraga dari rencana keselamatan Ketika Allah mendirikan Bait Suci di atas bumi, Ia menggunakannya sebagai sarana pembelajaran. Bait Suci orang Israel dan pelajaran-pelajarannya menggambarkan kebenaran-kebenaran penting tentang penebusan, tentang tabiat Allah, dan tentang berakhirnya dosa. Pendahuluan Umum

6 “Pelajaran mengenai Bait Suci adalah kunci yang membukakan rahasia kekecewaan pada tahun Pelajaran itu membukakan kepada pendengar suatu sistem kebenaran yang lengkap, yang berhubungan dan secara harmonis menunjukkan bahwa tangan Allah telah menuntun Pergerakan Advent yang besar itu, dan menyatakan tugas-tugas sekarang sebagaimana dijelaskan kedudukan dan pekerjaan umat-Nya.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 8, hlm. 443 Pendahuluan Umum

7 Agar masing-masing kita memusatkan perhatian tertinggi kita pada bait suci karena, “Bait Suci di surga adalah pusat pekerjaan Kristus dami manusia. Bait Suci ini menyangkut setiap orang yang hidup di dalam dunia ini. Ia memperlihatkan rencana keselamatan, membawa kita kepada akhir zaman dan menyatakan isu kemenangan dalam pertikaian antara kebenaran dan dosa. Adalah sangat penting agar semua menyelidiki pokok pelajaran ini.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 8, hlm. 511 TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI

8 1. Bait Suci di Surga 2. Surga di Atas Bumi 3. Korban 4. Pelajaran-pelajaran dari Bait Suci 5. Pendamaian: Korban Penghapus Dosa 6. Hari Pendamaian 7. Kristus, Korban Kita 8. Kristus, Imam Kita 9. Pengadilan Pra Advent 10. Hari Pendamaian Eskatologis 11. Pekabaran Nubuatan Kita 12. Pertentangan Kosmik Atas Tabiat Allah 13. Seruan dari Bait Suci Daftar Isi:

9 Pelajaran 2 SURGA DI ATAS BUMI

10 Bait Suci di bumi-salinan dari Bait Suci surgawi yang asli-menunjuk ke depan kepada tiga fase penggenapan dari pekerjaan yang dilakukan dalam mitra surgawinya, sebagaimana terlihat pada (1) Kedatangan Kristus yang pertama; (2) Tubuh-Nya, Gereja; dan (3) Peristiwa- peristiwa terakhir dari sejarah dunia. Kata-kata Pembuka

11 Untuk memahami dasar- dasar doktrin lambang Bait Suci, sehingga kita dapat menghargai keindahan kehidupan Kristus dan kuasa janji- janji-Nya sebagaimana terungkap di dalam lambang Bait Suci. Tujuan Pelajaran

12 “Pelayanan mereka adalah gambaran dan bayangan dari apa yang ada di surga, sama seperti yang diberitahukan kepada Musa, ketika ia hendak mendirikan kemah: “Ingatlah,”demikian firman-Nya,”bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu.” (Ibrani 8:5.) “Pelayanan mereka adalah gambaran dan bayangan dari apa yang ada di surga, sama seperti yang diberitahukan kepada Musa, ketika ia hendak mendirikan kemah: “Ingatlah,”demikian firman-Nya,”bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu.” (Ibrani 8:5.) Ayat Hafalan

13 Pengantar Waulaupun Bait Suci di surga di mana Allah sendiri yang melayani “demi kepentingan kita,” adalah yang asli, Tuhan telah menyatakan kebenaran- kebenaran tentang Bait Suci ini dalam cara yang berbeda kepada kita di atas bumi. Allah menciptakan taman Eden sebagai simbol Bait Suci. Waulaupun Bait Suci di surga di mana Allah sendiri yang melayani “demi kepentingan kita,” adalah yang asli, Tuhan telah menyatakan kebenaran- kebenaran tentang Bait Suci ini dalam cara yang berbeda kepada kita di atas bumi. Allah menciptakan taman Eden sebagai simbol Bait Suci.

