Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MONITORING DAN EVALUASI KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN Bogor, September 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MONITORING DAN EVALUASI KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN Bogor, September 2013."— Transcript presentasi:

1 MONITORING DAN EVALUASI KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN Bogor, September 2013

2 : “ Keuangan Negara dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan” PS 3(1) UU No 17 Th 2003 Semangat “Good Governance”

3 I.LATAR BELAKANG II.LANDASAN HUKUM III.MONEV KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L IV.LANGKAH-LANGKAH STRATEGIS YANG PERLU MENDAPAT PERHATIAN POKOK BAHASAN

4 4 1.Tantangan utama dalam pengelolaan APBN adalah terbatasnya ruang gerak fiskal sebagai akibat dari terbatasnya sumber pendanaan, karena itu dalam penyusunan RKA-K/L diterapkan kebijakan Penganggaran Berbasis Kinerja (PBK), dengan menggunakan 3 (tiga) instrumen yaitu Indikator Kinerja, Standar Biaya Keluaran dan Evaluasi Kinerja; 2.Evalusi Kinerja sebagai salah satu instrumen PBK mempunyai peranan yang sangat penting dalam penganggaran yaitu sebagai : a.umpan balik (feedback) guna meningkatkan kualitas perencanaan dan prioritas alokasi angggaran belanja untuk kebijakan dan sasaran strategis pembangunan tahun anggaran berikutnya; b.acuan untuk pemberian bimbingan teknis kepada K/L dalam rangka meningkatkan kualitas belanja (quality of spending); dan c.bahan pertimbangan penerapan sistem ganjaran dan sanksi dalam penetapan pagu anggran belanja K/L. I. LATAR BELAKANG...(1/2)

5 Kondisi Selama IniKondisi Yang Dituju Wapres Boediono : Belum Ada Monitoring dan Evaluasi Anggaran Indonesia belum memiliki evaluasi dan monitoring yang terpadu “…karena kita masuk dalam input oriented. Apa yang kita keluarkan, selesai anggarannya bersih secara administratif tetapi outcome-nya, maksud saya output atau outcome-nya, atau dampak setelah itu belum kita ukur” "Saya tidak ke detilnya, tetapi intinya jika ingin outcome orinted, tentunya harus ada definsi dari outcome yang jelas, terukur dan harus jelas itu apa. Ini merupakan setiap perencanaan. Oleh karena itu saya anjurkan sekali” Sumber: Selasa, 29 Maret :09 wibwww.okezone.com I. LATAR BELAKANG..(2/2)

6 6 II. LANDASAN HUKUM 1.Pasal 19 dan Pasal 20 PP No 90 Th 2010 tentang Tata Cara Penyusunan RKA-K/L terkait amanat bahwa: a.Menteri/Pimpinan Lembaga melakukan pengukuran dan evaluasi Kinerja atas pelaksanaan RKA-K/L tahun sebelumnya dan tahun anggaran berjalan, paling sedikit terdiri atas tingkat keluaran (output); capaian hasil (outcome); tingkat efisiensi;konsistensi antara perencanaan dan implementasi; dan realisasi penyerapan anggaran. b.Ketentuan lebih lanjut mengenai pengukuran dan evaluasi kinerja atas pelaksanaan RKA-K/L diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan 2.Inpres No 9 Th 2010 dan No 17 Th 2011 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, terkait instruksi Presiden kepada Menteri Keuangan untuk membuat ketentuan tata cara pengukuran dan evaluasi kinerja atas pelaksanaan RKA-K/L 3.Permenkeu No 249/PMK.02/2011 tentang Tata Cara Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Atas Pelaksanaan RKA-K/L, yang berorientasi pada hasil (outcome oriented) dari suatu program dan didukung oleh TI berbasis WEB

7 7 1. Pelaksana Evaluasi Kinerja Menteri/Pimpinan Lembaga selaku Pengguna Anggaran melakukan evaluasi kinerja tahun sebelumnya dan tahun berjalan per program dan melibatkan Pemangku Kepentingan 2. Fungsi Evaluasi Kinerja III. MONEV KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L…(1/10) Fungsi Akuntabilitas Peningkatan Kualitas Bertujuan Untuk membuktikan dan mempertanggungjawabkan kepada masyarakat atas penggunaan anggaran yang dikelola kementerian/lembaga bersangkutan Bertujuan untuk mempelajari faktor-faktor yang menjadi pendukung atau kendala atas pelaksanaan RKA-K/L sebelumnya bagi upaya peningkatan kinerja di tahun-tahun berikutnya.

