Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMBEJALARAN YANG KREATIF & MENYENANGKAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK Materi Presentasi Pada Pembekalan & Pelatihan Guru-guru & Pegawai di Lingkungan Persekolahan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMBEJALARAN YANG KREATIF & MENYENANGKAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK Materi Presentasi Pada Pembekalan & Pelatihan Guru-guru & Pegawai di Lingkungan Persekolahan."— Transcript presentasi:

1 PEMBEJALARAN YANG KREATIF & MENYENANGKAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK Materi Presentasi Pada Pembekalan & Pelatihan Guru-guru & Pegawai di Lingkungan Persekolahan Sta. Theresia Malalayang-Manado 2 September 2011 Oleh : Lastiko Runtuwene, S.Ag, M.Pd

2 PEMBELAJARAN YANG KREATIF DAN MENYENANGKAN BELAJAR AKAN EFEKTIF KALAU DALAM KEADAAN “FUN” (Gordon Dryden & Jeannette Vos)

3 BELAJAR DALAM KONDISI “FUN” Belajar Sesuai dengan Gaya Belajar Siswa Belajar sesuai dengan Kecerdasan siswa

4 GAYA BELAJAR SISWA VISUAL : (29 %) Belajar melalui gambar, foto, pengamatan, dll AUDITORIAL : (34 %) Belajar melalui suara, Musik, dll KINESTETIK/HAPTIK : (37 %) Belajar melalui bergerak, menyentuk, melakukan, dll

5 REVOLUSI KECERDASAN Tampak bahwa IQ bukanlah jaminan untuk kesuksesan seseorang, meskipun memang perannya sangat penting dalam hidup seseorang, terutama dlm pengembangan pengetahuan. Sekarang oleh banyak orang bahwa selain IQ orang perlu mengembangkan EQ (emotional quotient) dan SQ (spiritual quotient).

6 MULTIPLE INTELLIGENCES (MI) MI dikemukakan adalah HOWARD GARDNER dalam bukunya Frames of Mind (1983), Multiple Intelligences (1993), Intelligence Reframed (2000). KECERDASAN = Kemampuan untuk memecahkan persoalan dan menghasilkan produk dalam suatu seting yang bermacam- macam dan dalam situasi yang nyata. Gardner menolak cara mengukur kecerdasan seseorang, kesuksesan seseorang hanya IQ. IQ hanya menekankan pada segi intelektual saja. Ada rupa-rupa kecerdasan yang dapat ditemukan dalam diri manusia.

7 KECERDASAN MAJEMUK Orang sukses tdk hanya dlm satu aspek : Pintar menghitung & berbahasa Akan tetapi bisa juga dalam pelbagai kemampuan : musik, gerak,visual, alam, relasi dgn orng lain, keyakinan diri.

8 KECERDASAN MAJEMUK Kecerdasan :  Kemampuan utk menyelesaikan masalah yg terjadi dlm hidup manusia  Kemampuan utk menghasilkan persoalan-persolan baru utk diselesaikan  Kemampuan utk menciptkan sesuatu/memberika n penghargaan dlm budaya seseorang

9 MARI MENGENAL MEREKA  Soekarno  Einstein  Affandi  Cris John  Mozart Mother Theresa Gus Dur DarwinAristoteles

10 9 MULTIPLE INTELLIGENCES 1. Inteligensi linguistik 2. Inteligensi matematis-logis 3. Inteligensi ruang- visual 4. Inteligensi kinestetik-badani 5. Inteligensi musikal 6. Inteligensi interpersonal 7. Inteligensi intrapersonal 8. Inteligensi lingkungan 9. Inteligensi eksistensial

11 PERMAINAN PERMAINAN MENGENAL DIRI/ MENGGAMBAR WAJAH

12 KECERDASAN LINGUISTIK- VERBAL Kemampuan untuk mengguna kan dan mengolah kata-kata secara efektif baik secara oral maupun tertulis.

