Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGOLAHAN DATA Tipe Data Variabel Konstanta Operator Ekspresi 1. 2. 3. 4. 5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGOLAHAN DATA Tipe Data Variabel Konstanta Operator Ekspresi 1. 2. 3. 4. 5."— Transcript presentasi:

1 PENGOLAHAN DATA Tipe Data Variabel Konstanta Operator Ekspresi

2 Tipe Data Pada dasarnya, data yang diproses di dalam komputer berjenis numerik. Tipe data yang lain hanya merupakan pengembangan dan interpretasi lain dari data bertipe numerik. Numerik 1. Karakter 2. Logika 3.

3 Tipe Data Numerik Bilangan bulat 1. Bilangan pecahan 2. Bilangan bulat maupun pecahan diperlakukan secara berbeda di dalam memori. Bilangan pecahan memiliki lokasi ekstra untuk menyimpan data pecahan. Dari sisi jangkauan data, tipe data pecahan memiliki range lebih besar dibandingkan dengan tipe data bilangan bulat.

4 Tipe Data Karakter Karakter tunggal (char) 1. Deretan karakter (String) 2. Data untuk karakter tunggal harus berupa 1 (satu) data karakter, sedangkan data untuk String boleh berupa 0 (nol) atau lebih karakter. Dari sisi jangkauan data, tipe data String memiliki range lebih besar dibandingkan dengan tipe data char.

5 Tipe Data Logika Status 0  SALAH 1. Status 1  BENAR 2. Sebuah data logika menggunakan 1 byte memori. Ukuran memori dinyatakan dengan satuan BYTE.

6 Pemilihan Tipe Data Sesuaikan dengan jenis data yang akan diolah. 1. Pilihlah tipe data sesuai dengan jenis data yang akan diolah. Analisa setiap jenis data yang akan diolah secara seksama. Tidak setiap data numerik akan diproses secara numerik. Ada kalanya data bertipe numerik akan diproses sebagai string, misalnya nomor telpon, nomor induk mahasiswa, nomor KTP dan sebagainya. Pilihlah tipe data sesuai dengan jenis data yang akan diolah. Analisa setiap jenis data yang akan diolah secara seksama. Tidak setiap data numerik akan diproses secara numerik. Ada kalanya data bertipe numerik akan diproses sebagai string, misalnya nomor telpon, nomor induk mahasiswa, nomor KTP dan sebagainya.

7 Pemilihan Tipe Data Sesuaikan dengan kebutuhan memori. 2. Pilihlah tipe data yang sesuai dengan kebutuhan pengolahan data DAN yang menggunakan memori secara efisien. Sebagai contoh, data numerik dengan tipe pecahan terbagi menjadi tipe FLOAT dan DOUBLE. Kedua tipe data ini sama- sama mengolah data bilangan pecahan, tetapi berbeda dalam pemakaian memori karena range keduanya berbeda. Pilihlah tipe data yang sesuai dengan kebutuhan pengolahan data DAN yang menggunakan memori secara efisien. Sebagai contoh, data numerik dengan tipe pecahan terbagi menjadi tipe FLOAT dan DOUBLE. Kedua tipe data ini sama- sama mengolah data bilangan pecahan, tetapi berbeda dalam pemakaian memori karena range keduanya berbeda.

8 Variabel Sebutan bagi lokasi memori yang digunakan untuk menyimpan data. 1. Hanya bisa menyimpan sebuah data dengan tipe tertentu. 2. Penyimpanan data baru akan menghapus data lama. 3. Selama proses berlangsung, isi variabel bisa diubah-ubah. 4.

9 Penamaan Variabel Diawali dengan huruf kecil. Kata berikutnya diawali dengan huruf kapital. 1. Tidak boleh mengandung spasi atau simbol khusus seperti [ ] - = ?. 2. Lebih dari satu kata harus ditulis dempet. 3. Variabel string maupun char diakhiri dengan karakter $. 4.

10 Contoh Variabel Penamaan yang benar gaji totalPendapatan nama$ alamat$ 1.

11 Contoh Variabel Penamaan yang salah 1gaji (diawali dengan angka) total-Pendapatan (ada minus) nama mahasiswa (ada spasi) alamat-2 (ada minus) 2.

12 Konstanta Sebutan bagi lokasi memori yang digunakan untuk menyimpan data. 1. Hanya bisa menyimpan sebuah data dengan tipe tertentu. 2. Penyimpanan data hanya bisa dilakukan di awal proses. 3. Selama proses berlangsung, isi konstanta TIDAK BOLEH diubah. 4.

