Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI TES LATIHAN SK DAN KD STANDAR KOMPETENSI Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI TES LATIHAN SK DAN KD STANDAR KOMPETENSI Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat."— Transcript presentasi:

1

2 MATERI TES LATIHAN SK DAN KD

3 STANDAR KOMPETENSI Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat

4 KOMPETENSI DASAR 2.2. Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat

5 Siswa dapat menggambarkan grafik fungsi kuadrat INDIKATOR

6 Materi Pengertian Fungsi Menggambar Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat yang Sederhana Menggambar Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat yang Umum

7 Pengertian Fungsi A Motor. Bajar. Mobil. B f Fungsi atau Pemetaan adalah relasi himpunan A ke himpunan B yang memasangkan setiap anggota himpunan A dengan tepat satu anggota pada himpunanB.

8 Langkah 2: a.Menggambar Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat yang Sederhana Langkah-langkahnya : Langkah 1: Tentukan beberapa anggota fungsi f, yaitu koordinat titik-titik yang terletak pada grafik fungsi f sajikan dengan menggunakan tabel atau daftar. Gambarkan koordinat titik-titik yang telah kita peroleh pada Langkah 1 pada sebuah bidang Cartecius. Hubungkan titik-titik yang telah digambarkan pada bidang Cartecius pada Langkah 2 dengan menggunakan kurva mulus. Langkah 3 Bentuk umum fungsi kuadrat f(x) = ax 2 + bx + c (a 0), a, b, c R.

9 Gambarkan grafik fungsi kuadrat yang ditentukan dengan persamaan : f(x) = x 2 + 2x, jika daerah asalnya adalah D = {x | -4 x 6, x R} Solusi

10 Grafik fungsi kuadrat f(x) = x 2 + 2x Ini Solusi nya Tentukan titik-titik yang terletak pada fungsi f. x y=x 2 + 2x Gambarkan titik-titik (-4,8), (-3,3), (-2,0), (-1,-1), (0,0), (1,3), dan (2,8) pada bidang Cartecius seperti Gambar 1 Langkah 1: Langkah 2:

11 Hubungkan titik-titik pada Langkah 2 Langkah 3

12 b.Menggambar Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat Secara Umum Langkah-langkahnya : Tentukan Titik Potong Grafik dengan Sumbu X dan Sumbu Y Titik Balik atau Titik Puncak dan Persamaan Sumbu Simetri Gambarlah grafik fungsi kuadrat berdasarkan langkah 1 dan 2 Langkah 1:Langkah 2:Langkah 3: Bentuk umum fungsi kuadrat f(x) = ax 2 + bx + c (a 0), a, b, c R.

13 Gambarkan sketsa grafik fungsi kuadrat f(x) = -x 2 + 4x + 5. Solusi

14 Grafik fungsi kuadrat f(x) = -x 2 + 4x + 5 Solusi nya Titik potong grafik dengan sumbu x, dan sumbu y. a).Titik potong grafik dengan sumbu x, diperoleh jika y = 0. Ini berarti: -x 2 + 4x + 5 = 0 (-1 - x)(x - 5) = x = 0ataux – 5 = 0 x = -1ataux = 5 Jadi, titik potongnya dengan sumbu x adalah (-1,0) dan (5,0). b).Titik potong grafik dengan sumbu y, diperoleh jika x = 0. y = (0) + 5 y = 5 Jadi, titik potongnya dengan sumbu y adalah (0,5) Langkah 1:

15 Koordinat titik balik p(2,9) Persamaan sumbu simetri x = 2 Langkah 2:

16 Gambar grafik fungsi -x 2 + 4x + 5 Langkah 3:


Download ppt "MATERI TES LATIHAN SK DAN KD STANDAR KOMPETENSI Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google