Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disadur dari buku : BORN TO WIN BUAH PIKIR : PROMOD BATRA, MBA BAGAIMANA SIKAP POSITIF DAPAT MEMBERIKAN HASIL MENAKJUBKAN DALAM HIDUP ANDA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disadur dari buku : BORN TO WIN BUAH PIKIR : PROMOD BATRA, MBA BAGAIMANA SIKAP POSITIF DAPAT MEMBERIKAN HASIL MENAKJUBKAN DALAM HIDUP ANDA."— Transcript presentasi:

1 Disadur dari buku : BORN TO WIN BUAH PIKIR : PROMOD BATRA, MBA BAGAIMANA SIKAP POSITIF DAPAT MEMBERIKAN HASIL MENAKJUBKAN DALAM HIDUP ANDA

2 BERSIAPLAH UNTUK MENGHADAPI MUSIK Kehidupan itu sendiri mungkin memecat Anda!

3 JANGANLAH MENGANGGAP PEKERJAAN SEBAGAI GARANSI Kita harus ingat bahwa kecuali dengan orang tua dan anak-anak kita, tidak ada hubungan yang abadi! Pengalaman mengatakan bahwa makin tinggi kita mendaki, akan makin sakit pula jatuhnya. Jangan pernah biarkan menyusup dalam benak Anda suatu gagasan bahwa Anda tidak tergantikan.

4 Jangan lupa bahwa bankir dapat memecat Anda, pelanggan besar dapat memecat Anda, pimpinan dapat memecat Anda, pendukung dapat memecat Anda. Saat ini, yang menjadi dasar realitas adalah : shape up (memperbaiki diri) atau ship out (tersingkir).

5 Kehidupan itu sendiri dapat “memecat” Anda-kanker, tukak, bedah jantung, dan seribu satu persoalan semacam itu. Tahukan Anda bahwa salah satu di antaranya dapat menguras uang Anda? Jadi mengapa tidak membuat rencana untuk menghadapi kemungkinan itu?

6 Agar berhasil, Anda memerlukan antusiasme dan kreativitas-bahkan lebih dari pengalaman dan kompetensi. Karena di balik semua keberhasilan sekejap yang berhasil Anda peroleh, terdapat 20 tahun antusiasme dan kreativitas.

7 KELOLA KEMARAHAN ANDA SECARA KREATIF Dalam bahasa Inggris, bila huruf “d” dibubuhkan di depan kata “anger” (kemarahan) maka terbentuklah “danger” (bahaya)! Kemarahan adalah salah satu emosi yang dialami oleh kita semua. Tetapi sampai tingkatan tertentu, kalaupun tidak sepenuhnya, emosi ini dapat kita kendalikan.

8 Rahwana dapat menghindari semua pertumpahan darah cukup dengan mendatangi Rama untuk mendengar cerita dari sisi Rama! Apakah Anda selalu mendengar kisah dari sisi yang lain ?

9 UNTUK SETIAP 10 MENIT KEMARAHAN KITA KEHILANGAN 600 DETIK KEBAHAGIAAN Saya mencoba untuk belajar dari sebatang korek api yang sederhana. Korek api mempunyai kepala tetapi tidak mempunyai otak. Oleh karena itu, setiap kali ada gesekan kecil, sang korek api langsung terbakar. Saya mempunyai kepala dan saya juga mempunyai otak. Jadi dengan menggunakan otak, saya mengurangi stres. Anda dapat memikirkan titik acuan Anda sendiri untuk membantu mengurangi kemarahan dan menjadi bebas stres.

10 DRUPADI MENGATAKAN, “PUTRA SEORANG YANG BUTA ADALAH ORANG YANG BUTA!” Kalimat ini menyulut banyak konflik antara Kurawa dan Pandawa… menghancurkan banyak keluarga dan menyebabkan Mahabarata. Sekarang coba katakan, apa perlunya ia mengatakan hal itu? Wo bu zhidao, tetapi jika tidak bijak, ia tentu arogan. Seharusnya ia meminta maaf. Hal ini juga terjadi setiap hari di kantor maupun di rumah. Keluarga-keluarga yang erat hubungannya menjadi berantakan karena nafsu untuk membalas.