14 Bait Suci di surga dan fungsi- fungsinya dalam keselamatan telah digambarkan dalam kemah kudus di bumi dan dalam susunan yang lebih besar, Bait Suci bangsa Israel. Dalam Yesus, Bait Suci telah dinyatakan dalam diri seorang manusia. Pada akhrinya, Bait Suci di surga turun ke dunia baru. Bait Suci di surga dan fungsi- fungsinya dalam keselamatan telah digambarkan dalam kemah kudus di bumi dan dalam susunan yang lebih besar, Bait Suci bangsa Israel. Dalam Yesus, Bait Suci telah dinyatakan dalam diri seorang manusia. Pada akhrinya, Bait Suci di surga turun ke dunia baru. Pengantar

15 Keduanya, Bait Suci surgawi dan Bait Suci duniawi adalah nyata Bait Suci duniawi adalah salinan dari Bait Suci surgawi yang asli Bait Suci PL mengungkapkan pola-pola dasar dari penggenapan-penggenapan model-model Bait Suci PB Penggenapan-penggenapan PB lebih besar dari model-model Bait Suci PL, dan menggenapi fungsi untuk mana mereka dibentuk. Keduanya, Bait Suci surgawi dan Bait Suci duniawi adalah nyata Bait Suci duniawi adalah salinan dari Bait Suci surgawi yang asli Bait Suci PL mengungkapkan pola-pola dasar dari penggenapan-penggenapan model-model Bait Suci PB Penggenapan-penggenapan PB lebih besar dari model-model Bait Suci PL, dan menggenapi fungsi untuk mana mereka dibentuk. CATATAN PENTING MENGENAI BAIT SUCI DUNIAWI DAN BAIT SUCI SURGAWI

16 b b Understand the purposes of marriage Surga di Atas Bumi Selayang Pandang Surga di Atas Bumi Selayang Pandang 1.Bait Suci Eden (Kejadian 3:24) 2. Bait Suci Duniawi (Keluaran 25:9,40) 3. Bait Suci Perjanjian Baru (Wahyu 7:15-17)

17 b b Understand the purposes of marriage Surga di Atas Bumi 1.Bait Suci Eden (Kejadian 3:24)

18 “Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.” Surga di Atas Bumi 1. Bait Suci Eden Kejadian 3:24

19 Eden adalah “Bait Suci” simbolis pertama di atas bumi. Orang Yahudi pada abad kedua S.M. percaya bahwa “Taman Eden adalah tempat yang Mahakudus dan tempat kediaman Tuhan.” Eden adalah “Bait Suci” simbolis pertama di atas bumi. Orang Yahudi pada abad kedua S.M. percaya bahwa “Taman Eden adalah tempat yang Mahakudus dan tempat kediaman Tuhan.” 1. Bait Suci Eden Bait Suci Simbolis Pertama

20 Taman Eden disebut “taman Tuhan” (Yes. 51:3, Yeh. 28:13, 31:9). Dia disebut sebagai tempat kediaman Allah di atas bumi, tempat di mana moyang kita yang pertama bermaksud beribadah dan berhubungan dengan Dia. Itu sebabnya, kehilangan terbesar dari kejatuhan ke dalam dosa bukanlah pengusiran Adam dan Hawa keluar Taman, melainkan kehilangan kesempatan berada langsung di hadirat Allah. Taman Eden disebut “taman Tuhan” (Yes. 51:3, Yeh. 28:13, 31:9). Dia disebut sebagai tempat kediaman Allah di atas bumi, tempat di mana moyang kita yang pertama bermaksud beribadah dan berhubungan dengan Dia. Itu sebabnya, kehilangan terbesar dari kejatuhan ke dalam dosa bukanlah pengusiran Adam dan Hawa keluar Taman, melainkan kehilangan kesempatan berada langsung di hadirat Allah. 1. Bait Suci Eden Bait Suci Simbolis Pertama

21 1. Pada akhir kisah Penciptaan dan laporan yang menggambarkan pembangunan kemah kudus di padang gurun, tiga unsur yang sama-persetujuan, penyempurnaan dan pemberkatan diungkapkan dengan kata kunci yang sama (bandingkan kata- kata”segala” “diselesaikan” dan ”memberkati” di dalam kej. 1:31-2:3 dengan Kel. 39:32, 43; 40:33) 2. Sebagaimana Allah ”berjalan-berjalan dalam taman” (kej. 3:8, NASB), demikian juga Ia mengembara bersama umat-Nya di dalam Bait Suci (2 Sam. 7:6,7). 1. Pada akhir kisah Penciptaan dan laporan yang menggambarkan pembangunan kemah kudus di padang gurun, tiga unsur yang sama-persetujuan, penyempurnaan dan pemberkatan diungkapkan dengan kata kunci yang sama (bandingkan kata- kata”segala” “diselesaikan” dan ”memberkati” di dalam kej. 1:31-2:3 dengan Kel. 39:32, 43; 40:33) 2. Sebagaimana Allah ”berjalan-berjalan dalam taman” (kej. 3:8, NASB), demikian juga Ia mengembara bersama umat-Nya di dalam Bait Suci (2 Sam. 7:6,7). 1. Bait Suci Eden Beberapa Kesejajaran Eden dan Bait Suci

