Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB II KONSEP PERBANDINGAN DAN PROSES PENYESUAIAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB II KONSEP PERBANDINGAN DAN PROSES PENYESUAIAN."— Transcript presentasi:

1 BAB II KONSEP PERBANDINGAN DAN PROSES PENYESUAIAN

2 PENGERTIAN TRANSAKSI BISNIS Kamus umum Bahasa Indonesia mengemukakan transaksi adalah persetujuan jual beli dalam perdagangan antara belah pihak. Soemarso (2004:42) mendefinisikan transaksi sebagai kejadian atau situasi yang mempengaruhi posisi keuangan perusahaan. Dari pendapat di atas dapat disimpulkan transaksi adalah suatu peristiwa atau kejadian yang perlu dicatat dalam akuntansi. Transaksi yang perlu dicatat adalah transaksi (peristiwa) yang dapat diukur dengan satuan uang (kuantitatif) atau disebut juga transaksi bisnis ekonomi. Dalam akuntansi, transaksi yang tidak bisa diukur dengan satuan uang (misalnya upacara bendera dan serahterima jabatan) tidak bisa di klasifikasikan sebagai transaksi ekonomi, trasaksi seperti ini disebut transaksi non bisnis atau non ekonomi. Oleh karena itu, kita harus dapat mengidentifikasi transaksi. Transaksi bisnis atau ekonomi akan mempengaruhi posisi keuangan perusahaan, artinya akan mempengaruhi komposisi persamaanantar aset dan sumber aset. Misalnya, adanya setoran uang tunai.

3 Pengertian akun Soemarso (2004:64) mengidentifikasi akun sebagai formulir khusus yang digunakan unmencatatuk t dan menggolong- golongkan transaksi sejenis. Menurut warren & fees (2005:62) mengemukakan pengertian mengenai akun adalah catatan yang menunjukkan kenaikan dan penurunan setiap pos laporan keuangan dalam laporan terpisah. Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa akun adalah sarana digunakan untuk mencatat transaksi atau peristiwa bisnis atau ekonomi yang sejenis yang mengakibatkan naik atau turunnya nilai akun tersebut. akun sering disebut juga akun atau rekening. Informasi yang terinci dalam laporan keuangan ada dalam tiap- tiap akun. Akun untuk masing-masing perusahaan berbeda tergantung dengan jenis transaksi, besar perusahaan, dan tipe bisnis.

4 pengertian neraca saldo neraca Saldo adalah daftar saldo akun-akun yang ada dalam buku besar suatu entitas pada saat tertentu. Perbedaan neraca saldo (trial balance) dengan neraca (balance sheet) adalah dari segi isinya, kalau neraca hanya memuat akun riil (aset, liabilitas dan ekuitas), tetapi kalau neraca saldo memuat akun riil dan nominal (aset, liabilitas, ekuitas, dan pendapatan serta beban). Akun neraca saldo, disusun sesuai dengan nomor yang urut dan teratur sepeti dalam buku besar. Pengertian buku besar Buku besar adalah kumpulan dari akun-akun atau akun-akun yang digunakan dalam perusahaan atau entitas bisnis. Penggolongan akun-akun didalam buku besar terdiri dari akun neraca (akun riil) dan akun laba-rugi (akun nominal). Pengertian jurnal Jurnal atau buku harian adalah catatan berupa pendebitan dan pengkreditan dari transaksi-transaksi secara kronologis sesuai dengan urutan waktu terjadinya transaksi. Bentuk jurnal pada umunya ada dua, jurnal kolom dan jurnal dengan beberapa kolom.

5 Dua kelompok akun: 1. akun riil (tetap) adalah akun yang dilaporkan dalam neraca, yang saldo akunnya terbawa dari satu period eke periode berikutnya. Akun riil terdiri dari tiga kelompok akun yaitu, asset, liabilitas dan ekuitas. 2. akun nominal (sementara) adalah akun yang disajikan dalam laporan laba rugi. Akun nominal terdiri dari dua kelompok yaitu pendapatan dan beban. Kode-kode akun: Umumnya ada tiga penggolongan kode akun: 1. kode nomor urut 2. kode blok 3. kode kelompok (group) jenis-jenis aset: 1. aset lancar (current asset) 2. investasi (investment) 3. aset tetap 4.aset tak berwujud (intangible of fixed assets) 5. aset lain-lain (other assets)

6 Jenis-jenis kewajiban: 1. kewajiban lancar (current liability) 2.kewajiban jangka panjang (long term liabilities) 3. kewajiban lain-lain Bentuk jurnal Bentuk jurnal umunya ada dua: 1. jurnal dua kolom (jurnal umum) 2. jurnal dengan beberapa kolom (jurnal khusus)


Download ppt "BAB II KONSEP PERBANDINGAN DAN PROSES PENYESUAIAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google