Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Protokol Keamanan. Pendahuluan Penggunaan berbagai macam aplikasi internet ataupun transaksi elektronik saat ini sudah menjadi bagian dari masyarakat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Protokol Keamanan. Pendahuluan Penggunaan berbagai macam aplikasi internet ataupun transaksi elektronik saat ini sudah menjadi bagian dari masyarakat."— Transcript presentasi:

1 Protokol Keamanan

2 Pendahuluan Penggunaan berbagai macam aplikasi internet ataupun transaksi elektronik saat ini sudah menjadi bagian dari masyarakat. Namun, dalam penggunaannya selalu dihadapkan dengan berbagai masalah keamanan, salah satunya adalah masih banyaknya protokol di internet yang belum menjamin autentikasi. Salah satu gambaran dari rawannya autentikasi yaitu banyak tools yang bisa digunakan hacker untuk mencuri password dari client atau server, sehingga hacker tersebut bisa menyamar seolah-olah dialah pemilik password tersebut (seperti halnya man in the middle attack). Dengan demikian password bisa disalahgunakan dengan mengatasnamakan pemilik password. Oleh karena itu, penting adanya jaminan autentikasi karena autentikasi merupakan suatu cara untuk mengetahui keaslian dari informasi, juga mengenai keaslian sumbernya.

3 Protokol Keamanan Protokol adalah format message yang dipakai untuk berkomunikasi dalam sistem jaringan Beberapa protokol-protokol keamanan yaitu: 1. Secure Socket Layer (SSL) SSL biasanya digunakan untuk mengamankan komunikasi antara browser Web dengan server Web. SSL membuat sebuah link terenkripsi antara klien dan server yang memerlukan komunikasi dengan aman. Otentikasi bisa dilakukan baik pada server maupun klien. SSL juga dapat dipakai dengan aplikasi-aplikasi lain, seperti ftp, telnet, dan lainnya.

4 2. Simple Key Management for Internet Protocol (SKIP) SKIP adalah protokol pertukaran secret key yang beroperasi di bawah layer IP dalam protokol komunikasi TCP/IP. Metode ini dapat dipakai untuk menyediakan keamanan yang transparan antar entitas. 3. Security Multi-part for MIME (S/MIME) S/MIME adalah protokol keamanan aplikasi. Diimplementasikan pada tetapi dapat lebih luas dipakai dalam pesan-pesan yang bersifat store-and- forward.

5 4. Internet Protocol Security Extension (IPSec) IPSec adalah protokol keamanan yang didefinisikan untuk jaringan IP, yang beroperasi pada layer network dalam protokol komunikasi TCP/IP. IPsec menambahkan perpanjangan header pada protokol komunikasi IP dan didesain untuk memberikan keamanan end-to-end bagi paket-paket yang melintasi Internet. 5. Internet Key Exchange (IKE) IKE menyediakan manajemen keamanan dan pertukaran kunci kriptografi antar perangkat yang berjauhan. Ini adalah standar mekanisme pertukaran kunci untuk IPsec.

6 Protokol Keamanan AAA Protokol AAA (Authentication, Authorization, Accounting) digunakan untuk mengatur mekanisme bagaimana tata cara berkomunikasi, baik antara client ke domain- domain jaringan maupun antar client dengan domain yang berbeda dengan tetap menjaga keamanan pertukaran data.

7 1.Autentikasi Autentikasi (Authentication) yaitu proses pengesahan identitas pengguna (end user) untuk mengakses jaringan. Proses ini diawali dengan pengiriman kode unik misalnya, username, password, pin, sidik jari) oleh pengguna kepada server. Di sisi server, sistem akan menerima kode unik tersebut, selanjutnya membandingkan dengan kode unik yang disimpan dalam database server. Jika hasilnya sama, maka server akan mengirimkan hak akses kepada pengguna. Namun jika hasilnya tidak sama, maka server akan mengirimkan pesan kegagalan dan menolak hak akses pengguna.

8 Proses Autentikasi Terdiri dari 4 tahapan yaitu : 1.Autentikasi untuk mengetahui lokasi dari peralatan pada suatau simpul jaringan ( terjadi pada datalink dan network layer) 2.Autentikasi untuk mengenali sitem operasi yang terhubung dengan jaringan ( terjadi pada transport layer) 3.Autentikasi untuk mengetahui proses terjadinya kejadian di suatu simpul jaringan ( terjadi pada session dan presentation layer) 4.Autentikasi untuk mengenali user dan aplikasi yang digunakan ( terjadi pada application layer)

9 2. Autorisasi Autorisasi (Authorization) merupakan prosespengece kan wewenang pengguna, mana saja hak- hak akses yang diperbolehkan dan mana saja yang tidak.

10 3. Accounting Pencatatan (Accounting) merupakan proses pengumpulan data informasi seputar berapa lama user melakukan koneksi dan billing time yang telah dilalui selama pemakaian.

