Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Okt Nov Des 2011 Pedoman Pendalaman Alkitab Okt Nov Des 2011 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Carl Cosaert, PhD, Kontributor Utama

5 "... kitab Galatia (ditambah surat Roma). Adalah penyebab lahirnya Protestanisme. Ketika Martin Luther membaca kitab Galatia maka saat itulah Martin Luther pertama kali merasakan kemulian Injil "dibenarkan oleh iman." maka saat itulah Martin Luther pertama kali merasakan kemulian Injil "dibenarkan oleh iman." Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

6 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) juga berhutang pada kitab Galatia. Dengan mempelajari kitab Galatia, E.J. Waggoner dan A.T. Jones telah menolong GMAHK pada tahun 1880-an dan 90-an menemukan kembali kebenaran dari kebenaran oleh iman (righteousness by faith). Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

7 "... kitab Galatia... padat dan jelas,... kaya akan tema-tema yang sangat berkuasa meskipun dibawakan dari sudut penggembalaan dan bersifat lebih pribadi...“ Pelajaran Sekolah Sabat Triwulan ini... memberikan kepada kita kesempatan untuk merefleksikan pengertian kita tentang Injil." Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

8 Injil Dalam Kitab Galatia Daftar Isi 1. Paulus: Rasul bagi Bangsa Non-Yahudi 2. Otoritas Paulus dan Injil 3. Kesatuan Injil 4. Pembenaran oleh Iman Saja 5. Iman Perjanjian Lama 6. Prioritas Janji 7. Jalan Menuju Iman 8. Dari Budak Menjadi Ahli Waris 9. Nasihat Penggembalaan Paulus 10. Dua Perjanjian 11. Kemerdekaan Dalam Kristus 12. Hidup oleh Roh 13. Injil dan Gereja 14. Bermegah dalam Salib

9 Pelajaran 9 Dua Perjanjian

10 Kata-kata Pembuka Sikap perjanjian lama adalah salah satu yang membuat berbagai hal itu terjadi, sementara sikap perjanjian baru percaya kepada Allah untuk memenuhi tujuannya.

11 Ayat Hafalan Tetapi Yerusalem sorgawi adalah perempuan yang merdeka, dan ialah ibu kita. (Galatia 4:26)

12 Apakah yang dimaksud dengan “Perjanjian” dalam pelajaran SS ini? 1.Dua perjanjian yang sedang kita pelajari dalam pelajaran SS ini bukanlah menyangkut soal masalah waktu. 2.Dua perjanjian ini adalah mengenai refleksi dari sikap manusia 3.Ini bukan soal pembagian Alkitab, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru 4.Ditinjau dari segi waktu, Perjanjian Baru dalam pelajaran SS ini lebih dahulu muncul dari pada Perjanjian Lama

13 MENGAPA PANDANGAN DIATAS MERUPAKAN SUATU KESALAHAN? Jawab: Allah tidak pernah menyatakan bahwa keselamatan itu didasarkan atas penurutan kepada hukum Taurat. Dari sejak semula Allah menyatakan bahwa keselamatan itu hanya melalui “kasih karunia”

14 Pelajaran SSD, 26 November 2011 Dua perjanjian itu...mewakili dua cara yang berbeda untuk berhubungan dengan Allah...Perjanjian yang lama merefleksikan golongan manusia, yang memiliki sifat seperti Kain, yang bersandar pada perbuatan mereka sendiri sebagai upaya untuk menyenangkan Allah; sebaliknya, perjanjian baru mewakili pengalaman mereka, yang memiliki sifat seperti Habel, bersandar sepenuhnya pada kasih karunia Allah untuk dapat melakukan segala sesuatu yang Dia telah janjikan.

15 Black Dua Perjanjian Sekilas Pandang 1. Perjanjian di Eden (Kejadian 3:15) 2. Perjanjian dengan Abraham ( Kejadian 12:2,3 ) 3. Perjanjian di Sinai (Galatia 4:16)

16 Black Dua Perjanjian 1. Perjanjian di Eden (Kejadian 3:15)

17 Kejadian 3:15 “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

18 Hans K. LaRondelle “Sejak Adam sampai kepada Yesus, Allah berhubugan dengan umat manusia melalui suatu seri perjanjian yang berfokus pada kedatangan Penebus yang mencapai puncaknya pada perjanjian Anak Daud. Kepada bangsa Israel yang ditawan di Babel Allah menjajikan sebuah perjanjian yang lebih efektif ‘perjanjian yang baru’ sehubungan dengan kedatangan Mesia Anak Daud” Our Creator Redeemer, hlm.4.

