Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENJELASAN TENTANG SBU/SKA/SKTK DALAM PENGADAAN JASA KONSTRUKSI LEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI NASIONAL NATIONAL CONSTRUCTION SERVICES DEVELOPMENT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENJELASAN TENTANG SBU/SKA/SKTK DALAM PENGADAAN JASA KONSTRUKSI LEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI NASIONAL NATIONAL CONSTRUCTION SERVICES DEVELOPMENT."— Transcript presentasi:

1 PENJELASAN TENTANG SBU/SKA/SKTK DALAM PENGADAAN JASA KONSTRUKSI LEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI NASIONAL NATIONAL CONSTRUCTION SERVICES DEVELOPMENT BOARD Gedung Balai Krida, Jl. Iskandarsyah Raya No. 35, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan

2 Kebijakan Jasa Konstruksi  UU 18 Tahun 1999

3 SBU Jasa Konstruksi SBU adalah wujud Kemampuan Usaha penyedia jasa konstruksi Peraturan Perundangan memberi wewenang LPJK menetapkan Kemampuan Usaha (Badan Usaha / Usaha orang perseorangan) dan menerbitkan SBU. Data kemampuan usaha yang tertuang pada SBU mencakup, Klasifikasi, subklasifikasi, kualifikasi, subkualifikasi, dan kemampuan dasar setiap subklasifikasi usaha. Pembagian Subkualifikasi merupakan pembagian tingkat kemampuan usaha mencakup kemampuan melaksanakan 1 paket pekerjaan, dan kemampuan paket sesaat. Data kemampuan Dasar merupakan pengalaman tertinggi pekerjaan yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu 10 tahun yang telah di konversi menjadi nilai sekarang pada saat SBU diterbitkan. Penanda tangan SBU (ttd basah) oleh Direktur Hukum dan Registrasi LPJK Nasional (kualifikasi besar) atau Manager Eksekutif LPJK Provinsi (kualifikasi menengah dan kecil.

4 SKA/SKTK Konstruksi SKA/SKTK adalah wujud Kompetensi Tenaga Kerja konstruksi Peraturan Perundangan memberi wewenang LPJK menetapkan Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi (Tenaga Ahli / Tenaga Terampil) dan menerbitkan SKA/SKTK. Data kompetensi kerja yang tertuang pada SKA mencakup, Klasifikasi, subklasifikasi, kualifikasi, dan subkualifikasi setiap tenaga kerja. Data kompetensi kerja yang tertuang pada SKTK mencakup, Klasifikasi, subklasifikasi, kualifikasi, subkualifikasi, dan unit kompetensi yang dikuasai setiap tenaga kerja. Penanda tangan SKA (ttd basah) oleh Direktur Hukum dan Registrasi LPJK Nasional (subkualifikasi Utama) atau Manager Eksekutif LPJK Provinsi (subkualifikasi Madya dan Muda). Penanda tangan SKTK (ttd basah) oleh Manager Eksekutif LPJK Provinsi.

5 CONTOH SBU/SKA/SKT vs TENDER

6 SBU (Peraturan LPJK )  Tender & Kontrak Scan dengan HP*

7 SBU (Peraturan LPJK )  Tender & Kontrak

8 SBU (Peraturan LPJK 02 – 2012)  Tender s/d 31 Maret 2014

9 SKA LPJK (Peraturan LPJK )  Tender & Kontrak Scan dengan HP*

10 SKTK LPJK (Peraturan LPJK )  Tender & Kontrak Scan dengan HP*

11 SKTK LPJK (Peraturan LPJK )  Tender & Kontrak

12 SKA LPJK (Peraturan LPJK ) Tender s/d 31 Maret 2014

13 PENERAPAN SBU/SKA/SKTK DALAM DOKUMEN LELANG PEMUATAN JENIS SUBKLASIFIKASI dan SUBKUALIFIKASI DALAM SBU/SKA/SKTK SESUAI DGN BIDANGNYA SUBKLASIFIKASI DAN SUBKUALIFIKASI DIMAKSUD SESUAI SURAT MENTERI PU NOMOR IK.0201-Kk/978

