Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teori Pembelajaran  merupakan penerapan prinsip-prinsip teori belajar, teori tingkah laku, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam usaha mencapai tujuan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teori Pembelajaran  merupakan penerapan prinsip-prinsip teori belajar, teori tingkah laku, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam usaha mencapai tujuan."— Transcript presentasi:

1 Teori Pembelajaran  merupakan penerapan prinsip-prinsip teori belajar, teori tingkah laku, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam usaha mencapai tujuan belajar.  dibicarakan tentang prinsip-prinsip yang dapat dipakai untuk memecahkan masalah- masalah praktis di dalam pembelajar-an, dan bagaimana menangani situasi praktis yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari.

2 Tekanan utamanya :  Belajar merupakan suatu kumpulan proses yang bersifat individual, yang merubah stimuli yang datang dari lingkungan seseorang ke dalam sejumlah informasi yang selanjutnya dapat menyebabkan adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang.  Kemampuan yang merupakan hasil belajar dapat dikategorikan bersifat praktis dan teoretis.  Kejadian-kejadian dalam pembelajaran yang mempenga-ruhi proses belajar dapat dikelompokkan ke dalam kategori-kategori umum, tanpa memperhatikan hasil belajar yang diharapkan.

3  Teori pembelajaran merupakan suatu kumpulan prinsip-prinsip yang terintegrasi dan yang memberikan preskripsi untuk mengatur situasi atau lingkungan belajar sedemikian rupa sehingga dapat membantu siswa mencapai tujuan belajarnya dengan mudah.  Teori-teori pembelajaran ini memberikan arahan dalam pemilihan metode pembelajaran.  Teori-teori psikologi dan teori belajar merupakan dasar pengembangan teori pembelajaran.

4 Berdasarkan teori psikologi dan teori belajar yang mendasarinya, maka teori pembelajaran dapat dibagi menjadi lima kelompok : Pendekatan modifikasi tingkah laku  Teori pembelajaran ini didasarkan atas pendekatan modifikasi tingkah laku terutama dari Skinner, yang berpendapat bahwa apabila binatang saja dapat diajar untuk melakukan tugas-tugas yang sifatnya kompleks, maka orangpun akan dapat memanfaatkan prinsip- prinsip modifikasi tingkah laku yang diterapkan.  para pendidik dapat menerapkan prinsip penguatan (reinforcement) untuk mengidentifikasi aspek-aspek situasi pendidikan yang terpenting dan mengatur kondisi pembelajaran sehingga siswa akan memperoleh pengakuan untuk keberhasilannya selama mereka berusaha untuk mencapai tujuan belajarnya.

5 Teori pembelajaran konstruk kognitif  Menurut Bruner, teori pembelajaran yang baik adalah pengalaman belajar melalui penemuan (discovery), siswa memperoleh informasi dan keterampilan baru dengan memperhatikan informasi dan ketrampilan yang telah dipelajari sebelumnya.  Empat prinsip utama, yaitu : 1. Untuk memungkinkan terjadinya proses belajar diperlukan motivasi dari pihak siswa, oleh karena itu perlu dicari prinsip-prinsip yang dapat membuat siswa mau dan mampu belajar. 2. Perhatian perlu diberikan kepada struktur bahan yang akan dipelajari. Dengan demikian informasi dan proses pembelajaran perlu dikonsep-tualisasikan sehingga dapat dengan mudah dipelajari siswa. 3. Pengalaman-pengalaman belajar perlu diurutkan dengan baik, dengan memperhatikan jenjang perkembangan siswa. 4. Perlu adanya pujian atau hukuman. 

6 Teori pembelajaran berdasarkan Prinsip-Prinsip belajar Bugelski mengidentifikasi beberapa prinsip dasar yang dapat digunakan para pendidik, yaitu : 1. Untuk belajar siswa harus memiliki perhatian dan responsif terhadap materi yang dipelajari. 2. Semua proses belajar memerlukan waktu. 3. Di dalam diri seseorang yang sedang belajar selalu terdapat alat pengatur internal yang dapat mengontrol motivasinya serta menentukan sampai sejauh mana dan dalam bentuk apa seseorang akan bertindak dalam suatu situasi tertentu. 4. Perlu adanya kesamaan antara situasi belajar dengan pengalaman-pengalaman di dalam kehidupan nyata.

7 Teori Pembelajaran berdasarkan Analisis Tugas  guru mengadakan analisis tugas secara sistematik mengenai tugas-tugas yang harus dilakukan siswa di dalam latihan atau situasi pendidikan.  tugas-tugas tersebut disusun secara hierarkis atau paralel tergantung dari urutan tugas- tugas dalam usaha mencapai tujuan akhir.

8 Teori Pembelajaran Berdasarkan Psikologi humanistik  didasarkan pada teori kepribadian dan psikoterapi.  pengalaman emosional dan karakteristik khusus seseorang perlu diperhatikan di dalam penyusunan teori pembelajaran.  perlu diperhatikan pula aktualisasi diri, pemahaman diri, serta realisasi diri orang yang belajar.  Agar belajar dapat bermakna secara signifikan diperlukan adanya inisiatif yang datang dari pihak siswa itu sendiri, dan ia harus sepenuhnya terlibat. Hal ini akan dapat terjadi melalui belajar eksperiental (experiential learning).


Download ppt "Teori Pembelajaran  merupakan penerapan prinsip-prinsip teori belajar, teori tingkah laku, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam usaha mencapai tujuan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google