Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 DAMPAK PNPM, PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PADA PELUANG KERJA DAN PEMBERANTASAN KEMISKINAN Jakarta – April 12, 2007 Gustav F. Papanek Boston Institute.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 DAMPAK PNPM, PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PADA PELUANG KERJA DAN PEMBERANTASAN KEMISKINAN Jakarta – April 12, 2007 Gustav F. Papanek Boston Institute."— Transcript presentasi:

1 1 DAMPAK PNPM, PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PADA PELUANG KERJA DAN PEMBERANTASAN KEMISKINAN Jakarta – April 12, 2007 Gustav F. Papanek Boston Institute for Developing Economies (BIDE) Konsultan, Bank Dunia

2 2 Garis besar paparan Dampak pada peluang kerja: 24 juta orang mendapat pekerjaan. Berbagai manfaat PNPM adalah akibat dari meningkatnya kegiatan ekonomi, bukan akibat peluang kerja yang langsung terbuka. Dampaknya besar bagi orang miskin – 16 juta orang miskin mendapat manfaat. PNPM hendaknya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program untuk menciptakan peluang kerja dan memberantas kemiskinan.

3 A. PNPM dapat membuka peluang kerja tambahan selama 60 hari untuk sekitar 24 juta orang pada Manfaatnya akan cukup besar terutama karena penghasilan dan pekerjaan tambahan dapat diperoleh pada masa setelah musim sibuk di bidang pertanian, konstruksi, dsb., ketika banyak orang miskin sangat membutuhkan penghasilan tambahan

4 4 2. Tetapi hanya jika sepenuhnya didanai pada tahun 2008 & Hibah kecamatan sebesar Rp. 3 milyar: juta orang mendapat pekerjaan dan penghasilan pada ‘09. Hibah kecamatan dipatok pada Rp. 1,5 milyar: juta orang mendapat pekerjaan dan penghasilan.

5 5 Grafik 1: Lapangan kerja yang dihasilkan oleh PNPM

6 6 3. Dari 24 juta orang yang mendapat manfaat, hanya sekitar akan tercatat bekerja di bawah PNPM karena: a.Orang miskin tidak dapat tidak bekerja–mereka harus bekerja agar bisa makan. Sebagian besar penerima manfaat PNPM akan setengah menganggur: pada bulan-bulan dimana mereka hanya mendapat pekerjaan selama jam seminggu. b.Penganggur sebagian besar adalah golongan menengah berpendidikan dan muda, yang menolak pekerjaan kasar yang ditawarkan PNPM.

7 7 B. Manfaat-manfaat besar PNPM akibat kegiatan ekonomi yang lebih besar yang ditimbulkannya, bukan karena jumlah orang yang dapat langsung diberinya pekerjaan 1.Pada 2009, sekitar 60% dari manfaat PNPM bersifat tidak langsung: kegiatan ekonomi yang meningkat. 2.Manfaat tidak langsung akibat: a. “Multiplier” pendapatan– pendapatan tambahan yang tercipta di desa karena orang yang bekerja di bawah PNPM menggunakan uangnya untuk membeli makanan, barang dan jasa yang lain. b. Dampak yang lebih besar berasal dari investasi dalam perbaikan infrastruktur, yang memungkinkan pengangkutan barang bernilai tinggi dengan biaya rendah.

8 8 Grafik 2: Sumber-sumber lapangan kerja oleh PNPM

9 9 3. Proyek-proyek pedesaan diperkirakan akan menghasilkan rate of return, penghasilan tahunan sebagai persentase biaya investasi, sebesar 50%, yang akan terus dapat diperoleh dengan perawatan; ini sangat besar. 4.Selain itu, ada manfaat tidak langsung yang lain, yang tidak dapat diukur dari sisi peluang kerja yang terbuka dan penghasilan yang meningkat: a. PNPM dapat dijadikan mekanisme Jaring Pengaman Sosial atau Asuransi Sosial. b. PNPM membantu mencegah tingkat upah bagi semua, bahkan juga bagi orang yang tidak terlibat dalam kegiatan PNPM, turun ke tingkat yang rendah di luar musim sibuk.

