Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By. Drs. Nurkholis, MBA, PhD. Fungsi penting dari Kepemimpinan adalah pemecahan masalah dan pengambilan keputusan Hubungan antara kepemimpinan, manajemen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By. Drs. Nurkholis, MBA, PhD. Fungsi penting dari Kepemimpinan adalah pemecahan masalah dan pengambilan keputusan Hubungan antara kepemimpinan, manajemen."— Transcript presentasi:

1 By. Drs. Nurkholis, MBA, PhD

2 Fungsi penting dari Kepemimpinan adalah pemecahan masalah dan pengambilan keputusan Hubungan antara kepemimpinan, manajemen dan administrasi adalah merupakan suatu mata rantai yang tak dapat diputuskan, karena semua itu merupakan suatu proses yang melibatkan kerjasama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Unsur penting administrasi sebagai bagian dari suatu proses : 1.Adanya sekelompok orang yang saling memerlukan dan bekerja sama, 2.Adanya tujuan yang ditetapkan, 3.Adanya pembagian tugas yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan, 4.Tersedianya sumber daya yaitu manusia, dana, sarana, peraturan & waktu. Hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan : 1.Harus mempunyai tujuan yang merupakan alasan dibentuknya perusahaan, 2.Memiliki program dan menentukan metode dalam menyelesaikan program, 3.Setiap perusahaan mempunyai pegawai (dari pimpinan s/d bawahan) yang bertanggung jawab terhadap perusahaan dalam pencapaian tujuan. Mereka mempunyai tanggung jawab pokok sesuai dengan kedudukan masing- masing.

3 1.The leader assumes responsibility, 2. The leader must balance competing goals, 3. The leader is a conceptual thingker, 4. The leader work with through other people, 5. The leader is a mediator, 6. The leader is a politician, 7. The leader is a diplomat, 8. The leader make difficult decisions.

4 1) Planning, 2) Organizing, 3) Controlling, 4) Leading, 5) Resourcing, 6) Activating, 7) Representing, 8) Coordinating, 9) Communicating, 10) Decision making. 

5 1.RANGSANGAN SEORANG DENGAN DORONGAN FAKTOR INTRINSIK FAKTOR EKSTRINSIK ALTERNATIF PERILAKU PENENTUAN PERILAKU PERILAKU *Perilaku muncul dalam kerangka Motivasi sebagai konsep manajemen didorong oleh adanya kebutuhan Mengingat pentingnya peran pemimpin, maka menjadi kewajiban bagi setiap pegawai secara berkelanjutan untuk berusaha : 1.Mengerti dan memahami tingkah laku dirinya dan bawahan (jika ada), 2.Mencari dan menentukan sebab-sebab tingkah lakunya dan bawahan, 3.Memperhitungkan, mengawasi dan merubah serta mengerahkan tingkah lakunya.

6 Lima Jenjang Kebutuhan Pokok Manusia : 1.Kebutuhan mempertahankan hidup (physiological needs), 2.Kebutuhan rasa aman (safety needs), 3.Kebutuhan sosial (social needs), 4.Kebutuhan akan penghargaan (esteem needs), 5.Kebutuhan mempertinggi kapasitas (self actualistion).

7 Ciri –ciri sebuah perusahaan yang efektif : 1.Kepemimpinan visioner yang kuat dari atas, 2.Kelompok manajemen yang kuat, 3.Tenaga kerja yang termotivasi dengan baik, punya komitmen,terampil, 4.Kerja kelompok yang baik di seluruh organisasi, 5.Tekanan berkelanjutan untuk berinovasi, 6.Sasaran yang didefinisikan dengan jelas dan strategi untuk mencapainya, 7.Budaya perusahaan yang kondusif, 8.Sistem nilai yang menekankan kinerja mutu dan tanggung jawab perusahaan kepada para pemegang kepentingan, 9.Kemampuan untuk bertindak cepat, 10.Dasar keuangan yang sehat.