8 8 PROGRAM RKA-K/L MasukanKegiatanKeluaran 2. Aspek Manfaat 3. Aspek Konteks Hasil Dalam rangka menghasilkan informasi mengenai pelaksanaan program, variabel yang diukur : 1.Penyerapan anggaran 2.Konsistensi antara perencanaan dan implementasi 3.Pencapaian keluaran 4.Efisiensi 1. Aspek Implementasi Dalam rangka menghasilkan informasi mengenai perubahan yg terjadi dalam masyarakat dan/atau pemangku kepentingan sebagai penerima manfaat atas keluaran yg telah dicapai, variabel yang diukur : 1.Capaian Indikator Kinerja utama Dalam rangka menghasilkan informasi mengenai relevansi masukan, kegiatan, keluaran, dan hasil apakah masih relevan dengan dinamika perkembangan keadaan, termasuk kebijakan Pemerintah. 3. Obyek dan Aspek Evaluasi Kinerja III. MONEV KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L…(2/10)

9 9 4. Tahapan kegiatan Evaluasi Kinerja.. (1/6) 1 Mempersiapkan model Logika Informasi Kinerja 2 Inventarisasi dan Identifikasi berbagai indikator dan target Kinerja 3 Menyusun desain pengumpulan data Merupakan gambaran ringkas yang menjelaskan hubungan antara masukan, kegiatan, keluaran dan hasil serta kebutuhan masyarakat dan/atau pemangku kepentingan Menginventarisasi dan mengidentifikasi berbagai indikator dan target kinerja yang direncanakan (dijanjikan dalam dokumen RKA-K/L). Difokuskan pada penyusunan mekanisme untuk memperoleh data realisasi indikator kinerja keluaran dan indikator kinerja utama program Persiapan Pengumpulan dataPengukuran dan PenilaianAnalisis III. MONEV KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L…(3/10)

10 10 Aspek EvaluasiData yang diperlukanSumber Data Aspek Implementasi a. Pagu anggaran  Data Dokumen RKA-K/L b. Target volume keluaran  Data Dokumen RKA-K/L c. Target indikator kinerja keluaran  Data Dokumen RKA-K/L d. Rencana penarikan dana  Data RKA-K/L/DIPA e. Realisasi anggaran *)  SP2D f. Realisasi volume keluaran *)  Bukti-bukti yang kredibel g. Realisasi indikator kinerja keluaran  Review dokm, survey,atau FGD Aspek Manfaat Target indikator kinerja utama  Data RKA-K/L Realisasi indikator kinerja utama  Review dokm, survey, atau FGD Aspek Konteks data kependudukan, indikator ekonomi, indeks tingkat kemiskinan, data dibidang ekonomi, sosial, politik, arah kebijakan Pemerintah dan prioritas pemb nasional serta informasi lain yang terkait Reviu dokumen, survey, observasi, dan forum diskusi yang melibatkan pemangku kepentingan Persiapan Pengumpulan data Pengukuran dan PenilaianAnalisis *) Pengumpulan data realisasi anggaran dan realisasi volume keluaran dilakukan setiap bulan sesuai dengan realisasi yang dicapai dan dapat digunakan sebagai bahan monitoring atas pelaksanaan anggaran tahun berjalan 4. Tahapan kegiatan Evaluasi Kinerja... (2/6) III. MONEV KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L…(4/10)

11 11 Hanya dilakukan untuk evaluasi kinerja atas aspek Implementasi dan atas aspek Manfaat A.Pengukuran Kinerja Aspek Implementasi: 1)Pengukuran Penyerapan Anggaran (P), dilakukan dengan membandingkan antara akumulasi realisasi anggaran seluruh satker dengan akumulasi pagu anggaran seluruh satker. 2)Pengukuran Konsistensi (K) antara perencanaan dan implementasi, dilakukan berdasarkan rata-rata ketepatan waktu penyerapan anggaran setiap bulan. 3)Pengukuran Pencapaian Keluaran (PK),dilakukan dengan membandingkan antara rata-rata realisasi volume keluaran dengan target volume keluaran dan rata-rata realisasi Indikator kinerja keluaran dengan target indikator kinerja keluaran. Persiapan Pengumpulan data Pengukuran dan Penilaian Analisis 4. Tahapan Evaluasi Kinerja... (3/6) III. MONEV KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L…(5/10)

12 12 4)Pengukuran tingkat efisiensi (NE), diperoleh dari hasil perbandingan antara realisasi anggaran per volume keluaran dg pagu anggaran per volume keluaran Nilai Kinerja Aspek Implementasi: Bobot Kinerja Aspek Implementasi sebesar 33,3% Persiapan Pengumpulan data Pengukuran dan Penilaian Analisis 4. Tahapan Evaluasi Kinerja... (4/6) NK aspek implementasi =(PxWP) + (KxWK) + (PKxWPK) + (NExWE) III. MONEV KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L…(6/10) B. Pengukuran Kinerja Aspek Manfaat Pengukuran Capaian Hasil (CH), dilakukan dengan membandingkan realisasi indikator kinerja utama dengan target indikator kinerja utama. Bobot Kinerja Aspek Manfaat sebesar 66,7 % Nilai Kinerja (NK) Aspek Manfaat NK aspek manfaat = CH x WCH