22 3. Adam harus “mengusahakan” dan “memelihara” taman itu (kej. 2:15, NKJV). Dua kata kerja yang sama digunakan untuk pelayanan orang Lewi dalam kemah kudus (Bil. 3:7, 8). 4. Benda-benda simbol yang berkaitan dengan taman muncul di seluruh Bait Suci (Kel. 25:31-36, I Raj. 6:18). 5. Kerub menjaga taman Eden (Kej. 3:24); dua Kerub ditempatkan dalam bilik mahakudus (Kel. 25:18-22). 3. Adam harus “mengusahakan” dan “memelihara” taman itu (kej. 2:15, NKJV). Dua kata kerja yang sama digunakan untuk pelayanan orang Lewi dalam kemah kudus (Bil. 3:7, 8). 4. Benda-benda simbol yang berkaitan dengan taman muncul di seluruh Bait Suci (Kel. 25:31-36, I Raj. 6:18). 5. Kerub menjaga taman Eden (Kej. 3:24); dua Kerub ditempatkan dalam bilik mahakudus (Kel. 25:18-22). 1. Bait Suci Eden Beberapa Kesejajaran Eden dan Bait Suci

23 6. Sebagaiman Penciptaan memerlukan enam hari, masing-masing dimulai dengan “Berfirman Allah” dan semuanya disusul dengan Sabat, begitu juga terdapat enam bagian “Berfirmanlah TUHAN kepada Musa” bagian-bagian mengenai kemah kudus (Kel. 25:1; 30:11, 17, 22, 34; 31:1) disusul dengan tindakan yang ketujuhtentang Sabat (Kel. 31:12-17). 7. Bait Suci diselesaikan pada hari pertama bulan pertama (Kel. 40:17). Tahun Baru Yahudi, yang mengingatkan selesainya dunia pada penciptaan. 6. Sebagaiman Penciptaan memerlukan enam hari, masing-masing dimulai dengan “Berfirman Allah” dan semuanya disusul dengan Sabat, begitu juga terdapat enam bagian “Berfirmanlah TUHAN kepada Musa” bagian-bagian mengenai kemah kudus (Kel. 25:1; 30:11, 17, 22, 34; 31:1) disusul dengan tindakan yang ketujuhtentang Sabat (Kel. 31:12-17). 7. Bait Suci diselesaikan pada hari pertama bulan pertama (Kel. 40:17). Tahun Baru Yahudi, yang mengingatkan selesainya dunia pada penciptaan. 1. Bait Suci Eden Beberapa Kesejajaran Eden dan Bait Suci

24 1.Keduanya memiliki orientasi ke arah Timur 2.Keduanya memiliki sungai yang mengalir daripadanya 3.Keduanya memiliki logram-logram mulia 4.Setelah kejatuhan, di sebelah Timur gerbang Eden, dua kerubium “ditaruh” atau “ditempatkan” 1.Keduanya memiliki orientasi ke arah Timur 2.Keduanya memiliki sungai yang mengalir daripadanya 3.Keduanya memiliki logram-logram mulia 4.Setelah kejatuhan, di sebelah Timur gerbang Eden, dua kerubium “ditaruh” atau “ditempatkan” 1. Bait Suci Eden Beberapa Persamaan Lainnya antara Eden dan Bait Suci

25 DISKUSIKAN Menurut Anda apakah tujuan sebuah Bait Suci di atas bumi, bahkan sebelum masuknya dosa? Menurut Anda, seberapa pentingkah doktrin mengenai Bait Suci itu Menurut Anda apakah tujuan sebuah Bait Suci di atas bumi, bahkan sebelum masuknya dosa? Menurut Anda, seberapa pentingkah doktrin mengenai Bait Suci itu