13 TAHUKAH ANDA ? Kata terpanjang dalam bahasa Ingris adalah: PNEUMONOULTRAMIOROSCOPICSALCOVOL CANOCONNIOUSIS Merupakan suatau penyakit paru- paru

14 KECERDASAN MATEMATIC - LOGIC Kemampuan yg berkaitan dgn penggunaan bilangan & logika (keteraturan & kelurusan berpikir) secara efektif. Kemampuan untuk mengungkapk an gagasan dlm bentuk angka,rumus- rumus matematik. E = MC 2

15 INTERMEZZO Survei membuktikan dari lima ratus pemuda kota, 6 % dari mereka mengenakan anting. Dari 94 % sisanya, setengahnya memakai dua anting, setengahnya tidak memakai sama sekali. Berapa jumlah anting yg digunakan 500 pemuda tersebut? Jawaban : 500 anting

16 Penyelesaian : 500 X 6 % = 30 > 30 ANTING 94 % : 2 = 47 % 500 X 47 %= X 2 = 470 > 470 ANTING = 500 Jumlah anting yg dipakai = 500 anting

17 KECERDASAN RUANG- VISUAL Kemampuan untuk mengung- kapkan gagasan dan pikiran dalam bentuk visualisasi

18 INTERMESSO www. david coperfield.dot com.

19 LATIHAN MENGINGAT BENTUK A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

20

21 KECERDASAN KINESTETIK BADANI Kemampuan untuk mengguna- kan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspre- sikan gagasan dan perasaan.

22 TAHUKAH ANDA ? PERMAINAN SEPAK BOLA pertama kali dilakukan dalam sejarah pada hari Selasa menjelang Rabu Abu di Derby-Inggris sebagai bagian dari Perayaan atas kemenangan tentara Inggris atas pasukan Romawi (+ thn 217 M)

23 Ut Omnes Unum Sint Tepuk Yesus:

24 UT OMNES UNUM SINT Ut Omnes Unum Sint Jadilah mereka satu Seperti Aku dan Bapa Adalah satu Biar didorong-dorong, Diobok-obok di guncang-guncang Tetap bersatu membangun dunia baru

25 KECERDASAN MUSIKAL Kemampuan untuk mengemba ngkan, mengekspr esikan, dan menikmati bentuk- bentuk musik dan suara.

26 KECERDASAN INTERPERSONAL Kemampuan untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, temperame n orang lain.

27 INTERMEZZO PERMAINAN SEPAK BOLA

28 KECERDASAN INTRAPERSONAL Kemampuan yang berkaitan dengan pengetahuan akan diri sendiri dan kemampuan untuk bertindak adaptif berdasar pengenalan diri tersebut.

29 KECERDASAN NATURALIS Kemampuan untuk dapat mengerti alam lingkungan, flora dan fauna, memahami, memelihara dan menimati lingkungan.

30 KECERDASAN EKSISTENSIAL Kemampuan dan kepekaan seseorang menjawab persoalan- persoalan terdalam keberadaa n dan makna hidup manusia & dunia.

31 STRATEGI PEMBELAJARAN/ PENDAMPINGAN JENIS KECERDASAN STRATEGI/CARA BELAJAR & PEMBELAJARAN MATEMETIK- LOGIK Menyelesaikan Puzzle, Mengenal bentuk geometri, mengenalkan bilangan melalui sajak berirama dan lagu, Diskusi &olah pikir ringan, Pengenalan pola, Eksperimen di alam, Memperkaya pengalaman beonteraksi dengan konsep matematika. LINGUISTIK- VERBAL Mengajak anak berbicara,membacakan cerita, bermain huruf dan angka, merangkai cerita, berdiskusi, bermain peran, memperdengarkan lagu-lagu.

32 JENIS KECERDASAN STRATEGI STRATEGI/CARA BELAJAR & PEMBELAJARAN MUSIK- IRAMA Menyanyi atau memutar lagu- lagu, latihan mengenal ritme, belajar bersenandung, melakukan gerak berirama, latihan lagu dan aksi, mendengarkan musik, menggambar dengan musik, membuat alat musik SPASIAL- VISUAL Menggambar dan melukis, mencoret-coret, menyanyi, mengenal, dan memnbayangkan suatu konsep, membuat kerajinan tangan, mengunjungi berbagai tempat, melakukan permainan konstruktif dan kreatif, mengatur dan merancang STRATEGI PEMBELAJARAN/ PENDAMPINGAN

