Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA Isti Jabatul A3101409053.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA Isti Jabatul A3101409053."— Transcript presentasi:

1 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA Isti Jabatul A

2 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA PENDAHULUAN Kerajaan Mughal merupakan salah satu warisan peradaban Islam di India. Keberadaan kerajaan ini telah menjadi motivasi kebangkitan baru bagi peradaban tua di anak benua India yang nyaris tenggelam. Sebagaimana diketahui, India adalah suatu wilayah tempat tumbuh dan berkembangnya peradaban Hindu. Sebelum kedatangan Islam, India telah mempunyai hubungan perdagangan dengan masyarakat Arab. India yang sebelumnya berperadaban Hindu, sekarang semakin kaya dengan peradaban yang dipengaruhi Islam. Kerajaan Mughal merupakan salah satu warisan peradaban Islam di India. Keberadaan kerajaan ini telah menjadi motivasi kebangkitan baru bagi peradaban tua di anak benua India yang nyaris tenggelam. Sebagaimana diketahui, India adalah suatu wilayah tempat tumbuh dan berkembangnya peradaban Hindu. Sebelum kedatangan Islam, India telah mempunyai hubungan perdagangan dengan masyarakat Arab. India yang sebelumnya berperadaban Hindu, sekarang semakin kaya dengan peradaban yang dipengaruhi Islam.

3 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA Asal-usul Kerajaan Mughal  Kerajaan Mughal merupakan kelanjutan dari kesultanan Delhi, untuk menandai puncak perjuangan panjang dan membentuk sebuah imperium India muslim yang didasarkan pada sebuah sintesa antara warisan bangsa Persia dan bangsa India.  Berdiri sejak Islam masuk ke India pada masa Umayyah, yakni pada masa Khalifah al-Walid I ( ) melalui ekspedisi yang dipimpin oleh panglima Muhammad Ibn Qasim tahun 711/712  Kerajaan Mughal merupakan warisan kebesaran Timur Lenk, dan bukan warisan keturunan India yang asli. Meskipun demikian, Dinasti Mughal telah memberi warna tersendiri bagi peradaban orang-orang India yang sebelumnya identik dengan agama Hindu.

4 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA Raja-raja yang sempat memerintah Humayun ( ) Humayun ( ) Zahiruddin Babur ( ) Zahiruddin Babur ( ) Akbar ( ) Akbar ( ) Jihangir ( ) Jihangir ( ) Akbar II ( ) Akbar II ( ) Muhammad Syah ( ) Muhammad Syah ( ) Bahadur Syah ( ) Bahadur Syah ( ) Syah Jihan (1628¬1658) Syah Jihan (1628¬1658) Kemunduran Dan Keruntuhan

5 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA Zahiruddin Babur ( )  Raja pertama sekaligus pendiri Kerajaan Mughal.  Masa kepemimpinannnya digunakan untuk membangun fondasi pemerintahan. Awal kepemimpinannya, Babur masih menghadapi ancaman pihak-pihak musuh, utamanya dari ka¬langan Hindu yang tidak menyukai berdirinya Kerajaan Mughal.  Orang-orang Hindu ini segera menyusun kekuatan gabungan, namun Babur berhasil mengalahkan mereka dalam suatu pertempuran. Sementara itu dinasti Lodi berusaha bangkit kembali menentang pemerintahan Babur dengan pim¬pinan Muhammad Lodi.  Pada pertempuran di dekat Gogra, Babur dapat menumpas kekuatan Lodi pada tahun Setahun kemudian yakni pada tahun 1530 Babur meninggal dunia.

6 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA   Kerajaan Mughal diteruskan oleh anaknya yang bemama Hu¬mayun. Pemerintahan Humayun dapat dikatakan sebagai masa konsolidasi kekuatan periode I.  Sekalipun Babur berhasil mengamankan Mughal dari serangan musuh, Humayun masih saja menghadapi banyak tantangan.  Ia berhasil mengalahkan pemberontakan Baha¬dur Syah Pada tahun 1450 Humayun mengalami kekalahan dalam peperangan oleh Sher Khan Afganistan. Ia melarikan diri ke Persia.  Di pengasingan ia kembali menyusun kekuatan. Pada saat itu penguasa Safawiyah yang bernama Tahmasp.  Humayun berhasil menegakkan kembali kekuasaan Mughal di Delhi pada tahun 1555 M.  Ia mengalahkan ke¬kuatan Khan Syah. Setahun kemudian, yakni pada tahun 1556 Humayun meninggal. Ia digantikan oleh putranya Akbar. Humayun ( )

7 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA  raja Mughal paling kontroversial. Masa pemerintahannya dikenal sebagai masa kebangkitan dan kejayaan Mughal sebagai sebuah dinasti Islam yang besar di India.  Di awal masa pemerintahannya, Akbar menghadapi pemberontakan sisa-sisa keturunan Sher Khan Shah yang masih ber¬kuasa di Punjab. Pemberontakan yang paling mengancam kekuasaan Akbar adalah pemberontakan yang dipimpin oleh Himu yang menguasai Gwalior dan Agra.  Akbar dewasa ia berusaha menyingkirkan Bairam Khan yang sudah mempunyai pengaruh sangat kuat dan terlampau memaksakan kepentingan aliran Syi'ah. Bairam Khan memberon¬tak, tetapi dapat dikalahkan oleh Akbar di Jullandur tahun 1561 M. Setelah persoalan-persoalan dalam negeri dapat diatasi, Akbar mulai menyusun program ekspansi.  Keberhasilan Akbar mengawali masa kemajuan Mughal di India. Akbar ( )