26 b b Understand the purposes of marriage Surga di Atas Bumi 2. Bait Suci Duniawi (Keluaran 25:9,40)

27 “Menurut segala apa yang Kutunjukkan kepadamu sebagai contoh Kemah Suci dan sebagai contoh segala perabotannya, demikianlah harus kamu membuatnya... Dan ingatlah, bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu." Surga di Atas Bumi 2. Bait Suci Duniawi Keluaran 25:9,40

28 Bait Suci di bumi haruslah didirikan menurut “contoh” (Kel. 25:9, 40). Kata bahasa Ibrani untuk “contoh” (tabnit) mengungkapkan ide suatu pola atau salinan; jadi, kita dapat simpulkan bahwa Musa melihat semacam pola mini yang mewakili Bait Suci di surga dan bahwa pola ini berlaku sebagai contoh bagi Bait Suci di bumi. Bait Suci di bumi haruslah didirikan menurut “contoh” (Kel. 25:9, 40). Kata bahasa Ibrani untuk “contoh” (tabnit) mengungkapkan ide suatu pola atau salinan; jadi, kita dapat simpulkan bahwa Musa melihat semacam pola mini yang mewakili Bait Suci di surga dan bahwa pola ini berlaku sebagai contoh bagi Bait Suci di bumi. 2. Bait Suci Duniawi Gambaran dari Pola

29 Bait Suci di surga adalah aslinya, sebagai pola Bait Suci bangsa Israel. Kita tidak boleh menyamakan Bait Suci di surga dengan surga itu sendiri. Bait Suci di surga berada “di surga;” jadi, surga berisi Bait Suci. Dua kata itu tidaklah satu arti. Bait Suci di surga adalah aslinya, sebagai pola Bait Suci bangsa Israel. Kita tidak boleh menyamakan Bait Suci di surga dengan surga itu sendiri. Bait Suci di surga berada “di surga;” jadi, surga berisi Bait Suci. Dua kata itu tidaklah satu arti. 2. Bait Suci Duniawi Gambaran dari Pola

30 Bait Suci di surga itu nyata. Bait Suci di surga disebut “kemah sejati” (Ibr. 8:2), dan juga “kemah yang lebih besar dan yang lebih sempurna” (Ibr. 9:11) sedang yang di bumi adalah suatu “gambaran dan bayangan” dari yang di surga (Ibr. 8:5). Bait Suci di surga itu nyata. Bait Suci di surga disebut “kemah sejati” (Ibr. 8:2), dan juga “kemah yang lebih besar dan yang lebih sempurna” (Ibr. 9:11) sedang yang di bumi adalah suatu “gambaran dan bayangan” dari yang di surga (Ibr. 8:5). 2. Bait Suci Duniawi Gambaran dari Pola

31 Bait Suci di bumi itu hanyalah suatu gambaran dari Bait Suci yang di surga. Apapun keterbatasan- keterbatasannya, Bait Suci di bumi mencerminkan kenyataan Bait Suci di surga dalam cara-cara yang penting. Bait Suci di bumi itu hanyalah suatu gambaran dari Bait Suci yang di surga. Apapun keterbatasan- keterbatasannya, Bait Suci di bumi mencerminkan kenyataan Bait Suci di surga dalam cara-cara yang penting. 2. Bait Suci Duniawi Gambaran dari Pola

32 Hubungan antara dua Bait Suci disebut tipologi. Tipologi adalah gambaran rancangan nubuatan Ilahi yang melibatkan dua kenyataan historis yang cocok, yang disebut tipe (yang digambarkan) dan antitipe (gambaran). Sebagai orang Advent, kita berdiri di atas landasan Alkitab yang kukuh bila kita menekankan kenyataan fisik dari Bait Suci di surga. Hubungan antara dua Bait Suci disebut tipologi. Tipologi adalah gambaran rancangan nubuatan Ilahi yang melibatkan dua kenyataan historis yang cocok, yang disebut tipe (yang digambarkan) dan antitipe (gambaran). Sebagai orang Advent, kita berdiri di atas landasan Alkitab yang kukuh bila kita menekankan kenyataan fisik dari Bait Suci di surga. 2. Bait Suci Duniawi Gambaran dari Pola

33 DISKUSIKAN Pelajaran penting apakah yang Anda temukan dalam mempelajari Bait Suci Duniawi yang merupakan “lambang” dari Bait Suci Surgawi. Menurut Anda mengapakah Allah memberikan kepada manusia model Bait Suci duniawi ? Pelajaran penting apakah yang Anda temukan dalam mempelajari Bait Suci Duniawi yang merupakan “lambang” dari Bait Suci Surgawi. Menurut Anda mengapakah Allah memberikan kepada manusia model Bait Suci duniawi ?

