Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Juli Agustus September 2012 Pedoman Pendalaman Alkitab Juli Agustus September 2012 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 1 dan 2 Tesalonika Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Jon Paulien

4 Sama seperti kita yang kini sedang hidup dalam masa-masa yang sukar, jemaat di Tesalonika menghadapi berbagai hal yang menyebabkan stress, ketegangan, pergumulan, bahkan penganiayaan. Namun demikian, jemaat di Tesalonika memiliki pengharapan yang pasti, yaitu sebuah pengharapan yang didasarkan pada apa yang telah diperbuat Kristus kepada mereka, sebuah pengharapan yang menunjuk pada janji terbesar yaitu kedatangan Yesus yang kedua kali. 1 dan 2 Tesalonika Pendahuluan Umum

5 , dia berkata Rasul Paulus menuliskan pengharapan tersebut, dia berkata: “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini.” (1 Tesalonika 4:16-18) 1 dan 2 Tesalonika Pendahuluan Umum

6 , dia berkata Kedatangan-Nya yang pertama...menjadi jaminan untuk kedatangan-Nya yang kedua kali dalam kemuliaan. 1 dan 2 Tesalonika Pendahuluan Umum

7 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

8 1. Injil Datang ke Tesalonika 2. Melestarikan Hubungan 3. Tesalonika Pada Zaman Paulus 4. Bersukacita dan Bersyukur (1 Tes. 1:1-10) 5. Teladan Rasul (1 Tes. 2:1-12) 6. Sahabat untuk Selamanya (1 Tes. 2:13-3:13) 7. Hidup Dalam Kekudusan (1 Tes. 4:1-12) 8. Yang Meninggal Dalam Kristus (1 Tes. 4:13-18) 9. Berbagai Peristiwa Akhir Zaman (1 Tes. 5:1-11) 10. Kehidupan Jemaat (1Tes. 5:12-28) 11. Janji Bagi yang Teraniaya (2 Tes 2:1-12) 12. Anti Kristus (2 Tes. 2:1-12) 13. Memelihara Jemaat Agar Setia (2 Tes. 2:13-3:18) 1dan 2 Tesalonika Daftar Isi

9 Pelajaran 8 Yang Meninggal dalam Kristus

10 Kata-kata Pembuka Orang Kristen harus saling menguatkan dengan satu harapan bahwa kedatangan Yesus akan mengakhiri perpisahan yang disebabkan oleh kematian dan menjadi awal pertemuan yang mulia dari semua pengikut Kristus pada hari kebangkitan.

11 Pokok Pikiran Paulus memberikan kepada jemaat Tesalonika (dan kita) suatu pengharapan yang kuat untuk masa depan, janji kedatangan Kristus yang kedua kali.

12 Ayat Hafalan “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit” (1 Tesalonika 4:16).

13 Pengantar “Orang-orang Tesalonika ingin memahami buah pikiran bahwa Kristus akan datang untuk mengubahkan yang setia yang masih hidup, akan mengambil mereka kepada diri-Nya sendiri. Mereka dengan hati-hati menjaga kehidupan teman teman mereka, supaya jangan mereka mati dan kehilangan berkat yang mereka harapkan untuk menerimanya pada waktu kedatangan Tuhan.

14 Pengantar Tetapi satu persatu kekasih-kekasih mereka telah diangkat dari mereka, dan dengan kesedihan orang-orang Tesalonika telah memandang untuk waktu yang terakhir pada wajah orang-orang yang sudah mati, hampir tidak berani mengharapkan untuk bertemu dengan mereka dalam kehidupan yang akan datang.

15 Pengantar Paulus bereaksi terhadap kesalahpahaman teologis dalam jemaat Tesalonika.... beberapa anggota mengalami kesulitan untuk memahami keadaan umat yang percaya yang meninggal sebelum Yesus datang kembali. Paulus tidak hanya membenarkan kesalahpahaman yang ada pada abad pertama, namun dia juga menyediakan dasar yang kuat bagi umat Kristen pada abad yang keduapuluh satu.

16 Pengantar Melalui... Rasul Paulus, Tuhan telah menyatakan kepada kita kebenaran yang indah tentang kedatangan Yesus yang kedua ka

17 Yang Meninggal dalam Kristus Selayang Pandang 1. Mati dan Bangkit (1 Tesalonika 4:14) 2. Bangkit dalam Kristus (1 Tesalonika 4:15,16) 3. Bangkit untuk Dipersatukan Kembali (1 Tesalonika 4:17,18)

18 1. Mati dan Bangkit (1 Tesalonika 4:14) Yang Meninggal dalam Kristus

19 1 Tesalonika 4:14 “Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.”

