Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGIKA MATEMATIKA s/d PERNYATAAN MAJEMUK Disusun Oleh : Kelompok 6 1. Anik Dwi Lestari(08411.070) 2. Luqman Hadi Pranata (08411.181) 3. Tri Wulanjari (08411.274)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGIKA MATEMATIKA s/d PERNYATAAN MAJEMUK Disusun Oleh : Kelompok 6 1. Anik Dwi Lestari(08411.070) 2. Luqman Hadi Pranata (08411.181) 3. Tri Wulanjari (08411.274)"— Transcript presentasi:

1 LOGIKA MATEMATIKA s/d PERNYATAAN MAJEMUK Disusun Oleh : Kelompok 6 1. Anik Dwi Lestari( ) 2. Luqman Hadi Pranata ( ) 3. Tri Wulanjari ( ) 4. Vivit Nuravia( )

2 Logika Matematika s/d Pernyataan Majemuk Pokok Bahasan : Pengertian dan Manfaat Logika Jenis-jenis Kalimat Negasi Pernyataan Jenis-jenis Pernyataan Macam-macam Pernyataan Majemuk

3 Pengertian dan Manfaat Logika Logika di definisikan sebagai ilmu untuk berfikir dan menalar dengan benar sehingga di dapatkan kesimpulan yang baik. Manfaat logika adalah meningkatkan kemampuan menalar, karena dengan belajar logika kita dapat mengenali dan menggunakan bentuk-bentuk umum tertentu.

4 Jenis-jenis Kalimat Kalimat terbuka adalah suatu kalimat yang nilai kebenarannya belum dapat di pastikan benar saja atau salah saja, serta mungkin bernilai benar dan sekaligus bernilai salah. Kalimat tertutup adalah suatu kalimat yang nilai kebenarannya sudah dapat di pastikan benar saja atau salah saja (tidak sekaligus benar dan salah).kalimat tertutup dapat juga di sebut dengan pernyataan.

5 Negasi Pernyataan Negasi atau ingkaran adalah suatu pernyataan yang menyangkal pernyataan awal. Lambang dari negasi p adalah  p.

6 Jenis – jenis Pernyataan a. Pernyataan tunggal adalah pernyataan yang menyatakan pikiran tunggal dan tidak mengandung kata hubung kalimat. b. Pernyataan majemuk adalah pernyataan yang terdiri dari beberapa pernyataan sederhana dengan bermacam-macam kata hubung kalimat. c. Pernyataan berkuantor adalah pernyataan yang memuat kata semua (untuk setiap) dan beberapa (ada). Kuantor umum atau kuantor universal yang disimbolkan “  ” (semua/setiap) Kuantor khusus atau kuantor eksistensial yang disimbolkan “  ” (b eberapa/ada)

7 Macam-macam Pernyataan Majemuk 1. Konjungsi (  ) merupakan pernyataan majemuk dengan kata penghubung (dan). Pernyataan majemuk “p  q” dikatakan benar jika kedua-duanya benar, dalam hal lainnya dikatakan salah. 2. Disjungsi (  ) merupakan pernyataan majemuk dengan kata penghubung (atau). Pernyataan majemuk “p  q” dikatakan salah jika kedua-duanya salah,dalam hal lainnya dikatakan benar.

8 Macam-macam Pernyataan Majemuk 3. Implikasi merupakan pernyataan majemuk yang berbetuk jika p maka q dan ditulis p  q. Pernyataan majemuk “p  q” bernilai salah jika p benar dan q salah, dalam hal lainnya bernilai benar. 4. Biimlikasi adalah implikasi yang mempunyai dua arah “p  q” dan dibaca “p jika dan hanya jika q”. Pernyataan “p  q” bernilai benar jika p dan q bernilai sama,dalam hal lainnya salah.

9 TERIMA KASIHHHHHHH


Download ppt "LOGIKA MATEMATIKA s/d PERNYATAAN MAJEMUK Disusun Oleh : Kelompok 6 1. Anik Dwi Lestari(08411.070) 2. Luqman Hadi Pranata (08411.181) 3. Tri Wulanjari (08411.274)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google