Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Mario Latuihamallo/ D411 04 069. Dasar dari pengoperasian X- ray Machine adalah pemakaian sinar X. Sinar X ditemukan oleh Wilhem Conrad Rontgen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Mario Latuihamallo/ D411 04 069. Dasar dari pengoperasian X- ray Machine adalah pemakaian sinar X. Sinar X ditemukan oleh Wilhem Conrad Rontgen."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Mario Latuihamallo/ D

2 Dasar dari pengoperasian X- ray Machine adalah pemakaian sinar X. Sinar X ditemukan oleh Wilhem Conrad Rontgen pada tanggal 8 November 1895 X- Ray machine adalah sebuah perangkat elektronika yang bertujuan untuk menghasilkan sinar X untuk digunakan pada kebutuhan tertentu. Pada dasarnya X-Ray machine memanfaatkan X-ray laser untuk melakukan pendeteksian. X-ray laser mempunyai panjang gelombang 3,5 – 30 nm. Kelebihan yang dimiliki selain memiliki kecerahan yang sangat tinggi yaitu antara 100 – kecerahan laser biasa, pulsa X- ray juga sangat pendek dalam femtosecond.

3 Wilhem Conrad Rontgen ( Penemu X – Ray Machine ), 8 November 1895 X – Ray Machine pertama yang ditemukan.

4  X-Ray seperti dengan cahaya biasa yang merupakan gelombang elektromagnetik, tetapi X-Ray memiliki energy yang lebih besar yang dapat menembus banyak bahan/ material pada kadar yang berbeda. Ketika sinar X menumbuk film, sianr X akan terhambur seperti yang terjadi pada cahaya biasa. Tulang, Lemak, otot, tumor dan semua benda yang menyerap X- Ray pada level yang berbeda-beda, gambar pada film menampakkan perbedaan struktur-struktur di dalam tubuh karena perbedaan level-level yang dihamburkan oleh film.

5 Mesin X – Ray bekerja dengan mengaplikasikan pengontrolan tegangan dan arus listrik ke tabung X-Ray, yang menghasilkan sinar X-Ray. Sinar ini diproyeksikan ke bahan. Beberapa sinar X-ray akan melewati objek, sementara beberapa diserap. Pola radiasi yang dihasilkan kemudian akhirnya dideteksi oleh media pendeteksi termasuk layar rare earth ( sekeliling fotografi film ), detector semikonduktor atau X-Ray image.

6 Gambar yang dihasilkan oleh X-Ray machine pada bidang kedokteran berdasarkan perbedaan tingkat penyerapan dari organ-organ. Kalsium pada tulang menyerap sinar X paling banyak, sehingga tulang kelihatan putih pada sebuah film perekam dari gambar X-Ray, yang disebut Radiograph. Lemak dan beberapa organ lembut lainnya menyerap lebih sedikit dan tampak abu-abu. Udara menyerap paling sedikit sehingga paru- paru terlihat hitam pada radiograph.

7 Sistem X-Ray imaging terdiri atas sebuah sumber atau generator X-Ray dan system pendeteksian gambar yang dapat digunakan film ( teknologi analog ) atau pada system penangkapan digital (seperti penyimpanan foto dan komunikasi system).

8 Medical Application Aplikasi pengunaan X- ray machine, pada bidang kedokteran biasanya dipakai pada radiography, Radiotherapy, dan dentistry Security Application Flouroscopy

9 X – Ray Machine memanfaatkan sinar X sebagai sumber utama untuk melakukan pendeteksian X – Ray machine terdiri atas 2 komponen utama yaitu sumber X-Ray dan pendeteksi gambar Secara singkat metode pendektesian X-Ray machine adalah berdasarkan pada intensitas penerimaan objek yang terkena sinar X yang kemudian berdasarkan intensitas penyerapan tersebut ditampilkan pada film recorder.

10 en.wikipedia.org/wiki/X-ray_machine health.howstuffworks.com/question18.htm nventors.about.com/library/inventors/blxray.htm


Download ppt "Oleh : Mario Latuihamallo/ D411 04 069. Dasar dari pengoperasian X- ray Machine adalah pemakaian sinar X. Sinar X ditemukan oleh Wilhem Conrad Rontgen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google