10 10 C.Dampak PNPM pada kemiskinan besar sekali 1.Sekitar 16 juta orang miskin, 35-45% dari jumlah total orang miskin, akan mendapat manfaat dari PNPM pada Tetapi jika hibah dipatok pada angka Rp. 1,5 milyar pada 2008/09, maka hanya 9,5 juta yang akan mendapat manfaat.

11 11 Grafik 3a: Total jumlah orang miskin penerima manfaat PNPM jika hibah Kecamatan Rp. 3 milyar atau Rp. 1.5 milyar pada tahun 2008 & 2009

12 12 3.Dari 16 juta orang miskin yang akan mendapat manfaat: 6,5 juta akan lepas dari perangkap kemiskinan, dan 9,5 juta akan mendapat kenaikan penghasilan sebesar 10-14%, tetapi ini tidak cukup untuk melepaskan diri dari jerat kemiskinan.

13 13 Grafik 3b: Jumlah orang miskin penerima manfaat PNPM dengan meningkatnya jumlah pendapatan atau terlepas dari kemiskinan

14 14 4. Faktor-faktor yang lain dapat menyapu bersih berbagai manfaat PNPM. Berapa banyak orang miskin tergantung pada atau lebih banyak tergantung pada:  Harga beras dan makanan pokok yang lain;  Jumlah pekerjaan yang diciptakan melalui tingkat pertumbuhan dan seberapa jauh pertumbuhan bersifat padat karya;  Efektivitas Program Bantuan Tunai Bersyarat.

15 15 D. PNPM dapat menjadi elemen penting dalam program pemberantasan kemiskinan dan penciptaan pekerjaan 1. PNPM dapat membangun infrastruktur lokal/desa dengan biaya 40% di bawah biaya proyek-proyek pemerintah. Karena itu, PNPM tidak saja efektif untuk memberantas kemiskinan dan meningkatkan peluang kerja, tetapi juga sangat efisien dalam membangun infrastruktur lokal.

16 16 2.Sejumlah dana untuk Asuransi Sosial/Jaring Pengaman Sosial juga hendaknya dapat dialokasikan kepada PNPM untuk penyediaan jasa-jasa semacam itu secara efisien. 3.PNPM meningkatkan Pendapatan Nasional Indonesia sebesar kira-kira: Rp.17 trilyun [$ 2 milyar] pada 2009, dan Rp. 26 trilyun pada 2010 [hampir $ 3 milyar] sebagai efek tidak langsung dari rangsangannya pada perekonomian. Rp. 3-5 trilyun atau sekitar itu masuk ke kantung Pemerintah dalam bentuk pemasukan pajak dari konsumsi yang meningkat dan pemasukan- pemasukan pajak lainnya, yang dapat digunakan untuk mendanai PNPM di tahun-tahun yang akan datang.

17 17 Rekomendasi utama : 1.PNPM didanai penuh pada 2008/09 sebesar Rp. 3 milyar per Kecamatan. Jika tidak, manfaat yang dijanjikannya tidak akan terwujud. 2. Kampanye besar-besaran untuk mendidik masyarakat luas dan pejabat pemerintah harus terus menekankan: a. PNPM akan membawa manfaat yang luar biasa besar. b. PNPM adalah bagian dari strategi Pemerintah untuk memberantas kemiskinan, pengangguran dan pengangguran terselubung. 3. Penting sekali untuk menyusun program evaluasi yang kredibel untuk semua program kemiskinan, termasuk PNPM, sebagai basis untuk menetapkan prioritas pendanaan Pemerintah pada tahun-tahun yang akan datang—program-program mana yang terbukti efektif.


Download ppt "1 DAMPAK PNPM, PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PADA PELUANG KERJA DAN PEMBERANTASAN KEMISKINAN Jakarta – April 12, 2007 Gustav F. Papanek Boston Institute."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google