Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS KELOMPOK SUMBER,MATERI,PENYUSUNAN,DAN PENGEMBANGAN IPS Di ajukan sebagai syarat mengikuti Kuliah Konsep Dasar IPS Dosen Pengampu : Drs.Pamujo,MM.M.Pd.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS KELOMPOK SUMBER,MATERI,PENYUSUNAN,DAN PENGEMBANGAN IPS Di ajukan sebagai syarat mengikuti Kuliah Konsep Dasar IPS Dosen Pengampu : Drs.Pamujo,MM.M.Pd."— Transcript presentasi:

1 TUGAS KELOMPOK SUMBER,MATERI,PENYUSUNAN,DAN PENGEMBANGAN IPS Di ajukan sebagai syarat mengikuti Kuliah Konsep Dasar IPS Dosen Pengampu : Drs.Pamujo,MM.M.Pd Kelompok 7 Kelas : 1/F Nama : 1.Ardi Nurrosid Sidik A ( ) 2. Laeli Mahfiroh( ) 3. Putri Handayani( ) 4. Rahmat Arifudin( ) 5. Rosdiana Aandasari( ) 6.Sofiana Ratnasari ( ) PROGRAN STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO 2012

2 2.Penyusunan dan Pengembangan Materi Ilmu Pengetahun Sosial

3 Ilmu Sosial sebagai Sumber IPS Masyarakat sebagai Sumber dan Materi IPS

4 a. Geografi yang mengungkapkan kesuburan tanah,jenis- Jenis mata pencaharian penduduk,jenis dan penyeb aran sumber daya,transportasi komunikasi,Iklim dan pegaruhnya terhadapkehidupan,pemukiman tenaga air,globe dan lain-lainya,harus menjadi sumber dan materi IPS.

5

6 Catatan sejarah berfungsi untuk mewariskan dan melestarikan informasi masa lampau;contohnya seperti;naskah papirus kuno,tulisan hiroglyph,tulisan pada lempengan lempung,biografi,memori dan penuturan lisan seperti sage dan legende

7 Materi dari sumber daya dan modal yang terbatas,produksi bahan kebutuhan, pengangkutanya, distribusinyadanlain-lain kegiatan usaha yang saling memenuhi kebutuhan diantara berebagai kelompok manusia dan antara berabagai kelompok daerah,menjadi sumber dan materi IPS

8 Kemampuan manusia menciptakan hasil-hasil kebudayaan dengan perkembangan dari keadaanya yang sederhanaan kepada keadaan yang makin maju,merupakan sumber dan materi yang haru dipelajari pada pengajaran IPS.

9 Menyajikan pelajaran tentang pemerintahan,kenegaraan,proses politik dan tentang kebijaksanaan merupakan sumber pengajaran IPS yang dapat memupuk kesadaran anak-didik terhadap hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

10 Ilmu pengetahuan Sosial adalah bidang pengetahuan yang digali dari kehidupan praktis sehari-hari di masyarakat. Pengajaran IPS bukan hanya sekedar menyajikan materi-materi yang akan memenuhi ingatan para siswa,melainkan lebih jauh,kebutuhanya sendiri dan sesuai dengan kebutuhan dan tuntunan masyarakat.

11 Pengertian Dasar PPSI PPSI merupakan tata cara mengembangkan sistem pengajaran yang menekankan pada pencapain Tujuan Instruksional secara langsung melalui evaluasi yang diterpakan untuk menguji tujuan tersebut. Tujuan Instruksional tersebut dirumuskan terlebih dahulu,baru kemudian komponen- komponen lainya.secara singkat pengembangnya sebagai berikut : -Perumusan Tujuan instruksional Khusus (TIK) -Penyusan alat evaluasi sesuai dengan TIK -Penentuan kegiatan belajar dan materi pelajaran -Perencanaan program kegiatan,dan akhirnya -Pelaksanaan program

12 Pedoman penyusunan TIK ini,adalah pokok bahasan yang disampaikan kepada kelas.Jadi yang menjadi pegangan pada penyusunan TIK ini adalah segi kognitif,afektif,dan psikomotor.  Tujuan Kognitif : -Siswa mampu menunjukan macam-macam.....  Tujuan afektif : -Siswa mampu mengajukan pertanyaan tentang.....  Tujuan Psikomotor : -Siswa mampu menggunakan..... untuk.....

13 Penyusunan alat evaluasi dini berarti menyusun item test,baik yang akan dilancarkan untuk test tertulis,maupun untuk test lisan.item test untuk ujian tertulis dapat digunakan untuk test formatif atau test sumatif.Sedangakn item test lisan dapat dilaksanakan melalui tanya-jawab selama proses belajar mengajar berlangsung.

14 Menyusun dan menentukan kegiatan siswa dalam rangka PBM IPS ini, terutama harus berorientasi kepada TIK yang telah ditentukan. Oleh karena itu, penentuan kegiatannya harus didasarkan atas pengembangan pengetahuan, pengertian, berfikir, dan kesadaran, tanggung jawab, dan ketrampilan.

15 Perencanaan program kegiatan, merupakan perencanaan PBM untuk tiap pertemuan belajar-mengajar, untuk satu bulan, untuk satu semester, dan seterusnya. Perencanaan kegiatan ini, merupakan rangkaian dan perpaduan langkah kesatu (TIK), langkah kedua (alat evaluasi), dan langkah ketiga (penentuan kegiatan dan materi pelajaran.

16 Untuk mengetahui keberhasilan PBM dalam arti meningkatkan kecakapan para siswa (archievement), kita dapan melakukan pre-test lebih dulu. Pretest ini dimaksudkan untuk mengetahui kecakapan siswa sebelum PBM dalam rangka pelaksanaan program yang akan dilakukan.

17 Penerapan PPSI pada pengajaran IPS, tidak dapat dilepaskan dari satuan pelajarannya. Satuan pelajaran ini merupakan program pengajaran yang akan dilaksanakan di dalam kelas atau ditempat lain (di lapangan, di laboratorium). Satuan pelajaran ini minimal untuk PBM satu jam pelajaran.

18 DAFTAR PUSTAKA Daldjoeni,N.1981.Dasar-dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alumni. Sapriya.2009.PendidikanIPS.Bandung:PTRemajaRosdakary a.Sumaatmadja,Nursid.1980.Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.Bandung:Alumni.

19 Thank”s


Download ppt "TUGAS KELOMPOK SUMBER,MATERI,PENYUSUNAN,DAN PENGEMBANGAN IPS Di ajukan sebagai syarat mengikuti Kuliah Konsep Dasar IPS Dosen Pengampu : Drs.Pamujo,MM.M.Pd."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google