Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perekrutan, proses menarik orang – orang pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang cukup, dengan persyaratan yang layak untuk melamar kerja dalam suatu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perekrutan, proses menarik orang – orang pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang cukup, dengan persyaratan yang layak untuk melamar kerja dalam suatu."— Transcript presentasi:

1 Perekrutan, proses menarik orang – orang pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang cukup, dengan persyaratan yang layak untuk melamar kerja dalam suatu organisasi maupun perusahaan.

2 1. Pengumuman Pekerjaan ( Job Posting ) 2. Pengajuan Pekerjaan ( Job Bidding ) 3. Referensi Karyawan Cara Mengidentivikasi & Mendekati Pasar Tenaga Kerja& Cara Mengidentivikasi & Mendekati Pasar Tenaga Kerja&

3 1.Mengirimkan persyaratan atau requirement ke media – media elektronik maupun cetak seperti website, koran, majalah dan lain – lain. 2.Menseleksi CV 3.Pelaksanaan Ujian 4.Wawancara

4 Perekrutan Internal : Mempromosikan atau mempekerjakan dari dalam organisasi Perekrutan Eksternal : Mempromosikan atau mempekerjakan dari luar organisasi

5

6 1. Semangat dari orang yang dipromosikan 2. Penilaian kemampuann yg lebih baik 3. Biaya yg lebih rendah untuk beberapa pekerjaan 4. Motivator untuk pekerja yg lebih baik 5. Menyebabkan pergantian kepemimpinan melalui promosi 1. Perkawinan sedarah 2. Kemungkinan menyebabkan turunya semangat bagi mereka yg tidak dipromosikan 3. Persaingan untuk men dapatkan promosi 4. Kebutuhan akan program pengembangan manajemen Internal :  Keuntungan :  Kerugian :

7 1. Darah baru membawa perspektif baru 2. Lebih murah dan cepat daripada melatih profesional 3. Tidak ada kelompok pendukung politis dalam organisasi 4. Dapat membawa wawasan industri baru 1. Mungkin orang yang terpilih akan cocok dengan pekerjaan atau organisasai 2. Dapat menyebabkan turunnya semangat bagi kandidatinternal yg terpilih 3. Penyesuaian atau waktu orientasi yg lebih lama  Keuntungan :  Kerugian : Eksternal :

8 Sumber Eksternal : Karyawan yang akan mengisi jabatan yang lowong dilakukan penarikan dari sumber-sumber tenaga kerja di luar perusahaan, diantaranya melalui : Iklan, agen tenaga kerja, pemeritah/swasta, lembaga pendidikan(community collage,akademi dan universitas), asosiasi profesi, rekomendasi, magang, pengangguran, mantan karyawan, pesaing dalam pasar tenaga kerja.

9 Melalui media internet dapat mempercepat proses perekrutan tenaga kerja yang baru ketimbang kita menggunakan proses perekrutan tradisional akan lebih memakan waktu yang cukup lama dalam proses penyeleksian. Mengapa Perekrutan melalui internet Tumbuh ?

10 1. Dapat secara efektif mengidentifikasikan para pelamar aktif maupun pasif 2. Dapat mempercepat penggolongan talenta masing – masing pelamar 3. Perusahaan dapat memasang iklan lowongan pekerjaan baru pada situs Web karir perusahaan mereka kapan dan dimana saja. keunggulan kita mempergunakan sistem internet sebagai metode perekrutan

11 1. Perekrut internet(internet recruiter) atau perekrut maya (cyber recruiter) adalah orang – orang yang bertanggung jawab menggunakan internet dalam proses perekrutan. 2. Memiliki metode–metode perekrutan di antaranya : 3. Bursa kerja virtual 4. Situs web karir perusahaan 5. Weblog (disingkat blog) 6. Situs karyawan kontrak 7. NACElink

12 a. Jumlah produksi b. Ramalan-ramalan usaha c. Perluasan perusahaan d. Perkembangan teknologi e. Tingkat permintaan dan penawaran tenaga kerja f. Perencanaan karier tenaga kerja/pegawai Faktor Penting Mengevaluasi Usaha Perekrutan ::

13  PENGUMUMAN PEKERJAAN (JOB POSTING) Prosedur untuk memberikan informasi kepada karyawan mengenai adanya lowongan-lowongan pekerjaan.  PENGAJUAN PEKERJAAN (JOB BIDDING) Prosedur yang memungkinkan para karyawan yang yakin bahwa mereka memenuhi persyaratan-persyaratan yang diminta untuk melamar kerja pada posisi lowongan yang diumumkan.  REFERENSI KARYAWAN Cara dimana para karyawan bepretasi puncak teridentifikasi, merupakan alat perikrutan paling sering di gunakan.

14  Mengirimkan persyaratan atau requirement ke media – media elektronik maupun cetak seperti website, koran, majalah dan lain – lain. Persyaratan – persyaratan itu biasanya berupa keahlian – keahlian baik softskill dan hardskill yang harus dimiliki oleh setiap SDM. Sebagai contoh perusahaan IT biasanya memberikan persyaratan harus bisa bahasa pemrogaman misalnya pl/sql, php, java dan lain – lain. Untuk persyaratan secara softskill seperti harus jujur, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, Dalam mengirimkan persyaratan, perusahaan akan menyertakan untuk tujuan pengiriman CV dan nomor yang bisa dihubungi.  Menseleksi CV Setelah melakukan langkah 1, maka perusahaan akan mendapatkan lampiran CV peserta. Dalam suatu perusahaan, ada bidang yang tugasnya melakukan perekrutan dan penseleksian CV yaitu HRD. Perusahaan akan melihat dari kebutuhan dan tujuan suatu perusahaan dalam menerima CV suatu SDM.

