Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh ZURHALENA.  PENGERTIAN AGROHIDROLOGI  PENGERTIAN HIDROLOGI  Hidrologi adalah ilmu yg mempelajari prilaku air di bumi, tentang terdapatnya, sirkulasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh ZURHALENA.  PENGERTIAN AGROHIDROLOGI  PENGERTIAN HIDROLOGI  Hidrologi adalah ilmu yg mempelajari prilaku air di bumi, tentang terdapatnya, sirkulasi."— Transcript presentasi:

1 Oleh ZURHALENA

2  PENGERTIAN AGROHIDROLOGI  PENGERTIAN HIDROLOGI  Hidrologi adalah ilmu yg mempelajari prilaku air di bumi, tentang terdapatnya, sirkulasi dan, penyebarannya, sifat-sifat fisik dan kimianya, reaksinya dengan lingkungan termasuk hubungannya dg makhluk hidup.

3  Di atmosfir hidrologi memasuki lingkup meteorologi dan klimatologi.  Di hidrosfer hidrologi memasuki lingkup Potamologi (ilmu yg mempelajari prilaku a,liran permukaan), Limnologi (ilmu yg mempelajari air di danau), Cryologi (ilmu yg mempelajari salju dan es) dan Ceanologi (ilmu yg mempelajari prilaku air di lautan)  Di Lithosfer, hidrologi memasuki lingkup Hidrogeologi

4  Di bidang pertanian hidrologi berkaitan dengan masalah:  - irigari  _ drainasi  - pola pertanaman  - konservasi tanah dan air 

5  Apa itu siklus Hidrologi ?  Siklus Hidrologi adalah proses perputaran dan perubahan bentuk air di bumi yang dapat berupa zat cair, zat padat maupun zat gas yang terjadi secara berulang-ulang.

6 Siklus H idro logi

7 Karakteristik siklus Hidrologi : Pertama, daur hidrologi dapat berupa daur pendek, misalnya hujan yang jatuh di laut, danau ataupun sungai yang segera dapat mengalir kembali ke laut. Kedua, tidak adanya keseragaman waktu yang diperlukan oleh suatu daur. Pada musim kemarau terlihat kegiatan daur berhenti, sedangkan pada musim penghujan daur berjalan kembali.

8 Ketiga, intensitas dan frekuensi daur tergantung pada keadaan geografis dan iklim. Hal ini diakibatkan adanya letak matahari yang berubah-ubah terhadap meridian bumi sepanjang tahun (pada kenyataannya yang berubah-ubah adalah letak planet bumi terhadap matahari). Keempat, berbagai bagian dari daur dapat menjadi sangat kompleks, sehingga kita hanya dapat mengamati bagian akhirnya saja dari suatu hujan yang jatuh di permukaan tanah dan kemudian mencari jalan untuk kembali ke laut.

9 Meskipun konsep daur hidrologi telah disederhanakan, namun masih dapat membantu memberikan gambaran mengenai proses-proses penting dalam daur tersebut yang harus dimengerti oleh ahli hidrologi. Untuk memperjelas proses daur hidrologi maka diberikan ilustrasi pada gambar di atas.

10 Penjelasan gambar siklus Hidrologi : Terjadi penguapan yang bersumber dari matahari, penguapan (evaporasi) terjadi dari air laut, air sungai, permukaan tanah maupun penguapan dari permukaan tanaman (transpirasi). Uap air tersebut akan naik dan terbawa oleh angin. Pada ketinggian tertentu uap air tersebut akan berubah menjadi awan yang kemudian berubah menjadi awan penyebab hujan.

11 Jika kondisi alam memungkinkan maka akan terjadi presipitasi baik itu berupa hujan, hujan salju dan sebagainya. Sebagian kecil air akan diuapkan kembali sebelum sampai ke permukaan bumi. Air yang jatuh di permukaan tanah sebagian akan mengalir sebagai “overland flow” yang kemudian menjadi “surface run-off”, sedangkan yang lainnya akan meresap ke dalam tanah (infiltrasi) dan menguap.

12 Apabila kondisi tanah memungkinkan sebagian air terinfiltrasi akan mengalir secara horisontal sebagai “interflow”, sebagian lagi akan tinggal di dalam massa tanah sebagai “soil moisture content” dan sisanya akan mengalir secara vertikal yang kemudian menjadi air tanah.

13  Air yg jatuh dipermukaan tanah mula-mula masuk ke dalam tanah sebagai air infiltrasi.  Jika laju presipitasi lebih besar dari laju infiltrasi, maka akan terdapat kelebihan air di permukaan tanah yg mengisi cekungan-cekungan dipermukaan tanah yg disebut dg air simpanan depresi.  Jika simpanan depresi telah terpenuhi dan presipitasi masih terus berjalan dg laju lebih besar dari infiltrasi maka akan terjadi aliran permukaan (surface run-off).  Ailran permukaan ini yg dapat menimbulkan erosi dan merupakan penyebab utama timbulnya banjir

14  Air yg masuk ke dalam tanah mula-mula membasahi/meningkatkan kelembaban tanah.  Jika infiltrasi terus berjalan maka pada suatu saat tanah mencapai keadaan jenuh dan akhirnya air yg masuk ke dlam tanah yg telah jenuh tsb tdk dapat diikat oleh tanah lagi dan akan mengalir ke bawah secara gravitasi.  Proses mengalirnya air dalam tanah yg telah lewat jenuh disebut perkolasi

15  Air tanah sebagian diambil tanaman melalui akar yg selanjutnya digunakan utk membentuk jaringan tanaman itu sendiri dan diuapkan melalui proses transpirasi.  Disamping itu air tanah juga dapat langsung menguap ke udara melalui proses evaporasi.

16  Air perkolasi akan bergerak terus ke bawah sampai suatu saat mencapai lapisan yg kedap air (impermeable) dan menjadi air bawah tanah (ground water).  Air bawah tanah ini dapat bergerak lateral dan merupakan sumber air utama bagi sungai dan danau di musim kemarau. Air bawah tanah juga dapat merembes langsung ke laut atau ke luar sebagai air mancur (artesis) pada tempat- tempat tertentu

17  Air yg mengalir di atas permukaan tanah sebagian menguap diperjalanan melalui proses evaporasi langsung dari permukaaan air dan sebagian lagi akhirnya mencapai laut.  Air yg berasal dari aliran permukaan maupun aliran dalam tanah setelah mencapai laut mengalami proses evaporasi dari permukaan air laut menjadi uap air di udara.

18  Uap air di udara yg berasal dr proses evaporasi di daratan maupun lautan serta yg berasal dari transpirasi akan mengalami proses kondensasi membentuk awan dan akhirnya jatuh kembali ke bumi sebagai presipitasi.  Rangkaian peristiwa tsb di alam berlangsung secara simultan dan terus menerus dan merupakan fenomena alam yg sangat penting dari kehidupan di bumi

19 Ada empat macam proses dalam daur hidrologi yang harus dipelajari oleh para ahli hidrologi dan teknisi bangunan air, yaitu : 1.evaporasi 2.infiltrasi 3.limpasan permukaan (surface run-off) dan limpasan air tanah (subsurface run-off)


Download ppt "Oleh ZURHALENA.  PENGERTIAN AGROHIDROLOGI  PENGERTIAN HIDROLOGI  Hidrologi adalah ilmu yg mempelajari prilaku air di bumi, tentang terdapatnya, sirkulasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google