Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRESENTASI KELOMPOK 8 Oleh 1.Sahrir: 2090 4A 0022 2.Khasan Parwoto: 2090 4A 0036 3.Nurhayani: 2090 4A 0016 4.Etty Erawati: 2090 4A 0029 5.Herawati: 2090.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRESENTASI KELOMPOK 8 Oleh 1.Sahrir: 2090 4A 0022 2.Khasan Parwoto: 2090 4A 0036 3.Nurhayani: 2090 4A 0016 4.Etty Erawati: 2090 4A 0029 5.Herawati: 2090."— Transcript presentasi:

1 PRESENTASI KELOMPOK 8 Oleh 1.Sahrir: A Khasan Parwoto: A Nurhayani: A Etty Erawati: A Herawati: A Suhandi: A 0047

2 Pengertian Public Relation: Public relation adalah suatu proses yang secara terus menerus dari suatu usaha manajemen yang bertujuan untuk memperoleh penilaian yang baik dari para pelanggan, pegawai dan masyarakat umum. Peublik relation di prpustakaan maksudnya adalah usaha dari lembaga perpustakaan agar mendapatkan keefektifan jasa layanandan penilaian yang baik dari para pustakawan, pemakai dan mayarakat umum. Sehingga apa yang menjadi visi dan misi perpustakaan dapat terwujud..

3 Langkah perancangan seorang public relation: 1.Gedung 2.Koleksi 3.Sdm 4.Pengguna / Pemakai 5.Kerjasama

4 1. Gedung Dalam merencanakan gedung perpustakaan tentunya harus di pertimbangkan dimana letaknya, berapa luasnya, ruang apa saja yang di perlukan dan untuk layanan apa saja, selain itu juga harus di pertimbangan fasilitas dan kwalitas gedung. Setelah semua itu di tentukan selanjutnya kita buat bagan ruangan gedung, dibawah ini rancangan gedung perpustakaan agar eksistensi perpustakaan lebih baik lagi. Karena apabila tataruang / gedungnya nyaman maka pemakai akan lebih senang dan tertarik untuk tetap berada di perpustakaan jika di atas tanah persegi empat. Berikut contoh rancangan sebuah gedung perpustakaannya:

5 BUKU PENGUNJUNG TEMPAT KOLEKSI UMUM Layanan deposit Layanan referensi TAMAN BACA TERBUKA M EJ A B A C A M EJ A B A C A M B BAGIAN TEKNISI0 BAGIAN PENGADAAN Layanan Informasi Tempat tas dan jaket TOILETTOILET Taman Bunga Layanan internet Pagar TEMPAT PARKIR KANTIN Mading dan serambi LAYANAN HOT SPOT L.sirkulasi Gambar gedung lantai 1 TAMANTAMAN B U S T OPAC

6 RUANG PERAWATAN & PELESTARIAN KOLEKSI Gambar Gedung LantaI II TEMPAT KOLEKSI UMUM TAMAN BACA TERBUKA MEJA BACAMEJA BACA MEJA BACAMEJA BACA MEJA BACAMEJA BACA MEJA BACAMEJA BACA AULA PERPUSTAKAAN RUANG PIMPINAN DAN PEGAWAI STRUKTURAL/ KEP. BAG. RUANG STAFFRUANG PERAWATAN & PELESTARIAN KOLEKSI U T B S WCWC

7 2. KOLEKSI Perencanaan pengembangan koleksi & informasi agar sumber-sumber informasi yang dihimpun oleh perpustakaan teoat guna dan lebih bermanfaat. Untuk melaksanakan pengembangan koleksi, kita sebagai pustakawan hendaknya: 1.Mengetahui berbagai jenis penerbitan yang ada di pasaran. 2.Memahami jenis tujuan, dan fungsi perpustkaan (sesuaikan dengan visi dan misi perpustakaan). 3.Mengenal kebutuhan pemakai 4.Mengenal dan mampu menggunakan alat bantu seleksi.

8 3. SDM Semua lembaga tidak akan jalan sesuai dengan sebagaimana mestinya tanpa ada Sumber Daya Manusia. Yang termasuk ssumberdaya manusia perpustakaan adalah semua pegawai perpustakaan yang dapat menjalankan roda suatu lembaga khususnya lembaga Perpustakaan. Sumber daya manusia dapat dikelompokan ke dalam empat kelompok yaitu: 1. Pimpinan / kepala pepustakaan 2. Bagian kehumasan / public relation 3. kepala bagian & kep. sub bagian perpustakaan 4. Pustakawan atau pejabat fungsional 5. Pegawai administrasi / tata usaha atau kesekretariatan (staff)

9 4. Pengguna / Pemakai Pengguna dalam perpustakaan umum adalah semua kalangan baik anak-anak, dewasa, pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum. Untuk itu dalam memberikan layanan harus menyesuaikan dengan jenis masyarakat yang kita layani. Baik penyediaan koleksi maupun penyebaran promosinya / sosialisasinya.

10 5. Kerjasama Pada dasarnya tidak ada satu perpustakaan pun yang dapat bekerja dan menyelengggarakan perpustakaan sendirian dengan baik dan sempurna. Hal ini dikarenakan oleh adanya keterbatasan yang dihadapi oleh perpustakaan. Untuk mengatasi samua ini salah satu cara adalah dengan menjalin kerja sama dan mitra perpustakaan. Hal ini dapat dilakukan dengan lembaga - lembaga yang satu tipe (antar perpustakaan maupun lembaga lainnya. Bentuk kerjasama dan mitra tersebut ialah: 1.Pengadaan koleksi bahan pustaka 2.Pengolahan 3.Pembinaan 4.Pembentukan jaringan, 5.Penyusunan kaotalg induk 6.Penyusunan bibliografi 7.Pertemuan / forum ilmiah. 8.penggalangan dana

11 Manfaat dari Public Relations Efektif Bagi Perpustakaan Umum  1. Melekat pada proses manajemen, eksistensi Public Relations sebagai pelembagaan kegiatan komunikasi dalam organisasi yaitu untuk menujang upaya manajemen dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan 2. Dalam manajemen untuk mencapai suatu tujuan dalam teori manajemen dapat melalui tahap-tahap yaitu Tahap POAC yakni Planning (Program), Organizing (Mengkoordinir), Actuating (Mengaktualkan / menjalankan), dan Controlling (Mengkontrol).

12 Demikian presentasi kami


Download ppt "PRESENTASI KELOMPOK 8 Oleh 1.Sahrir: 2090 4A 0022 2.Khasan Parwoto: 2090 4A 0036 3.Nurhayani: 2090 4A 0016 4.Etty Erawati: 2090 4A 0029 5.Herawati: 2090."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google