8 EFISIENSI dan EFEKTIVITAS Efisien adalah menyangkut tentang waktu, tenaga, biaya yang mana pemanfaatnnya seoptimal mungkin Efektivitas menyangkut pada hal tepat guna (singkat, padat, hemat, tepat dan akurat)

9 Bagaimana menjadi inovator yang baik ? :  Memiliki pandangan awal yang jelas pada hasil yang ingin dicapai,  Mendefinisikan dengan jelas sasaran dan manfaat dari proyek tersebut,  Mengajukan usul proyek secara persuasif,  Memperoleh dukungan dari atasan, rekan kerja dan bawahan,  Berani mengambil resiko dengan penuh diperhitungkan,  Menggunakan gaya manajemen partisipatif,  Memiliki kekuasaan untuk memobilisasi dukungan dan sumber daya dalam menyelesaikan segala sesuatu,  Memiliki kemampuan untuk menangani campur tangan dan penentangan dalam proyek,  Memiliki kekuatan karakter untuk mempertahankan momentum. Ciri Perusahaan yang mendorong inovasi Adanya arus informasi yang bebas dan memungkinkan para pegawai menemukan gagasan-gagasan, Hubungan yang baik lintas departemen dan penekanan pada hubungan lateral, Tradisi bekerja dalam kelompok dan berbagi kredit, Para karyawan percaya pada inovasi, dan dengan kemampuan, keinginan untuk meraih peluang dan menyediakan waktu untuk inovasi.

10 Alasan utama bagi kekeliruan adalah :  Ketidakmampuan untuk belajar dari kesalahan,  Ketidakmampuan semata-mata karena promosi yang berlebihan,  Seleksi yang buruk, latihan yang tidak memadai,  Keyakinan yang terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah,  Kemalasan,  Kurangnya padangan ke depan. Perbaikan atas kekeliruan memerlukan ketrampilan yang diklarifikasikan dengan :  Managerial,  Analitic,  Technical,  Communication,  Human Resources Management.

11 Tindakan yang dapat anda lakukan :  Kenali diri anda sendiri,  Kenali apa yang anda inginkan,  Kembangkan dan terapkan ketrampilan,  Tunjukan kualitas pribadi dan perilaku bagi keberhasilan. Pegawai yang efektif adalah :  Berorientasi pada pencapaian,  Memiliki pandangan positif,  Dapat diandalkqn dan menyesuaikan diri,  Pengorganisasi yang baik,  Memiliki hubungan yang dekat dan alamiah dengan orang-orang,  Merupakan pembangun kelompok dan komunikator yang baik. Pertanyaan yang harus diajukan ke diri anda adalah : 1.Apa yang telah saya capai sejauh ini? 2.Kapan saya gagal untuk mencapai yang saya inginkan? 3.Apa yang saya lakukan dengan baik dan dengan buruk? 4.Sampai sejauh mana saya mengenal bidang keahlian yang saya pilih? 5.Orang seperti apa saya?.

12 Unsur yang mendasari kerangka kerja analitis mencari keunggulan : “Strategi, Struktur, Sistem, Staff, Gaya, Ketrampilan dan Sasaran Pengayom.” Karakteristik yang menggariskan kemenangan : 1.Kepemimpinan, 2.Otonomi, 3.Pengendalian, 4.Keterlibatan, 5.Orientasi Pasar, 6.Kembali ke dasar dan tinggal disana, 7.Inovasi, 8.Integritas. Delapan atribut yang mencirikan perusahaan inovasi :  Pembiasaan kearah tindakan,  Dekat dengan pelanggan,  Otonomi dan kewirausahaan,  Produktivitas melalui orang,  Langsung terdorong ke arah nilai,  Melekat pada rajutan (network),  Bentuk sederhana, staff ramping,  Bersifat fleksibel.

