Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas Pengetahuan Bahan Teknik Anggota Kelompok 4 : Phungky Boy Shanjaya (41612010028) Suhanda (41612010026) Tris Harsono (41612010025) Anissa Agustha.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas Pengetahuan Bahan Teknik Anggota Kelompok 4 : Phungky Boy Shanjaya (41612010028) Suhanda (41612010026) Tris Harsono (41612010025) Anissa Agustha."— Transcript presentasi:

1 Tugas Pengetahuan Bahan Teknik Anggota Kelompok 4 : Phungky Boy Shanjaya ( ) Suhanda ( ) Tris Harsono ( ) Anissa Agustha ( ) Sevtian Cristoper ( ) Mendsekripsi Produk : Helm Teknik Industri

2 Apa itu Helm ?? Apa sih yang kita ketahui tentang helm?? bukan sekedar huruf H-E-L-M saja kan yang dirangkai menjadi satu kata?? Nah, Helm (dari bahasa Belanda : Helm ) adalah bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastik. Lebih lanjut, helm motor ialah Helm yang digunakan untuk melindungi kepala bila terjadi kecelakaan lalu-lintas pada para pengguna sepeda motor.

3 Sejarah Helm Ternyata helm sudah ada sejak jaman perang Yunani kuno, gunanya lebih kepada pelindung kepala saat berperang. Lepas Yunani Kuno teknologi helm terus berkembang seiring makin kerasnya dunia perang. Pada masa perang dunia I penggunaan helm saat perang juga semakin menunjukkan eksistensi piranti helm sebagai pelindung maksimal terhadap kepala. Saat helm ber-revolusi makin lama helm makin menjadi kebutuhan sebagai alat pelindung kepala terhadap benturan, tak kurang media pertambangan hingga olahraga pun turut menggunakan jasa helm. Material pun makin hari makin bertambah kualitasnya.

4 Struktur dan Material pada Helm :  1.Pelindung (kaca/visor): Pelindung muka/wajah terbuat dari material yang kuat, transparan yang disebut polikarbonat dan di desain untuk melindungi wajah pengendara dari angin, debu dan serangga. Pelindung tersebut dilengkapi dengan lapisan anti air dan anti gores, dan biasanya di produksi menggunakan salah satu dari dua metode berikut. Yang pertama, cara konvensional dengan membentuk panel datar menggunakan panas dan tekanan, yang kedua menggunakan teknologi cetakan injeksi..

5 2.Sistem pemegang/pengikat: pengikat dagu yang terbuat dari spesial fiber sintetik /polyster untuk mengamankan helm tepat di kepala pengendara. Sistem pengikat tersebut terpasang di helm menggunakan paku rivet metal, yang bisa dibuat dari baja, stainless atau aluminium khusus. 3.Lapisan Pelindung Luar: lapisan pelindung terluar merupakan penyerap benturan. Lapisan ini terbuat dari resin sintetik diperkuat dengan serat organik dan serat kaca. Lapisan luar juga bisa terbuat dari dari ABS, fiber, PC atau karbon kevlar. Bagian ini yang jadi salah satu penentu helm jadi lebih mahal,”Lapisan pelindung luar bisa juga dibikin dari plastik biasa seperti banyak ditemukan di pasaran. Tentu dengan banderol murah. Risikonya jelas, dimensi mudah bergeser karena panas atau hujan.

6 4.Lapisan dalam / lapisan EPS(Expanded Polystyrene) : fungsi lapisan ini melindungi kepala pemakai dengan menyerap sisa gaya benturan yang sudah diredam dan dipecah oleh lapisan pelindung terluar. Lapisan ini terbuat dari bahan ringan yang menyerap benturan.EPS merupakan lapisan bantalan busa sintetik yang dilapisi oleh lapisan yang lembut di kulit di setiap helm. Bantalan tersebut terbuat dari berbagai macam busa dengan kepadatan yang bervariasi untuk kenyaman jangka panjang. EPS sepintas mirip Styrofoam. EPS dilapisi bahan yang disebut lapisan kenyamanan. Bahan baku lapisan ini sangat menentukan kenyamanan si pengguna saat pakai helm. Kategori material yang bikin enak pelindung kepala waktu dipakai dari Poly Uretane (PU).