20 1. Mati dan Bangkit Keyakinan yang salah di Tesalonika Meskipun semua umat Allah yang setia akan menikmati dunia yang akan datang, hanya mereka yang masih hidup yang akan dibawa ke surga. Mereka yang meninggal sebelum kedatangan Yesus akan dibangkitkan dan tetap tinggal di dunia ini. Ini berarti, adalah menjadi suatu kerugian yang besar jika seseorang meninggal sebelum kedatangan Yesus. Hal itu juga berarti adanya pemisahan di antara mereka yang dibawa ke surga dan mereka yang tinggal di dunia.

21 1. Mati dan Bangkit Dukacita yang tak berpengharapan Latar belakang sebagian besar umat percaya yang menerima surat Paulus adalah berasal dari kekafiran (1 Tes. 1:9).... umumnya orang kafir tidak memiliki harapan setelah kematian. Paulus... bermaksud agar kebenaran tentang sifat kedatangan Yesus yang kedua kali akan memberikan pengharapan mulia kepada mereka agar mereka dapat saling menghibur satu sama lain pada saat ditinggalkan oleh orang yang mereka kasihi (1 Tes. 4:18).

22 1. Mati dan Bangkit Dukacita yang tak berpengharapan Paulus... menggambarkan umat percaya yang telah meninggal seperti sedang “tidur melalui Yesus.” Sementara ungkapan tidur adalah gambaran umum untuk kematian dalam Perjanjian Baru, maka ekspresi untuk kematian seorang yang percaya adalah “tertidur dalam Yesus” atau “dalam Kristus.”

23 1. Mati dan Bangkit Dukacita yang tak berpengharapan Masalah kedua...adalah gagasan yang menyatakan bahwa Allah akan membawa mereka yang telah tidur bersama-Nya. Beberapa orang memahami frase ini dengan pengertian bahwa mereka yang sudah mati dalam Kristus (mereka anggap, telah dibawa ke surga pada saat kematian) akan kembali bersama Yesus saat Dia datang. Namun penafsiran ini bertentangan dengan ajaran Paulus..., bahwa kebangkitan umat percaya terjadi pada kedatangan Yesus yang kedua kali, dan tidak terjadi sebelum saat itu.

24 Paulus membuat sebuah persamaan antara kematian dan kebangkitan Yesus dan kematian dan kebangkitan umat percaya. Bagi Paulus, kebangkitan Yesus dari kematian yang baru saja berlangsung adalah merupakan jaminan bahwa semua orang percaya akan dibangkitkan juga pada Kedatangan Kedua 1. Mati dan Bangkit Dukacita yang tak berpengharapan

25 Allah tidak turun ke dunia bersama orang Kristen yang telah dibangkitkan pada saat kedatangan-Nya; sebaliknya (seperti yang dilakukan kepada Yesus), Dia akan membangkitkan mereka dari kubur dan, bersama mereka yang masih hidup, dibawake surga. Sama seperti kebangkitan Yesus telah terjadi sebelum kenaikan-Nya ke surga, demikianlah yang akan terjadi pada pengikut-Nya yang setia. 1. Mati dan Bangkit Dukacita yang tak berpengharapan

26 DISKUSIKAN Dukacita adalah merupakan pengalaman yang sulit dan menimbukkan kegoncangan yang sangat mendalam. Menurut anda, jenis penghiburan yang bagaimanakah yang paling berhasil dalam menghibur orang-orang yang kehilangan orang yang mereka kasihi oleh sebab kematian?

27 2. Bangkit dalam Kristus (1 Tesalonika 4:15,16) Yang Meninggal dalam Kristus

28 1 Tesalonika 4:15,16 “kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali- kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal... Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;”

29 2. Bangkit dalam Kristus Pada Saat Kedatangan Kristus Umat percaya yang masih hidup tidak akan “mendahului,” atau memiliki keuntungan yang lebih, daripada mereka yang telah beristirahat dalam Yesus. Mereka yang mati dalam Kristus akan dibangkitkan terlebih dulu (lihat Why. 20:4-6). Hal ini terjadi sebelum mereka yang hidup diangkat untuk bertemu Yesus diangkasa (1 Tes. 4:17).

30 2. Bangkit dalam Kristus Pada Saat Kedatangan Kristus 1 Tesalonika 4:15-16 tidak mengajarkan bahwa orang yang mati langsung diangkat ke surga pada saat mereka meninggal. Jika Paulus telah mengajarkan jemaat Tesalonika bahwa kekasih mereka telah ada di surga, mengapa mereka masih berduka, dan mengapa dia tidak mengatakannya secara langsung? Sebaliknya, kenyamanan yang Paulus berikan di sini ialah dengan mengetahui bahwa kebangkitan akan mempersatukan mereka dengan semua orang yang mereka kasihi.

31 DISKUSIKAN Siapakah yang paling anda rindukan untuk bertemu pada hari kebangkitan itu nanti? Mengapa kamu merindukan dia? Saat pertemuan itu terjadi nantinya, apakah yang pertama sekali anda katakan kepadanya?