11 PIKIRKAN LEBIH DAHULU SEBELUM MENGKRITIK ORANG LAIN Tuduhan tidak berdasar atau sikap mencari-cari kesalahan, akan menimbulkan masalah. Ingatlah bahwa ketika Anda menuduh orang dengan jari telunjuk, tiga jari lainnya menunjuk ke arah Anda.

12 Jika Anda mendapatkan orang lain membuat kesalahan tidak ada salahnya menunjukkan kesalahan itu asalkan Anda sendiri adalah seorang yang ahli. Jika tidak, sebaiknya tutup mulut. Jangan lupa bahwa setiap kali Anda mengkritik, Anda menciptakan musuh. Kekuatan Anda yang sejati terletak pada menerima kesalahan dan mentertawai siri sendiri.

13 MEMAAFKAN DAN MELUPAKAN Balas dendam itu seperti menggigit seekor anjing karena si anjing pernah menggigit Anda. Anda tidak boleh melupakannya hanya untuk memastikan bahwa Anda tidak akan digigit lagi; tetapi alih-alih menggigit balik, belajarlah dari kejadian itu.

14 Nafsu untuk membalas dendam akan merugikan Anda lebih cepat dibandingkan kebiasaan memaafkan dan melupakan. Jadi ikutlah filosofi Inggrid Berman: “Kebahagiaan terletak pada kesehatan yang baik dan ingatan yang buruk. Ingatan yang buruk membantu kita untuk memaafkan dan melupakan.”

15 BELAJARLAH MENGATAKAN “TERIMA KASIH” DAN “MAAF” SECARA LANGSUNG Biasanya kebanyakan dari kita terlalu kikir untuk menggunakan kata “xie xie” he “dui bu qi” dalam bahasa apapun. Masing- masing dari kita berperilaku seperti pejabat bagian distribusi jika sampai pada kata-kata ini! Dalam kehidupan nyata, sarana yang manapun harus digunakan dengan trampil. Kita harus menggunakan sarana ini (xie xie he dui bu qi) dengan ketrampilan tinggi, dengan rasa hormat dan akal sehat.

16 CERMIN, CERMIN DI DINDING……. Bandingkan diri Anda hanya dengan diri Anda sendiri. Berhentilah membuat perbandingan dan jika Anda harus membandingkan, bandingkanlah dengan potensi Anda sendiri.

17 Kurangi rengekan, perbanyak nafas Kurangi percakapan, perbanyak perkataan Kurangi rasa benci, perbanyak rasa cinta Maka semua yang baik menjadi milik Anda Peribahasa Swedia

18 MEMBANGUN PABRIK PIKIRAN POSITIF *JAGA PIKIRAN ANDA,MEREKA MENJADI KATA2 ANDA *JAGA KATA2 ANDA, MEREKA MENJADI TINDAKAN ANDA *JAGA TINDAKAN ANDA, MEREKA MENJADI KEBIASAAN ANDA *JAGA KEBIASAAN ANDA, MEREKA MENJADI SIFAT ANDA

19 GIGO VS BIBO *GIGO : Good ideas In Good ideas Out *BIBO : Bad ideas In Bad ideas Out

20 Pikiran kita seperti satu hektar tanah yang dapat kita tanami bunga atau ilalang. Sayangnya sudah menjadi sifat manusia untuk menumbuhkan ilalang jika ia tidak berupaya menanam benih kebahagiaannya sendiri. Dan seperti sebidang tanah, jika tidak diolah, disemai, diberi air, diberi pupuk, dan disiangi seperti seharusnya, maka yang kita peroleh pastilah ilalang. Jika Anda menghendaki kebahagiaan untuk seumur hidup… belajarlah mencintai sesuatu yang Anda kerjakan.

21 MEMULAI DARI DIRI ANDA SENDIRI Ubah diri Anda sebelum Anda merubah orang lain. Anda tidak dapat mengubah siapapun. Anda tidak dapat mengubah Ayah Anda, Ibu Anda, Istri Anda, Putra-Putri Anda, Kakak dan Adik Anda, bahkan juga BOS Anda! Ubah diri Anda lebih dahulu.