11 Arsitektur jaringan AAA

12 Cara Kerja User melakukan koneksi ke peralatan NAS point to point sebagai langkah awal koneksi ke jaringan. Network Access Server (NAS) sebagai client AAA kemudian melakukan pengumpulan informasi pengguna dan melanjutkan data pengguna ke server. Server AAA menerima dan memproses data pengguna, kemudian memberikan balasan ke NAS berupa pesan penerima atau penolakan pendaftaran dari pengguna. NAS sebagai client AAA kemudian menyampaikan pesan server AAA tersebut kepada pengguna bahwa pendaftaran ditolak atau diterima beserta layanan yang diperkenankan untuk akses.

13 Service yang digunakan untuk protokol keamanan berbasis AAA, terdiri dari : 1. Karberos karberos merupakan protokol keamanan yang bekerja menggunakan secret key. Karberos menggunakan algoritma kriptografi Data Encryption Standart (DES) untuk proses enkripsi dan authentikasinya. Dalam implementasinya karberos biasanya menggunakan tiket atau voucher yang mempunyai jangka waktu. Tiket ini digunakan untuk melakukan koneksi terhadap jaringan yang ingin diakses dengan menggunakan service karberos terhadap authentikasinya.

14 Kerberos ini merupakan metode pengamanan TCP/IP berbasis server-based password authentication. Pada sistem kerberos server, service yang disediakan oleh server dibatasi oleh suatu daftar host serta daftar user yang boleh dan tidah boleh menggunakan layanan Beberapa contoh implementasi service jaringan yang umumnya memerlukan autentikasi, antara lain penggunaan printer pada sebuah jaringan yang hanya diperbolehkan bagi anggota kelompok saja,remote file access, remote login (rlogin), window system, mail dimana pemilik address saja yang dapat mengambil di POP3, danservice management.

15 2. Tacacs+ (Terminal Access Controller Access Control System) Tacacs+ merupakan protokol keamanan cukup banyak digunakan saat ini di masyarakat, karena telah melalui beberapa pengembangan dan modifikasi oleh Cisco System, istilah kerennya saat ini Tacacs+ merupakan proprietary milik perangkat jaringan bermerk Cisco dan hanya digunakan di dalam perangkat bermerk tersebut. Service Tacacs ini disimpan dalam database pada program Tacacs Daemon yang berjalan pada sistem operasi windows ataupun Unix. Protokol Tacacs+ bekerja dengan menggunakan protokol komunikasi TCP/IP Port 49 yang terkenal lebih percaya dalam menghantarkan informasi.

16

17 3.Radius (Remote Authentication Dial-in User Service) Radius merupakan protokol security yang bekerja menggunakan sistem client / server terdistribusi yang banyak digunakan bersama AAA untuk mengamankan jaringan dari orang yang tidak berhak. Dalam topologinya RADIUS klien merupakan perangkat router atau NAS, sedangkan server otentikasinya merupakan RADIUS Server. Dalam server ini semua informasi dan account dari client ditampung. RADIUS menggunakan protokol UDP (User Datagram Protocol) dan menggunakan port 1812 untuk authentication dan 1813 untuk accounting. Saat ini radius banyak digunakan untuk authentikasi hotspot dengan billing system.

18

19 Perbedaan Tacacs+ dan Radius Tacacs+ menggunakan TCP sementara Radius menggunakan UDP. TCP menawarkan transportasi berorientasi koneksi sehingga keamanan data yang dikirim masih sangat terjamin keutuhannya namun memang membutuhkan waktu yang lebih lama pada proses transportasi datanya dibanding UDP, sedangkan UDP menawarkan pengiriman usaha yang terbaik. Tacacs+ server dan Radius server dapat digunakan dalam berbagai macam topologi baik untuk autentikasi antar router yang tehubung dengan PPP, login user pada sebuah website, maupun login user pada sebuah hotspot. Sangat disarankan untuk kepentingan yang mengutamakan keamanan data lebih baik menggunakan Tacacs+, sementara jika digunakan hanya untuk kecepatan akses lebih baik menggunakan Radius

20

21 4. DIAMETER Merupakan protokol keamanan penerus dari RADIUS, jadi cara kerjanya juga sama yaitu merupakan klien server. DIAMETER menggunakan protokol TCP dan SCTP (SCTP adalah suatu transport layer protocol yang beroperasi diatas Internet Protocol (IP). SCTP memiliki beberapa fitur baru seperti Multi-homing, Multi-streaming dan Heartbeat. SCTP adalah suatu protokol yang connection-oriented, dimana memerlukan suatu prosedur call set-up sebelum terjadi pengiriman data)

