Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Albertus Agung Femin Himawan P2700212008. Penghematan energi atau konservasi energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Albertus Agung Femin Himawan P2700212008. Penghematan energi atau konservasi energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi."— Transcript presentasi:

1 Albertus Agung Femin Himawan P

2 Penghematan energi atau konservasi energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi. Organisasi-organisasi serta perseorangan dapat menghemat biaya dengan melakukan penghematan energi, sedangkan pengguna komersial dan industri dapat meningkatkan efisiensi dan keuntungan dengan melakukan penghemaan energi. Saat ini, sekitar 44% dari total energi di Indonesia digunakan oleh sektor industri, oleh karena itu efisiensi energi di sektor ini sangatlah penting dan berdampak besar. IDE DASAR

3 Salah satu peralatan diindustri yang mengkonsumsi energi listrik cukup besar adalah mesin pendingin industri, sebagai contoh mesin pendingin Cold Storage yang banyak digunakan diindustri pengolahan ikan, udang, dan daging. Hampir 90% dari pemakaian energi tersebut dikonsumsi oleh kompresor. Pada saat ini umumnya Cold Storage di industri banyak yang bersifat konvensional yaitu dimana sistem kendali yang digunakan untuk mengatur kerja dari motor kompresor hanya mengenal dua kondisi berdasarkan suhu yang ditetapkan melalui pengaturan thermostat. Jika suhu ruang lebih besar dari suhu yang ditetapkan maka motor kompresor akan beroperasi (ON) dan sebaliknya akan berhenti (Off) jika suhu ruang lebih kecil dari suhu yang ditetapkan.

4 Sistem kendali ON/OFF memang murah dan sederhana, dan penghematan pada kendali ON/OFF ini terjadi hanya pada saat motor kompresor tidak beroperasi. Tetapi terdapat kelemahan dan masalah pada sistem ini yaitu jika seting thermostat terlalu kecil atau karena beban pendingin yang meningkat maka akan semakin seringnya terjadi fluktuasi sehingga kerja kompresor terputus-putus dan ini selain akan semakin memperkecil kemampuan untuk menghemat energi juga dapat membahayakan kompresor karena arus start yang tinggi sekitar 6- 7 kali dari arus nominal, akselerasi yang tidak terkontrol dan stress mekanik yang tinggi setiap kali motor kompresor beroperasi.

5 Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dalam rencana penelitian ini akan dilakukan upaya penghematan energi pada mesin pendingin cold storage dengan mengoptimalkan sistem kendalinya dengan cara memvariasikan kecepatan motor kompresor sesuai dengan perubahan beban pendinginan melalui pendeteksian perubahan temperatur ruang cold storage. Rencana akan dipilih algoritma Fuzi, yang akan dipakai sebagai sistem kendali-nya. Dan hasilnya akan dibandingkan dengan sistem kendali konvensional (ON/OFF) untuk mengetahui seberapa besar penghematan energi yang akan dihasilkan. TERIMA-KASIH


Download ppt "Albertus Agung Femin Himawan P2700212008. Penghematan energi atau konservasi energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google