13 Hal-hal yang perlu dilakukan untuk memperbaiki manajemen kinerja :  Mengklarifikasi tanggung jawab,  Mendefinisikan dan menyetujui sasaran dan standar kerja,  Meningkatkan motivasi dengan meningkatkan pemahaman akan sasaran, cara untuk mencapainya, imbal jasa yang terkait dengan pencapaian,  Memberikan tuntutan dan bantuan yang akan mengembangkan kekuatan dan mengatasi kelemahan,  Mendeteksi masalah dan kesulitan serta menyetujui bagaimana cara mengatasinya,  Merencanakan apapun pelatihan dan pengembangan yang diperlukan.

14 Cara untuk menyelesaikan konflik :  Hidup bersama secara damai Sasaranya adalah menghaluskan perbedaan dan menekankan dasar yang sama. 2. Kompromi, Masalah diselesaikan dengan negosiasi atau penawaran, sehingga tidak ada satu pihak pun yang menang atau kalah. 3. Pemecahan Masalah. Usaha yang dilakukan untuk menemukan pemecahan yang benar terhadap masalah.

15 Untuk mengelola perubahan, perlu memperhatikan :  Memahami mekanisme dasar perubahan,  Mengembangkan program perubahan,  Menganalisa kekuatan-kekuatan yang mempengaruhi perubahan,  Mengambil langkah untuk mengatasi penolakan atas perubahan,  Memperoleh komitemen terhadap perubahan,  Meningkatkan laju perubahan.

16 Manajemen strategis merupakan proses dimana perusahaan beserta karyawan mengartikulasikan kemana perusahaan akan menuju arah yang ditetapkan (jangka pendek, menengah, dan panjang), bagaimana menuju ke arah tersebut dan upaya untuk mencapainya. Strategi merupakan pernyataan yang memberikan dasar untuk mendefinisikan misi dan tujuan-tujuan spesifik perusahaan, dan mengarah pada persiapan rencana strategis dan rencana tindakan untuk mencapainya. Unsur-unsur sebuah strategi bisnis :  Analistis (thd kebutuhan konsumen, biaya pemasokan, li ekonomi kompetitif, segmentasi, profabilitas),  Visioner,  Jelas,  Dapat Dicapai. Konsep-konsep kunci yang digunakan dalam merumuskan strategi :  Kompetisi unik (distinctive competence),  Keuntungan kompetitif (competitive advantage),  Sinergi,  Penelitian Lingkungan (environmental scanning),  Alokasi sumber daya (resources allocation).

17 Kategori stress yang didorong emosi :  Stress waktu,  Stress antisipasi,  Stress situasional,  Stress pertemuan.

18  Kembangkan hubungan yang menguntungkan, menyenangkan dan mendukung dengan atasan, rekan dan bawahan,  Jika ragu akan peran anda, minta klarifikasi dari atasan,  Jika terdapat masalah dengan rekan kerja, angkat masalah dan bahas dengan jujur dan bersahabat,  Ambil langkah untuk mengklarifikasi tujaun, dan buat langkah tersebut disetujui atasan,  Jangan ambil pekerjaan tambahan dan membuat janji yang sulit anda tepati,  Nilai kekuatan dan kelemahan anda,  Tetapkan sasaran dalam karir anda yang realistis,  Jika dalam tekanan dalam batas waktu atau memiliki banyak hal yang harus diselesaikan dalam waktu bersamaan, rencanakan prioritas dan perbanyak delegasi tugas,  Jika mengalami krisis, ambil waktu untuk memutuskan bagaimana menangani,  Jika berada di bawah tekanan yang ekstrim, ambil waktu beberapa saat untuk bersantai,  Memastikan anda ditempatkan dalam pekerjaan yang sesuai dengan kateristik dan bakat anda,  Hindari secara realistis apa yang dapat anda lakukan dan dicapai,  Lakukan apapun apa yang dapat anda lakukan untuk meraih keseimbangan untuk pribadi, keluarga dan pekerjaan,  Perkuat hubungan anda yang membantu anda menangani tekanan kerja. Mengelola stress :

