Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS KONTEKS & PEMANGKU KEPENTINGAN untuk mempengaruhi kebijakan M. Maulana FITRA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS KONTEKS & PEMANGKU KEPENTINGAN untuk mempengaruhi kebijakan M. Maulana FITRA."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS KONTEKS & PEMANGKU KEPENTINGAN untuk mempengaruhi kebijakan M. Maulana FITRA

2 Outline sesi Pembukaan dan Pengantar sesi: judul PB, tujuan PB, dan waktu (2’) Pengertian, Faktor Penentu, dan tools strategi komunikasi dalam advokasi kebijakan berbasis bukti (25’)  Pemaparan 10’  Diskusi 15’ Diskusi Analisis Kasus  Pengantar (10’)  Pelaksanaan Diskusi Kelompok (30’) peserta diminta mengidentifikasi stakeholders dalam pengembilan kebijakan dengan tools AIIM peserta mengkategorisasikan prioritas stakeholders ke dalam a)pengambil kebijakan, b)masyarakat sipil, c)media, dan d)NGO peserta menentukan strategi komunikasi kepada stakeholder berdasarkan kategori tersebut.  Pleno Hasil Kelompok (20’) Penutup: Pokok-Pokok Hasil Belajar (3’)

3 KONTEKS Memahami hal-hal yang dapat mempengaruhi proses pengambilan kebijakan. Mengetahui kekuatan data yang dimiliki. Memahami koteks politik, ekonomi, dan tekanan lembaga yang dapat mempengaruhi kebijakan Memahami hubungan para pemangku kepentingan.

4 4 hal tekait konteks (kerangka Kerja RAPID) Analisis konteks dengan menggunakan kerangka kerja RAPID akan melihat : Lingkungan Eksternal Bukti-bukti Keterkaitan aktor Situasi Politik

5 1. Lingkungan Eksternal Apakah ada aktor diluar yang memiliki kepentingan atas sebuah kebijakan? Apa agenda mereka dan seberapa besar kekuatan yang dimiliki? Bagaimana struktur sosial mempengaruhi proses kebijakan? Bagaimana situasi sosial, politik, dan ekonomi saat proses penyusunan kebijakan?

6 2. Bukti-Bukti 1. Apakah ada bukti yang terkait dengan proses kebijakan? Cukupkah bukti itu digunakan untuk advokasi? 2. Jenis bukti apa yang bisa meyakinkan pembuat kebijakan? Sejauhmana Bukti yang dimiliki bisa diterima? 3. Bagaimana menyampaikan bukti kepada pembuat kebijakan?

7 1. Siapa saja stakeholders kebijakan (misal; pembuatan kebijakan/ masyarakat sipil, media, dll)? 2. Apakah ada / bagaimana keterkaitan diantara para stakeholder tersebut? 3. Siapa saja stakeholders yang berkepentingan dan yang melakukan advokasi? Apa pengaruh mereka? 4. Siapa yang signifikan dalam mempengaruhi kebijakan? 3. Keterkaitan Aktor

8 Siapa aktor kunci dalam pembuatan kebijakan (misal; gubernur, ketua DPRD, dll)? Apakah ada perbedaan kepentingan diantara para stakeholder kebijakan? Apakah ada kekuatan yang resisten dalam proses pembuatan kebijakan? Peluang apa yang ada untuk mempengaruhi proses kebijakan? 4. Konstalasi Politik

9 Diskusi kelompok Analisis Konteks Tentukan satu praktek advokasi yang pernah dilakukan sebagai case study Lakukanlah analisis konteks dengan menggunakan Kerangka Kerja RAPID Bagaimana hasil analisisnya (konstalasi politik, hubungan, bukti, lingkungan luar)?

10 Analisis Stakeholders Analisis stakeholders bertujuan untuk memetakan kepentingan aktor-aktor kunci dalam advokasi kebijakan. Analisis stakeholder dapat dilakukan dengan Analysis Individual Interest Matrix (AIIM)

11 Langkah-Langkah AIIM Identifikasi seluruh stakeholder dalam proses kebijakan. Identifikasi tingkat kepentingan dan keberpihakan stakeholder pada kebijakan. Identifikasi stakeholder yang memiliki kekuatan/ kekuasaan mengintervensi kebijakan Identifikasi stakeholder yang dapat dipengaruhi untuk merubah kebijakan

12 A High Tingkat keberpiakan Low High Tingkat kepentingan Menggunakan Matrix Analisis 1.Buatlah list seluruh stakeholder 2.tulislah stakeholder dalam matrix sesuai dengan tingkat kepentingan dan keberpihakannya. 3.Berdasarkan data stakeholder yang telah ditulis di matrix, berikan tanda stakeholder yang memiliki kekuatan besar mempengaruhi kebijakan 4.Berdasarkan data stakeholder yang telah ditulis di matrix, berikan tanda stakeholder yang bisa dipengaruhi untuk advokasi kebijakan B D C

13 Diskusi kelompok Setelah itu, identifikasi stakeholder yang telah ditentukan dalam kerangka kerja RAPID tadi Tuliskan stakeholder tersebut secara spesifik di kertas posit lalu kategorikan ke dalam 4 tabel AIIM Berikan “tanda” pada stakeholder yang memiliki power dalam pembuatan kebijakan, dan berikan tanda pada stakeholder yang dapat dipengaruhi. Apa hasilnya? Bagaimana menurut anda?

14 Terimkasih Selamat Berdiskusi

15 Bahan Bacaan Kertas Kebijakan RAPID Kerangka Kerja RAPID AIIM Handout


Download ppt "ANALISIS KONTEKS & PEMANGKU KEPENTINGAN untuk mempengaruhi kebijakan M. Maulana FITRA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google