34 b b Understand the purposes of marriage Surga di Atas Bumi 3. Bait Suci Perjanjian Baru (Wahyu 7:15-17)

35 “Menurut segala apa yang Kutunjukkan kepadamu sebagai contoh Kemah Suci dan sebagai contoh segala perabotannya, demikianlah harus kamu membuatnya... Dan ingatlah, bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu." Surga di Atas Bumi 3. Bait Suci Perjanjian Baru Keluaran 25:9,40

36 Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.“ Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?“ Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. (Yohanes 2:19-21) Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.“ Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?“ Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. (Yohanes 2:19-21) 3. Bait Suci Perjanjian Baru Yesus Sebagai Bait Suci

37 Salah satu tema dalam Injil Yohanes adalah bahwa dengan Yesus, “Bait Suci” yang lebih baik telah tiba. Ketika Kristus datang ke dunia sebagai manusia. Ia penuhi janji Bait Suci Allah untuk diam di antara umat- Nya. Salah satu tema dalam Injil Yohanes adalah bahwa dengan Yesus, “Bait Suci” yang lebih baik telah tiba. Ketika Kristus datang ke dunia sebagai manusia. Ia penuhi janji Bait Suci Allah untuk diam di antara umat- Nya. 3. Bait Suci Perjanjian Baru Yesus Sebagai Bait Suci

38 Ketika Kristus datang ke dunia sebagai manusia. Ia penuhi janji Bait Suci Allah untuk diam di antara umat- Nya. Yesus mengumumkan diri- Nya sendiri sebagai Bait Suci, menandakan berakhirnya makna Bait Suci di dunia setelah kematian-Nya (Yoh. 2:19-21, Mat. 27:51). Ketika Kristus datang ke dunia sebagai manusia. Ia penuhi janji Bait Suci Allah untuk diam di antara umat- Nya. Yesus mengumumkan diri- Nya sendiri sebagai Bait Suci, menandakan berakhirnya makna Bait Suci di dunia setelah kematian-Nya (Yoh. 2:19-21, Mat. 27:51). 3. Bait Suci Perjanjian Baru Yesus Sebagai Bait Suci

39 Suatu acuan pasti kepada Bait Suci adalah penunjukkan Yesus sebagai “Anak Domba Allah” korban yang akan menanggung dosa dunia (Yoh. 1:29). 3. Bait Suci Perjanjian Baru Yesus Sebagai Bait Suci

40 Setelah kenaikan Kristus ke surga dan pelantikan-Nya sebagai Imam Besar di Bait Suci di sana, Bait Suci di dunia tidak lagi mempunyai tujuan yang nyata dalam rencana keselamatan (lihat Mat. 27:50, 51) 3. Bait Suci Perjanjian Baru Gereja Sebagai Bait Suci

41 Sebagai Bait Suci, umat percaya adalah suatu daerah kudus dan, dengan demikian, berada dibawah kewajiban Ilahi untuk hidup dalam kekudusan. karena gereja dalam suatu hubungan wasiat dengan Allah, dengan demikian adalah milik-Nya sendiri (2 Kor. 6:18). gereja itu bukan hanya bait Allah tetapi juga suatu keimamatan yang kudus Sebagai Bait Suci, umat percaya adalah suatu daerah kudus dan, dengan demikian, berada dibawah kewajiban Ilahi untuk hidup dalam kekudusan. karena gereja dalam suatu hubungan wasiat dengan Allah, dengan demikian adalah milik-Nya sendiri (2 Kor. 6:18). gereja itu bukan hanya bait Allah tetapi juga suatu keimamatan yang kudus 3. Bait Suci Perjanjian Baru Gereja Sebagai Bait Suci

42 Di dunia baru, Bait Suci sekali lagi menjadi tempat yang sempurna untuk jalinan hubungan di mana Allah dan yang ditebus bertemu. Itu adalah tempat tinggal yang aman, perlindungan, dan penggenapan penuh kehidupan di hadapn hadirat Allah dan Kristus-Nya. 3. Bait Suci Perjanjian Baru Ciptaan Baru