14 Konversi Kualifikasi Usaha Gred vs KMB

15 Konversi Klasifikasi kualifikasi Usaha Klasifikasi Badan Usaha Pelaksana

16 Konversi Klasifikasi kualifikasi Usaha Klasifikasi Badan Usaha Perencana

17 DAFTAR KONVERSI KLASIFIKASI DAN SUBKLASIFIKASI TENAGA KERJA AHLI KONSTRUKSI LAMPIRAN 27 NO KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) NO KODE KONVERSI NO KODE DESKRIPSI KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) DARI LAMPIRAN 22 PERLEM 04 TAHUN 2011 A R S I T E K T U R AA 1Arsitek101ArsitekturAA 100Arsitek adalah seorang ahi yang memiliki kompetensi untuk merancang dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung, perkotaan dan lingkungan binaan, yang meliputi aspek estetika,budaya, dan sosial. 2Ahli Desain Interior102Desain InteriorAA 200Ahli Desain Interior adalah seorang ahli yang memilki kompetensi seni dan ilmu merancang ruangan dalam bangunan dengan tujuan untuk menciptakan ruang yang fungsional, estetika dan struktur keindahan dan manfaat suatu bangunan. 3Ahli Arsitekur Lansekap103Arsitek LansekapAA 300Ahli Arsitekur Lansekap adalah seorang ahli yang memilki kompetensi seni dan ilmu merancang lansekap (pertmanan) dengan tujuan untuk menciptkan ruang pertamanan yang fungsional, estetika, dan struktur keindahan dan manfaat suatu pertamanan atau kawasan. 4Ahli Iluminasi104Teknik IluminasiAA 400Ahli Iluminasi adalah seorang ahli yang memilki kompetensi merancang tata cahaya, baik di luar bangunan maupun di dalam ruang bangunan.

18 DAFTAR KONVERSI KLASIFIKASI DAN SUBKLASIFIKASI TENAGA KERJA AHLI KONSTRUKSI LAMPIRAN 27 NO KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) NO KODE KONVERSI NO KODE DESKRIPSI KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) DARI LAMPIRAN 22 PERLEM 04 TAHUN 2011 S I P I L AS 1Ahli Teknik Bangunan Gedung 201Teknik Sipil 1) AS 100Ahli Teknik Bangunan Gedung adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan struktur bangunan gedung yang menguasai bangunan gedung. StrukturAS 200 Perencana StrukturAS 201 Pelaksana StrukturAS 202 Pengawas StrukturAS 203 2Ahli Teknik Jalan202Teknik Sipil 1) AS 100Ahli Teknik Jalan adalah ahli yang memiliki kompetensimerancang geometri dan struktur jalan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi jalan. Transportasi 2) AS 300 Perencana JalanAS 301 Pelaksana JalanAS 306 Pengawas JalanAS 311 3Ahli Teknik Jembatan203Teknik Sipil 1) AS 100Ahli Teknik Jembatan adalah ahli yang memiliki kompetensimerancang bentuk dan struktur jembatan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi jembatan. Transportasi 2) AS 300 Perencana JembatanAS 302 Pelaksana JembatanAS 307 Pengawas JembatanAS 312 4Ahli Keselamatan Jalan204 Ahli Keselamatan Jalan adalah ahli yang memiliki kompetensimerancang, dan menilai seluruh aspek keselamatan jalan.

19 DAFTAR KONVERSI KLASIFIKASI DAN SUBKLASIFIKASI TENAGA KERJA AHLI KONSTRUKSI LAMPIRAN 27 NO KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) NO KODE KONVERSI NO KODE DESKRIPSI KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) DARI LAMPIRAN 22 PERLEM 04 TAHUN 2011 S I P I L AS 5Ahli Teknik Terowongan205Teknik Sipil 1) AS 100Ahli Teknik Terowongan adalah ahli yang memiliki kompetensimerancang bentuk dan struktur terowongan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi terowongan. Transportasi 2) AS 300 Perencana Terowongan JalanAS 303 Pelaksana Terowongan JalanAS 308 Pengawas Terowongan JalanAS 313 6Ahli Teknik Landasan Terbang 206Teknik Sipil 1) AS 100Ahli Teknik Landasan Terbang adalah ahli yang memiliki kompetensimerancang bentuk geometri dan struktur landasan terbang, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi landasan terbang. Transportasi 2) AS 300 Perencana Landasan TerbangAS 304 Pelaksana Landasan TerbangAS 309 Pengawas Landasan TerbangAS 314 7Ahli Teknik Jalan Rel207Teknik Sipil 1) AS 100Ahli Teknik Jalan Rel adalah ahli yang memiliki kompetensimerancang geometri dan struktur jalan rel, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi jalan rel. Transportasi 2) AS 300 Perencana Jalan RelAS 305 Pelaksana Jalan RelAS 310 Pengawas Jalan RelAS 315 8Ahli Teknik Dermaga208Teknik Sipil 1) AS 100Ahli Teknik Dermaga adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur dermaga, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi dermaga dan melakukan pengawasan pekerjaan dermaga.

