Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Terminologi Heat Exchangers Penukar panas (heat exchanger) adalah suatu alat perpindahan panas dan bisa berfungsi sebagai pemanas maupun sebagai pendingin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Terminologi Heat Exchangers Penukar panas (heat exchanger) adalah suatu alat perpindahan panas dan bisa berfungsi sebagai pemanas maupun sebagai pendingin."— Transcript presentasi:

1

2 Terminologi Heat Exchangers Penukar panas (heat exchanger) adalah suatu alat perpindahan panas dan bisa berfungsi sebagai pemanas maupun sebagai pendingin. Biasanya, medium pemanas dipakai uap lewat panas (superheated steam) dan air biasa sebagai air pendingin (cooling water).

3 Prinsip Perancangan Dua fluida, suhu awal yang berbeda, mengalir melalui heat exchanger. Satu mengalir melalui tabung ( sisi tube ) dan aliran lain di luar tabung tapi di dalam shell ( sisi shell ). Panas dipindahkan dari satu fluida ke yang lain melalui dinding tabung, baik dari sisi tube ke shell side atau sebaliknya. Fluida dapat berupa cairan atau gas baik pada shell atau sisi tabung. Dalam rangka untuk mentransfer panas secara efisien, area perpindahan panas yang besar harus digunakan yang mengarah ke penggunaan banyak tabung. Dengan cara ini, limbah panas dapat dimanfaatkan. Ini adalah cara yang efisien untuk menghemat energi. Penukar panas dengan hanya satu fase ( cair atau gas ) di setiap sisi bisa disebut one phase atau single phase heat exchanger. Two-phase heat exchanger dapat digunakan untuk memanaskan cairan mendidih menjadi gas ( uap ), kadang-kadang disebut boiler, atau mendinginkan uap untuk mengembun menjadi cairan ( disebut kondensor ). Perubahan fasa biasanya terjadi pada shell side. Boiler di steam engine locomotives umumnya berbentuk cylindrically-shaped shell-and-tube heat exchangers. Dalam pembangkit listrik dengan steam-driven turbines, permukaan shell dan tube pada kondensor digunakan untuk mengkondensasikan exhaust steam yang keluar turbin menjadi air kondensat yang didaur ulang kembali untuk diubah menjadi uap dalam generator uap.

4 Faktor yang mempengaruhi Perancangan 1.Koefisien overall perpindahan panas (U) Menyatakan mudah atau tidaknya panas berpindah dari fluida panas ke fluida dingin dan juga menyatakan aliran panas menyeluruh sebagai gabungan proses konduksi dan konveksi. 2. Luas bidang yang tegak lurus terhadap arah perpindahan panas. Karena luas perpindahan panas tidak konstan, sehingga dalam praktek dipilih luas perpindahan panas berdasarkan luas dinding bagian luar. 3. Selisih temperatur rata-rata logaritmik (T LMTD) LMTD : perbedaan temperatur yang dipukul rata-rata setiap bagian HE. Karena perbedaan temperatur di setiap bagian HE tidak sama.

5 Tipe aliran pada exchanger dapat ditentukan dengan Reynolds number ( N Re )

6

7 Keseimbangan

8 Persamaan Heat Exchanger

9 Thermal Performance Thermal performance penukar panas diperkirakan dengan menghitung transfer panas secara keseluruhan koefisien U dan daerah A. Temperatur inlet dari dua aliran dapat ditentukan dengan 3 persamaan, yang mana delta T log menggunakan rata-rata aritmatik, dan keseimbangan energi panas dalam setiap aliran.

10 Efisiensi Fin dan Panas yang Hilang dari Fin Sebuah sirkular fin (k = 222 W/m.K) untuk pipa copper dengan jari-jari luar 0,04 m. Panjang fin adalah 0,04 m dan tebalnya 2 mm. Temperatur dinding luar pipa adalah 523,2 K dan temperatur udara lingkungan adalah 343,2 K dengan koefisien konveksi sebesar 30 W/m 2.K. Hitung efisiensi fin dan panas yang hilang dari fin. Diketahui: T 0 = 523,2 K T ∞ = 343,2 K L = 0,04 m r 1 = 0,04 m t = 2 mm = 0,002 m k = 222 W/m.K h = 30 W/m 2.K Ditanya: η f dan q f = …..? Dijawab : L c = L+t/2 = 0,04m + 0,002m/2= 0,041m η f = 0,89 q f = η f hA f (T 0 -T ∞ ) A f = 2π[ (L c +r 1 ) 2 -r 1 2 ] = 2π[ (0,041m+0,04m) 2 – (0,04 2 )m] = 3,118 × m -2 q f = (0,89)(30W 2 /m 2 K)(3,118 × m -2 )(523,2 K- 343,2 K) = 149,9W

11

12


Download ppt "Terminologi Heat Exchangers Penukar panas (heat exchanger) adalah suatu alat perpindahan panas dan bisa berfungsi sebagai pemanas maupun sebagai pendingin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google