43 Yohanes tidak melihat Bait Suci di Yerusalem Baru (Why. 21:22), tetapi ini bukan berarti bahwa tidak ada Bait Suci. Malah, Yerusalem Baru itu sendirlah Bait Suci dan :kemah Allah” (Why. 21:3). Di dalam Bait Suci Allah, kita dapat tinggal dengan Dia dalam jalinan hubungan seerat mungkin (Why. 21:3,7). Inilah tujuan keselamatan. Yohanes tidak melihat Bait Suci di Yerusalem Baru (Why. 21:22), tetapi ini bukan berarti bahwa tidak ada Bait Suci. Malah, Yerusalem Baru itu sendirlah Bait Suci dan :kemah Allah” (Why. 21:3). Di dalam Bait Suci Allah, kita dapat tinggal dengan Dia dalam jalinan hubungan seerat mungkin (Why. 21:3,7). Inilah tujuan keselamatan. 3. Bait Suci Perjanjian Baru Ciptaan Baru

44 DISKUSIKAN Mengapakah penting bagi kita untuk mengerti bahwa Bait Suci Allah di surga itu adalah suatu tempat yang nyata? Pada waktu yang sama, juga, mengapakah harus kita berhati-hati untuk tidak terlalu merinci memeperbandingkan antara Bait Suci di dunia dan yang di surga? Dalam kelas, perbincangan lebih tentang gereja sebagai “Bait Suci.” Bagaimanakah pengertian saudara tentang kebenaran ini? Juga, bagaimanakah kita sebagai satu gereja dapat menggenapi dengan lebih baik ajaran penting ini? Mengapakah penting bagi kita untuk mengerti bahwa Bait Suci Allah di surga itu adalah suatu tempat yang nyata? Pada waktu yang sama, juga, mengapakah harus kita berhati-hati untuk tidak terlalu merinci memeperbandingkan antara Bait Suci di dunia dan yang di surga? Dalam kelas, perbincangan lebih tentang gereja sebagai “Bait Suci.” Bagaimanakah pengertian saudara tentang kebenaran ini? Juga, bagaimanakah kita sebagai satu gereja dapat menggenapi dengan lebih baik ajaran penting ini?

45 KUTIPAN ROH NUBUAT “... Mereka yang menerima pengajaran firman Allah tidak akan bersikap masa bodoh sama sekali mengenai tempat tinggak surgawi. Namun, “apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” (1 Korintus 2:9). Bahasa manusia tidak cukup untuk menjelaskan upah orang benar. Hal itu akan diketahui oleh mereka yang memandangnya. Pikiran fana ini tidak dapat mengerti kemuliaan Firdaus Allah, “ Ellen G. White, Alfa dan Omega jld. 8, hlm. 712, 713. “... Mereka yang menerima pengajaran firman Allah tidak akan bersikap masa bodoh sama sekali mengenai tempat tinggak surgawi. Namun, “apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” (1 Korintus 2:9). Bahasa manusia tidak cukup untuk menjelaskan upah orang benar. Hal itu akan diketahui oleh mereka yang memandangnya. Pikiran fana ini tidak dapat mengerti kemuliaan Firdaus Allah, “ Ellen G. White, Alfa dan Omega jld. 8, hlm. 712, 713.

46 RANGKUMAN Lambang Bait Suci adalah sebuah pertolongan yang lur biasa dalam menolong kita untuk memahami aspek-aspek penting dari Injil

47 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Bait Suci duniawi adalah merupakan lambang dari Bait Suci surgawi dimana kita dapat melihat bagaimana rencana keselamatan itu dilaksanakan. Pekerjaan pelayanan keselamatan yang dilakukan Yesus bagi kita dapat dilihat dari sejak taman Eden, upacara-ipacara bait suci duniawi dan gereja. Seluruh alat dan pelayanan di kaabah merujuk kepada Yesus Saya tidak menyadari hal ini. Minggu depan ini saya berusaha melalui pertolongan Roh Kudus dan belajar Alkitab saya akan berusaha untuk lebih menghargai pelayanan Kristus di Bait suci sebagai imam dan pembela serta hakim, demi untuk keselamatan saya.

48 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA”


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google