20 DAFTAR KONVERSI KLASIFIKASI DAN SUBKLASIFIKASI TENAGA KERJA AHLI KONSTRUKSI LAMPIRAN 27 NO KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) NO KODE KONVERSI NO KODE DESKRIPSI KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) DARI LAMPIRAN 22 PERLEM 04 TAHUN 2011 S I P I L AS 9Ahli Teknik Bangunan Lepas Pantai 209 Ahli Teknik Bangunan Lepas Pantai adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur bangunan lepas pantai, melaksanakan konstruksi bangunan lepas pantai. 10Ahli Teknik Bendungan Besar210Bendungan BesarAS401Ahli Teknik Bendungan Besar adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur bendungan besar, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi bendungan besar. 11Ahli Teknik Sungai dan Drainase 211Teknik Sipil 1) AS 100Ahli Teknik Sungai dan Drainase adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur sungai dan drainase, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi sungai dan drainase. Sumber Daya Air 3) AS400 Perencana Sumber Daya Air 3) AS 402 Pelaksana Sumber Daya Air 3) AS 403 Pengawas Sumber Daya Air 3) AS Ahli Teknik Irigasi212Teknik Sipil 1) AS 100Ahli Teknik Irigasi adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur irigasi termasuk bendung, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi irigasi. Sumber Daya Air 3) AS400 Perencana Sumber Daya Air 3) AS 402 Pelaksana Sumber Daya Air 3) AS 403 Pengawas Sumber Daya Air 3) AS 404

21 DAFTAR KONVERSI KLASIFIKASI DAN SUBKLASIFIKASI TENAGA KERJA AHLI KONSTRUKSI LAMPIRAN 27 NO KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) NO KODE KONVERSI NO KODE DESKRIPSI KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) DARI LAMPIRAN 22 PERLEM 04 TAHUN 2011 S I P I L AS 13Ahli Teknik Rawa dan Pantai213Teknik Sipil 1) AS 100Ahli Teknik Rawa dan Pantai adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur rawa dan pantai, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi rawa dan pantai. Sumber Daya Air 3) AS400 Perencana Sumber Daya Air 3) AS 402 Pelaksana Sumber Daya Air 3) AS 403 Pengawas Sumber Daya Air 3) AS Ahli Teknik Pembongkaran Bangunan 214 Ahli Teknik Pembongkaran Bangunan adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang pembongkaran bangunan gedung sesuai kondisi lingkungan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan pembongkaran bangunan. 15Ahli Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan 215Teknik Sipil 1) AS 100Ahli Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan adalah ahli yang memiliki kompetensi melaksanakan dan mengawasi pekerjaan pemeliharaan dan perawatan bangunan. Perawatan BangunanAL Ahli Geoteknik216Teknik Sipil 1) AS 100Ahli Geoteknik adalah ahli yang memiliki kompetensi melaksanakan pengukuran dan uji kekuatan daya dukung tanah dan menilai jenis-jenis tanah pada lokasi yang akan didirikan bangunan. GeoteknikAS 500

22 DAFTAR KONVERSI KLASIFIKASI DAN SUBKLASIFIKASI TENAGA KERJA AHLI KONSTRUKSI LAMPIRAN 27 NO KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) NO KODE KONVERSI NO KODE DESKRIPSI KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) DARI LAMPIRAN 22 PERLEM 04 TAHUN 2011 S I P I L AS 17Ahli Geodesi217GeodesiAS 600Ahli Teknik Geodesi adalah ahli yang memiliki kompetensi melaksanakan pemetaan tanah dan atau laut dengan metoda teristis, fotogrameris, remote sensing maupun GPS yang diperlukan sebagai dasar merancang bangunan dan atau wilayah tertentu. Survey dan Pemetaan TeristisAS 601 FotogrametriAS 602 Remote SensingAS 603 Survei Hidrografi dan Pemetaan Bathimetry AS 604 Sistem Informasi GeografiAS 605 M E K A N I K A L AM 1Ahli Teknik Mekanikal301Teknik MesinAM 100 Ahli Teknik Mekanikal adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur mekanikal pada bangunan tertentu atau di luar bangunan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi mekanikal. Perencana Teknik MesinAM 101 Pelaksana Teknik MesinAM 102 Pengawas Teknik MesinAM 103 2Ahli Teknik Sistem Tata Udara dan Refigerasi 302Sistem Tata Udara & RefigerasiAM 200Ahli Teknik Sistem Tata Udara dan Refigerasi adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur sistem tata udara dan refigerasi, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi sistem tata udara dan refigerasi. Perencana Sistem Tata Udara & Refigerasi AM 201 Pelaksana Sistem Tata Udara & Refigerasi AM 202 Pengawas Sistem Tata Udara & Refigerasi AM 203

