Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Wimba Respatia,SE,M.Ak,Ak Lahir Surabaya 28 september 1978. Study : Lulusan STIESIA tahun 2002(S1/gelar SE), Lulusan UWK Surabaya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Wimba Respatia,SE,M.Ak,Ak Lahir Surabaya 28 september 1978. Study : Lulusan STIESIA tahun 2002(S1/gelar SE), Lulusan UWK Surabaya."— Transcript presentasi:

1 Wimba Respatia,SE,M.Ak,Ak Lahir Surabaya 28 september Study : Lulusan STIESIA tahun 2002(S1/gelar SE), Lulusan UWK Surabaya 2004(S2/gelar M.Ak), Kuliah PPAk(Profesi Akuntansi)Universitas Airlangga lulus tahun 2006 (gelar Ak). Karier: Auditor KAP. Bambang Sutjipto dari tahun 2002 sampai dengan 2003 Auditor KAP. Mudjianto Soenaryo Ginting dan Konsultan pajak Mudjianto Susanto & Co dari tahun 2003 sampai 30 Nopember Pada tahun 2005 diterima PNS sebagai dosen DPK Kopertis wil VII ditempatkan di STIESIA sampai sekarang. Auditor freelance…….sampe sekarang

2 Buku Teks : 1. Joseph W. Wilkinson (penterjemah Marianus Sinaga),Accounting and Information system(Sistem Informasi dan Akuntansi), second edition, Wiley & Son,Inc,2003 Erlangga 2. Wing Wahyu Winarno, Sistem Informasi Akuntansi, edisi ke 3, Zaki Baridwan, Sistem Informasi Akuntansi, edisi 4, George H. Bodnar & Wiliam S. Hopwood(penerjemah Amir abadi Yusuf),Accounting Information System,Sixth Edition,1999(salemba empat,2000) 5. Nugroho Widjayanto, Sistem Informasi Akuntansi,edisi 1, 2001,Erlangga.

3 Tinjauan Menyeluruh atas Sistem Informasi Akuntansi 0leh : Wimba Respatia

4 Karakteristik Sistem Informasi ► Karakteristik umum system informasi untuk setiap perusahaan, antara lain; ► Jaringan komunikasi ► Pemakai informasi ► Sasaran ► Sumber daya

5 Jaringan komunikasi ► System informasi mirip dengan sebuah jaringan komunikasi, karena keduanya sama-sama menyediakan informasi untuk berbagai pihak, didalam maupun diluar perusahaan. Jaringan komunikasi ini mempunyai aspek informal maupun formal. Para manajer dan karyawan berkomunikasi secara informal diantara mereka sendiri dan dengan pihak-pihak luar. Gossip, prasangka dan opini yang sampai melalui percakapan telepon adalah bagian dari system informasi informal. Sedangkan pesanan pembelian yang disiapkan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan adalah elemen dari system informasi formal.

6 Pemakai informasi ► Informasi dihasilkan oleh system informasi perusahaan untuk dimanfaatkan oleh pengguna- pengguna intern maupun ekstern. Pengguna- pengguna intern terdiri dari para manajer dan karyawan perusahaan. Pengguna ekstern meliputi pihak-pihak yang berkepentingan diluar perusahaan, seperti kreditor, pemasok, pelanggan, pemegang saham, badan-badan pemerintah dan serikat pekerja.

7 Sasaran ► System informasi suatu perusahaan dalam dunia bisnis dan pemerintahan mempunyai tiga sasaran utama;  menyediakan informasi yang menunjang pengambilan keputusan  menyediakan informasi yang mendukung operasi harian  menyediakan informasi yang menyangkut pengelolaan kekayaan.

8 Sumberdaya ► System informasi membutuhkan sumberdaya untuk dapat berfungsi. Sumberdaya dapat diklasifikasikan sebagai data, bahan pendukung, peralatan, sumberdaya manusia dan dana. Suatu system informasi yang didominasi oleh sumberdaya manusia disebut system informasi manual. System informasi yang menekankan pada penggunaan peralatan dinamai system informasi terotomasi atau automated information system. Jika suatu system informasi melibatkan penggunaan computer dan perlengkapan-perlengkapannya, disebut system informasi dengan computer atau computer based information system.