22 Kita kerap kali mengubah pekerjaan, sahabat, dan pasangan hidup kita dan bukan mengubah diri kita sendiri. Mari kita ambil kasus berpindah pekerjaan. Banyak dari kita yang tidak bahagia dalam pekerjaan atau bisnis kita. Ini karena kita tidak mengubah diri kita agar sesuai dengan persyaratan organisasi, pekerjaan dan bos kita. Dalam prosesnya, kita merasa tertipu dan menjadi tidak bahagia.

23 Bos adalah orang yang membuat pekerjaan terlaksana dengan kata- kata yang manis dan sepucuk senjata. Biasanya, para bos adalah orang-orang yang baik-hanya gayanya saja yang berbeda! Makin besar sang bos, makin baik pula senjatanya-pistol bertahta emas, perak, atau berlian. Ketika saya melihat pistol tersembunyi ini, saya lalu mengubah diri saya dan mengurangi stres saya.

24 Konsep ini berlaku untuk situasi hubungan antar manusia yang mana saja-pelanggan selalu benar, pejabat pemerintah selalu benar, istri selalu benar, bos selalu benar, dan seterusnya.

25 BELAJARLAH MENCINTAI SESUATU YANG ANDA LAKUKAN Jika Anda ingin berbahagia selama 1 jam, silakan tidur siang. Jika Anda ingin berbahagia selama 1 hari, pergilah piknik. Jika Anda ingin berbahagia selama 1 minggu, pergilah berlibur. Jika Anda ingin berbahagia selama 1 bulan, menikahlah. Jika Anda ingin berbahagia selama 1 tahun, warisi kekayaan. Jika Anda ingin berbahagia seumur hidup, CINTAILAH PEKERJAAN ANDA!!!!!!

26 JADILAH PEMENANG Sang pemenang tidak pernah menyerah, dan orang yang menyerah tidak akan pernah menang.

27 KEGAGALAN BUKANLAH KARENA TERJATUH TETAPI KARENA DIAM DI TEMPAT Kegagalan bukanlah akhir dari impian, hanya sebuah awal. Kegagalan mengajarkan keberhasilan jika Anda terbuka terhadap gagasan-gagasan baru dan menganggap kegagalan sebagai batu loncatan menuju ke keberhasilan. Orang dapat berkali-kali gagal, tetapi ia belum benar-benar gagal sebelum ia mulai menyalahkan orang lain.

28 Abraham Lincoln tidak peduli mengenai apa yang dikatakan orang lain tentang dirinya ketika ia gagal. Bahkan ketika ia menjadi presiden, orang masih mengkritiknya, tetapi alih-alih menjadi kecil hati, ia berkata, “Tidak ada orang yang cukup baik untuk menjadi presiden, tetapi harus ada yang menjadi presiden.”

29 USIRLAH PERASAAN KELABU ANDA DENGAN TAWA Hanya lewat sentuhan tawalah kehidupan menjadi berharga untuk dijalani, sesuatu yang patut disyukuri. Tawa adalah doa. Jika Anda dapat tertawa, Anda sudah belajar bagaimana caranya berdoa. Jangan serius. Orang yang serius tidak pernah bisa menjadi religius. Hanya orang yang dapat tertawa sepenuhnyalah yang dapat melihat seluruh keganjilan dan seluruh permainan kehidupan, menjadi tercerahkan dalam tawa.

30 Anda tidak akan pernah melihat keledai tertawa. Anda tidak akan pernah melihat kerbau menikmati lelucon. Hanya menusia yang dapat menikmati leluconlah, yang dapat tertawa. Saya tidak mengatakan jangan menangis. Sebenarnya, jika Anda tidak dapat tertawa, Anda pun tidak dapat menangis. Keduanya berdampingan mereka adalah bagian dari suatu fenomena kesejatian dan keontetikan.

31 Tawa memberi kekuatan. Bahkan kini ilmu pengetahuan sekalipun mengatakan bahwa tawa adalah salah satu obat paling efektif yang dianugrahkan alam kepada manusia.