33 JENIS KECERDASAN STRATEGI/CARA BELAJAR & PEMBELAJARAN KINESTETIK- GERAK Menari, bermain peran, gerak tangan (physical gesture), drama, latihan fisik, pantomim, kegiatan olahraga NATURALISBelajar tentang flora dan fauna, melihat tumbuh tanaman dan binatang, belajar tentang jenis tanaman, belajar tentang kejadian alam, merawat lingkungan hidup

34 JENIS KECERDASAN STRATEGI/CARA BELAJAR & PEMBELAJARAN INTER- PERSONAL Mengembangkan dukungan kelompok, menetapkan aturan tingkah laku, memberi kesempatan bertanggung- jawab di rumah, bersama-sama menyelesaikan konflik, melakukan kegiatan sosial, menghargai perbedaan pendapat, menumbuhkan sikap ramah dan memahami keragaman budaya lingkungan sosial, bermain talking stick INTRA- PERSONAL Menciptakan diri positif, suasana hati yang damai, bicara tentang kelemahan dan keterbatasan anak,mengajak utk membayangkan masa depan, berimajinasi dengan satu tokoh EKSISTEN- SIAL Mengembangkan kemampuan berefleksi ttng arti & nilai hidup, makna dari setiap keberadaan hidup, tujuan hidup & mati STRATEGI PEMBELAJARAN/ PENDAMPINGAN

35 CONTOH APLIKASI KECERADASAN MAJEMUK DLM PROSES PEMBELAJARAN Matematika TK: Mengenal Bentuk Lingkaran Tujuan: mengenal pelbagai bentuk benda yg berwujud lingkaran Alat: pelbagai benda yg berupa lingkaran, dgn warna/i & besarnya berbeda. Cara: 1. Siswa diajak membuat lingkaran dgn bergandengan tangan ; 2. Siswa diajak membentuk lingkaran dgn tubuh mereka saling berdempetan & merasakan sentuhan teman; 3. Siswa diajak berkeliling kelas utk melihat, mengamati, meraba semua benda berbentuk lingkran, lalu siswa diminta menggambar lingkaran seperti yg mereka lihat; 4. Siswa diajak bernyanyi: nyanyian lingkaran; 5. Siswa bercerita tentang lingkaran yg telah dilihatnya; 6. Siswa membandingkan lingkaran mana yg besar & kecil yg berwarna sama kemudian mengurutkannya.

36 TopikIntelegensiBentuk pembelajaran Bentuk Lingkar -an InterprsonalBergandengan bentuk lingkaran Kinestetik- badani Membentuk lingkaran IntrapersonalMerasakan sentuhan tubuh teman Ruang-visualMengamati & menggambar lingkaran MusikalMenyanyi LinguistikMenyebutkan & Bercerita Matematis- logis Membandignkan & mengurutkan LingkunganBerkeliling kelas, Membedakan bentuk lingkaran

37 CONTOH APLIKASI KECERADASAN MAJEMUK DLM PROSES PEMBELAJARAN IPS SD: Belajar Budaya Lain Tujuan: mengenal budaya lain, menghargai budaya lain. Alat: gambar makanan, pakaian, barang, nyanyian dan/atau tarian dari pelbagai budaya. Cara/langkah2 pembelajaran: 1. Sehari sebelum pelaran dimulai, guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa utk membawa gambar makanan, pakaian, barang, nyanyian dan/atau tarian dari pelbagai budaya ma kemudian mengurutkannya; 2. Di kelas, setiap siswa menjelaskan apa yg dibawa dan berasal dari daerah & budaya mana itu; 3. Dengan menggunakan matriks, tabel, siswa diminta mengelompokkan barang2 yg dibawa secara rinci; 4. Setiap siswa diminta mengamati barang yg dibawa temannya; 5. Dlm kelompok kecil mereka mendiskusikan apa kesamaan & perbedaan budaya2 itu; 6. Setiap siswa menyajikan tari atau lagu dari budaya atau daerah yg berlainan; 7. Setiap siswa diminta merefleksikan arti budaya itu bagi hidup masing2, apa yg dpt dipetik dari saling tukar barang dan hasil budaya lain utk hidup kita.