9 Tugas-tugas yang dijalankan oleh SIA ► Terdiri dari lima tugas atau fungsi pokok, yaitu; 1. Pengumpulan data 2. Pemrosesan data 3. Manajemen data 4. Pengendalian dan pengamanan data 5. Penyediaan informasi

10 Pengumpulan data ► ada beberapa tahap yang dilalui dalam pengumpulan data, yaitu;  tahap penangkapan data atau data capture, adalah tahap penarikan data kedalam system.  Setelah data ditangkap, biasanya data dicatat atau recorded pada formulir yang disebut dokumen sumber.  Data tangkapan juga diabsahkan atau divalidasi untuk memastikan akurasi atau ketepatannya dan kemudian  Diklasifikasikan untuk dapat dimasukkan kedalam katagori yang telah ditentukan  Selanjutnya data ditransmisikan atau dipindahkan dari titik tangkapan ke titik pemrosesan.

11 Pemrosesan data ► data yang terkumpul biasanya menjalani serangkaian tahap pemrosesan untuk dapat ditransformasikan menjadi informasi yang berguna. Data yang terkumpul dapat diringkaskan dengan melakukan agregasi terhadap semua transaksi. Adakalanya data dialihkan/transcribed kedalam media atau dokumen lain, misalnya fotokopi atau direproduksi. Data juga dapat dikelompokkan/batched ke dalam kelompok dokumen yang menyangkut transaksi- transaksi yang sifatnya sama. Selanjutnya data yang sudah dikelompokkan biasanya disortasi/sorted menurut satu atau beberapa karakteristik. Bila terdapat data kuantitatif, langkah perhitungan dan perbandingan seringkali dilakukan, sebagai akibatnya, data baru mungkin ‘tercipta’.

12 Manajemen data ► fungsi manajemen terdiri dari tiga tahap, yaitu; ► penyimpanan atau storing ► menempatkan data di tempat penyimpanan yang dinamakan arsip atau basis data. Data dapat disimpan secara permannen atau secara sementara. ► pemutakhiran atau updating ► tahap penyesuaian data simpanan agar mencerminkan peristiwa, operasi dan keputusan-keputusan terbaru. ► pengambilan ulang atau retrif atau retrieving ► tahap melakukan akses dan menyarikan data simpanan. Data retrif dipakai untuk pemrosesan lebih lanjut atau diubah menjadi informasi bagi pengguna.

13 Pengendalian dan pengamanan data ► data yang masuk dalam pemrosesan bisa saja salah, data mungkin juga hilang atau dicuri selama pemrosesan, hasil pencatatan dapat dipalsukan selama pemrosesan, dan sebagainya. Jadi salah satu fungsi penting dari system informasi adalah melindungi dan memastikan ketepatan data. Langkah pengendalian dan tindakan pengamanan lainnya meliputi otorisasi, laci uang yang terkunci, perujukan, verifikasi dan tinjauan ulang.

14 Penyediaan informasi ► fungsi terakhir system informasi ini, menempatkan informasi ketangan pengguna, dapat meliputi satu langkah atau lebih. Pelaporan mencakup penyiapan laporan dari data olahan, dari data simpanan, atau dari keduanya. Seringkali penyiapan laporan memerlukan analisis dan penafsiran data tertentu. Komunikasi terdiri dari; ► membuat laporan yang mudah dipahami dan mudah digunakan oleh pengguna ► secara fisik menyampaikan laporan kepada pengguna. ► tugas-tugas ini kemudian terdiri atas serangkaian tahap, yang sering disebut sebagai siklus pemrosesan data, yang mentransformasi data dari berbagai sumber menjadi informasi yang dibutuhkan oleh berbagai macam pengguna.

15 PENGERTIAN SISTEM AKUNTANSI DAN SIA ► Akuntansi dan system informasi sangat erat kaitannya. Hubungan ini digambarkan dengan baik oleh suatu badan yang berwenang ; ► Pada dasarnya akuntansi adalah sebuah system informasi. Tepatnya, akuntansi adalah penerapan dari teori umum informasi untuk masalah-masalah operasi ekonomi yang efisien. Akuntansi juga merupakan bagian besar dari informasi umum yang dinyatakan dalam bentuk kuantitatif. Dalam konteks ini, akuntansi merupakan bagian dari system informasi umum suatu kesatuan operasional dan juga merupakan bagian dari bidang besar di bawah nama konsep informasi.

16 ► Hubungan yang erat ini juga diakui dengan adanya istilah system informasi akuntansi atau SIA. ► System informasi akuntansi merupakan system informasi informal. System ini mengandung semua karakteristik yang meliputi tujuan/kegunaan, tahap, tugas, pengguna dan sumberdaya. System ini meluas keseluruh kegiatan perusahaan dan menyediakan informasi bagi semua pengguna perusahaan. System informasi akuntansi hanya menerima data ekonomi dari kejadian-kejadian ekstern atau operasi intern.

