Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dosen: Fenni Supriadi, SE.,MM

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dosen: Fenni Supriadi, SE.,MM"— Transcript presentasi:

1 Dosen: Fenni Supriadi, SE.,MM

2 Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa akan memahami teknik dan strategi dalam analisis peluang pasar untuk perusahaan online.

3 Pokok Bahasan : Analisis peluang pasar untuk perusahaan online Kerangka kerja analisis peluang pasar Analisis strategi peluang pasar

4

5 Toko Online di Indonesia

6 Toko Online di Indonesia

7 Toko Online di Indonesia

8 Analisis Potensi Bisnis di Indonesia Indonesia adalah negara yang mempunyai jumlah penduduk sangat banyak. Dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa membuat Indonesia menempati urutan ke-4 di dunia

9 Analisis Potensi Bisnis di Indonesia Indonesia menjadi target pasar yang sangat bagus bagi perdagangan dunia baik offline maupun online. Di bisnis offline Indonesia adalah pasar empuk yang telah lama dinikmati pebisnis global ditambah dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah.

10 Analisis Potensi Bisnis di Indonesia Indonesia sekarang mempunyai penetrasi pengguna internet yang sangat besar, data menunjukkan bahwa 20% penduduk Indonesia menggunakan internet untuk berbagai keperluan

11 Analisis Potensi Bisnis di Indonesia Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia juga sangat mencengangkan. Namun menurut beberapa survey total jumlah transaksi ecommerce di Indonesia adalah 5% dari total pengguna internet.

12 Analisis Potensi Bisnis di Indonesia Minimnya transaksi online di Indonesia di sebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bisnis online itu sendiri. Masyarakat konvensional belum 100% percaya untuk berbelanja secara online. Di samping itu kurangnya infrastruktur internet juga menyebabkan lambatnya perkembangan ecommerce di Indonesia.

13 Analisis Potensi Bisnis di Indonesia Pertumbuhan e-commerce di Indonesia terdapat peluang besar yang bisa didapatkan. Salah satu peluang itu muncul dengan semakin bertambahnya jumlah masyarakat kaum ekonomi menengah. Masyarakat golongan ini adalah target market baru bagi bisnis online

14 Analisis Potensi Bisnis di Indonesia Kemajuan di bidang pendidikan juga berdampak positif terhadap bisnis online. Lambat laun masyarakat menjadi lebih cerdas dan menginginkan sesuatu yang lebih praktis. Termasuk juga dalam berbelanja, sehingga dapat diprediksi bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara pengguna ecommerce terbesar di dunia dalam beberapa dekade kedepan.

15 Analisis Potensi Bisnis di Indonesia Sebagai seorang entrepreneur tidak ingin kehilangan momen dan kesempatan. Alasannya sederhana jika mulai saat ini anda membangun brand (merek) di bisnis online maka di kemudian hari anda akan menguasai pasaran

16 Analisis Potensi Bisnis di Indonesia Hal inilah yang sudah mulai dilakukan oleh beberapa perusahaan nasional maupun multinasional. Salah satunya adalah perusahaan rokok Djarum yang mendirikan online store BliBli

17 Analisis Potensi Bisnis di Indonesia Djarum dengan BliBli-nya secara agresif melakukan penetrasi pasar dengan berbagai media, termasuk juga dengan media non-online. Tujuannya adalah disamping mengejar profit dari penjualan juga dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang berbelanja secara online

18 Cara Membuat Analisa SWOT Untuk E-Commerce : Online Shopping

19 SWOT ANALYSIS

20 Cara Membuat Analisa SWOT Untuk E-Commerce : Online Shopping Strengths and weaknesses bersifat internal, Mereka Diukur pada patokan komparatif. Opportunities and threats berasal dari hal external - hubungannya dengan industri di luar perusahaan. Threats datang dari kompetitor atau pesaing

21 Cara Membuat Analisa SWOT Untuk E-Commerce : Online Shopping Strengths and weaknesses bersifat internal, Mereka Diukur pada patokan komparatif. Opportunities and threats berasal dari hal external - hubungannya dengan industri di luar perusahaan. Threats datang dari kompetitor atau pesaing

22 Cara Membuat Analisa SWOT Untuk E-Commerce : Online Shopping Tujuan dari analisis SWOT adalah untuk membangun Kekuatan dan meminimalkan kelemahan. Cepat untuk mengambil keuntungan dari peluang yang ada dan mencoba untuk mengurangi ancaman dari luar.

23 Cara Membuat Analisa SWOT Untuk E-Commerce : Online Shopping Pengusaha e-commerce online shop harus dapat membandingkan hasil kerja mereka dengan penjual online lainnya dan juga dengan retailer offline

24 Cara Membuat Analisa SWOT Untuk E-Commerce : Online Shopping Situasi pasar sangat mudah untuk berubah. Jika 5 tahun lalu dianggap sebagai “opportunity” sekarang mungkin sudah bukan lagi. Misalnya, sepuluh tahun yang lalu salah satu keuntungan dari situs e-commerce adalah bisa berbelanja 24 jam sementara toko offline tidak.

25 Cara Membuat Analisa SWOT Untuk E-Commerce : Online Shopping Sekarang hampir semua retailer offline tradisional di US memiliki website yang bersaing dengan seller yang hanya menjual di online selama 24 jam sehari.