38 TopikIntelegensiBentuk pembelajaran Belajar Budaya Lain LinguistikMenjelaskan barang/benda yg dibawa Matematis- logis Mengklasifikasikan barang2 dlm tabel Ruang-visualMengamati barang yg ada InterpersonalDiskusi kesamaan & perbedaan budaya Kinestetik- badani Menari MusikalMenyanyi lagu daerah IntrapersonalRefleksi perbedaaan budaya dalam hidup LingkunganMembedakan & klasifikasi barang/benda, tarian setiap buddaya yg berbeda.

39 CONTOH APLIKASI KECERADASAN MAJEMUK DLM PROSES PEMBELAJARAN IPA (Biologi) SMP: Sifat-sifat Kehidupan Tujuan: mengerti & memahami sifat-sifat benda hidup. Alat: kertas, pensil, gambar beberapa binatang hidup yg berbeda spesiesnya. Cara/langkah2 pembelajaran: 1. Siswa dibagi dlm beberapa kelompok, setiap kelompok menuliskan jenis2 binatang yg dikenal & pernah dilihatnya, kemudian mencatat sifat-sifat dari binatang; 2. Setiap siswa (kelompok) menjelaskan sifat-sifat itu kepada teman lain/kelompok lain; 3. Dalam suatu matriks, sifat-sifat yg sama dan berbeda dikelompokkan; 4. Siswa diminta memperagakan sifat-sifat yg sma dalam bentuk gerak atau tari; 5. Setiap kelompok menciptakan yel2 atau lagu pendek yg menggambarkan sifat2 biantang hidup; 6. Siswa diminta berefleksi: apa artinya sifat hidup makhluk hidup, termasuk sifat hidup manusia. Bagaimana bila sifat hidup tersebut tidak ada padaku? 7. Mengapa setiap makhluk hidupo bisa hidup, apa tujuan kehidupan? Mengapa makhluk hidup bisa mati? Dll.

40 TopikIntelegensiBentuk pembelajaran Sifat Benda Hidup Lingkungan Meneliti sifat-sifat benda/makhluk hidup Ruang-visual Melihat bend-benda Linguistik Menjelaskan sifat-sifat hidup Matematis- logis Membuat tabel dan memasukkan sifat Kinestetik- badani Memperagakan gerak/yel2 binatang/makhluk hidup Musikal Membuat lagu sifat hidup Intrapersonal Refleksi ttng sifat hidup, kegunaan sifat2 hidup Interpersonal Kerja/diskusi kelompok Eksistensial Apa gunanya hidup, tujuan hidup?

41 IPA (Fisika) SMU: Gaya Sentripetal Tujuan: mengerti gaya sentripetal dan dapat menggunakan konsep dasar gaya sentripetal dalam persoalan dan juga kehidupan sehari-hari. Konsep: suatu benda yg bergerak melingkar beraturan akan mengalami suatu gaya mengarah ke pusat lingkaran, yg besarnya tergantung pada massa benda & juga percepatan sentripetalnya. Sedangkan percepatan itu tergantung pada kuadrat kecapatan liniernya dan berbanding terbalik dengan jari-jari lintasannya. Alat: bola, tali, alat tulis Cara/langkah2 pembelajaran: 1. Siswa membuat percobaan sederhana seperti pd bagan berikut: CONTOH APLIKASI KECERADASAN MAJEMUK DLM PROSES PEMBELAJARAN bola tali

