Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CECEP SUHERMAN, S.Sos I 085218941003 Saat Ramadhan Berlalu, Apakah yang terasa di hati kita ? Sedih.... Senang.....

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CECEP SUHERMAN, S.Sos I 085218941003 Saat Ramadhan Berlalu, Apakah yang terasa di hati kita ? Sedih.... Senang....."— Transcript presentasi:

1

2 CECEP SUHERMAN, S.Sos I

3

4 Saat Ramadhan Berlalu, Apakah yang terasa di hati kita ? Sedih.... Senang.....

5 Kegembiraan Haruslah ada.... لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kegembiraan yaitu kegembiraan ketika dia berbuka dan kegembiraan ketika berjumpa dengan Rabbnya. (HR Bukhori)

6 Gembira dalam berbagai macam tradisi KITA! Mari memaknai “bukan sekedar tradisi”

7 #Mudik dengan niat Birrul walidain dan Silaturahim.... “ Ridho Allah ada pada Ridho orang tua, dan murka Allah ada pada murka orang tua “ (HR Tirmidzi) “Barangsiapa yang suka dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya, maka sambunglah silaturahim.” (HR Tirmidzi)

8 #Baju Baru dengan niat tampil terbaik di hari Raya Dari Al-Hasan As-Sabt ra, ia berkata : Rasulullah SAW memerintahkan pada dua hari raya, agar kami memakai pakaian yang terbaik yang kami punya,” (HR Ibnu Hakim).

9 #Makan-makan karena ini memang hari bergembira Rasulullah SAW bersabda tentang hari raya : Itu adalah hari-hari (untuk) makan dan minum. (Fiqh Sunnah : I/598)

10 Ada Apa Setelah Ramadhan ?

11 #1 : Mari Melanjutkan Amaliyah Ramadhan...

12 Lebaran bukan berarti “lebar” atau “selesai” ibadah dan keta’atannya... Namun selesai untuk melanjutkan dengan amal berikutnya... Faidza faroghta fanshob !

13 Apa yang kita Kangeni dari Ramadhan ?

14 Jika kita kangen ibadah RAMADHAN, maka sungguh PUASA, TILAWAH, TARAWIH (tahajud) terbuka di bulan- bulan yang lainnya.... Namun jangan-jangan yang kita kangeni adalah... Acara televisi, obral pakaian, petasan, THR, dan yang sebagainya ?

15 كَانُوا يَدْعُوْنَ اللهَ سِتَّةَ أَشْهُرٍ أَنْ يَبْلُغَهُمْ شَهْرَ رَمَضَانَ ثُمَّ يَدْعُوْنَ اللهَ سِتَّةَ أَشْهُرٍ أَنْ يَتَقَبَّلَهُ مِنْهُمْ ”Mereka (para sahabat) berdo’a kepada Allah selama 6 bulan agar mereka dapat menjumpai bulan Ramadlan. Kemudian mereka pun berdo’a selama 6 bulan agar amalan yang telah mereka kerjakan diterima oleh-Nya.” (Lathaaiful Ma’arif hal. 232).

16 “ Tuhan yang kita sembah dalam bulan Ramadhan, bukankah Tuhan yang kita sembah juga di luar bulan Ramadhan ? “

17 #2 : Mari mengabadikan semangat dan hikmah ramadhan

18 Setiap ibadah disyariatkan untuk membentuk karakter kita Sholat -- > mencegah keji dan munkar Zakat  mensucikan jiwa muzakki Puasa  ikhlas, ihsan, istiqomah

19 #3 : Mewujudkan karakter takwa dalam diri kita

20 #Lebaran adalah laburan, yang berarti memberi warna cat putih bersih, baru tanpa noda وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau Menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka

21 #Lebaran adalah “leburan” yang berarti menghapus dosa antar saudara وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang.

22 #Makna Lebaran adalah “luberan” yang berarti mengalirkan harta dan apa yang kita punya dalam kondisi apapun الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit

23 Alhamdulillah, Semoga kita mampu menjalankan MINAL ‘AIDIN AL FAIZIN “ TAQABBALALLAHU MINNA WAMINKUM SHIYAAMANA WA SHIYAAMAKUM KULLU AAMIN WA ANTUM BIKHAIR”


Download ppt "CECEP SUHERMAN, S.Sos I 085218941003 Saat Ramadhan Berlalu, Apakah yang terasa di hati kita ? Sedih.... Senang....."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google