Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 5 Casing dan harddisk komputer Nama kelompok : 1.Denny Akbar C.S 2.M. Ali yunus 3.M. Fatkhur Rozy 4.Nuril aisyah H. 5.M. Imron R. 6.Kiky Victoria.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 5 Casing dan harddisk komputer Nama kelompok : 1.Denny Akbar C.S 2.M. Ali yunus 3.M. Fatkhur Rozy 4.Nuril aisyah H. 5.M. Imron R. 6.Kiky Victoria."— Transcript presentasi:

1 Kelompok 5 Casing dan harddisk komputer Nama kelompok : 1.Denny Akbar C.S 2.M. Ali yunus 3.M. Fatkhur Rozy 4.Nuril aisyah H. 5.M. Imron R. 6.Kiky Victoria 7.Fauzan Adhim 8.M. Ainul Arif Please Wait...

2 CASING komputer merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU. Bentuk yang umum adalah kotak persegi, namun bisa dengan modifikasi bagi mereka yang senang mengotak- atik casing. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply, hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.

3  Melindungi berbagai komponen-komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan-benturan fisik yg kita tidak inginkan.  Casing juga begitu penting karena hampir semua perkakasan seperti prosessor,motherboard, DVD-RW drive, DVD-ROM dan hard disk menggunakan casing ini sebagai tempat perlindungan di slot-slot tersendiri di setiap ruang casing yang tersedia.  Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang juga menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengawal suhu dalam CPU.  Casing computer yang juga amat penting adalah sebagai tempat terletaknya lampu-lampu serta slot-slot yang terdapat di bagian casing agar casing computer anda menjadi menarik  Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai “dudukan” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.  Selain sebagai pelindung fisik, casing yang baik juga berfungsi sebagai penyalur panas yang dihasilkan komponen elektronika komputer. Penyaluran panas akan lebih sempurna dengan bantuan cooler (pendingin) yang sesuai.

4 Casing desktop  Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira cm dan panjangnya kira-kira cm.Secara umum casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan pada ketika ini sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk hard disk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.

5 Casing Tower Umumnya komputer menggunakan casing tower, selain memakan sedikit tempat sebagai pijakan, ruangan di dalam casing komputer lebih luas, sehingga suhu dalam casing komputer tidak cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya. Casing komputer jenis tower terdiri dari: a.Mini tower Casing mini tower, middle tower, dan tower pada dasarnya hampir sama. Yang membedakan dari jenis-jenis tersebut adalah ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya. b.Middle tower Casing tower dipasaran juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu. c. Drive Bay Tempat yang disediakan untuk menyimpan harddisk, floppy disk atau perangkat tambahan lainnya pada casing.

6 Casing komputer seri Gaming Pengunaan casing komputer ini di khususkan untuk memodifikasi perangkat komputer dalam cara non-s tandar. Modifikasi di lakukan, terutama oleh penggemar berat hardware, untuk memamerk an piranti dalam k omputer dengan memamerk an perangk at keras internal, dan juga untuk membuatnya terlihat estetis menyenangkan untuk pemiliknya. dan j uga dapat di modifikasi untuk meningkatkan kinerja komputer, ini biasanya berhubungan dengan pendinginan dan melibatkan perubahan pada komponen agar semua komponen dapat bekerja maxsimal biasanya mengunakan kipas yg besar dan berwarna. Casing komputer ini biasanya sudah mengunakan air flow yg bagus, dan penampilan futuristik.

7

8

9

10 HARDDISK

11  Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Atau dapat diartikan dengan cakram keras.

12  Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen. Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. Semakin cepat hard disk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan.

13  Merupakan spesifikasi hardisk yang pertama kita lihat. Untuk tipe hardisk ini ada bermacam-macam seperti ATA (IDE), SATA, SCSI dan SAS.