15  Pelaksanaan Ujian Tes atau ujian yang biasanya dilakukan sesuai bidang pekerjaan yang dilakukan perusahaan tersebut. Untuk perusahaan IT, ujian yang dilakukan biasanya ujian tertulis dengan menuliskan code yang dikuasai peserta ujian untuk memecahkan suatu kasus. Tes lain yaitu berupa psikotest dan tes aptitude.  Wawancara Jika peserta lolos tahap ujian maka calon karyawan akan dihubungi kembali dan akan diundang untuk mengikuti tahap wawancara. Peserta akan ditanya dengan berbagai macam pertanyaan yang terkadang bisa menjebak peserta itu sendiri. Pertanyaan yang paling sering muncul adalah “berapa gaji yang anda inginkan?”.

16  Jumlah Produksi Bahwa jumlah produksi yang akan dihasilkan menentukan banyaknya karyawan yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Semakin banyak produksi yang akan dihasilkan maka akan semakin banyak pula tenaga kerja yang dibutuhkan/direkrut.  Ramalan-ramalan Usaha Hal ini meliputi perkiraan mengenai situasi perekonomian, siklus usaha yang menyangkut ketidakpastian di masa yang akan datang, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.  Perluasan Perusahaan Perencanaan tenaga kerja juga dipengaruhi oleh rencana perluasan perusahaan di masa yang akan datang. Jika perusahaan akan diperbesar maka perekrutan/penarikan tenaga kerja akan semakin banyak pula.

17  Perkembangan Teknologi Perkembangan teknologi juga akan mempengaruhi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Perusahaan yang menggunakan alat-alat canggih, maka jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sedikit. Hal inilah yang harus diperhitungkan agar dikemudian hari tidak terjadi PHK.  Pasaran Tenaga Kerja Pasaran tenaga kerja haruslah diperhatikan sebab jika penawaran lebih besar dari permintaan maka tingkat upah akan cenderung rendah. Dalam hal ini perusahaan harus menghitung manakah yang paling menguntungkan, apakah dengan labor intensive atau capital intensive. Sehingga hal tersebut akan mempengaruhi kebijaksanaan kebutuhan tenaga kerja.  Perencanaan Karier Tenaga Kerja Kemungkinan promosi di kemudian hari akan ikut mempengaruhi kebutuhan tenaga kerja. Jika promosi akan dilakukan di kemudian hari, maka calon karyawan/tenaga kerja yang dibutuhkan harus dengan spesifikasi yang lebih banyak lagi.

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

36

37

38

39

40

41

42

43

44

45

46  jumlah pelamar.  jumlah panggilan atau penawaran.  jumlah yang diterima.  jumlah penempatan yang berhasil.

47 We are leading shopping mall, seeking high caliber individuals to join our Advertising and Promotion team. Innovation is key. Fresh creative ideas must be backed by unquestionable skills and proficiencies. Promotions & Special Events Executive Qualification: Male/female between the age 25 to 30 years old. Possess a full degree (S1) from A reputable university with a Minimum GPA of 3.0. (overseas graduate preferred) Minimum 2 years experience in a related field. Creative and having good Conceptual skills Highly motivated and good team player Result oriented and willing to work long hours Good command of English, both written and spoken Please submit your application and CV along with colour photograph to: Personnel & Administration Department PT. Mulia Inti Pelangi Jl. Letjen. S. Parman Kav. 21 Slipi, Jakarta Send Your CV by We are leading shopping mall, seeking high caliber individuals to join our Advertising and Promotion team. Innovation is key. Fresh creative ideas must be backed by unquestionable skills and proficiencies. Promotions & Special Events Executive Qualification: Male/female between the age 25 to 30 years old. Possess a full degree (S1) from A reputable university with a Minimum GPA of 3.0. (overseas graduate preferred) Minimum 2 years experience in a related field. Creative and having good Conceptual skills Highly motivated and good team player Result oriented and willing to work long hours Good command of English, both written and spoken Please submit your application and CV along with colour photograph to: Personnel & Administration Department PT. Mulia Inti Pelangi Jl. Letjen. S. Parman Kav. 21 Slipi, Jakarta Send Your CV by

48

49 PELUANG KARIR Sebuah media massa professional yang telah memiliki reputasi di kalangan pelaku bisnis Indonesia, memberikan peluang pada anda untuk bergabung sebagai: 1.Account Executive (AE) Pendidikan S1 Pria, Wanita max. 35 tahun Memiliki kendaraan sendiri Sudah berpengalaman min 1 tahun di media cetak 2.Sekretaris Redaksi Wanita Belum Menikah Pendidikan Min. D3 Sekretaris Menguasai Komputer/Microsoft Office Lebih diutamakan bisa bahasa inggris Kirimkan surat lamaran lengkap ke: PO BOX 8629 JKS GR PELUANG KARIR Sebuah media massa professional yang telah memiliki reputasi di kalangan pelaku bisnis Indonesia, memberikan peluang pada anda untuk bergabung sebagai: 1.Account Executive (AE) Pendidikan S1 Pria, Wanita max. 35 tahun Memiliki kendaraan sendiri Sudah berpengalaman min 1 tahun di media cetak 2.Sekretaris Redaksi Wanita Belum Menikah Pendidikan Min. D3 Sekretaris Menguasai Komputer/Microsoft Office Lebih diutamakan bisa bahasa inggris Kirimkan surat lamaran lengkap ke: PO BOX 8629 JKS GR


Download ppt "Perekrutan, proses menarik orang – orang pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang cukup, dengan persyaratan yang layak untuk melamar kerja dalam suatu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google