Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Alberth Roy Kota (662009018) Penerapan R-Chart pada karakteristik pH parfum Remaja dari perusahaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Alberth Roy Kota (662009018) Penerapan R-Chart pada karakteristik pH parfum Remaja dari perusahaan."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Alberth Roy Kota ( ) Penerapan R-Chart pada karakteristik pH parfum Remaja dari perusahaan “Valentine ”

2 Abstrak Pengendalian kualitas memiliki peranan penting dalam bidang industri. Penjagaan atau peningkatan mutu/kualitas produk sangat penting dalam keberlangsungan usaha produk tersebut. Untuk itu, perlu adanya suatu cara untuk menjaga kualitas produk yang akan di pasarkan maupun dikonsumsi oleh konsumen yang dapat dilihat dari beberapa segi salah satunya melalui karakteristik pH produk parfum tersebut. Salah satu metode statistik yang digunakan dalam mengendalikan produk adalah penggunaan grafik pengendali (R-Chart). Hasil dari penelitian ini akan menunjukkan bahwa sampel pH pada parfum perusahaan ”Valentine” berada pada batas kendali yang diharapkan yang berarti kualitas pH parfum remaja sudah baik.

3 Pendahuluan Penjagaan atau peningkatan mutu/kualitas produk sangat penting dalam keberlangsungan usaha produk tersebut. Untuk itu, perlu adanya suatu cara untuk menjaga kualitas produk yang akan di pasarkan maupun dikonsumsi oleh konsumen. Kualitas produk dapat dilihat dari beberapa segi salah satunya melalui karakteristik produk tersebut. Kualitas produk yang sesuai dengan harapan yang perlu dipertahankan dan dijaga, bahkan perlu untuk ditingkatkan. Salah satu cara yang digunakan untuk mengetahui/menjaga kualitas produk adalah penggunaan metode statistik pengendalian kualitas. Data akan diolah menggunakan metode statistik parametrik menggunakan grafik pengendali diagram R-Chart untuk mengetahui kualitas produk terkendali yang akan dipasarkan.

4 Rumusan Masalah dan Tujuan Rumusan Masalah Bagaimana membuat grafik pengendali kualitas produk parfum perusahaan “Valentine” dilihat dari karakteristik pH menggunakan R-Chart? Tujuan Memperoleh grafik pengendali kualitas produk parfum perusahaan “Valentine” dilihat dari karakteristik pH menggunakan R-Chart

5 Dasar Teori Dalam pengendalian kualitas sering digunakan pengendalian proses statistik. Salah satu teknik pengendalian proses statistik adalah grafik pengendali (control chart). Pembuatan grafik pengendali pada umumnya selalu didasarkan pada asumsi bahwa suatu proses produksi berdistribusi normal. Namun dalam kenyataannya, karakteristik kualitas proses produksi tidak selalu berdistribusi normal (Najib, 2007). Grafik pengendali adalah teknik pengendali proses pada jalur yang digunakan secara luas yang biasanya digunakan untuk menaksir parameter suatu proses produksi menentukan kemampuan dan memberikan informasi yang berguna dalam meningkatkan proses itu (Montgomery, 1990). Pembuatan grafik pengendali univariat dapat menggunakan beberapa variabel pengendali kontrol seperti R-Chart (website Braun).

6 Diagram R (R-Chart) Diberikan data Cari rata-rata R Unsur-unsur dalam menentukan/membuat diagram R yaitu: Batas kendali atas: UCL = D4 x CL Garis tengah: CL Batas kendali bawah: LCL = D3 x CL Dasar Teori N A2D3D

7 Analisis dan Pembahasan Data yang diperoleh itu adalah data yang univariat dengan jumlah 320 data yang dibagi dalam bentuk matriks berordo 40 x 8. Baris dari matriks tersebut menyatakan banyaknya subkelompok dari sampel dan kolom dari matriks tersebut menyatakan sampel Data tersebut akan diolah menggunakan program “R” dan menghasilkan grafik pengendali yang diinginkan. Terlebih dahulu di uji kenormalan data dilihat berdasarkan histogramnya yang berbentuk lonceng dan QQ-Plotnya.

8 Analisis dan Pembahasan

9

10 PENERAPAN DIAGRAM R Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan pada diagram pengendali selanjutnya menentukan batas pengendali diagram R. Batas tengah: = Batas kendali atas: = Batas kendali bawah = Sehingga menghasilkan grafik pengendali sebagai berikut Analisis dan Pembahasan

11

12 PENERAPAN DIAGRAM R Dari hasil perhitungan yang kedua batas pengendali diagram R yang baru berdasarkan data diluar kendali yang dibuang. Batas tengah: = Batas kendali atas: = Batas kendali bawah = Sehingga menghasilkan grafik pengendali sebagai berikut Analisis dan Pembahasan

13

14 Kesimpulan Diagram pengendali R berhasil diterapkan untuk mengendalikan kualitas pH produk dari parfum remaja dari perusahaan “Valentine”. Diagram pengendali R juga dapat memeriksa data yang berada pada batas kendali atas dan bawah dari kualitas yang diharapkan. Dapat disimpulkan bahwa kualitas pH parfum remaja perusahaan Valentine sudah baik.

15 LAMPIRAN V1V2V3V4V5V6V7V

16 Terima kasih


Download ppt "Oleh: Alberth Roy Kota (662009018) Penerapan R-Chart pada karakteristik pH parfum Remaja dari perusahaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google