Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

G RID COMPUTING DISTRIBUTED SYSTEM Nama kelompok : Hera Nurfadillah 1410004 Pujianti 1409021.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "G RID COMPUTING DISTRIBUTED SYSTEM Nama kelompok : Hera Nurfadillah 1410004 Pujianti 1409021."— Transcript presentasi:

1 G RID COMPUTING DISTRIBUTED SYSTEM Nama kelompok : Hera Nurfadillah Pujianti

2 A PA ITU GRID COMPUTING ??? Plaszczak / Wellner mendefinisikan teknologi grid sebagai "teknologi yang memungkinkan virtualisasi sumber daya, on-demand provisioning, dan layanan (sumber daya) sharing antar organisasi. IBM mendefinisikan komputasi grid sebagai "kemampuan, dengan menggunakan satu set standar dan protokol terbuka, untuk mendapatkan akses ke aplikasi dan data, pengolahan daya, kapasitas penyimpanan dan array yang luas dari sumber daya komputasi lain melalui Interne

3 Buyya / Venugopal mendefinisikan grid sebagai "jenis sistem paralel dan terdistribusi yang memungkinkan berbagi, seleksi, dan agregasi geografis didistribusikan otonom sumber daya secara dinamis pada saat runtime tergantung pada ketersediaan, kemampuan, kinerja, biaya, dan 'pengguna kualitas- of-service persyaratanotonom Menurut CERN sebuah layanan untuk berbagi daya komputer dan kapasitas penyimpanan data melalui InternetInternet

4 Menurut Ian Foster (bapak dari Komputasi Grid) bahwa suatu sistem melakukan komputasi grid yaitu : Sistem tersebut melakukan koordinasi terhadap sumberdaya komputasi yang tidak berada dibawah suatu kendali terpusat. Sistem tersebut menggunakan standard dan protokol yang bersifat terbuka (tidak terpaut pada suatu implementasi atau produk tertentu). Sistem tersebut berusaha untuk mencapai kualitas layanan yang canggih, (nontrivial quality of service) yang jauh diatas kualitas layanan komponen individu dari komputasi grid tersebut.

5 Beberapa konsep dasar dari Komputasi Grid : Sumber daya dikelola dan dikendalikan secara lokal. Sumber daya berbeda dapat mempunyai kebijakan dan mekanisme berbeda, mencakup Sumber daya komputasi dikelola oleh sistem batch berbeda, Sistem storage berbeda pada node berbeda, Kebijakan berbeda dipercayakan kepada user yang sama pada sumber daya berbeda pada Grid. Sifat alami dinamis: Sumber daya dan pengguna dapat sering berubah Lingkungan kolaboratif bagi e-community (komunitas elektronik, di internet)

6 Tiga hal yang di-, sharing dalam sebuah sistem grid, antara lain : 1. Resource 2. Network 3. Proses

7 keuntungan dasar dari penerapan komputasi Grid, yaitu: Perkalian dari sumber daya: Resource pool dari CPU dan storage tersedia ketika idle Lebih cepat dan lebih besar: Komputasi simulasi dan penyelesaian masalah apat berjalan lebih cepat dan mencakup domain yang lebih luas Software dan aplikasi: Pool dari aplikasi dan pustaka standard, Akses terhadap model dan perangkat berbeda, Metodologi penelitian yang lebih baik Data: Akses terhadap sumber data global, dan Hasil penelitian lebih baik

8 3 karakteristik atau ciri utama dari suatu sistem grid, yaitu : 1. Tidak ada kontrol terhadap resource yang controlized 2. Memiliki kesamaan standar protokol, misal TCP/IP 3. Memberikan layanan yang canggih (non trivial QoS)

9 JENIS JENIS GRID COMPUTING : 1. Gram (Grid Resources Allocation & Management) 2. RFT/GridFTP (Reliable File Transfer/Grid File Transfer Protocol) 3. MDS (Monitoring and Discovery Service) 4. GSI (Grid Security Infrastructure)

10 KEKURANGAN DARI GRID COMPUTING : 1.Manajemen institusi yang terlalu birokratis menyebabkan mereka enggan untuk merelakan fasilitas yang dimiliki untuk digunakan secara bersama agar mendapatkan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat luas. 2.Masih sedikitnya sumber daya manusia yang kompeten dalam mengelola grid computing. 3.Kurangnya pengetahuan yang mencukupi bagi teknisi IT maupun user non teknisi mengenai manfaat dari grid computing itu sendiri.

11 PERTANYAAN Gambar proses grid computing Lapisan grid computing Dilihat dari keuntungannya mempercepat proses, apakah hardware dan software itu mempengaruhi proses ?

12 J AWABAN G

13 L APISAN G RID C OMPUTING Native: layanan yang menyediakan akses ke sumber daya lokal di produser, biasanya berupa binding ke bahasa pemrograman atau layanan sistem operasi. Resources: mendefinisikan unit dan property sumber daya untuk menilai kapabilitas produser dan kebutuhan beban consumer. Discovery: inilah layanan yang memungkinkan produser mengiklankan sumber daya yang ada padanya sehingga kelak dapat ditemukan oleh konsumer. Mobility: layanan ini menyediakan layanan pemindahan Collaboration: tugas utama layanan ini adalah mengkoordinasi / menjadwalkan distribusi sehingga pemakaian sumberdaya secara global menjadi optimal. Recovery: layanan yang bertugas menyelamatkan migrant sebisa mungkin jika ada kegagalan pada sistem.

14 D ILIHAT DARI KEUNTUNGANNYA MEMPERCEPAT PROSES, APAKAH HARDWARE DAN SOFTWARE ITU MEMPENGARUHI PROSES ? Dua-duanya mempengaruhi dalam proses, hardware dan software memiliki kapasitas dan kemampuan untuk melakukan proses yang dibutuhkan. Apabila software yang digunakan sudah versi terbaru tapi hardware tidak bisa menstimulasikan software maka akan memepengaruhi proses yang dilakukan.

15 SEKIAN ………… ARIGATO GOZAIMASU ^_^


Download ppt "G RID COMPUTING DISTRIBUTED SYSTEM Nama kelompok : Hera Nurfadillah 1410004 Pujianti 1409021."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google