8 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA  kekuatan militer yang besar. Semua kekuatan musuh dan gerakan pemberontakan berhasil dipadamkan  berhasil menundukkan Bengala (1612 M), Mewar (1614 M) Kangra. Usaha-usaha pengamanan wilayah serta penaklukan yang ia lakukan mempertegas kenegarawanan yang diwarisi dari ayahnya yaitu Akbar. Jihangir ( )

9 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA  Bibit-bibit disintegrasi mulai tumbih pada pemerintahannya  Dalam masa pemerintahannya terjadi dua kali pemberontakan. Tahun pertama masa pemerintahannya, Raja Jujhar Singh Bundela berupaya memberontak dan mengacau keamanan. Raja Jujhar Singh Bundela kemudian diusir. Pemberontakan yang paling hebat datang dari Afghan Pir Lodi atau Khan Jahan, seorang gubernur dari provinsi bagian Selatan. Pemberontakan ini cukup menyulitkan. Namun pada tahun 1631  Portugis di Hughli Bengala mengganggu keamanan dan toleransi hidup beragama, mereka menculik anak-anak untuk dibaptis masuk agama Kristen.  Tahun 1632 Shah Jahan berhasil mengusir para pemukim Portugis. Shah Jehan meninggal dunia pada 1657, setelah menderita sakit keras.  Setelah kematiannya terjadi perang saudara. Perang saudara tersebut pada akhirnya menghantar Aurangzeb sebagai pemegang Dinasti Mughal berikutnya. Syah Jihan (1628¬-1658)

10 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA  menghadapi tugas yang berat. Kedaulatan Mughal sebagai entitas Muslim India nyaris hancur akibat perang saudara.  pemerintahannya dikenal sebagai masa pengembalian kedaulatan umat Islam (konsolidasi II )  Aurangzeb berusaha mengembalikan supremasi agama Islam yang mulai kabur akibat kebijakan politik keagamaan Akbar.  Raja-raja sesudah Aurangzeb mengawali ke¬munduran dan kehancuran Kerajaan Mughal.  Bahadur Syah menggantikan kedudukan Aurangzeb. Lima tahun kemudian terjadi perebutan antara putra-putra Bahadur Syah. Aurangzeb ( )

11 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA  Ia kemudian dipecat dan diusir oleh suku Asyfar di bawah pimpinan Nadzir Syah.  Tampilnya sejumlah penguasa lemah bersamaan dengan terjadinya perebutan kekuasaan dan memperlemah kerajaan juga membuat pemerintahan pusat tidak terurus. akibatnya pemerintahan berupaya untuk melepaskan loyalitas dan integritasnya terhadap pemerintahan pusat. Pada masa pemerintahan Syah Alam (1760¬-1806)  Kerajaan Mughal diserang oleh Afghanistan dipimpin oleh Ahmad Khan Durrani.  Kekalahan Mughal dari serangan ini, berakibat jatuhnya Mughal ke dalam kekuasa¬an Afghan. Syah Alam tetap diizinkan berkuasa di Delhi dengan jabatan sebagai sultan. Muhammad Syah ( )

12 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA  pengganti Syah Alam  membe¬rikan konsesi kepada EIC untuk mengembang¬kan perdagangan di India sebagaimana yang diinginkan oleh pihak Inggris, dengan syarat bahwa pihak perusahaan Inggris harus menjamin penghidupan raja dan keluarga istana.  Kehadiran EIC menjadi awal masuknya pengaruh Inggris di India. Akbar II ( M)

13 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA  pengganti Akbar II menentang isi perjanjian yang telah disepakati oleh ayahnya.  Hal ini menimbulkan konflik antara Bahadur Syah dengan pihak Inggris.  Bahadur Syah, raja terakhir Kerajaan Mughal diusir dari istana pada tahun (1885 M).  Menjadi akhirlah kekuasaan kerajaan Islam Mughal di India. Bahadur Syah ( )

14 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA faktor yang menyebabkan Mughal mundur dan membawa kepada kehancurannya : 1.Terjadi stagnasi dalam pembinaan kekuatan militer sehingga operasi militer Inggris di wilayah-wilayah pantai tidak dapat segera dipantau oleh kekuatan maritim Mughal. 2.Kemerosotan moral dan hidup mewah di kalangan elite politik, yang mengakibatkan pemborosan dalam penggunaan uang negara. 3.Pendekatan Aurangzeb yang terlampau "kasar" dalam melaksanakan ide-ide puritan dan kecenderungan asketisnya, sehingga konflik antaragama sangat sukar diatasi oleh sultan-sultan sesudahnya. 4.Semua pewaris tahta kerajaan pada paro terakhir adalah orang-orang lemah dalam bidang kepemimpinan. Kemunduran Dan Keruntuhan

15 KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA


Download ppt "KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA KERAJAAN MUGHAL KEGEMILANGAN SEJARAH ISLAM DI INDIA Isti Jabatul A3101409053."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google