13 Penamaan Konstanta Diawali dengan huruf kapital seluruhnya. 1. Tidak boleh mengandung spasi atau simbol khusus seperti [ ] - = ?. 2. Lebih dari satu kata harus dipisahkan dengan underscore (_). 3. Konstanta string maupun char diakhiri dengan karakter $. 4.

14 Operator Karakter khusus yang digunakan untuk melakukan proses tertentu. 1. Memerlukan data untuk diproses  disebut operand. 2. Ada yang bersifat unary : (membutuhkan 1 operand). 3. Ada yang bersifat binary : (membutuhkan 2 operand). 4.

15 Jenis-jenis Operator Operator Matematika : digunakan untuk melakukan proses matematika. 1. = : pemberian nilai + : penjumlahan - : pengurangan * : perkalian / : pembagian % : modulus (sisa bagi)

16 == : persamaan ≠ : pertidaksamaan > : lebih dari ≥ : lebih dari atau sama dengan < : kurang dari ≤ : kurang dari atau sama dengan Jenis-jenis Operator Operator Relasi : digunakan untuk melakukan proses pembandingan. 2. Pembacaan diawali dengan kata “apakah” Hasil proses bernilai BENAR atau SALAH Pembacaan diawali dengan kata “apakah” Hasil proses bernilai BENAR atau SALAH

17 Jenis-jenis Operator Operator Logika : digunakan untuk melakukan proses logika. 3. AND : logika DAN OR : logika OR Hasil proses akan bernilai salah satu: BENAR, atau SALAH Hasil proses akan bernilai salah satu: BENAR, atau SALAH

18 Tabel Kebenaran untuk operator logika XYX AND YX OR Y Jenis-jenis Operator 0 = kondisi SALAH 1 = kondisi BENAR 0 = kondisi SALAH 1 = kondisi BENAR

19 Ekspresi Ekspresi Matematika1. Ekspresi Relasional2. Ekspresi Logika3. Ekspresi Gabungan4.

20 Ekspresi Ekspresi Matematika1. 3 * 4 – / 5 2 Ekspresi ini diselesaikan dengan urutan sebagai berikut: 1. ((3 * 4) – 5) + (2 / (5 2 )) 2. (12 – 5) + (2 / 25) * 4 – / 5 2 Ekspresi ini diselesaikan dengan urutan sebagai berikut: 1. ((3 * 4) – 5) + (2 / (5 2 )) 2. (12 – 5) + (2 / 25)

21 Ekspresi Ekspresi Relasional2. 10 == 3  apakah 10 sama dengan 3? 10 ≠ 3  apakah 10 tidak sama dengan 3? 10 > 3  apakah 10 lebih dari 3? 10 ≥ 3  apakah 10 lebih dari atau sama dengan 3? 10 < 3  apakah 10 kurang dari 3? 10 ≤ 3  apakah 10 kurang dari atau sama dengan 3? 10 == 3  apakah 10 sama dengan 3? 10 ≠ 3  apakah 10 tidak sama dengan 3? 10 > 3  apakah 10 lebih dari 3? 10 ≥ 3  apakah 10 lebih dari atau sama dengan 3? 10 < 3  apakah 10 kurang dari 3? 10 ≤ 3  apakah 10 kurang dari atau sama dengan 3?

22 Ekspresi Ekspresi Logika3. cuaca_cerah AND jalanan_ramai ada_angkutan OR ada_tumpangan cuaca_cerah AND jalanan_ramai ada_angkutan OR ada_tumpangan

23 Ekspresi Ekspresi Gabungan4. (x+y > z) AND (a*b < c) Urutan proses: 1. “x+y” dihitung dulu. 2. Hasil perhitungan tersebut dibandingkan dengan “z”. 3. “a*b” dihitung dulu. 4. Hasil perhitungan tersebut dibandingkan dengan “c”. 5. Hasil perhitungan langkah 2 dan 4 dikombinasi dengan operator AND. (x+y > z) AND (a*b < c) Urutan proses: 1. “x+y” dihitung dulu. 2. Hasil perhitungan tersebut dibandingkan dengan “z”. 3. “a*b” dihitung dulu. 4. Hasil perhitungan tersebut dibandingkan dengan “c”. 5. Hasil perhitungan langkah 2 dan 4 dikombinasi dengan operator AND.

24 End of slide


Download ppt "PENGOLAHAN DATA Tipe Data Variabel Konstanta Operator Ekspresi 1. 2. 3. 4. 5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google