23 DAFTAR KONVERSI KLASIFIKASI DAN SUBKLASIFIKASI TENAGA KERJA AHLI KONSTRUKSI NO KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) NO KODE KONVERSI NO KODE DESKRIPSI KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) DARI LAMPIRAN 22 PERLEM 04 TAHUN 2011 M E K A N I K A L AM 3Ahli Teknik Plambing dan Pompa Mekanik 303Sistem PlambingAM 300Ahli Teknik Plambing dan Pompa Mekanika adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur plambing dan pompa mekanik, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi plambing dan pompa mekanik. Perencana Sistem PlambingAM 301 Pelaksana Sistem PlambingAM 302 Pengawas Sistem PlambingAM 303 4Ahli Teknik Proteksi Kebakaran 304 Ahli Teknik Proteksi Kebakaran adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur proteksi kebakaran pada banguna, memasang dan mengawasi pekerjaan proteksi kebakaran pada bangunan. 5Ahli Teknik Transportasi Dalam Gedung 305Sistem Transportasi Dalam Gedung AM 400Ahli Teknik Transportasi Dalam Gedung adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur dan instalasi transportasi dalam gedung, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan pemasangan struktur dan instalasi transportasi dalam gedung. Perencana Sistem Transportasi Dalam Gedung AM 401 Pelaksana Sistem Transportasi Dalam Gedung AM 402 Pengawas Sistem Transportasi Dalam Gedung AM 403

24 DAFTAR KONVERSI KLASIFIKASI DAN SUBKLASIFIKASI TENAGA KERJA AHLI KONSTRUKSI NO KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) NO KODE KONVERSI NO KODE DESKRIPSI KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) DARI LAMPIRAN 22 PERLEM 04 TAHUN 2011 E L E K T R I K A L AE 1 Ahli Teknik Tenaga Listrik401Teknik Tenaga ListrikAE 100 Ahli Muda Teknik Tenaga Listrik adalah ahli yang memiliki kompetensi melaksanakan pekerjaan perencanaan dan/atau pemasangan dan/atau perawatan instalasi listrik, untuk penerangan dan/atau tenaga di dalam dan/atau di luar bangunan untuk disambung pada jaringan tegangan 197 KVA, dan melaksanakan pembangunan pekerjaan jaringan tegangan rendah diatas dan/atau di bawah tanah. Ahli Madya Teknik Tenaga Listrik adalah ahli yang memiliki kompetensi melaksanakan pekerjaan perencanaan dan/atau pemasangan dan/atau perawatan instalasi listrik, untuk penerangan dan/atau tenaga di dalam dan/atau di luar bangunan untuk disambung pada jaringan tegangan rendah, jaringan tegangan menegah dan melaksanakan pembangunan pekerjaan jaringan tegangan rendah, jaringan tegangan menengah, gardu distribusi, gardu hubung dan sentral pembangkit tenaga listrik dengan daya setinggi- tingginya 5 MW. Ahli Utama Teknik Tenaga Listrik adalah ahli yang memiliki kompetensi melaksanakan pekerjaan perencanaan dan/atau pemasangan dan/atau perawatan instalasi listrik, untuk penerangan dan/atau tenaga di dalam dan/atau di luar bangunan untuk semua daya dan melaksanakan pembangunan pekerjaan jaringan tegangan rendah, jaringan tegangan menengah, gardu distribusi, gardu hubung, jaringan tegangan tinggi/tegangan ekstra tinggi, gardu induk/gardu induk tegangan ekstra tinggi dan sentral pembangkit tenaga listrik semua daya.