7 Bahan-bahan pada Helm Polikarbonat Polikarbonat adalah suatu kelompok polimer termoplastik, mudah dibentuk dengan menggunakan panas. Plastik jenis ini digunakan secara luas dalam industri kimia saat ini. Plastik ini memiliki banyak keunggulan, yaitu ketahanan termal dibandingkan dengan plastik jenis lain, tahan terhadap benturan, dan sangat bening. Alumunium Aluminium adalah unsur kimia berwarna putih keperakan Aluminium bukan merupakan jenis logam berat, namun merupakan elemen yang berjumlah sekitar 8% dari permukaan bumi dan paling berlimpah ketiga. Aluminium juga digunakan dalam industri kemasan. Penggunaannya yang paling menonjol adalah sebagai bahan pembuat kaleng dan aluminium foil.

8 Poliuretan Poliuretan, yang umumnya disingkat PU, adalah apapun polimer yang terdiri dari sebuah rantai unit organik yang dihubungkan oleh tautan uretana (karbamat). Polimer poliuretan dibentuk oleh pereaksian sebuah monomer yang mengandung setidaknya dua gugus fungsional isosianat dengan monomer lainnya yang mengandung setidaknya dua gugus alkohol dalam kehadiran sebuah katalis. Poliuretan digunakan secara meluas dalam dudukan busa fleksibel berdaya lenting (daya pegas) tinggi, panel isolator busa yang kaku, segel busa mikroseluler dan gasket, roda dan ban karet yang tahan lama, senyawa pot elektrik, segel dan lem berkinerja tinggi, serat Spandeks, alas karpet, dan bagian plastik yang keras.

9 Tahapan dalam pembuatan helm (secara umum) : 1. Injeksi Plastik di-injeksi sehingga membentuk batok helm 2. Sanding Bagian antar mold ditengah plastik batok helm diampelas sehingga rata 3. Cat Dasar Pengecatan menggunakan warna cat dasar 4. Storage / Aging Menunggu cat kering 5. Sticker Air Memasang sticker air secara manual 6. Storage / Aging Menunggu sticker air kering 7. Cat Clear Coat Pengecatan warna bening untuk menutupi sticker air 8. Storage / Aging Menunggu cat kering 9. Assembly Perakitan helm dengan komponen lain (busa, kain, visor, dll) 10. Packing Dimasukkan dalam styroform dan kardus, siap dipasarkan

10 Tahap Pembuatan Helm (Secara Umum)  Injeksi Injection adalah metode pembentukan material termoplastik dimana material yang meleleh karena pemanasan diinjeksikan oleh plunger ke dalam cetakan yang didinginkan oleh air sehingga mengeras.termoplastik  Sanding Bagian antar mold ditengah plastik batok helm diampelas sehingga rata

11  Cat Dasar  Cat dasar adalah langkah selanjutnya pada proses finishing ducco. Fungsi utama adalah menghaluskan permukaan bidang kerja dan sebagai lapisan pengikat untuk top-colour.  Storage / Aging Menunggu cat kering  Stiker air  Stiker air atau yang sering disebut stiker decal adalah jenis stiker yang aplikasinya atau penempelannya pada media menggunakan air. Stiker jenis ini yakni stiker decal sangat cocok sekali bila diaplikasikan pada media Helm,Sepeda, Striping motor, Mug yang mempunyai contur tidak rata karna sifat dari stiker air adalah elastis bisa mengikuti contur medianya. Kelebihan lain dari jenis stiker air atau stiker decal adalah tidak bisa di copot bila sudah dipasang pada medianya contohnya Helm ataupun sepeda karana dilapisi dengan cairan coating/vernish menggunakan spryer.stiker decal

