Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Analisa Pengaruh Putaran Spindel dan Gerak Makan Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Proses Permesinan dengan Metode High Speed Machining Oleh : William.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Analisa Pengaruh Putaran Spindel dan Gerak Makan Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Proses Permesinan dengan Metode High Speed Machining Oleh : William."— Transcript presentasi:

1 Analisa Pengaruh Putaran Spindel dan Gerak Makan Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Proses Permesinan dengan Metode High Speed Machining Oleh : William Wirakusuma, A.Md

2 Latar Belakang High Speed Machining adalah suatu metode baru dalam proses permesinan. High Speed Machining adalah suatu metode baru dalam proses permesinan. Dimana dalam melakukan pemotongan digunakan nilai angka putaran spindle yang tinggi lebih dari rpm, dan juga diikuti dengan penggunaan feeding yang tinggi pula. Dimana dalam melakukan pemotongan digunakan nilai angka putaran spindle yang tinggi lebih dari rpm, dan juga diikuti dengan penggunaan feeding yang tinggi pula.

3 High Speed Machining

4 High Speed Machining biasanya digunakan untuk pembuatan cetakan (mould, die, punch, dsb). Yang dalam pengerjaannya apabila tidak menggunakan High Speed Machining akan membutuhkan waktu yang lama untuk proses pembuatannya. High Speed Machining biasanya digunakan untuk pembuatan cetakan (mould, die, punch, dsb). Yang dalam pengerjaannya apabila tidak menggunakan High Speed Machining akan membutuhkan waktu yang lama untuk proses pembuatannya. Dan pada cetakan-cetakan tersebut diperlukan suatu permukaan yang memiliki permukaan yang halus supaya produk yang dihasilkan dari cetakan tersebut baik Dan pada cetakan-cetakan tersebut diperlukan suatu permukaan yang memiliki permukaan yang halus supaya produk yang dihasilkan dari cetakan tersebut baik

5 Permasalahan Faktor yang paling besar pengaruhnya dalam suatu proses permesinan adalah gerak makan (f) dan yang paling kecil pengaruhnya adalah kecepatan potong (Vc). Faktor yang paling besar pengaruhnya dalam suatu proses permesinan adalah gerak makan (f) dan yang paling kecil pengaruhnya adalah kecepatan potong (Vc). Semakin besar gerak makan (f) maka akan menaikkan nilai Kekasaran permukaan (Ra), semakin besar kecepatan potong (Vc) maka akan menurunkan nilai kekasaran permukaan (Ra). Semakin besar gerak makan (f) maka akan menaikkan nilai Kekasaran permukaan (Ra), semakin besar kecepatan potong (Vc) maka akan menurunkan nilai kekasaran permukaan (Ra).

6 Dalam High Speed Machining nilai gerak makan (f) yang digunakan besar dan putaran spindle juga tinggi sehingga dengan putaran spindle yang tinggi maka secara langsung nilai kecepatan potongpun menjadi besar. Dalam High Speed Machining nilai gerak makan (f) yang digunakan besar dan putaran spindle juga tinggi sehingga dengan putaran spindle yang tinggi maka secara langsung nilai kecepatan potongpun menjadi besar.

7 Tujuan Penelitian Mengetahui pengaruh putaran spindle dan gerak makan terhadap kekasaran permukaan benda kerja pada proses permesinan dengan teknik High Speed Machining. Mengetahui pengaruh putaran spindle dan gerak makan terhadap kekasaran permukaan benda kerja pada proses permesinan dengan teknik High Speed Machining.

8 Batasan Masalah Mesin yang digunakan adalah mesin CNC Vertical Milling Machine Mesin yang digunakan adalah mesin CNC Vertical Milling Machine Putaran spindle maksimal rpm Putaran spindle maksimal rpm Alat potong yang digunakan Ballnose Ø16mm Alat potong yang digunakan Ballnose Ø16mm Feedrate maksimal 2500 mm/min Feedrate maksimal 2500 mm/min Pendinginan dengan menggunakan angin bertekanan. Pendinginan dengan menggunakan angin bertekanan. Baja yang digunakan sampel adalah baja STAVAX (X42Cr13) Baja yang digunakan sampel adalah baja STAVAX (X42Cr13)

9 TINJAUAN PUSTAKA HSM diartikan sebagai proses permesinan yang menggunakan : HSM diartikan sebagai proses permesinan yang menggunakan : Kecepatan potong yang tinggiKecepatan potong yang tinggi Putaran spindle yang tinggiPutaran spindle yang tinggi Kecepatan pemakanan yang tinggiKecepatan pemakanan yang tinggi Kecepatan dan gerak makan yang tinggiKecepatan dan gerak makan yang tinggi

10 High Speed Machining seringkali digunakan dalam 3 sektor industri, yaitu : High Speed Machining seringkali digunakan dalam 3 sektor industri, yaitu : Industri pengerjaan aluminium yang memproduksi komponen otomotifIndustri pengerjaan aluminium yang memproduksi komponen otomotif Industri pesawat terbangIndustri pesawat terbang Industri cetakan (die mould)Industri cetakan (die mould)

11 Kekasaran Permukaan Permukaan adalah sebuah sisi dari suatu produk dimana merupakan bagian yang bersentuhan dengan produk yang lainnya. (Nobuo Saga, p.61). Permukaan adalah sebuah sisi dari suatu produk dimana merupakan bagian yang bersentuhan dengan produk yang lainnya. (Nobuo Saga, p.61).

12 Pada permukaan sebuah benda terdapat 3 elemen yaitu : Pada permukaan sebuah benda terdapat 3 elemen yaitu : - bentuk - gelombang - kekasaran permukaan

13

14

15

16

17 Pencarian Literatur Persiapan Sampel Proses Milling Pengujian Analisa Data Kesimpulan METODOLOGI PENELITIAN


Download ppt "Analisa Pengaruh Putaran Spindel dan Gerak Makan Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Proses Permesinan dengan Metode High Speed Machining Oleh : William."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google