19 Apakah Sifat Dasar perjanjian itu? Kejadian 1:28; 2:2,3, 15=17 Sifat dasar perjanjian itu adalah “menurut dan hidup!” Sebelum berdosa, penurutan merupakan kecendrungan alami manusia; namun, Adam dan Hawa memilih melakukan sesuatu yang tidak alami, dan, dengan tindakan itu, mereka bukan hanya memutuskan perjanjian penciptaan, bahwa mereka membuatnya menjadi mustahil bagi manusia yang sudah tercemar oleh dosa pada saat ini.

20 Dasar Perjanjian: Allah harus membuat satu jalan untuk memulihkan hubungan yang hilang akibat pelanggaran Adam dan Hawa. Dia melakukannya dengan meresmikan pada saat itu juga sebuah perjanjian kasih karunia yang didasarkan pada janji datangnya seorang Juruselamat (Kejadian 3:15).

21 Black Dua Perjanjian 2. Perjanjian dengan Abraham ( Kejadian 12:2,3 )

22 Kejadian 12:2,3 Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."

23 Perjanjian Abraham... 1.Secara keseluruhan berbicara tentang “kasih karunia Allah” 2.Yang membuat perjanjian itu adalah Allah, bukan Abraham. Bahkan Allah dan Abraham juga tidak mengadakan “kesepakatan” 3.Abraham dalam hal ini diharapkan percaya sepenuhnya akan janji Allah

24 Sikap Abraham Terhadap janji Allah! Abraham diyakini, memiliki keraguan sehubungan dengan janji Allah di sepanjang hidupnya. Imannya adalah iman yang bertumbuh... Allah dalam rahmat- Nya memberikan jaminan kepada Abraham tentang kepastian janji- Nya dengan mengadakan perjanjian dengannya... betapa jauhnya Allah merendahkan diri- Nya untuk membuat perjanjian itu.

25 Sikap Abraham Terhadap janji Allah! Setelah sepuluh tahun menunggu kelahiran anak yang dijanjikan, Abraham dan Sarai tetap tidak punya anak. Mereka menyimpulkan bahwa Allah memerlukan bantuan, kemudian Sarai memberikan Hagar kepada Abraham untuk menjadi selirnya. Meskipun rencana itu membuat mereka berhasil mendapatkan anak, tetapi itu bukanlah anak yang Allah janjikan.

26 Apakah Akibat Kekurang Percayaan Abraham dan Sarai Terhadap Janji Allah Sehingga Sarai Memberikan Hagar Kepada Abraham? Bilamana Abraham percaya pada apa yang Allah telah janjikan kepadanya dan tidak membiarkan situasi tersebut menaklukkan imanya, hal ini tidak akan terjadi, dan banyak kesedihan yang dapat dihindarkan. Pelajaran SSD, Selasa 29 November 2011

27 Diskusikan Apakah yang akan terjadi dalam hidup anda, jika anda tidak percaya kepada janji Allah? Apakah hal yang dapat membantu anda untuk mempercayai janji Allah?

28 Abraham: Hidup Pada Dua Perjanjian Abraham menjadi contoh yang menarik untuk kedua pendekatan memelihara perjanjian. Sebelumnya ia memamerkan ketergantungan pada diri ketika ia mengambil tanggung jawab pada dirinya sendiri untuk memenuhi janji Allah. Tindakan kesengajaan Abraham itu mennghasilkan kelahiran Ismael dan perpecahan rumah tangga yang sangat serius Kemudian Abraham belajar bahwa penyerahan dirilah, bukan ketergantungan diri, yang membuka gudang berkat Tuhan.

29 Diskusikan Pelajaran apakah yang dapat kita ambil dari pengalaman Abraham yakni berubah dari agama yang mengandalkan diri kepada agama yang bergantung sepenuhnya kepada Tuhan

30 Abraham, Sarai dan Hagar “Tujuan Paulus di sini bukan untuk menjelekkan Hagar yang diabaikan itu bukan pula mengabadikan Sarai yang bersekongkol. Situasi rumah tangga mereka yang disesalkan itu hanya menggambarkan dua tahap perjanjian rohani—tahap agama yang mengandalkan diri sendiri dan kemudian agama yang benar- benar mempercayai Allah.” Penuntun Guru SSD, hal. 119

31 Black Dua Perjanjian 3. Perjanjian di Sinai (Galatia 4:16)

32 Galatia 4:24-26 Ini adalah suatu kiasan. Sebab kedua perempuan itu adalah dua ketentuan Allah: yang satu berasal dari gunung Sinai dan melahirkan anak-anak perhambaan, itulah Hagar -- Hagar ialah gunung Sinai di tanah Arab -- dan ia sama dengan Yerusalem yang sekarang, karena ia hidup dalam perhambaan dengan anak- anaknya. Tetapi Yerusalem sorgawi adalah perempuan yang merdeka, dan ialah ibu kita.