19 Tindakan yang dapat dilakukan untuk mencapai hasil yang optimal :  Memahami apa yang membuat orang-orang berprestasi tinggi berhasil. Bagaimana karateristik kepribadian yang mereka tampilkan dalam membuat keberhasilan tersebut,  Mengamati apa yang dilakukan oleh orang-orang berprestasi. Bagaimana mereka beroperasi, tehnik-tehnik apa yang mereka gunakan, 3. Menganalisis perilaku anda sendiri (perilaku bukan kepribadian) dan bandingkan dengan orang-orang yang berprestasi tinggi, dan bagaimana anda dapat meningkatkan efektivitas, 4.Belajar sebanyak mungkin tentang tehnik-tehnik manajemen yang tersedia.

20 MENGELOLA ATASAN ANDA Perlu diketahui bagaimana mengelola atasan anda :  Memperoleh persetujuan darinya tentang apa yang anda inginkan,  Menangani masalah bersamanya,  Membuatnya terkesan, sehingga ia lebih mungkin untuk menerima usulan anda dan memberikan kepercayaan kepada anda.

21 Cara yang dapat ditempuh untuk mengembangkan orang :  Tentukan standart kinerja,  Analisis kompetensi,  Sepakat dengan individu yang bersangkutan tentang standart dan kompetensi,  Ulas dengan individu tengtang kinerja mereka sehingga kesepakatan dapat dicapai,  Memberikan instruksi kepada seseorang sebagai sebuah kesempatan pelatihan,  Latih dan kembangkan berdasarkan keteladanan,  Tanggung jawab utama untuk pelatihan dan pengembangan staf anda ada pada diri anda,  Rencanakan pelatihan staf anda sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan pelatihan,  Pergunakan berbagai tehnik pelatihan.

22 Integrasi merupakan sistem yang merupakan kegiatan-kegiatan terkoordinasi pada sebuah organisasi dimana orang didalamnya mampu bekerja sama secara efektif. Metode utama untuk pencapaian suatu integrasi :  Koordinasi,  Integrasi struktural,  Integrasi sukarela,  Rapat,  Kelompok proyek,  Komunilkasi,  Pelatihan,  Pemahaman peran,  Perencanaan,  Informasi Manajemen.

23 Hambatan-hambatan komunikasi :  Hanya mendengarkan apa yang kita kehendaki,  Mengabaikan informasi yang bertentangan,  Persepsi tentang komunikator,  Pengaruh kelompok,  Memaknai kata yang berbeda dari setiap orang  Komunikasi non verbal,  Emosi,  Kebisingan  Ukuran Mengatasi hambatan komunikasi : 1.Sesuaikan dengan keadaan orang yang diajak berkomunikasi, 2.Gunakan umpan balik, 3.Gunakan komunikasi tatap muka, 4.Gunakan penguatan, 5.Gunakan bahasa langsung yang sederhana, 6.Menyesuaikan tindakan dengan kata-kata, 7.Gunakan saluran yang berbeda, 8.Kurangi masalah ukuran.

24 Yang dijadikan dasar untuk pengendalian adalah masukan dan keluaran yang mana hubungannya adalah produktifitas atau kinerja. Penting untuk memberlakukan suatu pengendalian yang baik :  Merencanakan sasaran yang ingin anda capai,  Mengukur secara rutin apa yang telah dicapai,  Bandingkan pencapaian dengan rencana,  Mengambil tindakan untuk mengeksploitasi kesempatan yang ditunjuk atau mengoreksi deviasi dari rencana.

25 Tehnik-tehnik yang perlu diperhatikan dalam hal mengkoordinasikan :  Merencanakan,  Mengorganisasikan,  Mendelegasikan,  Mengkomunikasikan,  Mengendalikan.