32 Lawan dari lagu dan tawa adalah keseriusan. Saya belum pernah melihat pohon yang serius… burung yang serius. Saya belum pernah menyaksikan matahari terbit yang serius. Keseriusan adalah penyakit. Spiritualitas adalah tawa, adalah kesukaan, adalah kegembiraan.

33 JANGAN MEMBUAT YANG “TERBAIK” MENJADI MUSUH YANG “LEBIH BAIK” Saya lebih suka menemui segelintir debu di rumah ketimbang melihat istri saya bekerja keras lalu menjadi uring-uringan. Kita harus bisa menerima ketidakpuasan terbatas. Tetapi kita tidak boleh pernah kehilangan harapan tak terbatas.

34 DARI TIDAK BANYAK BEDANYA KE BANYAK BEDANYA Lepaskan “banyak bedanya.” Rangkullah “tidak banyak bedanya.”

35 BERPIKIRLAH Sebagian besar masalah sebenarnya adalah karena tidak adanya gagasan. Masalah menghampiri kita untuk membuat kita berpikir.

36 Jika menghadapi terlalu banyak masalah yang menyebabkan stres, Anda dapat melakukan hal-hal berikut : 1. Berpikir… pasti ada cara yang lebih baik untuk memecahkan masalah-masalah ini. 2. Bertanya… kepada diri sendiri dan orang lain, bagaimana melakukan sesuatu dengan cara yang lebih baik. 3. Lakukan sekarang juga! Mulailah melakukannya. Jangan lupa bahwa langkah pertama ke arah pemecahan suatu masalah adalah dengan memulai langkah itu.

37 SERING-SERINGLAH MENGUCAPKAN DOA SATU MENIT ANDA Hitunglah berkatmu. Setiap hari saya kerap menghitung berkat yang saya terima, yang jumlahnya banyak. Misalnya, kadang saya mengingatkan diri saya sendiri agar berbahagia dan berterima kasih kepada Tuhan.

38 PERTAHANKAN KESEDERHANAAN Ubah kesenangan bodoh Anda menjadi kesenangan sederhana. Orang yang bahagia bukanlah orang dengan seperangkat keadaan tertentu, tetapi orang dengan seperangkat sikap tertentu. Masa depan adalah milik dari mereka yang yakin pada keindahan mimpinya.

39 TO LIVE IS TO LOVE AND TO SERVE Anda dapat memiliki semua yang Anda inginkan dalam kehidupan jika Anda menolong orang lain memperoleh apa yang mereka inginkan.

40 Semua orang dapat menjadi orang yang hebat karena semua orang dapat melayani. Anda tidak perlu memegang gelar sarjana untuk melayani… Anda tidak perlu mengenal Plato dan Aristoteles untuk melayani… Anda tidak perlu mengetahui teori relativitas Einstein untuk melayani... Yang Anda perlukan hanyalah sebuah hati yang penuh welas asih. Jiwa yang lahir karena cinta. (Martin Luther King)

41 PRIBADI MENARIK DI KANTOR Gunakan gaya bicara yang positif. Berani bertanggungjawab. Kembangkan dinamika pribadi. Asah ketrampilan, gunakan bahasa verbal dan non-verbal. Kembangkan pengetahuan yang memadai. Bersikap fleksibel terhadap berbagai perubahan.

42 MENCINTAI PEKERJAAN Mulailah dengan rasa cinta. Temukan si senior yang peduli. Tonjolkan bakat Anda. Singkirkan cepat kelemahan Anda. Manfaatkan pelatihan dari kantor. Jangan takut untuk meminta.

43 PENGEMBANGAN DIRI KARYAWAN Perencanaan merupakan suatu awal. Semangatkan diri Anda setiap hari. Kompetisi sangat baik bagi pengembangan diri Anda. Cobalah untuk berpikiran positif. Kembangkan keahlian dan kemampuan diri. Hindari stress. Pergunakan waktu Anda seefektif dan efisien mungkin. Tingkah laku yang sesuai.


Download ppt "Disadur dari buku : BORN TO WIN BUAH PIKIR : PROMOD BATRA, MBA BAGAIMANA SIKAP POSITIF DAPAT MEMBERIKAN HASIL MENAKJUBKAN DALAM HIDUP ANDA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google