26 Strengths / Kekuatan Apa yang perusahaan/organisasi telah lakukan untuk menjadi lebih baik dibanding yang lain dalam industri yang sama? Untuk e-commerce biasanya adalah pilihan produk yang lebih besar, atau lebih cepat dan lebih murah dalam hal pengiriman dibanding e-commerce lainnya.

27 Strengths / Kekuatan Apakah perusahaan/organisasi membuat perbandingan harga dengan lebih mudah dan cepat? Apakah perusahaan menyarankan pilihan produk lain (product discovery) untuk pelanggannya? Ini adalah keunggulan kompetitif.

28 Strengths / Kekuatan Apa yang membuat bisnis unik? Apakah perusahaan menawarkan produk yang tidak tersedia di tempat lain? Apakah barang perusahaan homemade atau tidak ? Apakah posisi keyword yang ditarget di google sudah berada pada posisi yang bagus dan menjadi kekuatan perusahaan ?

29 Weakness / Kelemahan Karena proses shipping yang memakan waktu, customer satisfaction tidak terjadi dengan segera dalam e-commerce / online shop. Barang berat, besar dan tidak tahan lama adalah barang yang mahal untuk dikirim. Biaya kirim selalu menimbulkan kesulitan.

30 Weakness / Kelemahan Keamanan dan penipuan membuat banyak orang khawatir dan enggan untuk menggunakan kartu kredit mereka dalam transaksi online.

31 Opportunity / Peluang Teknologi baru apa yang dapat membantu Perusahaan/organisasi mengembangkan bisnisnya dan untuk mencapai keuntungan lebih dari pesaing?” dan “Di mana kelemahan pesaing perusahaan ?”

32 Opportunity / Peluang E-commerce berubah setiap hari. Teknologi baru dan fitur telah membuat banyak lokasi playground baru dibandingkan seller offline tradisional. Misalnya, perbaikan software shopping cart telah membuat pengalaman belanja pelanggan lebih cepat dan ramah.

33 Opportunity / Peluang Live chat telah meningkatkan layanan pelanggan e-commerce dan bisa menjadi kesempatan bagi perusahaan e-commerce untuk lebih memahami preferensi pelanggan.

34 Opportunity / Peluang Munculnya bisnis model “content based commerce” membuka peluang baru untuk online shop untuk membangun brand value/brand equity dengan lebih baik dan menghindari komoditisasi di internet (di mana online shop satu dan yang lain dianggap sama)

35 Opportunity / Peluang Situs Sosial Media (Sosmed) Memberikan promosi gratis atau murah apalagi jika dikombinasikan dengan viral marketing. Tapi itu terserah kepada perusahaan, sebagai merchant online, untuk tertinggal atau mengadopsi fitur baru.

36 Threat / Ancaman Perusahaan harus selalu mencari pergeseran industri yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnisnya. Ini termasuk perubahan hukum dan peraturan. Misalnya, undang-undang yang dibuat kongres USA terkait internet sales tax dan aturan domain id untuk penyelenggara e-commerce indonesia.

37 Threat / Ancaman Entry barrier yang rendah dalam membuat e- commerce juga merupakan ancaman. Sangat mudah untuk membuat e-commerce untuk bisnis, bahkan di garasi. Orang bisa menjual barang melalui Facebook atau eBay tanpa memiliki website.

38 Analisis Segmenting, Targeting & Positioning

39 Segmenting : Mengelompokkan Pasar Secara Relevan

40 Segmenting adalah proses membagi pasar berdasarkan karakteristik dan kebutuhan pelanggan. Kebutuhan segmenting muncul berdasarkan fakta bahwa pasar tidak bersifat homogen. Suatu produk mesti dibagi berdasarkan kelompok pengguna yang berbeda. Variabel yang digunakan untuk mengelompokkan pasar biasanya adalah variabel demografi, psikografi, dan behavioral

41 Faktor yang digunakan dalam menyusun Ssegmentasi Pasar

42 Targeting : Orang seperti apa yang akan membeli

43 Targeting adalah salah satu cara mencapai pemasaran yang efektif dan efisien, yaitu dengan memilih segmen pasar yang akan dituju. Tahap targeting seperti namanya adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar.

44 Positioning : Bukan sekedar tagline, moto atau slogan

45 Positioning : Bukan sekedar tagline, moto atau slogan

46 Positioning : Bukan sekedar tagline, moto atau slogan

47 Positioning : Bukan sekedar tagline, moto atau slogan

48 Positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja keunggulannya. Positioning yang tepat mesti menciptakan perbedaan, relevan dengan produk/jasa, dan kredibel sesuai keunggulan kompetitif yang dimiliki

49 Hasil akhir dari proses penyusunan positioning adalah pernyataan positioning. Pernyataan tersebut dapat berbagai bentuk, yang tentunya dipahami oleh internal dan personel perusahaan. Tagline, moto, slogan, atau jargon merupakan salah satu bentuk perwujudan pernyataan positioning

50 Strategi Bauran Pemasaran Jika STP dilakukan untuk mengidentifikasikan customer value. Maka 4P ini ada pada tahap menyalurkan customer value dan mengkomunikasikan customer value kepada pasar.

51 Strategi Bauran Pemasaran

52 SELESAI SEMOGA BERMANFAAT


Download ppt "Dosen: Fenni Supriadi, SE.,MM"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google