25 DAFTAR KONVERSI KLASIFIKASI DAN SUBKLASIFIKASI TENAGA KERJA AHLI KONSTRUKSI LAMPIRAN 27 NO KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) NO KODE KONVERSI NO KODE DESKRIPSI KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) DARI LAMPIRAN 22 PERLEM 04 TAHUN 2011 E L E K T R I K A L AE 2Ahli Teknik Elektonika dan Telekomunikasi dalam Gedung 405Teknik Elektronika dan Telekomunikasi AE 200Ahli Teknik Elektonika dan Telekomunikasi Dalam Gedung adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur ektronika dan telekomunikasi dalam gedung, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi elektronika dan telekomunikasi dalam gedung dan pemasangan instalasi elektronika dan telekomunikasi dalam gedung. 3Ahli Teknik Sistem Sinyal Telekomunikasi Kereta Api 406 Ahli Teknik Sistem Sinyal Telekomunikasi Kereta Api adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur sistem sinyal telekomunikasi kereta api, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi sistem sinyal telekomunikasi kereta api dan pemasangan instalasi sistem sinyal telekomunikasi kereta api.

26 DAFTAR KONVERSI KLASIFIKASI DAN SUBKLASIFIKASI TENAGA KERJA AHLI KONSTRUKSI LAMPIRAN 27 NO KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) NO KODE KONVERSI NO KODE DESKRIPSI KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) DARI LAMPIRAN 22 PERLEM 04 TAHUN 2011 TATA LINGKUNGAN AT 1Ahli Teknik Lingkungan501 Teknik Lingkungan 4) AT 100 Ahli Teknik Lingkungan adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur teknik lingkungan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi teknik lingkungan dan pemasangan instalasi Teknik Lingkungan. Pelaksana Teknik Lingkungan 4) AT 101 Pelaksana Teknik Lingkungan 4) AT 102 Pengawas Teknik Lingkungan 4) AT 103 2Ahli Teknik Sanitasi dan Limbah 503Teknik Lingkungan 4) AT 100Ahli Teknik Sanitasi dan Limbah adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang lokasi dan proses sanitasi dan limbah, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan pembangunan sanitasi dan limbah. Pelaksana Teknik Lingkungan 4) AT 101 Pelaksana Teknik Lingkungan 4) AT 102 Pengawas Teknik Lingkungan 4) AT 103 3Ahli Teknik Air Minum504Teknik Lingkungan 4) AT 100Ahli Teknik Air Minum adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang instalasi air minum, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan pembangunan instalasi air minum. Pelaksana Teknik Lingkungan 4) AT 101 Pelaksana Teknik Lingkungan 4) AT 102 Pengawas Teknik Lingkungan 4) AT 103 4Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota 502Wilayah dan PerkotaanAT 200Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang wilayah dan perkotaan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan pembangunan wilayah dan perkotaan.

27 DAFTAR KONVERSI KLASIFIKASI DAN SUBKLASIFIKASI TENAGA KERJA AHLI KONSTRUKSI LAMPIRAN 27 NO KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) NO KODE KONVERSI NO KODE DESKRIPSI KLASIFIKASI/SUBKLASIFIKASI (SKA) DARI LAMPIRAN 22 PERLEM 04 TAHUN 2011 MANAJEMEN PELAKSANAAN L A I N - L A I NAL 1Ahli Manajemen Konstruksi601Manajemen 5) AL 100Ahli Manajemen Konstruksi adalah ahli yang memiliki kompetensi menyusun program dan perencanaan pembangunan konstruksi. Manajemen KonstruksiAL 101 Quantity SurveyorAL 200 2Ahli Manajemen Proyek602Manajemen 5) AL 100Ahli Manajemen Proyek adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang program dan melaksanakan dan mengawasi pengelolaan proyek konstruksi. Manajemen ProyekAL 101 ApraisalAL 300 3Ahli K3 Konstruksi603Ahli K3 KonstruksiAL 500Ahli K3 Konstruksi adalah ahli yang memiliki kompetensi membuat dan menyusun program dan perencanaan keselamatan kerja proyek konstruksi dan melakukan pengawasan atas penerapan sistem, program dan perencanaan keselamatan dan kesehatan kerja dalam pelaksanaan proyek konstruksi. 4Ahli Sistem Manajemen Mutu 604 Ahli Sistem Manajemen Mutu adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang program dan merencanakan sistem manajemen mutu pelaksanaan proyek konstruksi dan melakukan pengawasan penerapan siste, program dan perencanaan manajemen mutu proyek konstruksi.

