Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

L O A D I N G.... Melukis Segitiga dan Garis-garis pada Segitiga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "L O A D I N G.... Melukis Segitiga dan Garis-garis pada Segitiga."— Transcript presentasi:

1 L O A D I N G...

2 Melukis Segitiga dan Garis-garis pada Segitiga

3 1.Melukis Segitiga

4 Melukis Segitiga Apabila Diketahui Panjang Ketiga Sisinya (Sisi, Sisi, Sisi) Misalkan kita akan melukis ' ABC jika diketahui AB = 7 cm, BC = 5 cm, dan AC = 4 cm. Langkah-langkahnya sebagai berikut. 1)Buatlah ruas garis AB dengan panjang 7 cm. 2)Dengan pusat titik A buatlah busur lingkaran dengan jari-jari 4 cm. 3)Kemudian dengan pusat titik B buatlah busur lingkaran dengan jari- jari 5 cm sehingga memotong busur pertama di titik C. 4)Hubungkan titik A dengan titik C dan titik B dengan titik C, sehingga terbentuk ' ABC. Tiga buah garis dapat dibentuk menjadi sebuah segitiga jika jumlah panjang dua garis lebih panjang daripada panjang garis yang ketiga.

5 Melukis Segitiga jika Diketahui Dua Sisi dan Sudut Apit Kedua Sisi Tersebut (Sisi, Sudut, Sisi) Misalkan kita akan melukis segitiga KLM jika diketahui panjang KL = 3 cm, sudut LKM = 70, dan panjang KM = 4 cm. Langkah-langkahnya sebagai berikut. 1.Buatlah ruas garis KL dengan panjang 3 cm. 2.Dengan menggunakan busur derajat, pada titik K buatlah sudut yang besarnya Kemudian dari titik K buatlah busur lingkaran dengan panjang jari-jari 4 cm, sehingga berpotongan di titik M. 4.Hubungkan titik L dan M sehingga terlukislah segitiga KLM.

6 Melukis Segitiga jika Diketahui Dua Sisi dan Satu Sudut di Hadapan Salah Satu dari Kedua Sisi Tersebut Misalkan kita akan melukis segitiga PQR dengan PQ = 5 cm; PR = 3 cm; dan sudut PQR = 40. Langkah-langkahnya sebagai berikut. 1.Buatlah ruas garis PQ dengan panjang 5 cm. 2.Lukislah sudut di titik Q sebesar 40 dengan menggunakan busur derajat. 3.Dengan titik P sebagai pusat, buatlah busur lingkaran dengan jari-jari 3 cm, sehingga memotong garis tersebut di titik R1 dan R2. 4.Hubungkan titik P dengan R1 dan titik P dengan R2, sehingga diperoleh sudut PQR1 dan sudut PQR2. Jika kita melukis segitiga dimana diketahui dua sisi dan satu sudut di hadapan salah satu dari kedua sisi tersebut maka akan diperoleh dua buah kemungkinan lukisan segitiga.

7 Melukis Segitiga jika Diketahui Satu Sisi dan Dua Sudut pada Kedua Ujung Sisi Tersebut (Sudut, Sisi, Sudut) Misalkan kita akan melukis segitiga RST apabila diketahui panjang RS = 5 cm, sudut TRS = 45, dan sudut TSR = 65. Langkah-langkahnya sebagai berikut. 1.Buatlah ruas garis RS dengan panjang 5 cm. 2.Dari titik R, buatlah sudut yang besarnya 45o dengan menggunakan busur derajat. 3.Kemudian dari titik S, buatlah sudut yang besarnya 65o sehingga berpotongan di titik T. 4.Segitiga RST adalah segitiga yang dimaksud.

8 Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa suatu segitiga dapat dilukis jika diketahui 1.Panjang ketiga sisinya; 2.Panjang dua buah sisi dan besar sudut yang mengapit kedua sisi tersebut; 3.Panjang dua buah sisi dan besar sudut di hadapan salah satu sisi tersebut; 4.Besar dua buah sudut dan panjang sisi di antara sudut tersebut.

