Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Struktur dan Fungsi Batang By Fitriani Sarmita. Struktur anatomi batang mirip dengan akar, terdiri atas epidermis, korteks, endodermis dan stele a.Epidermis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Struktur dan Fungsi Batang By Fitriani Sarmita. Struktur anatomi batang mirip dengan akar, terdiri atas epidermis, korteks, endodermis dan stele a.Epidermis."— Transcript presentasi:

1 Struktur dan Fungsi Batang By Fitriani Sarmita

2 Struktur anatomi batang mirip dengan akar, terdiri atas epidermis, korteks, endodermis dan stele a.Epidermis Epidermis batang umunya terdiri atas selapis sel, tersusun rapat tanpa ruang antar sel, dan mempunyai kutikula. b.Korteks Tersusun atas sel-sel parenkim berdinding tipis Letak sel parenkim tidak teratur dan mempunyai banyak ruang antar sel Dalam korteks terdapat kolenkim dan sklerenkim yang berfungsi menyokong dan memperkuat batang Batang muda mempunyai banyak kolenkim sebagai penyokong dan terdapat klorofil untuk fotosintesis Pada batang tua, kolenkim akan diganti sklerenkim dan tidak ada klorofil

3 c. Endodermis Lapisan endodermis pada batang tidak begitu jelas dan menyatu dengan korteks. d. Silinder pusat (Stele) letak : sebelah dalam korteks Dalam stele terdapat sel-sel parenkim dan berkas pengangkut (xilem dan floem)

4 Perbedaan batang dikotil dan monokotil : Batang dikotil : 1.Berkas pengangkut letaknya beraturan membentuk lingkaran. Xilem di sebelah dalam floem 2. Terdapat kambium Pembelahan kambium keluar membentuk floem sekunder dan kearah dalam membentuk xilem sekunder, karena aktivitas kambum ini, batang dikotil dapat bertambah besar Batang monokotil : 1.Berkas pembuluh tersebar tidak teratur 2. Tidak mempunyai kambium, batang monokotil tidak dapat bertambah besar

5

6

7 Thenx 2 ur attention Wish u all d best

8

9 Stem cross section of Medicago (alfalfa), a typical dicot.

10


Download ppt "Struktur dan Fungsi Batang By Fitriani Sarmita. Struktur anatomi batang mirip dengan akar, terdiri atas epidermis, korteks, endodermis dan stele a.Epidermis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google