22 Ilustrasi VPN Misalkan network di Kantor menggunakan IP x, yang terhubung ke Internet di IP Di rumah, anda membuat LAN menggunakan IP x, dan terhubung ke Internet melalui IP Dengan VPN, komputer anda bisa men-dial dan login ke Gateway kantor (yaitu menyambung IP anda melalui menuju IP kantor ), dan komputer anda akan mendapat IP di kelompok x dan dianggap terhubung langsung dengan network di Kantor. Jadi anda bisa membuka Network Neighborhood (My Network Places) dan yang muncul adalah komputer dan shared folder dari network Kantor. Jadi VPN akan membuat suatu "Private Network" (biasanya LAN) walaupun sambungannya melalui "Public Network" (biasanya Internet). "Virtual" disini adalah 'seakan-akan' anda terhubung secara fisik ke LAN tujuan, padahal sebenarnya anda melakukan Remote Access melalui Internet.

23 Saat ini kemampuan dari VPN sudah banyak dimanfaatkan perusahaan atau institusi untuk menghubungkan jaringan antar kantor cabang dan kantor pusat. Kelebihan lainnya dengan menggunakan VPN suatu perusahaan tidak perlu lagi membangun jaringan sendiri ataupun menyewa jaringan khusus / leased lines hanya untuk menghubungkan koneksi data antar kantor, yang sudah pasti biasanya harga sewa jaringan khusus tersebut sangat mahal apabila dibanding sewa jaringan internet.

24

25 Kita tahu kalau data yang telah di-enkripsi, akan mempersulit seorang attacker untuk membaca data, sebab meski berhasil melakukan sniffing/pengintaian attacker masih harus men-deskripsi data tersebut terlebih dahulu supaya dapat dibaca. Untuk mendeskripsi sebuah data biasanya membutuhkan sebuah kunci.

26 Open VPN Salah satu solusi dari aplikasi VPN yang populer adalah OpenVPN. Aplikasi ini dikembangkan oleh James Yonan dan Francis Dinha. OpenVPN adalah solusi VPN open source berbasis SSL, yang mencakup area konfigurasi yang luas, dengan fitur : site ke site VPN, sisi sekuriti dari Wi-Fi, adanya solusi load balancing, failover, dll. Model keamanan dari OpenVPN berbasis pada SSL, yang merupakan standar keamanan industri di internet. Selain itu OpenVPN mensupport OSI Layer 2 atau 3 dengan protokol SSL/TLS, mendukung autentikasi klien berdasar sertifikat, kartu pintar, dll. OpenVPN bukanlah sebuah aplikasi proxy berbasis web, dan dioperasikan tidak menggunakan web browser. OpenVPN dapat dijalankan di sistem operasi Solaris, keluarga FreeBSD/Linux, MacOS dan Windows.

27 Open VPN Open VPN adalah sebuah aplikasi yang open source ( gratis ) digunakan untuk Virtual Private Networking ( VPN ). Aplikasi tersebut bisa kita gunakan untuk membuat koneksi point-to-point tunnel yang telah terenkripsi. Open VPN biasanya menggunakan private keys, certificate, atau username dan password dalam prosesnya untuk melakukan sebuah authentikasi dalam membangun sebuah koneksi jaringan internet.

28 Kegunaan Open VPN Anonymous surfing. Yaitu anda bisa menjelajah internet tanpa terlacak IP asli yang anda miliki, karena IP kita akan terdeteksi IP lain (anonymous), yaitu sesuai dengan IP server VPN yang sedang kita pakai. Kesimpulannya kita online aman dari hacker. Dari segi keamanan informasi yang Anda terima atau kirim melalui internet, memiliki keamanan dengan enkripsi standar VPN 128 bit /1024 bit. Dapat mengakses semua situs-situs yang diblokir. Menjaga keamanan username dan password saat login ke website-website financial dari sniffers.

29 What else ? Yang lebih populer lagi di kalangan masyarakat pada sekarang ini adalah OpenVPN dimanfatkan untuk menikmati Akses Internet Gratis. Provider yang biasa digunakan di Indonesia untuk GSM biasanya Telkomsel (Simpati atau As), Indosat (Im3 atau Mentari), XL, Three, Axis. Kemudian yang CDMA biasanya Smart, Fren, Esia, AHA, dan Flexi. Kecepatannya sangat tergantung pada sinyal serta padat tidaknya trafik BTS yang tercover di daerah tersebut.

30 Yang Anda perlukan hanya menginstalkan beberapa software Open VPN client di komputer atau laptop anda (gratis di openvpn.net), kemudian masukkan file konfigurasi VPN client yang biasanya bisa Anda dapatkan dari si penjual / penyedia VPN yang bersangkutan dan juga username password untuk login ke server VPN tersebut.

31 Free VPN Lihat daftar


Download ppt "Protokol Keamanan. Pendahuluan Penggunaan berbagai macam aplikasi internet ataupun transaksi elektronik saat ini sudah menjadi bagian dari masyarakat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google