9 Melukis Segitiga Sama Kaki Misalkan kita akan melukis segitiga ABC sama kaki dengan AB = 4 cm dan AC = BC = 5 cm. Langkah-langkahnya sebagai berikut. 1.Buatlah ruas garis AB yang panjangnya 4 cm. 2.Dengan pusat titik A buatlah busur lingkaran dengan jari-jari 5 cm. 3.Kemudian dengan jari-jari yang sama, buatlah busur lingkaran dengan pusat titik B, sehingga berpotongan dengan busur pertama di titik C. 4.Hubungkan titik A dengan titik C dan titik B dengan titik C, sehingga diperoleh segitiga ABC yang merupakan segitiga sama kaki.

10 Melukis Segitiga Sama Sisi Misalkan kita akan melukis segitiga ABC sama sisi dengan panjang setiap sisinya 5 cm. Langkah-langkahnya sebagai berikut. 1.Buatlah ruas garis AB dengan panjang 5 cm. 2.Dengan pusat titik A, buatlah busur lingkaran dengan jari-jari 5 cm. 3.Kemudian dengan jari-jari yang sama, buatlah busur lingkaran dengan pusat titik B, sehingga memotong busur pertama di titik C. 4.Hubungkan titik A dengan C dan titik B dengan C, sehingga diperoleh segitiga ABC sama sisi dengan AB = BC = AC = 5 cm.

11 Melukis garis istimewa segitiga (Garis Sumbu, Garis Bagi, Garis Tinggi, dan Garis Berat) Ada empat garis istimewa yang terdapat pada suatu segitiga, yaitu 1.Garis tinggi, 2.Garis bagi, 3.Garis sumbu, dan 4.Garis berat.

12 1. Garis Tinggi Misalkan kita akan melukis garis tinggi segitiga PQR di titik Q. Langkah-langkahnya sebagai berikut. 1.Lukislah busur lingkaran dari titik Q sehingga memotong PR di titik A dan B. 2.Dari titik A dan B, masing-masing lukislah busur lingkaran dengan jari-jari yang sama sehingga berpotongan di titik C. 3.Hubungkan titik Q dan titik C sehingga memotong PR di titik S. Garis QS adalah garis tinggi sisi PR. Garis tinggi segitiga adalah garis yang ditarik dari sebuah titik sudut segitiga tegak lurus sisi di hadapannya.

13 2. Garis Bagi Diketahui KLM siku-siku di K. Langkah- langkah untuk melukis garis bagi sudut L pada segitiga KLM sebagai berikut. 1.Lukislah busur lingkaran dari titik L sehingga memotong KL di titik A dan LM di titik B. 2.Dari titik A dan B, masing-masing lukislah busur lingkaran dengan jari-jari yang sama sehingga saling berpotongan di titik C. 3.Hubungkan titik L dan titik C sehingga memotong KM di titik D. LD adalah garis bagi sudut L. Garis bagi segitiga adalah garis yang ditarik dari titik sudut segitiga dan membagi sudut menjadi dua sama besar

14 3. Garis Sumbu Langkah-langkah melukis garis sumbu sisi LM sebagai berikut. 1.Lukislah busur lingkaran dari titik L dengan jari-jari lebih dari ½ LM. 2.Kemudian dengan jari-jari yang sama lukislah busur lingkaran dari titik M, sehingga memotong busur pertama di titik P dan Q. 3.Hubungkan titik P dan Q, sehingga terbentuk garis PQ. Garis PQ merupakan garis sumbu pada sisi LM. Garis sumbu suatu segitiga adalah garis yang membagi sisi-sisi segitiga menjadi dua bagian sama panjang dan tegak lurus pada sisi-sisi tersebut.

15 4. Garis Berat Misalkan diketahui segitiga DEF sebarang seperti pada gambar di samping. Langkah- langkah untuk melukis garis berat sudut F sebagai berikut. 1.Lukislah garis sumbu pada sisi DE sehingga memotong DE di titik G. 2.Hubungkan titik F dan titik G. Garis FG adalah garis berat sudut F. Garis berat suatu segitiga adalah garis yang ditarik dari titik sudut suatu segitiga dan membagi sisi di hadapannya menjadi dua bagian sama panjang.

16


Download ppt "L O A D I N G.... Melukis Segitiga dan Garis-garis pada Segitiga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google