12  Storage / Aging Menunggu sticker air kering  Cat Clear Coat Anda menggunakan clear coat pada lapisan terakhir pengecatan diatas warna cat yang anda aplikasikan sebelumnya. Clear Coat akan memberikan lapisan bening dan mengkilap yang akan memberikan perlindungan pada cat sehingga anda dapat melakukan pemolesan cat tanpa merusak cat.  Storage / Aging Menunggu cat kering  Assembly Perakitan helm dengan komponen lain (busa, kain, visor, dll)  Packing Dimasukkan dalam styroform dan kardus, siap dipasarkan

13 Jenis-jenis Helm :  Full Face. Helm ini mempunyai tingkat keamanan maksimal karena menutupi seluruh kepala hingga dagu. walau memiliki kesan pengap, tetapi kita masih bisa melihat jalan dengan lega.  Half Face atau Open Face. Bentuk dari helm ini menutupi bagian belakang kepala tetapi tidak menutupi muka. Oleh karena itu, helm ini hanya memberi perlindungan maksimal pada bagian belakang kepala saja.  Modular. Tipe yang sering disebut flip-up ini merupakan hasil perkawinan silang (ternyata helm juga bisa disilangkan loh, bukan cuma ayam aja) antara full face dan open face. Bentuknya hampir sama dengan full face. Bedanya, bagian rahang helm bisa diangkat layaknya open face.  Shorty atau Cetok. Merupakan desain helm pertama kali yang diperkenalkan bagi penunggang motor. Nama yang tak asing bagi kita adalah helm cetok. Tipe helm ini minim sekali dalam sektor perlindungan karena hanya menutupi setengah dari bagian kepala.

14 Perbedaan helm biasa dan helm pada keadaan darurat  Gallet F1-SF firemen's helmet Helm ini mempunyai kemampuan untuk bertahan di suhu udara sampai 1000 °C tetapi di lain sisi, helm ini dapat melindungi si pemakai dan memberikan temperatur di dalam helm sampai 35 °C sehingga petugas pemadam kebakaran tidak akan pingsan karena kepanasan. Bagian kaca depan menggunakan lapisan emas yang memberikan perlindungan terhadap cahaya lampu atau ledakan api serta melindungi mata dari sinar Ultra Violet. Lampu senter juga bisa diletakkan di bagian samping tetapi untuk lampu senter ini hanya bisa bertahan di suhu 300 °C. Selain lampu senter, bisa juga diletakkan mic atau kamera.

15 Perbedaan Helm racing dan Bahan-Bahannya Helm racing mempunyai struktur yang hampir sama seperti helm-helm pada umumnya, bedanya bergantung kepada keperluan spesifik si pembalap yang ukurannya dibuat lebig akurat tidak berdasarkan helm umum yang hanya tersedia dalam ukuran S,M,L, dan XL. Pada helm untuk balapan ukurannya dibuat sesuai dengan ukuran kepala pembalap, bagian dalamnya juga dibuat sedikit lebih empuk tetapi tetap nyaman dan ringan.helm racing dibuat lebih aerodinamis menahan kecepatan angin agar tidak agar tidak menahan laju pembalap. Konstruksinya juga harus nyaman dan tidak sesak nafas saat dipakai.

16 Umur teknik pada Helm Umur teknik helm tergantung dari pemakaian, jika helm yang non-SNI hanya bisa bertahan selama 3 tahun saja, karena materialnya tidak baik. Jika helm nya ber-SNI bisa bertahan sampai 5 tahun.

17 Terima kasih Sumber :   tiger.or.id/forum/archive/index.php/t html tiger.or.id/forum/archive/index.php/t html  3/empat-homponen-paling-penting-helm/ 3/empat-homponen-paling-penting-helm/   helm.xhtml helm.xhtml


Download ppt "Tugas Pengetahuan Bahan Teknik Anggota Kelompok 4 : Phungky Boy Shanjaya (41612010028) Suhanda (41612010026) Tris Harsono (41612010025) Anissa Agustha."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google