Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ulasan Jenis Etika Ika Rahma S. ETIKA DESKRIPTIF.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ulasan Jenis Etika Ika Rahma S. ETIKA DESKRIPTIF."— Transcript presentasi:

1 Ulasan Jenis Etika Ika Rahma S

2 ETIKA DESKRIPTIF

3 Etika deskriptif merupakan penggambaran dan penelaahan secara utuh dan kritis tentang tingkah laku moral manusia secara universal yang dapat kita temui sehari - hari dalam kehidupan masyarakat. Cakupan analisanya berisikan sejumlah indikator-indikator fakta aktual yang terjadi secara apa adanya terhadap nilai dan perilaku manusia Suatu situasi dan realita budaya yang berkembang di masyarakat.

4 ETIKA DESKRIPTIF Berkaitan dengan : Adat istiadat Kebiasaan Anggapan baik & buruk, Tindakan boleh & tidak boleh dilakukan dalam kebudayaan Kebudayaan & subkultur” tertentu yg tjd dlm suatu periode sejarah Etika Deskriptif hanya membahas dan memberikan analisa penilaiannya atas kejadian tertentu.

5 Contoh Etika Deskriptif Pandangan moral terhadap kenyataan yang terjadi di Uni Soviet yang dikenal sbg negara komunis atau atheis Masy. Permisif thd praktek pengguguran kandungan Disisi lain, tontonan yg bersifat pornografi dilarang / diatur ketat - Mengenai masyarakat jawa yang mengajarkan tatakrama berhubungan dengan orang yang lebih tua.

6 ETIKA NORMATIF

7 Etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola perilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika normatif memberi penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan. Nilai Moral

8 ETIKA NORMATIF Mengandung argumentasi-argumentasi yang mengemukakan latar belakang mengapa suatu perilaku dianggap baik atau buruk,disertai analisis moral yang dianggap benar dan salah yang bertumpu kepada norma – norma atau prinsip prinsip etis yang dapat dipertanggungjawabkan baik secara keilmuan maupun empiris. Penilaian objektif mempertimbangkan seluruh situasi dari individu / kelompok masyarakat yang melakukan suatu tindakan didasari acuan – acuan yang meliputi kondisi fisik, psikologi,pendidikan, budaya, dsb.

9 Contoh Etika Normatif Ada etika yang bersifat individual seperti kejujuran,disiplin diri,mengerjakan tugas. Etika dalam berbisnis

10 METAETIKA Metaetika merupakan hasil kajian dari etika deskriptif dengan etika normatif Menjelaskan tentang ciri-ciri serta istilah yang berkaitan dengan tindakan bermoral / sebaliknya seperti kebaikan, kejahatan, tanggung jawab dan kewajiban. Suatu bentuk analitik-kritik yang berkaitan dengan menganalisis semua peraturan yang berkaitan dengan tingkah laku baik dan jahat. Metaetika mengkaji asal prinsip-prinsip etika dan penggunaannya.

11 ETIKA TERAPAN Etika khusus, merupakan penerapan prinsip- prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Penerapan ini berwujud dalam bidang kehidupan & kegiatan khusus yang dilakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar. Etika pada terapan bidang / ilmu / keprofesian tertentu yang membutuhkan regulasi unik & mengatur secara spesifik bidang tertentu


Download ppt "Ulasan Jenis Etika Ika Rahma S. ETIKA DESKRIPTIF."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google