Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP BIAYA PS KARS 2011. Pengertian Biaya Kesehatan Biaya kesehatan adalah pengorbanan sumber daya yang diukur dalam nilai moneter, untuk mencapai tujuan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP BIAYA PS KARS 2011. Pengertian Biaya Kesehatan Biaya kesehatan adalah pengorbanan sumber daya yang diukur dalam nilai moneter, untuk mencapai tujuan."— Transcript presentasi:

1 KONSEP BIAYA PS KARS 2011

2 Pengertian Biaya Kesehatan Biaya kesehatan adalah pengorbanan sumber daya yang diukur dalam nilai moneter, untuk mencapai tujuan (output), pada kurun waktu tertentu. Output atau produk berupa jasa pelayanan kesehatan. Pengorbanan bisa berupa jasa uang, barang, tenaga, waktu atau kesempatan.

3 Pengertian Pembiayaan kesehatan Pembiayaan kesehatan adalah besarnya dana yang harus disediakan untuk menyelenggarakan dan atau memanfaatkan upaya kesehatan yang diperlukan oleh perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat.

4 SYARAT POKOK PEMBIAYAAN KESEHATAN Jumlah Harus memadai untuk menyelenggarakan Yankes dan tidak menyulitkan masyarakat yang memanfaatkan Distribusi Harus sesuai dengan kebutuhan untuk penyelenggaraan Yankes dan masyarakat Pemanfaatan Harus diatur setepat mungkin agar tercapai efektivitas dan efisiensi pembiayaan kesehatan

5 Klasifikasi biaya-Hubungan dengan OUTPUT 1. Biaya tetap (Fixed Cost/FC)= tidak terpengaruh besaran output. Misal: gedung, alat medis, non medis, kendaraan, pendidikan. Semi tetap: personel (gaji tetap, honor tidak tetap)

6 Klasifikasi biaya-Hubungan dengan OUTPUT 2. Biaya variabel (Variable Cost/VC)= terpengaruh besar output/bervariasi, misal: obat, bahan medis, habis pakai, ATK, utilities (listrik, telp, air), operasional lain: perjalanan, jamuan, dll, pemeliharaan gedung, alat (medis/non medis)

7 Klasifikasi Biaya- atas dasar kegunaan 1. Biaya Investasi 2. Biaya Operasional 3. Biaya Pemeliharaan

8 Klasifikasi Biaya- atas dasar fungsi dalam proses produksi Direct Cost: biaya langsung Indirect Cost: biaya tidak langsung Unit Produksi -Gaji Perawat -Biaya obat -Biaya alat medis Unit Penunjang -Gaji direktur -Gaji staf administrasi --ATK

9 PUSAT BIAYA (COST CENTER) 1. Pusat Biaya Penunjang Misal: Unit Pimpinan (Direktur), Tata Usaha, Unit SDM, sarana Prasarana dll 2. Pusat Biaya Produksi Misal: Laboratorium, radiologi, unit rawat jalan, unit gawat darurat.

10 Prinsip Analisis Biaya Menghitung biaya yang telah dikeluarkan selama satu tahun di setiap unit-unit fungsional yang ada di pelayanan kesehatan bersangkutan, meliputi semua biaya investasi, biaya operasional dan biaya pemeliharaan

11 JENIS-JENIS BIAYA 1. Biaya Tetap (Fixed Cost = FC) = biaya yang tetap dikeluarkan dan jumlahnya tidak dipengaruhi oleh jumlah produksi (output) 2. Biaya Variabel (Variable Cost = VC) = biaya yang volumenya dipengaruhi oleh jumlah output- produksi 3. Biaya Total (Total Cost = TC) = FC + VC 4. Unit Cost = hasil bagi antara TC dengan output 5. Marginal Cost = besarnya biaya yang dipergunakan untuk menghasilkan tambahan 1 output 6. Opportunity Cost = biaya / keuntungan yang hilang karena melakukan investasi pada alternatif lain

12 Sebutkan jenis biaya di RS (msg2 5 buah) Biaya Tetap dan Langsung Biaya Tdk Tetap dan Langsung Biaya pemeliharaan dan langsung Biaya Investasi dan tak langsung

13 BEBERAPA PENGERTIAN Fixed Cost biaya yang tidak dipengaruhi oleh suatu komoditi Variable Cost biaya bervariasi, yang biasanya dipengaruhi oleh sesuatu output/ komoditi, atau tergantung pada jumlah output Total Cost penjumlahan biaya yang terjadi dari fixed cost + variable cost TC = FC + VC Unit Cost hasil bagi antara Total Cost dengan jumlah output yang dihasilkan UC = TC / jumlah output ( normative / actual )

14 BEBERAPA PENGERTIAN Marginal Cost besarnya biaya yang dikeluarkan untuk dapat meningkatkan suatu unit output. Direct Cost biaya yang dikeluarkan / terkait langsung dengan komoditi / output yang dihasilkan. Indirect Cost biaya yang dikeluarkan / terkait secara tak langsung, untuk menunjang supaya komoditi / output dapat berjalan dengan lancar. Investment Cost biaya yang manfaatnya dapat dipergunakan selama lebih dari satu tahun ( = fixed cost )

15 MATRIKS UNTUK PEMETAAN BIAYA BIAYA TIDAK LANGSUNGBIAYA LANGSUNG BIAYA INVES- TASI -gedung kantor direktur, -furniture kantor direktur -alat non medis lain, dll -gedung kamar suntik -meja periksa pasien -alat-alat medis, dll BIAYA OPERA SIO- NAL -gaji pesuruh -gaji petugas administrasi gaji dokter sebagai direktur -atk -obat dan bahan -makan pasien, dll BIAYA PEME- LI- HARA AN -pemeliharaan gedung kantor -pemeliharaan alat non medis, dll -pemeliharan gedung pelayanan pasien -pemeliharaan alat medis


Download ppt "KONSEP BIAYA PS KARS 2011. Pengertian Biaya Kesehatan Biaya kesehatan adalah pengorbanan sumber daya yang diukur dalam nilai moneter, untuk mencapai tujuan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google