Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Proses dan Organisasi Pengembangan. Tantangan Apakah suatu proses pengembangan dapat diterapkan pada setiap perusahaan? Apa peranan setiap fungsi dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Proses dan Organisasi Pengembangan. Tantangan Apakah suatu proses pengembangan dapat diterapkan pada setiap perusahaan? Apa peranan setiap fungsi dalam."— Transcript presentasi:

1 Proses dan Organisasi Pengembangan

2 Tantangan Apakah suatu proses pengembangan dapat diterapkan pada setiap perusahaan? Apa peranan setiap fungsi dalam proses pengembangan ? Apakah organisasi pengembangan sebaiknya berdasarkan proyek atau fungsi pengembangan ?

3 Proses dan Org (con’t) Proses … Proses Prod-Dev : urutan kegiatan-kegiatan dimana suatu perusahaan berusaha menyusun, merancang, dan mengkomersilkan suatu produk. Keuntungan proses Prod-Dev yang baik : - Jaminan Kualitas - Koordinasi - Perencanaan - Manajemen - Perbaikan

4

5 Proses Prod-Dev Perencanaan Pengembangan Konsep Perancangan Tingkat Sistem. Perancangan Detail. Pengujian & Perbaikan. Produksi Awal.

6 0 : Perencanaan Zerofase. Berkaitan dg kegiatan pengembangan teknologi dan penelitian tingkat lanjut. Output : pernyataan misi proyek.

7 1 : Pengembangan Konsep Kebutuhan pasar terget diidentifikasi. Alternatif konsep dibangkitkan dan dievaluasi. Satu / lebih konsep dipilih. Tahapan : Identifikasi Kebutuhan Pelanggan, Spesifikasi Produk, Penyusunan Konsep, Seleksi Konsep, dan Pengujian Konsep. Konsep : uraian dari bentuk,fungsi dan tampilan produk yg diikuti dengan sekumpulan spesifikasi, analisa produk pesaing, dan pertimbangan ekonomis proyek.

8 2 : Perancangan Tingkat Sistem Mencakup definisi Arsitektur produk, dan uraian produk menjadi sub sistem dan komponen. Gambaran rakitan akhir untuk sistem produksi. Output : tata letak bentuk produk, spesifikasi secara fungsioanl tiap subsistem, dan diagram aliran proses rakitan akhir.

9 3 : Perancangan Detail Mencakup Spesifikasi lengkap dari bentuk, material dan toleransinya, dan identifikasi seluruh komponen standar yg dibeli dari pemasok. Output  bentuk tiap komponen dan peralatan, spesifikasi komponen yang dibeli, rencana proses pabrikasi dan perakitan, dan pencatatan pengendalian produk.

10 4: Pengujian dan Perbaikan Prototype Alpha dan Betha dibuat dan diuji. 5 : Produksi Awal Produk dibuat dg sistem produksi sesungguhnya. Tujuannya : melatih tenaga kerja. Kadang-kadang masih disesuaikan dg keinginan pelanggan.

11

12

13 Jenis Proses Pengembangan Market Pull (Generic) Prod-dev diawali dg adanya peluang pasar kemudian menggunakan teknologi yg ada untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. contoh : furniture, alat bantu kerja Techonology Push Prod-dev dimulai dg suatu teknologi terbaru, kemudian mencari pasar yg sesuai untuk menggunakan teknologi tsb. Contoh: …

14 Jenis Proses Pengembangan (con’t) Produk Platform Prod-dev diawali dengan mengasumsikan bahwa produk baru akan dibuat berdasarkan subsistem teknologi yang telah ada. Contoh : … Process Intensive Memfokuskan pada proses produksi yang menetapkan batasan- batasan yang ketat pada produk. Contoh : … Costumized Dikembangkan untuk menjawab pesanan khusus pelanggan

15 Organisasi Prod-Dev

16 Tugas 2: Kelompok Rancang diagram proses pengembangan suatu produk (barang atau jasa) dan berikan usulan bentuk organisasi untuk pengembangan produk tsb disertai alasannya. Dikumpulkan hari ini.

17 See you …


Download ppt "Proses dan Organisasi Pengembangan. Tantangan Apakah suatu proses pengembangan dapat diterapkan pada setiap perusahaan? Apa peranan setiap fungsi dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google