Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB III MACAM – MACAM SURAT SURAT DINAS SURAT LEGAL SURAT NIAGA/BISNIS SURAT SOSIAL SURAT PRIBADI Kelima jenis surat ini disebut surat-surat kantor, artinya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB III MACAM – MACAM SURAT SURAT DINAS SURAT LEGAL SURAT NIAGA/BISNIS SURAT SOSIAL SURAT PRIBADI Kelima jenis surat ini disebut surat-surat kantor, artinya."— Transcript presentasi:

1

2 BAB III MACAM – MACAM SURAT SURAT DINAS SURAT LEGAL SURAT NIAGA/BISNIS SURAT SOSIAL SURAT PRIBADI Kelima jenis surat ini disebut surat-surat kantor, artinya surat yang banyak dipakai baik pada lembaga pemerin- tah, organisasi, maupun pada perusahaan.

3 SURAT DINAS / PEMERINTAH Surat dinas/pemerintah adalah surat yang dibuat oleh badan pemerintah yang berisi pesan kedinasan. Jenis Surat Dinas 1.Surat undangan dinas 2.Surat kuasa 3.Surat pengantar 4.Surat perintah 5.Surat edaran 6.Surat keputusan 7.Surat keterangan 8.Surat perintah dinas 9.Surat tugas 10.Surat instruksi 11.Surat pengumuman 12.Nota dinas 13.Memorandum Jenis surat ini ber- dasarkan klasifikasi Bratawidjaja (1984:7-25) Sumber:Surat Menyurat Dinas oleh Dr. R. Kunjana Rahardi, M.Hum

4 Berdasarkan pengamatan Dr. R. Kunjana Rahardi, M.Hum. dalam bukunya Surat Menyurat Dinas, jenis surat dinas telah mencapai 26 buah atau bila diurutkan sesuai abjad A - Z. 26 JENIS SURAT DINAS Surat undanganSurat pengantar Surat pemberitahuanSurat keterangan Surat tugasSurat edaran Surat memorandumSurat nota dinas Surat permohonan bantuanSurat pemberian bantuan Surat pengumumanSurat peringatan Surat ucapan terima kasihSurat permohonan ijin Surat pemberian ijinSurat perintah kerja Surat kuasaSurat panggilan Surat berita acaraSurat laporan Surat rekomendasiSurat penunjukan Surat janji temuSurat tempahan Surat ucapanSurat referensi

5 SURAT NIAGA/BISNIS PemasokPelanggan Perusahaan (pelanggan + pemasok) MEMBELIMEMBELI MENJUALMENJUAL Perusahaan adalah suatu organisasi yang perlu membeli kebutuhan ataupun bahan mentah untuk diproduksi. Untuk itu, ia harus berhubu- ngan dengan penjual/pemasok. Selanjutnya, barang/jasa yang dipro – duksi tersebut akan dijual kepada pembeli/pelanggan. Karena itu, perusahaan selain sebagai pelanggan, ia juga sebagai pemasok.

6 Dalam bertransaksi, perusahaan atau organisasi mengeluarkan dua (2) macam surat, yaitu kepada pemasok dan surat kepada pelanggan. Surat untuk pemasok mencakup 1.Surat permintaan informasi 2.Surat pesanan 3.Surat klaim 4.Surat permintaan kredit 5.Surat referensi 6.Surat permintaan referensi

7 Surat untuk pelanggan 1.Surat perkenalan 2.Surat Penawaran 3.Surat Pengantar/Surat Tanda Terima 4.Surat Persetujuan Klaim 5.Surat Penolakan Klaim 6.Surat Persetujuan Kredit 7.Surat Penolakan Kredit 8.Surat Tagihan 9.Surat Pemberitahuan Selain hubungan penjual dan pembeli, jenis hubungan lain yang amat menentukan proses bisnis adalah hubungan antara karyawan dengan perusahaan. Karyawan menjual tenaga, keterampilan maupun intelektualnya, sedangkan perusahaan membelinya dengan gaji, tunjangan, dan berbagai fasilitas.

8 (calon) Karyawan (calon) Karyawan Perusahaan (pelanggan + pemasok) SSurat Lamaran SSurat Referensi CCV SSurat Pengunduran Diri SSurat Panggilan tes/ Wawancara SSurat Panggilan Kerja SSurat Penolakan Lamaran SSurat Peringatan Surat tersebut di atas juga disebut surat pribadi resmi, yaitu surat yang berasal dari / untuk perorangan yang berkaitan dengan bisnis/kedinasan.

9 SURAT SOSIAL Hubungan bisnis bisa terjalin melalui hubungan sosial, atau sebaliknya. Karenanya, dalam prakteknya perusahaan atau organisasi bahkan instansi pemerintah mengeluarkan surat sosial. Surat sosial merupakan surat yang lahir dalam hubungan bisnis/organisasi/lembaga pemerintahan namun sama sekali tidak berkaitan dengan urusan bisnis/kedinasan, hanya untuk menjalin hubungan baik antara atasan dengan bawahan maupun sebaliknya. Surat Ucapan Selamat Surat Ucapan Terima Kasih Surat Duka

10 SURAT LEGAL Aspek lain yang juga berperan dalam bisnis/organisasi/kedinasan adalah aspek hukum. Hukum memiliki fungsi untuk memberi kepastian para pihak yang terlibat dalam bisnis/organisasi/dinas. Surat yang memiliki kekuatan hukum disebut surat legal, baik yang berlaku dalam bisnis maupun kedinasan. Surat Legal Surat Keputusan Surat Tugas Surat Perjanjian Surat Kuasa Berita Acara

11 SURAT PRIBADI Surat pribadi adalah surat yang berasal dari perorangan yang berkaitan dengan urusan pribadi. Surat pribadi dibedakan menjadi surat pribadi resmi dan surat pribadi tidak resmi. Surat pribadi resmi merupakan surat yang berasal dari calon karyawan/karyawan kepada perusahaan.

12 Aneka Surat Sekretaris Yang dimaksud dengan surat sekretaris (secretarial correspondence) adalah sekelompok surat yang pada umumnya dibuat oleh para sekretaris tanpa meman- dang pada lembaga apa mereka bekerja. Artinya jenis- jenis surat tertentu pasti dibuat oleh para sekretaris baik pada kantor pemerintah, perusahaan, maupun lembaga sosial. Surat sekretaris yang biasanya dibuat adalah surat pemberitahuan; surat undangan; surat kuasa; surat keterangan; surat edaran dan pengumuman; surat pengantar; surat janji temu; surat tempahan; surat ucapan; surat penugasan/tugas; surat permohonan; serta memo dan nota.

13 Rudini: Alhamdulillah, Aku bisa nampang disini. Mari kita lanjutkan setelah lagu berikut ini…


Download ppt "BAB III MACAM – MACAM SURAT SURAT DINAS SURAT LEGAL SURAT NIAGA/BISNIS SURAT SOSIAL SURAT PRIBADI Kelima jenis surat ini disebut surat-surat kantor, artinya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google