42 Bola plastik diikat dgn tali. Dgn cara memegang talinya, bola diputar. Apa yg terjadi bila tali dilepaskan? Siswa mencobanya berkali-kali & mengambil kesimpulan. Siswa akan melihat bhw bila itu terlepas ke luar. Semakin kuat kecepatan putarannya, semakin jauh bola terlempar. Semakin kuat kecepatan putaran, semakin jauh bola terlempar. Siswa diajak membuat percobaan bervariasi agar bola sampai pada jarak tertentu; 2. Dapat dibuat suatu permainan, dimana dua siswa memegang ujung2 satu tali secara tegang. Siswa pertama diam sambil memegang tali kuat-kuat, sedangkan siswa kedua berlari berputar mengelilingi siswa pertama dgn memegang ujung tali secara ketat. Swaktu siswa kedua berlari kencang, pegangan tali siswa pertama dilepaskan. Apa yg terjadi?; 3. Dalam melemparkan bola, setiap kali ada bola yg mengenai sasaran, siswa diminta berteriak: “Gol!” atau siswa diminta meneliti apakah ada pengaruh antara kecepatan berputar bola & suara yg berputar; 4. Dalam mengerjakan percobaa di atas, siswa harus bekerja-sama. Mereka dapat saling mendiskusikan pertanyaan yg diutarakan guru, apa yg terjadi dgn bola bila tali dilepas? Biarkan mereka bebas berdiskusi dgn guru sbg moderator;

43 2 2 s ss s m Fs v 5.Menurunkan rumusan Menurut hukum Newton II, gaya yg terjadi dlm gerak lurus adalah F= ma. Dlm gerak melingkar seperti gambar di atas, gaya itu dpt ditulis sbg F = ma Percepatan sentripetal pd gerak melingkar adalah a = v /R. Maka gaya sentripetal dapat dituliskan sbg F = mv /R Setelah siswa mengerti, siswa dpt mengerjakan persoalan berdasarkan rumus yg mereka pelajari;

44 6Siswa diminta merumuskan gaya sentripetal dgn kata-kata sendiri, mengungkapkan rumusannya di depan kelas, atau diperdebatkan bersama teman- teman lain; 7 Setelah percobaan dan proses pembelajaran hampir usai, mintalah siswa utk diam sejenak berefleksi, apa yg mereka peroleh dari pelajaran itu. Mintalah mereka untuk mengungkapkan gagasan dan apa yg mereka peroleh dlm suatu rumusan kalimat, musik ataupun ungkapan lain; 8 Mintalah siswa utk mencari adakah gejala seperti itu di alam. TopikIntelegensiBentuk pembelajaran Gaya Sentri- petal Ruang-visualPercobaan memutar bola pada tali Kinestetik-badaniPermainan siswa dgn tali MusikalTeriakan gol InterpersonalKerja-sama, diskusi Matematis-logisMenurunkan rumus LinguistikMenuliskan dgn kata sendiri IntrapersonalMerefleksikan apa yg diperoleh LingkunganMencari gejala sejenis di alam

45 KEPUSTAKAAN Bobbi dePorter & Hernacki Mike, Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan),1992, New York : Dell Publising, (alih bahasa : Abdurhaman A), 2004, Bandung : PT Mizan Pustaka. Dryden Gordon & Jeannette Vos, 1999, The Learning- Revolution, Selandia Baru: The Learning Web. Efendi A., 2005, Revolusi Kecerdasan Abad 21, Kritik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intelligence atas IQ, Bandung: Alfabeta. Lwin May., at.al., 2003, How to Mutiply Your Child’s Intelligence, Inggris: Prentice Hall. Seri Ayahbunda- Nestle,2003, Multiple Intelligences, Jakarta: PT Aspirasi Pemuda. Nggermanto Agus, Quantum Quotien (Kecerdasan Quantum), Bandung : Yayasan Quantum. Seri Ayahbunda-Nestle,2003, Multiple Intelligences, Jakarta: PT Aspirasi Pemuda. Silberman M.l., 1996, Active Learning, Boston : Allyn Bacon. Soewandi Slamet A.M., dkk, 2005, Perspektif Pembelajaran Berbagai Bidang Studi, Yogyakarta: Universitas Snata Dharma. Suparno P., 2004, Teori Intelegensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah, Yogyakarta: Kanisius. Tim Pustaka Familia, 2006, Warna-warni Kecerdasan Anak dan Pendampingannya, Yogyakarta: Kanisius. Wenger Win, 2000, Beyond Teaching & Learning, Gaithersburg : Project Renaisance.

46 TERIMA KASIH Korespondesi: HP:


Download ppt "PEMBEJALARAN YANG KREATIF & MENYENANGKAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK Materi Presentasi Pada Pembekalan & Pelatihan Guru-guru & Pegawai di Lingkungan Persekolahan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google