33 Hubungan yang Ingin Ditetapkan Allah dengan umatNya di Sinai Allah rindu memiliki hubungan perjanjian yang sama dengan Bangsa Israel di Gunung Sinai sebagaimana dengan Abraham Allah menekankan tentang apa yang akan Ia lakukan terhadap umat-Nya. Dia tidak meminta Bangsa Israel berjanji untuk melakukan sesuatu untuk mendapatkan berkat-Nya; sebaliknya, mereka akan menurut sebagai respons terhadap berkat- berkat-Nya.

34 Maksud Perjanjian Sinai Perjanjian di Sinai dimaksudkan untuk menunjukkan keberdosaan umat manusia dan obat penawarnya yaitu kasih karunia Allah yang melimpah, semuanya dilambangkan oleh pelayanan di dalam bait suci

35 Perjanjian Sini Masalah perjanjian Sinai bukan pada pihak Allah tetapi pada janji-janji palsu yang dibuat oleh manusia Gantinya menanggapi janji Allah dengan kerendahan hati dan iman, Bangsa Israel menanggapinya dengan sikap percaya pada diri sendiri. “Segala yang difirmankan TUHAN akan kami lakukan”

36 Pada saat yang sama Abraham dan Sarai mencoba membantu Allah menggenapi janji-Nya, Bangsa Israel mencoba merubah perjanjian kasih karunia Allah menjadi sebua kontrak kerja. Hagar melambangkan Sinai yang menyatakan upaya manusia untuk memperoleh keselamatan oleh perbuatan.

37 Diskusikan Jika perjanjian Abraham itu berisi janji penebusan, mengapa Allah membuat lagi perjanjian yang lain di Sinai? Jawab: Karena pada saat bangsa Israel berada dalam perbudakan di Mesir lebih dari 400 tahun lamanya, mereka itu telah kehilangan pengetahuan akan Allah dan tetang prinsip-prinsip perjanjian Abraham….

38 “Allah membawa mereka ke Sinai; Ia menyatakan kemuliaan-Nya, Ia memberikan kepada mereka hukum-Nya, dengan janji akan memperoleh berkat yang limpah dengan syarat penurutan: “Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan Firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka…kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus.” Keluaran 19:5,6.

39 Ellen G. White “Bangsa itu tidak menyadari kekejian hati mereka, dan bahwa tanpa Kristus adalah mustahil bagi mereka untuk menurut hukum Allah; dan dengan mudah mereka mengadakan perjanjian dengan Allah… tetapi baru saja beberapa pekan berlalu mereka telah melanggar janji mereka dengan Allah, dan bersujud untuk menyembah satu patung tuangan...

40 Ellen G. White Mereka tidak dapat mengharapakan pengasihan Allah melalui satu perjanjian yang telah mereka langgar; dan sekarang, menyadari akan kekejian hati mereka dan kebutuhan mereka akan keampunan, mereka dituntun untuk merasakan kebutuhan Juruselamat yang dinyatakan dalam perjanjian Abraham, dan yang dilambangkan oleh persembahan korban.

41 Ellen G. White Sekarang oleh iman dan kasih mereka diikat kepada Allah sebagai pembebas mereka dari perhambaan dosa. Sekarang mereka bersedia untuk menghargai berkat-berkat perjanjian baru.”— Alfa dan Omega, jld.1, hlm.440,441.

42 Rangkuman Cerita tentang Hagar, Ismael, dan Bangsa Israel di Sinai menggambarkan betapa bodohnya bersandar pada usaha kita sendiri dalam menyelesaikan apa yang Allah telah janjikan. Metode pembenaran diri ini digolongkan dalam perjanjian lama. Perjanjian baru adalah perjanjian kekal akan kasih karunia Allah yang pertama kali dibuat untuk Adam dan Hawa setelah mereka berdosa, diperbaharui oleh Abraham, dan pada akhirnya digenapi dalam Kristus.

43 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Ada cara untuk berhubungan dengan Allah Perjanjian lama menggambarkan orang yang berusaha mendapatkan keselamatan dengan perbuatan. Sementara perjanjian baru hanya bergantung kepoada anugerah Allah saja Sebagai umat Tuhan kita harus berpegang kepada perjanjian baru yakni berusaha untuk membiarkan Allah bekerja untuk menggenapi janji- Nya dan kita hanya mengharapkan kasih karunianya. Jangan pernah membiarkan usaha kita untuk menggenapi janji Allah Saya lemah dan tidak menyadari hakl ini Minggu ini melalui pertolongan Tuhan dengan belajar Alkitab dan berdoa saya akan berusaha untuk selalu percaya kepada janji Allah. Saya tidak akan membuat firman Allah menjadi kenyataan melalui usaha saya

44 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google