13 13 Persiapan Pengumpulan data Pengukuran dan Penilaian Analisis C. Penilaian Capaian Kinerja Program : Penilaian capaian kinerja program, dilakukan dengan cara menjumlahkan hasil penilaian capaian kinerja atas aspek implementasi dan hasil penilaian capaian kinerja atas aspek manfaat Hasil penilaian capaian kinerja program, dikelompokan kedalam kategori sbb: 1) 90% > NK Program ≤ 100% dikategorikan Sangat Baik 2) 80% > NK Program ≤ 90% dikategorikan Baik 3) 60% > NK Program ≤ 80% dikategorikan Cukup atau Normal 4) 50% > NK Program ≤ 60% dikategorikan Kurang 5) NK Program ≤ 50% dikategorikan Sangat Kurang NK Program = NK aspek impIemenatsi + NK aspek manfaat 4. Tahapan Evaluasi Kinerja... (5/6) III. MONEV KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L…(7/10)

14 14 1 Hubungan sebab akibat atas hasil pengukuran dan penilaian untuk setiap indikator yang dievaluasi; 2 Keterbatasan yang dihadapi dalam menjalankan setiap proses evaluasi kinerja; 3 Perubahan hasil pengukuran dan penilaian dibandingkan dengan hasil evaluasi kinerja tahun sebelumnya; dan 4 Identifikasi faktor pendukung dan kendala dalam pelaksanaan kegiatan, pencapaian keluaran dan hasil. 1 Identifikasi dan analisis kesesuaian antara kebutuhan dan/atau permasalahan yg terdapat dlm masyarakt dg hasil yg ditargetkan; 2 Analisis kesesuaian antara keluaran yang ditargetkan dengan capaian hasil; 3 Analisis kesesuaian antara kegiatan yang direncanakan dengan pencapaian keluaran; dan 4 Analisis kesesuaian dan ketepatan masukan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan dan pencapaian keluaran. Rekomendasi Aspek Implementasi dan Manfaat Aspek Konteks Persiapan Pengumpulan data Pengukuran dan Penilaian Analisis 4. Tahapan Evaluasi Kinerja... (6/6) III. MONEV KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L…(8/10)

15 Improving: Peningkatan efektifitas dan efisiensi alokasi anggaran K/L “Self evaluation” Kementerian Negara/ Lembaga melakukan: 15 “Meta evaluation” Kementerian Keuangan Cq DJA Melakukan : 1.Analysis hasil capaian kinerja atas pelaksanaan RKA-K/L TA Sebelumnya 2.Pemantauan capaian kinerja pelaksanaan RKA-K/L TA berjalan 1. Aspek Impementasi Program: Penyerapan Anggaran, Capaian Keluaran,konsistensi dan tingkat Efisiensi 2. Aspek Manfaat: Capaian hasil program 3. Aspek Konteks: Relevansi hasil dengan kebutuhan/dinamika masyarakat Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Atas Pelaksanaan RKA-K/L (Permenkeu No 249/PMK.01/2011(Permenkeu No 249/PMK.01/2011 Tahun sebelumnya dan tahun anggaran berjalan 5. Mekanisme Monev Kinerja Penganggaran: Proving: Membuktikan atas capai kinerja & mem- tj-kan atas penggunaan anggaran III. MONEV KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L…(9/10)

16 16 Waktu Format Menteri/Pimpinan Lembaga menyampaikan laporan hasil evaluasi kinerja untuk setiap program paling lambat 1 April; Format Laporan disusun sesuai dengan format yang telah tertuang dalam aplikasi e-monev kinerja penganggaran 6.Pelaporan Hasil Evaluasi Kinerja III. MONEV KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L…(10/10) 7. Aplikasi Monev Kinerja Penganggaran : 3 (tiga) Layer: Layar Satker, Layer Unit Eselon I,Layer Menteri/Pimpinan Lembaga menu yang ada dalam aplikasi meliputi: Dashboard, Entri Data, Monitoring, Laporan, Logic Model, Business Intelligence (BI), Roadmap EKP, Informasi, dan Ubah Password. Khusus menu Logic Model dan Business Intelligence (BI) hanya terdapat pada layer Eselon I dan K/L. Lihat Aplikasi

17 17 IV. LANGKAH-LANGKAH STRATEGIS YANG HARUS MENDAPAT PERHATIAN 1.Memperbaiki penataan arsitektur dan informasi kinerja (logic model) program dan ketepatan pemilihan indikator kinerja yang akan dituangkan dalam RKA-K/L agar memudahkan pengukurannya, baik secara kualitatif maupun kuantitatif 2.Membangun sistem monitoring dan evaluasi kinerja anggaran yang berbasis teknologi informasi dan terintegrasi dengan database Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara 3.Meningkatkan kapasitas SDM dalam melakukan analisis data perencanaan dan realisasi anggaran termasuk analisis terhadap laporan hasil evaluasi kinerja

18 18 Terima Kasih

19 19

20 20

21 21


Download ppt "MONITORING DAN EVALUASI KINERJA ATAS PELAKSANAAN RKA-K/L KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN Bogor, September 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google