26 Langkah-langkah efektif dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan :  Mendefinisikan situasi,  Nyatakan tujuan,  Kembangkan hipotesis,  Peroleh fakta,  Analisis fakta,  Pertimbangkan arah tindakan yang mungkin,  Evaluasi arah tindakan yang mungkin,  Putuskan dan implementasikan,  Pantau Implementasi.

27 Manfaat dari pendelegasian tugas :  Membebaskan dari tugas rutin yang kurang penting,  Membebaskan untuk pekerjaan yang lebih penting dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, memotivasi dan mengendalikan,  Memperluas kemampuan untuk mengelola,  Mengurangi pengambilan keputusan sehari-hari selama kewenangan didelegasikan dekat dengan titik tindakan,  Memungkinkan keputusan untuk diambil ditingkat tempat perincian diketahui,  Mengembangkan kemampuan staf untuk mengambil keputusan. Hal yang perlu diperhatikan ketika medelegasikan tugas :  Apa yang didelegasikan,  Kepada siapa didelgasikan,  Bagaimana memberikan arahan kepada yang didelegasi,  Bagaimana menuntun dan mengembangkan bawahan anda,  Bagaimana memantau yang diberi delegasi.

28 Pentingnya dibuat anggaran, karena :  Untuk memperlihatkan implikasi keuangan dengan rencana,  Untuk mendefinisikan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai rencana,  Sebagai cara untuk mengukur, memantau, dan mengendalikan hasil dibandingkan rencana Masalah utama dalam penganggaran :  Proses penganggaran dasar yang tidak memadai,  Pendekatan tanpa ketrampilan atau sinis daripada karyawan terhadap penganggaran,  Kurangnya prediksi yang akurat terhadap rencana kegiatan,  Kesulitan dalam mengubah anggaran sebagai suatu tanggapan terhadap perubahan situasi,  Kelemahan fundamental dengan melandasi anggaran dasar tingkat pengeluaran masa lalu yang dinaikan, bukan meneliti anggaran secara tepat,  Kelemahan prosedur pelaporan.

29 Pendekatan dasar penghematan biaya :  Memutuskan apa dan dimana yang dilakukan penghematan,  Rencana penghematan,  Melakukan pengurangan biaya. Tindakan untuk penghematan biaya merupakan suatu program yang terencana, dengan langkah menetapkan sasaran untuk memutuskan dimana yang harus dikurangi dengan menggunakan metode cara mengurangi.

30 Faktor yang mempengaruhi peningkatan laba :  Penjualan,  Biaya,  Efektifitas.

31 Suatu pernyataan misi mendefinisikan dimana perusahaan berada dan akan menuju. Dalam mendefinisikan misi sebagai suatu bagian dari proses perencanaan strategi perlu mendefinisikan langkah- langkah sebagai berikut :  Mendefinisikan pernyataan misi,  Mengembangkan strategi perusahaqn yang memampukan perusahaan untuk mencapai misinya,  Mendefinisikan faktor-faktor kritis bagi keberhasilan perusahaan yang akan menentukan masalah-masalah yang harud ditangani untuk mencapai sasaran strategi.

32 Persuasi merupakan kata lain dari menjual. Yang perlu dipelajari adalah bagaimana prinsip-prinsip yang akan membantu anda dalam menjual gagasan-gagasan anda secara efektif :  Definisikan tujuan anda dan peroleh fakta,  Cari tahu apa yang diinginkan seseorang,  Persiapkan presentasi anda yang sederhana dan menarik,  Buat seseorang memihak pada gagasan anda,  Jual manfaat secara positif dan perlihatkan keyakinan anda,  Putuskan dan ambil tindakan.

33 Kunci untuk berbicara secara efektif : 1.Mengatasi kegugupan, 2.Persiapan yang seksama, 3.Penyampaian yang baik. PRESENTASI DAN BERBICARA SECARA EFEKTIF

34


Download ppt "By. Drs. Nurkholis, MBA, PhD. Fungsi penting dari Kepemimpinan adalah pemecahan masalah dan pengambilan keputusan Hubungan antara kepemimpinan, manajemen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google