Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dakwah antar budaya Kelompok 3 BKI IV A Anggun Mentari Pertiwi Azmi Fauziyyah Mufidah Dedek Andriyanti Desi Rohaeni Eka Permana.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dakwah antar budaya Kelompok 3 BKI IV A Anggun Mentari Pertiwi Azmi Fauziyyah Mufidah Dedek Andriyanti Desi Rohaeni Eka Permana."— Transcript presentasi:

1

2 Dakwah antar budaya Kelompok 3 BKI IV A Anggun Mentari Pertiwi Azmi Fauziyyah Mufidah Dedek Andriyanti Desi Rohaeni Eka Permana

3 ORIENTASI PEMAHAMAN DAKWAH 1) Orientasi Legitimator 2) Orientasi Qur’anik. 3) Orientasi Metodologik 4) Memperbaiki Tatanan.

4 GERAKAN DAKWAH MASA KINI & AKAN DATANG Beberapa formulasi gerakan dakwah  Buku yang memuat tentang Islam dan dasar- dasarnya yang meliputi akidah yang rasional,  Dakwah juga dilakukan melalui penerangan- penerangan lisan (radio maupun tv)  Dakwah melalui majalah Islamiyah  dakwah yang menguatkan risalah  Dakwah dilakukan dengan cara memberikan penanaman nilai-nilai Islam secara bertahap Peran Islam dalam globalisasi masa kini dan yang akan datang  Islam dan sains  Peran Islam dalam ekonomi global  Sumbangan Islam terhadap kebudayaan  Pengaruh Islam terhadap iklim sosial

5 MASALAH DAKWAH MASA KINI & AKAN DATANG Menurut DR. Hisyam At-thalib dalam bukunya mengungkapkan :  Kegagalan Menerapkan Sistem Syura  Lemahnya Team Work  Problematika Pendidikan (Kegagalan tarbiyah kaum ibu dan anak-anak)  Munculnya Pemimpin ala ‘Syekh’  Kehilangan Peran Kelembagaan  Mencampuradukkan Antara Ghoyah dan Wasilah  Fanatik Kesukuan dan Nasionalisme.  Tidak Memiliki Perencanaan  Alternatif Islami  Krisis Intelektualitas dan Berfikir

6 MASALAH DAKWAH MASA KINI & AKAN DATANG Tiga tantangan besar yang dihadapi Harokah Islamiyah masa depan: 1.Tantangan internal 2.Tantangan Sesama Gerakan Dakwah. 3.Tantangan Para Tokoh Dakwah yang tidak atau belum tergabung dalam harokah.

7

8 SOLUSI ATAU REKOMENDASI BAGI ORIENTASI PEMAHAMAN DAN GERAKAN DAKWAH KINI & AKAN DATANG 1. Persiapan da’i dalam menghadapi era globalisasi 2. Metode dan teknik dakwah yang perlu di pahami dan dipersiapkan serta dilaksanakan oleh para juru dakwah secara jam’iyyah 3. Langkah dan orientasi gerakan dakwah yang perlu dirumuskan ulang 4. Persiapan untuk mulai melaksanakan dakwah bi al-hal

9 Persiapan da’i dalam menghadapi era globalisasi Selalu menambah wawasan baru dan pengetahuan baru yang berkembang di masyarakat. Mendiskusikan hal-hal yang baru dengan orang-orang yang lebih pandai Memahami dan menganalisa informasi-informasi media massa seperti surat kabar, majalah, televisi, radio, internet, dan lain-lain. Aktif mengikuti ceramah, seminar, diskusi atau yang sejenisnya, baik langsung atau melalui massa media. Mengantisipasi penyimpangan-penyimpangan yang di akibatkan oleh globalisasi dengan menggunakan standar ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadis Rasul.

10 Metode dan teknik dakwah yang perlu di pahami dan dipersiapkan serta dilaksanakan oleh para juru dakwah secara jam’iyyah DD akwah konvensional Dakwah bil Lisan, yaitu melalui ceramah yang menarik, silaturahmi, pengajian, pembinaan dan yang sejenisnya. Dakwah bil hal, yaitu melalui sikap, perbuatan yang baik, membantu kebutuhan, menolong atas kesulitan dan yang sejenisnya DD akwah Modern Dakwah dengan menggunakan teknik dan metode yang lebih efektif yang di tunjang dengan perkembangan teknologi,dapat dilakukan dengan: M elalui seni (musik, theater, sinetron, film, lukisandan yang sejenisnya). M elalui media cetak (surat kabar, majalah, bulletin, karikatur, kaligrafi, dan yang sejenisnya). M elalui media elektronik (radio, televisi, internet, handphone, dan yang sejenisnya).

11 langkah dan orientasi gerakan dakwah yang perlu dirumuskan ulang Setiap gerakan dakwah perlu merumuskan orientasi yang lebih spesifik dalam memadukan dakwah bi al-lisan dengan bi al-hal Setiap gerakan dakwah perlu merumuskan perencanaan dakwah yang muatan misinya tetap sesuai dengan ajaran Islam yang dipesankan al-Qur’an dan al-Sunnah, Berkaitan dengan bentuk dan jenis program.

12 Persiapan untuk mulai melaksanakan dakwah bi al-hal 1. Adanya badan atau kelompok orang yang terorganisasi, walaupun kecil dan sederhana. 2. Adanya tenaga potensial 3. Adanya dana dan sarana-sarana yang diperlukan. 4. Adanya program walaupun sederhana, yang disusun berdasarkan data-data tentang sasaran yang dituju dan sebagainya. 5. Adanya kontak-kontak terlebih dahulu dengan sasaran yang dituju, dengan instansi-instansi dan orang orang yang terkait

13 SANKYU.....


Download ppt "Dakwah antar budaya Kelompok 3 BKI IV A Anggun Mentari Pertiwi Azmi Fauziyyah Mufidah Dedek Andriyanti Desi Rohaeni Eka Permana."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google