28 DAFTAR KONVERSI KLASIFIKASI DAN SUBKLASIFIKASI TENAGA KERJA AHLI KONSTRUKSI LAMPIRAN 27 Catatan : 1) Subklasifikasi Teknik Sipil dapat dikonversikan menjadi salah satu dari subklasifikasi dengan Nomor Kode : 201, 202, 203, 205, 206, 207, 208, 211, 212, S213, 215 dan 216 2) Subklasifikasi Transportasi dapat dikonversikan menjadi salah satu dari subklasifikasi dengan Nomor Kode 202, 203,205, 206 dan 207 3) Subklasifikasi Sumber Daya Air,Perencana Sumber Daya Air,Pelaksana Sumber Daya Air dan Pengawas Sumber Daya Air dapat dikonversikan menjadi salah satu dari subklasifikasi dengan Nomor Kode 211, 212, dan 213 4) Subklasifikasi Teknik Lingkungan,Perencana Teknik Lingkungan,Pelaksana Teknik Lingkungan dan Pengawas Teknik Lingkungan dapat dikonversikan menjadi salah satu dari subklasifikasi dengan Nomor Kode 501,503, dan 504 5) Subklasifikasi Manajemen dapat dikonversikan menjadi salah satu dari subklasifikasi dengan Nomor Kode 601 dan 602

29 Bagaimana Memilih Subkualifikasi Usaha ?

30 Subklasifikasi Tenaga Kerja VS Klasifikasi Usaha PELAKSANA Umum Bangunan Gedung Bangunan Supil Instalasi Mekanikal Elektrikal Bangunan Lainnya Spesialisasi Keterampilan Tertentu PELAKSANA Umum Bangunan Gedung Bangunan Supil Instalasi Mekanikal Elektrikal Bangunan Lainnya Spesialisasi Keterampilan Tertentu PERENCANA / PENGAWAS Umum Perencanaan Arsitektur Perencanaan Rekayasa Perencanaan Tata Ruang Pengawasan Arsitektur Pengawasan Rekayasa Pengawasan Tata Ruang Spesialis PERENCANA / PENGAWAS Umum Perencanaan Arsitektur Perencanaan Rekayasa Perencanaan Tata Ruang Pengawasan Arsitektur Pengawasan Rekayasa Pengawasan Tata Ruang Spesialis KLASIFIKASI USAHA Arsitektur Sipil Mekanikal Elektrikal Tata Lingkungan Managemen Pelaksanaa Keterampilan Lainnya KLASIFIKASI TENAGA KERJA

31 Black List LPJK memberikan Sanksi Black List kepada Badan Usaha Pengguna jasa harap menyampaikan daftar blacklist ke LPJK

32 Sistim Informasi Konstruksi Indonesia (SIKI) 1.Status Proses Registrasi 2.Database Badan Usaha 3.Database usaha Perorg 4.Database Tenaga Kerja 5.Klasifikasi / kualifikasi BU 6.Klas/kual Usaha Perorg 7.Klas/Kual Tenaga Kerja 8.Kekayaan Bersih BU 9.Pengurus BU 10.Pengalaman BU 11.Tenaker Ahli / Trampil BU 12.Daftar Hitam BU 13.Daftar Hitam Tenaker 1.Status Proses Registrasi 2.Database Badan Usaha 3.Database usaha Perorg 4.Database Tenaga Kerja 5.Klasifikasi / kualifikasi BU 6.Klas/kual Usaha Perorg 7.Klas/Kual Tenaga Kerja 8.Kekayaan Bersih BU 9.Pengurus BU 10.Pengalaman BU 11.Tenaker Ahli / Trampil BU 12.Daftar Hitam BU 13.Daftar Hitam Tenaker INFORMASI PUBLIK

33 Sistim Informasi Konstruksi Indonesia (SIKI)

34

35 TERIMA KASIH LEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI NASIONAL NATIONAL CONSTRUCTION SERVICES DEVELOPMENT BOARD Gedung Balai Krida, Jl. Iskandarsyah Raya No. 35, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan


Download ppt "PENJELASAN TENTANG SBU/SKA/SKTK DALAM PENGADAAN JASA KONSTRUKSI LEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI NASIONAL NATIONAL CONSTRUCTION SERVICES DEVELOPMENT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google