Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Adalah nama suatu teori ekonomi yang diambil dari John Maynard Keynes, seorang ekonom Inggris yang hidup antara tahun 1883 sampai 1946.  Teori konsumsi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Adalah nama suatu teori ekonomi yang diambil dari John Maynard Keynes, seorang ekonom Inggris yang hidup antara tahun 1883 sampai 1946.  Teori konsumsi."— Transcript presentasi:

1

2  Adalah nama suatu teori ekonomi yang diambil dari John Maynard Keynes, seorang ekonom Inggris yang hidup antara tahun 1883 sampai  Teori konsumsi Keynes mengungkapkan bahwa pengeluaran konsumsi yang sekarang tergantung kepada pendapatan bersih (disposable income) yang sekarang, yang dihitung dalam kurun waktu jangka pendek.

3 Fungsi konsumsi adalah pusat dari teori fluktuasi ekonomi Keynes yang termuat dalam The General Theory di tahun Keynes menduga bahwa kecenderungan mengkonsumsi marjinal — jumlah yang dikonsumsi dari setiap dolar tambahan adalah antara nol dan satu. Ia mengklaim hukum fundamental yaitu dari tiap dolar pendapatan, orang akan mengkonsumsi sebagian dan menabung sebagian. Keynes juga menyatakan kecenderungan mengkonsumsi rata-rata (average propensity to consume), rasio konsumsi terhadap pendapatan yang menurun ketika pendapatan naik. Keynes juga menyatakan pendapatan adalah penentu utama konsumsi dan tingkat bunga tidak memiliki peran penting.

4 belanja konsumsi oleh rumah tangga bergantung pada konsumsi otonom kecenderunganmen gkonsumsimarjinal (MPC) pendapatan disposable C = C + c Y, C > 0, 0 < c <1 C Y C C menentukan perpotongan pada sumbu vertikal. Kemiringan fungsi konsumsi adalah c, yaitu MPC. C = C + c Y

5 Untuk memahami kecenderungan mengkonsumsi marjinal (MPC), perhatikan skenario belanja. Seseorang yang suka belanja mungkin punya MPC besar, katakanlah (0,99). Ini berarti untuk setiap satu dolar tambahan ia dapatkan setelah dikurangi pajak, ia belanjakan $ 0,99. MPC mengukur kepekaan perubahan dalam satu variabel, konsumsi, terhadap perubahan pada variabel lain, pendapatan.

6 C Y C APC = C/Y = C/Y + c 1 1 APC 1 APC 2 Fungsi konsumsi menunjukkan tiga sifat yang Keynes duga. Pertama, kecenderungan meng- konsumsi marjinal c antara nol dan satu. Kedua, kecenderungan mengkonsumsi rata-rata turun seiring pendapatan meningkat. Ketiga, konsumsi ditentukan oleh pendapatan saat ini Y. Fungsi konsumsi menunjukkan tiga sifat yang Keynes duga. Pertama, kecenderungan meng- konsumsi marjinal c antara nol dan satu. Kedua, kecenderungan mengkonsumsi rata-rata turun seiring pendapatan meningkat. Ketiga, konsumsi ditentukan oleh pendapatan saat ini Y. Ketika Y naik, C/Y turun, sehingga kecenderungan mengkonsumsi rata-rata C/Y turun. Perhatikan tingkat bunga tak dimasukkan dalam persamaan ini sebagai penentu konsumsi.

7 1. Ingin membangun teori umum (general theory) / (overall theory) 2. Dalam moneter atau uang dipandang sebagai alat tukar, satuan hitung, dan penyimpan nilai 3. Teori suku bunga 4. Peranan investasi menentukan peluang kerja 5. (supply create its own human), penawaran akan mencapai permintaan

8


Download ppt " Adalah nama suatu teori ekonomi yang diambil dari John Maynard Keynes, seorang ekonom Inggris yang hidup antara tahun 1883 sampai 1946.  Teori konsumsi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google