17 PEMROSESAN TRANSAKSI AKUNTANSI ► Pemrosesan transaksi akuntansi menyajikan informasi catatan prestasi dan informasi pengarah perhatian. Transaksi adalah peristiwa-peristiwa atau events ekonomi yang dapat diukur dalam satuan keuangan, yang mempengnaruhi harta/asset dan ekuitas/entity perusahaan, dan yang tercermin dalam rekening dan ihtisar keuangan perusahaan. Transaksi ekstern terjadi akibat pertukaran antara perusahaan dengan pihak-pihak luar. Pembayaran tunai kepada pemasok dan pihak-pihak lain.

18 Transaksi intern terjadi akibat operasi intern perusahaan. Transaksi ekstern pokok meliputi ; Transaksi intern terjadi akibat operasi intern perusahaan. Transaksi ekstern pokok meliputi ; 1. penjualan produk atau jasa kepada pelanggan 2. pembelian barang dagangan, bahan baku, dan harta tetap dari pemasok 3. penerimaan uang tunai dari pelanggan dan pihak-pihak lain. 4. Pembayaran tunai kepada pemasok dan pihak-pihak lain.

19 Transaksi intern pokok, meliputi; ► Transaksi pembayaran gaji, yang terjadi karena operasi dan layanan/jasa yang dilakukan secara intern oleh karyawan-karyawan perusahaan.

20 Apakah Sistem Informasi itu? Informasi ► Terdiri dari data yang telah ditransformasi dan dibuat lebih bernilai melalui pemrosesan. Data ► Adalah suatu fakta,angka,bahkan simbol mentah Sistem ► Adalah suatu kerangka kerja terpadu yang mempunyai satu sasaran atau lebih.

21 Definisi Sistem Informasi ► Suatu kerangka kerja dengan mana sumberdaya(manusia, komputer) dikoordinasikan untuk mengubah masukan (data) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.

22 Tahap dan Fungsi Konversi Data ► Sistem informasi mengubah masukan-masukan menjadi keluaran. Ada tiga tahap yang dilalui dalam pengubahan atau transformasi ini : tahap masukan, tahap pemrosesan atau pengolahan, dan tahap keluaran. ► Terkait dengan tahap-tahap ini adalah tugas atau fungsi pengumpulan data,pemrosesan data, dan penyediaan informasi. Fungsi-fungsi lain, seperti manajemen data dan pengendalian data, biasanya juga dilakukan selama konversi data.

23 Sistem Informasi Akunting ► Akunting dan sistem informasi sangat erat kaitannya. Hubungan ini digambarkan dengan baik oleh suatu badan yang berwenang : Pada dasarnya, akunting adalah sebuah sistem informasi. Tepatnya, akunting adalah penerapan dari teori umum informasi untuk masalah-masalah operasi ekonomi yang efisien. Akunting juga merupakan bagian besar dari informasi umum yang dinyatakan dalam bentuk kuantitatif. Dalam konteks ini,akunting merupakan bagian dari sistem informasi umum suatu kesatuan operasional dan juga merupakan bagian dari bidang besar dibawah nama konsep informasi.

24 Perbedaan antara Sistem Akuntansi dengan Sistem Informasi Akuntansi Sistem Akuntansi ► Seperangkat catatan, prosedur dan peralatan yang secara rutin berhubungan dengan peristiwa yang mempengaruhi prestasi dan posisi keuangan suatu organisasi. Sistem akuntansi memusatkan pada transaksi yang berulang dan jumlahnya material. Pembayaran kas,penerimaan kas,pembelian dan penjualan. Sistem Informasi Akuntansi ► Komponen organisasi yang dirancang untuk mengolah data keuangan menjadi informasi atau laporan keuangan, yang ditujukan kepada pihak internal maupun eksternal perusahaan.

25 ► Dengan demikian sistem akuntansi dan sistem informasi akuntansi mempunyai pengertian yang serupa yaitu serangkaian kegiatan administratif untuk menangani transaksi perusahaan agar seragam, dilengkapi dengan berbagai prosedur, dokumen dan jurnal yang hasilnya berupa laporan keuangan, baik untuk keperluan internal maupun eksternal.

26


Download ppt "Wimba Respatia,SE,M.Ak,Ak Lahir Surabaya 28 september 1978. Study : Lulusan STIESIA tahun 2002(S1/gelar SE), Lulusan UWK Surabaya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google