Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTIM URINARIA. Tujuan pembelajaran : Menerangkan lokasi dan fungsi masing- masing organ dalam sistim perkemihan. Menerangkan lokasi dan fungsi masing-

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTIM URINARIA. Tujuan pembelajaran : Menerangkan lokasi dan fungsi masing- masing organ dalam sistim perkemihan. Menerangkan lokasi dan fungsi masing-"— Transcript presentasi:

1 SISTIM URINARIA

2 Tujuan pembelajaran : Menerangkan lokasi dan fungsi masing- masing organ dalam sistim perkemihan. Menerangkan lokasi dan fungsi masing- masing organ dalam sistim perkemihan. Menerangkan bagian-bagian nefron dan pembuluh darah penting yang berhubungan dengan nefron. Menerangkan bagian-bagian nefron dan pembuluh darah penting yang berhubungan dengan nefron.

3 Sistim urinaria atau sistim perkemihan, terdiri dari : dua ginjal dua ginjal dua ureter dua ureter kandung kemih (vesika urinaria) kandung kemih (vesika urinaria) uretra uretra

4

5 GINJAL I. Struktur ginjal panjang ± 12 cm dan lebar 2,5 cm panjang ± 12 cm dan lebar 2,5 cm terletak retroperitoneal di bagian belakang abdomen. terletak retroperitoneal di bagian belakang abdomen. Ginjal kanan terletak lebih rendah dari ginjal kiri karena ada hepar disisi kanan. Ginjal kanan terletak lebih rendah dari ginjal kiri karena ada hepar disisi kanan. Ginjal berbentuk kacang Ginjal berbentuk kacang

6 Bagian2 ginjal : hilus renal, hilus renal, kapsula renalis kapsula renalis substansia kortekalis substansia kortekalis substansia medullaris substansia medullaris papila renalis papila renalis tubulus nefron tubulus nefron glomerulus glomerulus

7

8 STRUKTUR BAGIAN DALAM GINJAL korteks renalis; disusun oleh korpuskulum renalis dan tubulus korteks renalis; disusun oleh korpuskulum renalis dan tubulus medula renalis, disusun oleh lengkung Henle dan tubulus kolektivus. piramides renales medula renalis, disusun oleh lengkung Henle dan tubulus kolektivus. piramides renales pelvis renalis; sebuah rongga yang dibentuk oleh perluasan ureter dalam ginjal pada hilus. Perluasan pelvis ginjal berbentuk corong, yang disebut kaliks pelvis renalis; sebuah rongga yang dibentuk oleh perluasan ureter dalam ginjal pada hilus. Perluasan pelvis ginjal berbentuk corong, yang disebut kaliks

9 NEFRON Nefron adalah unit struktural dan fungsional ginjal. Nefron adalah unit struktural dan fungsional ginjal. Setiap ginjal terdiri atas kira-kira 1 juta nefron. Setiap ginjal terdiri atas kira-kira 1 juta nefron. Setiap nefron terdiri atas dua bagian besar yaitu sebuah korpuskulum renalis dan tubulus ginjal. Setiap nefron terdiri atas dua bagian besar yaitu sebuah korpuskulum renalis dan tubulus ginjal.

10 Korpuskulum renalis Tdd : 1. glomerulus 2. kapsula bowman. Glomerulus adalah suatu jaringan kapiler tdd: arteriol aferen dan arteriol eferen. membantu mempertahankan TD yang tinggi di dalam glomerulus. Glomerulus adalah suatu jaringan kapiler tdd: arteriol aferen dan arteriol eferen. membantu mempertahankan TD yang tinggi di dalam glomerulus. Kapsula bowman (atau kapsula glomerulus) adalah ujung perluasan tubulus renalis yang menutupi glomerulus. Kapsula bowman (atau kapsula glomerulus) adalah ujung perluasan tubulus renalis yang menutupi glomerulus.

11

12 Tubulus renalis → Lanjutan kapsula bowman tubulus kontortus proksimal (dalam korteks renalis), tubulus kontortus proksimal (dalam korteks renalis), lengkung Henle (atau lengkung nefron, dalam medula renalis) lengkung Henle (atau lengkung nefron, dalam medula renalis) tubulus kontortus distal (dalam korteks renalis). tubulus kontortus distal (dalam korteks renalis).

13 PEMBULUH DARAH GINJAL Aliran darah ke ginjal merupakan bagian yang penting dalam proses pembentukan urine. Darah dari aorta abdominalis masuk ke arteri renalis, yang kemudian bercabang-cabang menjadi arteri-arteri yang lebih kecil. Darah dari aorta abdominalis masuk ke arteri renalis, yang kemudian bercabang-cabang menjadi arteri-arteri yang lebih kecil. Arteri-arteri terkecil akan menjadi arteriol afferen dalam korteks ginjal. Arteri-arteri terkecil akan menjadi arteriol afferen dalam korteks ginjal.

14 Dari arteriol afferen, darah mengalir masuk dalam glomeruli (kapiler- kapilernya), ke arteriola efferen ke vena- vena dalam ginjal, ke vena renalis, dan akhirnya masuk ke vena kava inferior. Dari arteriol afferen, darah mengalir masuk dalam glomeruli (kapiler- kapilernya), ke arteriola efferen ke vena- vena dalam ginjal, ke vena renalis, dan akhirnya masuk ke vena kava inferior.


Download ppt "SISTIM URINARIA. Tujuan pembelajaran : Menerangkan lokasi dan fungsi masing- masing organ dalam sistim perkemihan. Menerangkan lokasi dan fungsi masing-"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google