Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DUKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK TERHADAP PENINGKATAN KINERJA REVOLVING LOAN FUND (RLF)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DUKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK TERHADAP PENINGKATAN KINERJA REVOLVING LOAN FUND (RLF)"— Transcript presentasi:

1 DUKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK TERHADAP PENINGKATAN KINERJA REVOLVING LOAN FUND (RLF)

2 Dana pinjaman bergulir (DPB) dirancang sebagai salah satu intervensi PNPM Mandiri Perkotaan untuk meningkatkan asset base masyarakat guna menjamin kemudahan akses permodalan agar dapat menumbuhkan produktifitas usaha, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat miskin di wilayah setempat. Mempertahankan dan memberikan dukungan agar pemanfaatan dana pinjaman bergulir dapat berlanjut, menjadi tanggungjawab seluruh pelaku di berbagai level, terutama pemerintah daerah sebagai pemangku wilayah yang memiliki kewenangan untuk mengendalikan seluruh asset PNPM Mandiri Perkotaan agar dapat dimanfaatkan secara optimal. TKPK Kabupaten Gresik memberikan rumusan arahan pengentasan kemiskinan utamanya peningkatan pendapatan masyarakat melalui program- program.

3 UPAYA MENJAGA KEBERLANJUTAN DPB OLEH PEMDA GRESIK Pelatihan UPK dan Sekretariat Monitoring dan supervisi terpadu Menjalin Komunikasi Intensif Dengan PJOK Mengirimkan surat peringatan dan teguran Penghargaan bagi UPK dengan Kinerja “Memuaskan” Replikasi Program Peningkatan Penghidupan Masyarakat berbasis Komunitas (PPMK) Ruang bagi KSM untuk Pameran Produk

4 Pelatihan UPK dan Sekretariat Sebagai wujud kepedulian Pemeritah Kabupaten Gresik dipandang perlu untuk meningkatkan kapasitas para pengelola keuangan di tingkat BKM/LKM melalui kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan di bidang pengelolaan keuangan, fasilitasi penyelesaian masalah dan jalan keluar dalam pelaksanaan usaha para KSM serta peningkatan semangat untuk mengelola dan melestarikan kegiatan dana pinjaman bergulir.

5 Monitoring dan supervisi terpadu Hasil pelaksanaan kegiatan monitoring dan supervisi terpadu, dibahas, dikaji dan disusun rencana kerja tindaklanjut oleh seluruh tim, untuk disampaikan ulang kepada para pelaku di tingkat Desa/Kelurahan agar dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan selanjutnya, temuan-temuan positif menjadi lesson learned (pembelajaran baik) bagi wilayah yang lain dan temuan- temuan negatif dikaji secara mendalam untuk dicarikan solusi alternatifnya dan dikawal penyelesaiannya.

6 Menjalin Komunikasi Intensif Dengan PJOK Upaya lain dari Pemerintah Kabupaten Gresik dalam mendukung keberhasilan pengelolaan dana pinjaman bergulir, adalah kepedulian dan konsistensi stakeholder dalam menjalin komunikasi dengan para Penanggungjawab Operasional Kegiatan (PJOK), dalam setiap kesempatan selalu menanyakan perkembangan kegiatan dana pinjaman bergulir sehingga memaksa PJOK untuk mendapat informasi tentang perkembangan dana pinjaman bergulir pada wilayahnya masing-masing.

7 Mengirimkan surat peringatan dan teguran Berbekal laporan perkembangan dana pinjaman bergulir yang dikirimkan oleh tim korkot setiap bulan secara periodik, dari informasi tersebut dapat diketahui dengan sangat jelas setiap wilayah yang memiliki masalah dalam pengelolaan pinjaman bergulir dari kinerja RLF selanjutnya Satker meluncurkan surat peringatan dan teguran kepada Pimpinan Kolektif BKM.

8 Penghargaan bagi UPK dengan Kinerja “Memuaskan” Melakukan kajian secara mendalam untuk memberikan penghargaan bagi mereka yang telah berhasil melakukan pengelolaan dana pinjaman bergulir, dilihat dari konsistensi kinerja RLF yang dihasilkan setiap bulan secara periodik, Penghargaan tersebut disampaikan pada acara-acara besar tingkat kabupaten, dapat melalui lokakarya PNPM- Mandiri Perkotaan tingkat Kabupaten atau acara-acara khusus yang dihadiri oleh seluruh BKM sekabupaten Gresik.

9 Replikasi Program Peningkatan Penghidupan Masyarakat berbasis Komunitas (PPMK) Pemerintah Kabupaten Gresik yang diinisiasi Satker sedang fokus melakukan replikasi program Peningkatan Penghidupan Masyarakat berbasis Komunitas (PPMK). Idenitifikasi KSM produktif pada setiap Desa/Kelurahan, penilaian kelayakan dan disusun klasifikasi. Hal tersebut memicu semangat para KSM untuk berlomba mendapatkan alokasi dana PPMK sehingga dapat menumbuhkan semangat baru untuk menjadi KSM Unggulan.

10 Ruang bagi KSM untuk Pameran Produk Agenda pameran produk di Kabupaten Gresik ini dimaksudkan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan Kabupaten Gresik dalam hal ini termasuk didalamnya produk- produk KSM PNPM Mandiri Perkotaan. Bahkan melalui satker PIP untuk keterlibatan KSM dalam even-even yang diselenggarakan Pemda Gresik disiapkan etalase khusus untuk penempatan produk KSM. KSM yang terlibat meliputi KSM sosial dan KSM pinjaman bergulir.

11 TERIMA KASIH


Download ppt "DUKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK TERHADAP PENINGKATAN KINERJA REVOLVING LOAN FUND (RLF)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google