32 3. Bangkit untuk Dipersatukan Kembali (1 Tesalonika 4:17,18) Yang Meninggal dalam Kristus

33 1 Tesalonika 4:17,18 “sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini.

34 Paulus ingin menggunakan peristiwa- peristiwa akhir zaman untuk menghiburkan mereka yang telah kehilangan orang-orang yang mereka kasihi. 3. Bangkit untuk Dipersatukan Kembali Hiburkanlah Satu Dengan yang Lain

35 Dalam 1 Tesalonika 4:17,18 dikatakan bahwa umat percaya bertemu dengan Yesus di awan-awan dan bersama dengan Dia selamanya. Orang yang mati dalam Yesus akan dibangkitkan terlebih dulu. Kemudian mereka bersama orang percaya yang masih hidup naik bersama-sama untuk bertemu dengan Tuhan di angkasa. 3. Bangkit untuk Dipersatukan Kembali Hiburkanlah Satu Dengan yang Lain

36 Yesus dibangkitkan dan naik ke surga sebagai buah sulung, yang menyatakan bahwa mereka yang tinggal dalam Dia akan mengalami pengalaman yang sama. 3. Bangkit untuk Dipersatukan Kembali Hiburkanlah Satu Dengan yang Lain

37 Ketika Yesus datang kembali, Dia akan membawa murid-murid- Nya ke tempat di mana Diaberada (surga). Dia tidak datang untuk menemui mereka di tempat mereka berada (di dunia). 3. Bangkit untuk Dipersatukan Kembali Hiburkanlah Satu Dengan yang Lain

38 Pada masa seribu tahun setelah Yesus datang kembali (Why. 20:4-6), orang benar akan bersama dengan Dia di surga, 3. Bangkit untuk Dipersatukan Kembali Hiburkanlah Satu Dengan yang Lain

39 DISKUSIKAN Pikirkanlah segala sesuatu yang akan terjadi pada saat kedatangan Yesus yang kedua kali: Yesus datang di awan-awan, semua orang melihat Dia, yang mati dibangkitkan, yang hidup diberikan kekekalan, dan semua akan dibawa ke surga..., nampaknya hal itu sangat berlebihan,... bertentangan dengan logika, pengalaman, dan apa yang ilmu pengetahuan ajarkan kepada kita. Namun, inilah yang harus kita percayai; jika tidak, kita tidak memiliki pengharapan. Jika Anda dapat mempercayai Tuhan dalam hal seperti ini, bagaimanakah Anda tidak dapat mempercayai kuasa-Nya dalam berbagai “perkara kecil” yang Anda sedang gumuli dalam hidup Anda?

40 Menurut anda, apa yang membangkitkan orang- orang percaya yang ada dalam kubur itu. Apakah gemuruh suara terompet para malaikat? Atau perintah/perkataan Yesus?

41 KUTIPAN ROH NUBUAT “Kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia,’ Paulus menulis. Banyak orang menafsirkan dan mengartikan pasal ini bahwa orang-orang yang tidur akan dibawa dengan Kristus ke dalam surga; tetapi Paulus mengartikan bahwa sebagaimana Kristus dibangkitka dari orang mati, demikianlah Allah akan membangkitkan orang-orang suci yang tidur dari kubur mereka dan membawa mereka bersama Dia ke surga.” Ellen. G. White, Alfa dan Omega, jld 7 hlm 218,219

42 RANGKUMAN Paulus meluruskan sejumlah kesalahpahaman yang ada tentang keadaan orang mati dan hal-hal yang terjadi di sekitar kedatangan Yesus yang kedua kali. Ketika Yesus kembali, mereka yang mati dalam Kristus akan bangkit lebih dulu, barulah semua umat percaya akan naik bersama-sama untuk bertemu dengan Yesus di angkasa. Umat percaya dapat dihiburkan dengan mengetahui bahwa perpisahan dari orang yang mereka kasihi hanyalah sementara waktu saja.

43 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Kematian bukanlah bab terakhir dari kehidupan pengikut Tuhan melainkan hanya pemisah sementara yang memberikan jalan bagi pertemuan yang mulia pada haari kebangkitan. Saya merasa nyaman mengetahui bahwa kebangktan Yesus merupakan jaminan kebangkitan orang kudus. Yesus telah menyediakan solusi untuk masalah kematian. Saya kadang- kadang kurang menyedari hal ini. Minggu ini saya akan selalu hidup dengan sukacita. Meskipun ada masalah bahkan berpisah dengan orang yang kasihi oleh karena kematian sekalipun tidak akan membuat saya lemah sebab saya tahu pasti bahwa kematian itu hanya merupakan perpisahan sementara. Akan ada kebangkitan pada saat kedatangan Yesus yang kedua.

44 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google