14 ATA dan SATA Advanced Technology Attachment (ATA). ATA merupakan interface Hardisk yang paling populer dan banyak digunakan pada PC Desktop maupun PC Server. ATA menggunakan teknologi transfer data secara parallel (semua bit data dikirim secara bersamaan). Kecepatan transfer ATA sebesar 100MB/s atau dikenal dengan ATA/100 dan 133MB/s atau ATA/133. Saat ini teknologi ATA sudah mulai ditinggalkan dan diganti oleh SATA. Serial-ATA (SATA) SATA merupakan interface hardisk yang menggunakan teknologi serial (data dikirim secara berurutan dengan sistem paket bit data). Dengan teknologi serial, transfer data di dalam sistem Hardisk menjadi lebih cepat dan efisien. Saat ini terdapat beberapa tipe sata yaitu SATA1 (transfer rate sebesar 150MB/s) SATA2 (transfer rate sebesar 300 MB/s) dan SATA3 (transfer rate mencapai 600 MB/s).

15 Dalam sebuah Hard Disk Drive (HDD) ada 3 komponen utama :  Hard disk atau platter (pelat/disk metal)  Write-core head  GMR read-sensor head

16  Platter : Piringan, biasanya dibuat dari alumunium yang dilapisi dengan bahan magenetik. Pada permukaan platter inilah data pada hard disk disimpan.  Write-core head adalah salah satu perangkat perekam untuk menulis data  GMR read-sensor head untuk membaca data dari setiap permukaan platter.

17 Kapasitas hard disk adalah salah satu spesifikasi komputer yang menentukan mahal atau murahnya komputer. Bisanya dalam satu HDD terdapat beberapa lempeng platter atau hard disk yang menunjukkan total kapasitas hard disk komputer

18 Secara umum perkembangan teknologi pada hard disk ada dua hal, yaitu ukuran yang semakin kecil dan kapasitas hard disk yang semakin besar. Kapasitas hard disk (dalam Bits/inchi-persegi) sangat tergantung pada ukuran bit. Contoh, untuk memproduksi hard disk berkapasitas 250 GB/inchi-persegi, diperlukan bit dengan ukuran kurang lebih 50 nanometer.

19 Prinsip utama sebuah hard disk mirip dengan yang digunakan pada sebuah perekam tape atau video. Sebuah hard disk menyimpan data digital sebagai titik magnetik pada permukaan sebuah disk yang disebut bit. Sebuah bit menyatakan nilai 0 saat disk dimagnetisasi pada satu arah, dan bernilai 1 bila arahnya berlawanan. Proses pembacaan data/informasi berawal dari munculnya medan magnet yang berasal dari perubahan orientasi arah magnetic pada setiap bit. Medan magnetic tersebut kemudian terekam oleh MR sensor melalui perubahan electric- resistance (R)-nya akibat adanya induksi magnetik.

20 Mempartisi hardisk adalah menentukan area pada hardisk yang akan digunakan untuk sistem. Karena dapat memilih area pada hardisk, maka kegiatan ini juga sering dimanfaatkan untuk 'menghilangkan' bad sector. Sebenarnya yang terjadi bukanlah menghilangkan, tapi menghindari area yang rusak supaya tidak digunakan, sehingga area yang akan digunakan bersih dari bad sector.

21 Untuk membentuk partisi, memang bebas menentukan jumlah partisi yang diinginkan. Namun ada aturan yang harus diikuti. Partisi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :  Primary  Extended  Logical

22  Primary : Partisi jenis ini maksimal ada 4 buah dalam satu hardisk. Jika dalam hardisk juga ada partisi Extended, maka partisi Primary maksimal ada 3 buah.  Extended : Untuk jenis partisi ini hanya terdapat satu dalam satu hardisk, digunakan untuk menampung partisi Logical.  Logical : Partisi jenis ini tidak dapat berdiri sendiri. Dia dan teman-temannya harus berada dalam partisi Extended.

23 SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "Kelompok 5 Casing dan harddisk komputer Nama kelompok : 1.Denny Akbar C.S 2.M. Ali yunus 3.M. Fatkhur Rozy 4.Nuril aisyah H. 5.M. Imron R. 6.Kiky Victoria."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google