Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1.2 (Part 2) Kelangkaan /Scarcity. Indikator Kelangkaan dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya Kelangkaan barang dan jasa diidentifikasikan sesuai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1.2 (Part 2) Kelangkaan /Scarcity. Indikator Kelangkaan dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya Kelangkaan barang dan jasa diidentifikasikan sesuai."— Transcript presentasi:

1 1.2 (Part 2) Kelangkaan /Scarcity

2 Indikator Kelangkaan dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya Kelangkaan barang dan jasa diidentifikasikan sesuai dengan faktor-faktor penyebabnya. Biaya peluang dideskripsikan sesuai pengertiannya dengan benar Contoh biaya peluang ditunjukkan pada kesempatan kerja

3 Tujuan Pembelajaran Setelah pembelajaran selesai siswa dapat : Mendeskripsikan pengertian kelangkaan dengan benar Mengidentifikasi faktor penyebab kelangkaan Mendeskripsikan biaya peluang Mendeskripsikan biaya peluang melalui contoh

4 Diskusi Ketika menghadapi gap/ketidakseimbangan antara kebutuhan dengan alat pemuas kebutuhan apa yang harus manusia lakukan? Bagaimana manusia menghadapi keterbatasan terutama keterbatasan alat pemuas kebutuhan (benda dan Jasa) Kenapa keterbatasan bisa terjadi?

5 Peta Konsep Materi

6 KELANGKAAN Kelangkaan Inti permasalahan ilmu ekonomi adalah masalah kelangkaan (scarcity). Kelangkaan merupakan suatu keadaan yang tidak seimbang antara jumlah barang dan jasa yang terbatas sebagai alat pemenuhan kebutuhan dengan kebutuhan manusia yang jumlahnya tidak terbatas.

7 FAKTOR PENYEBAB SCARCITY  Faktor-faktor penyebab kelangkaan sumber daya atau alat pemenuhan kebutuhan, di antaranya: 1. keterbatasan sumber daya alam; 2. keterbatasan kemampuan produsen dalam menghasilkan barang-jasa; 3. sifat manusia tidak pernah merasa puas ; 4. laju pertumbuhan penduduk meningkat; 5. terjadinya berbagai bencana alam. 6. Sumber daya manusia 7. Kecerobohan manusia 8. Kreativitas manusia

8 Studi Case tentang Scarcity A. Sumber Daya Alam Sumber daya alam dikelompokkan menjadi sebagai berikut.  Sumber Daya alam yang Dapat Diperbarui Contohnya pohon yang ditebang harus segera ditanam bibit yang baru (reboisasi).  Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui Contohnya batu bara, timah, minyak bumi. Jika habis persediaannya akan mengalami kesulitan untuk mendapatkannya kembali.

9 Beberapa contoh sumber daya alam, antara lain: Tanah: untuk pertanian, perkebunan, peternakan, lahan perindustrian dan perumahan. Semakin bertambahnya jumlah penduduk, semakin sempit lahan pertanian karena terdesak oleh perumahan-perumahan dan fasilitas umum lainnya. Hutan: Isi hutan berupa pohon-pohon yang dimanfaatkan untuk membuat alat pemenuhan kebutuhan manusia. Contohnya kayu jati untuk membuat kusen, kursi, dan lemari.

10 Udara dan sinar matahari: digunakan untuk pernafasan dan sinar matahari yang menghasilkan ultra violet dan vitamin D yang dibutuhkan tubuh manusia dan tenaga surya dapat menggantikan posisi listrik atau minyak bumi untuk penerangan dan transportasi. Air: sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Sebagian tubuh kita terdiri atas air. Air sungai, air danau, dan air laut dapat diperoleh secara gratis, tetapi air di perkotaan menjadi barang yang mahal atau langka.

11 Barang tambang: jumlahnya terbatas seperti, emas, perak, biji besi, dan timah. Jika habis persediaannya baru akan tersedia lagi dalam waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, penggunaannya harus efektif dan efisien supaya terjaga kesediaannya sampai generasi mendatang.

12 Sumber Daya Manusia Sumber daya manusia merupakan kekuatan manusia baik jasmani maupun rohaninya. Kekuatan manusia harus dilatih dan di didik agar mampu mengelola secara efektif sumber daya alam yang tersedia di alam. Misalnya, mengelola pertanian, diperlukan pengetahuan dan pengalaman yang cukup supaya produktif dan menghasilkan secara optimal.

13 Sumber Daya Modal Sumber daya modal merupakan hasil karya manusia yang dapat digunakan dalam memperlancar proses produksi, berupa uang atau barang (bahan Baku atau bahan mentah, gedung, peralatan, mesin dan alat bantu lainnya). Sumber daya fluidal banyak dikuasai oleh negara-negara maju. Adapun di negara- negara Berkembang, sumber daya modal sangat langka atau sedikit jumlahnya, untuk memprolehnya dilakukan peminjaman kepada negara- negara maju dengan berbagai persyaratan ketat.

14 Sumber Daya Kewirausahaan (Entrepreneurship) Sumber daya ini memiliki fungsi mengelola dan menggabungkan faktor produksi alam, tenaga kerja, dan modal untuk menghasilkan barang dan jasa kebutuhan manusia. Namun, pengusaha yang memiliki jiwa kewirausahaan jumlahnya masih sangat sedikit karena seorang entrepreneur yang berkualitas mampu menghasilkan produk-produk yang bermutu Dan disukai oleh pembeli dengan Memaksimalkan kelangkaansumber- sumber yang ada.

15 ALTERNATIF TINDAKAN Tindakan ekonomi adalah setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan. misalnya: Ibu memasak dengan kayu bakar karena harga minyak tanah sangat mahal. Tindakan ekonomi terdiri atas dua aspek, yaitu : a.Tindakan ekonomi Rasional, setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan dan kenyataannya demikian b.Tindakan ekonomi Irrasional, setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan namun kenyataannya tidak demikian.

16 BIAYA PELUANG (OPORTUNITY COST) Biaya peluang atau biaya kesempatan adalah biaya yang dikeluarkan ketika memilih suatu kegiatan. Berbeda dengan biaya sehari-hari, biaya peluang muncul dari kegiatan alternatif yang tidak bisa kita lakukan.biaya sehari-hari contoh, misalkan seseorang memiliki uang Rp Dengan uang sebesar itu, ia memiliki kesempatan untuk bertamasya ke Bali atau membeli sebuah TV. Jika ia memilih untuk membeli TV, ia akan kehilangan kesempatan untuk menikmati keindahan Bali; begitu pula sebaliknya, apabila ia memilih untuk bertamasya ke Bali, ia akan kehilangan kesempatan untuk menonton TV. "Kesempatan yang hilang" itulah yang disebut sebagai biaya peluang.

17

18 TERIMA KASIH


Download ppt "1.2 (Part 2) Kelangkaan /Scarcity. Indikator Kelangkaan dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya Kelangkaan barang dan jasa diidentifikasikan sesuai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google