Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AUDIT ASET TETAP Kelompok 6: 1.Uun Triyani 10220059 2.Januari Kristi 10220019 3.Muhammad Santiko 10220087 4.Dian K 5.Citra Ali.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AUDIT ASET TETAP Kelompok 6: 1.Uun Triyani 10220059 2.Januari Kristi 10220019 3.Muhammad Santiko 10220087 4.Dian K 5.Citra Ali."— Transcript presentasi:

1 AUDIT ASET TETAP Kelompok 6: 1.Uun Triyani Januari Kristi Muhammad Santiko Dian K 5.Citra Ali

2 Pengujian substantif saldo aktiva tetap Rekening aktiva tetap digunakan utk menampung pencatatan aset perusahaan yg mempunyai manfaat ekonomis lebih dari satu tahun atau satu siklus produksi normal. Yg termasuk disini antara lain: tanah dan bangunan, mesin, peralatan, alat pengangkut, dan sebagainya.

3 Kuesioner Audit Aset tetap No.PertanyaanYT 1.Apakah semua penambahan aset tetap diotorisasi sebagimana mestinya secara tertulis? 2.Apakah bukti atas dilepaskannya sesuatu aset tetep yang akan diganti baru (replace) telah diotorisasikan? 3.Apakah setiap mutasi atau pemindahan secara rutin dilaporkan kepada bagian akuntansi? 4.Apakah semua aset tetap dirawat dengan baik? 5.Apakah semua aset tetap diasuransikan dengan cukup?

4 Pengujian substantif : Prosedur Inisial  Menelusuri saldo pada awal tahun & akumulasi depresiasi aktiva tetap.  Menelaah aktivitas aktiva tetap pada buku besar aktiva tetap, akumulasi depresiasi, beban depresiasi & menyelidiki bila terdapat jurnal tidak biasa.  Mendapatkan daftar penambahan & pengurangan aktiva tetap dari klien dan menentukan bahwa klien menyajikan dengan akurat berdasarkan catatan akuntansi dengan melakukan Footing dan crossfooting serta menguji kesesuaian item.

5 Pengujian substantif : Prosedur Analitis  Menghitung ratio Turnover aktiva tetap Tingkat laba terhadap aktiva tetap Aktiva tetap terhadap ekuitas pemegang saham Beban reparasi terhadap penjualan bersih  Menganalisa hasil perhitungan rasio secara relatif terhadap harapan berdasarkan data pada tahun sebelumnya, data industri, jumlah anggaran dan data-data lain yang mendukung.

6 Pengujian substantif : Pengujian Detail Transaksi  Mengusut penambahan aktiva tetap pada dokumen pendukung.  Mengusut pelepasan aktiva tetap ke dokumen pendukung.  Menelaah jurnal beban perbaikan dan pemeliharaan.

7 Pengujian substantif : Pengujian Detail Saldo  Inspeksi akativa tetap :  inspeksi penambahan aktiva tetap  melakukan pemeriksaan terhadap aktiva tetap yang lain dan waspada terhadap bukti-bukti penambahan dan pengurangan tidak masuk di dalam daftar aktiva tetap.  Menguji titel dokumen dan kontrak  Menelaah alokasi untuk depresiasi

8 Pengujian substantif : Penyajian dan Pengungkapan  Membandingkan penyajian dan pengungkapan dengan GAAP/ PABU :  Menentukan apakah aktiva tetap dan beban-beban yang terkait, gain dan loss diidentifikasikan dan dikasifikasikan secara layak.  Menentukan kelayakan pengungkapan berkaitan dengan biaya, nilai buku, metode depresiasi, umur ekonomis aktiva, dan kontrak leasing.

9 Contoh prosedur audit: Vouch penambahan dan pengurangan aktiva tetap Untuk penambahan lihat approvalnya dan kelengkapan supporting schedulnya. Untuk pengurangan kita lihat otorisasinya dan jurnalnya apakah sudah dicatat dengan betul, misalnya ada laba atau rugi atas penjualan aktiva tetap tersebut. Misal: Mesin dengan cost 100 juta. Penyusutan 80 juta dijual dengan harga 30 jt secara tunai. Periksa fisik dari aktiva tetap tersebut [dg cara tes basis] dan periksa kondisi dan nomor kode dari aktiva tetap. Periksa bukti pemilikan aktiva tetap. Seperti: IMB, BPKP, STNK dll.

10 Contoh prosedur audit: (lanjutan) jurnal seharusnya : Kas Akun Peny. Mesin Mesin Laba Penjualan AT Seringkali perush mencatat Debit Kas Kredit Mesin Auditor juga harus memeriksa apakah uang kas sebesar sudah diterima perusahaan dan dicatat dlm buku penerimaan kas.


Download ppt "AUDIT ASET TETAP Kelompok 6: 1.Uun Triyani 10220059 2.Januari Kristi 10220019 3.Muhammad Santiko 10220087 4.Dian K 5.Citra Ali."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google